Ternyata Semudah Ini Cara Membuka Microsoft Excel

cara membuka Microsoft Excel

Berfaedah.com - Sudah sejak lama Microsoft Excel digunakan dalam berbagai kesempatan, terutama di bidang pendidikan dan bidang pekerjaan. Selain dua bidang tersebut, Microsoft Excel juga biasa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari untuk berbagai tujuan. Bagi orang-orang yang sudah terbiasa, tentu sudah paham cara membuka Microsoft Excel.

Sementara bagi pemula adalah kebalikannya. Rata-rata masih bingung dan memerlukan panduan untuk melakukannya. Nah, jika Anda juga termasuk dalam kategori pemula mengenai Microsoft Excel ini, Anda bisa memperhatikan poin-poin berikut untuk membuka software tersebut, antara lain.

1. Membuka Microsoft Excel Melalui Menu Shortcut yang Ada pada Layar

Cara membuka Microsoft Excel yang pertama ialah dengan melalui menu shortcut yang ada pada layar. Cara yang satu ini bisa Anda pakai apabila memang Microsoft Excel tersebut dijadikan salah satu shortcut yang akan tampil begitu laptop atau komputer sudah siap untuk dioperasikan. Untuk cara membukanya adalah sebagai berikut.
a. Silahkan Anda cermati desktop terlebih dahulu. Pastikan bahwa shortcut Microsoft Excel yang dimaksud sudah ada di sana. 
b. Jika sudah, Anda bisa langsung klik kiri dua kali jika Anda menggunakan mouse, pada shortcut Microsoft Excel dan tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai 
c. Jika ternyata Anda tidak bisa melakukan double click seperti yang telah dijelaskan di atas, opsi lainnya adalah silahkan klik satu kali saja pada Microsoft Excel sehingga software tersebut terpilih. Jika sudah, silahkan Anda klik kanan di tempat yang sama kemudian pilih Open
d. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai lembar kerja Microsoft Excel terbuka


Jika ternyata pada desktop Anda kemudian tidak ada shortcut Microsoft Excel, tentu Anda harus menambahkannya terlebih dahulu dengan cara yang ada di bawah ini.
a. Silahkan Anda klik kanan satu kali pada desktop
b. Selanjutnya Anda bisa plih New
c. Kemudian pilih Microsoft Office Excel Worksheet, lalu atur di bagian desktop yang mana shortcut tersebut akan ditempatkan

2. Cara Membuka Microsoft Excel dengan Memanfaatkan Menu Start

Cara lain  yang bisa Anda praktekkan apabila ingin membuka Microsoft Excel ialah dengan memanfaatkan menu Start. Anda pasti sudah tahu menu Start ini bukan? Menu ini ada di layar, yakni tampilan utama Windows dan ada juga di keyboard. Baik yang ada di layar maupun yang ada di keyboard, bentuknya sama-sama bundar.

Gambar ikon Start ini juga sama, yakni bentuk kotak agak bergelombang dan pada layarnya tampak berwarna-warni. Jika Anda tertarik untuk membuka Microsoft Excel dengan Start ini, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.
a. Memanfaatkan Start yang Ada pada Tampilan Utama Windows
Untuk Anda yang tertarik menggunakan Start yang ada pada tampilan utama Windows, biasanya posisinya adalah di pojok kiri bawah. Adapun langkah-langkahnya membuka Microsoft Excel menggunakan Start yang ada pada tampilan utama Windows adalah sebagai berikut:
  • Silahkan Anda klik Start tersebut satu kali sampai muncul kotak yang berisi beberapa menu
  • Setelah itu Anda bisa klik All program di kotak tersebut sehingga muncul beberapa menu sekaligus
  • Setelahnya silahkan Anda cari Microsoft Office dan jika sudah ketemu silahkan Anda klik
  • Dengan begini nanti akan muncul beberapa pilihan lagi, silahkan Anda klik Microsoft Excel-nya
  • Cara lain yang lebih cepat ialah setelah Anda selesai klik Start, Anda bisa langsung ketikkan Microsoft Excel pada kolom Search Programs and Files, dan jika sudah muncul bisa langsung Anda klik, atau tekan Enter pada keyboard



b. Memanfaatkan Start yang Ada pada Keyboard
Pada keyboard, posisi Start ini bisa saja bervariasi, tetapi biasanya ada di sisi kiri dan bawah. Untuk menggunakan Start yang ada pada keyboard untuk membuka Microsoft Excel, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.
  • Langsung tekan saja tombol keyboard yang Anda duga sebagai Start
  • Nanti akan muncul kotak yang sama seperti ketika Anda menggunakan Start yang ada pada tampilan utama Windows. Untuk selanjutnya, silahkan Anda ikuti langkah-langkah yang ada di atas.


3. Cara Membuka Lembar Kerja Baru pada Microsoft Excel 2016

Untuk Anda yang menginstall Microsoft Excel 2016 di laptop atau komputer kemudian ingin membuat sebuah lembar kerja di software tersebut, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.
a. Silahkan Anda buka Microsoft Excel dengan cara seperti yang telah dijelaskan di atas
b. Jika Microsoft Excel sudah terbuka, maka Anda akan ditampilkan beberapa template, sampai di sini Anda perlu memilih Blank Workbook jika ingin Microsoft Excel dalam kondisi kosong, atau yang lainnya. Silahkan disesuaikan dengan kebutuhan saja
c. Silahkan klik dua kali pada template yang telah Anda pilih. Tunggu sejenak sampai lembar kerja Microsoft Excel yang Anda maksud keluar

4. Cara Mengatasi File Microsoft Excel yang Sebelumnya tidak Bisa Dibuka


Pada beberapa kesempatan memang ada file Microsoft Excel yang tidak bisa dibuka karena beberapa alasan. Jika Anda mengalami masalah yang satu ini, maka silahkan Anda lakukan salah satu dari cara-cara berikut ini dengan menyesuaikan pada jenis Microsoft Excel Anda.
a. Jika Microsoft Excel Anda 2007
Untuk Anda yang menggunakan Microsoft Excel 2007, Anda bisa membuka file Microsoft Excel yang error tersebut dengan cara berikut:
  • Silahkan Anda buka Microsoft Excel terlebih dahulu
  • Klik logo Microsoft Excel seperti ketika Anda hendak membuka suatu file. Letaknya ada di pojok kiri atas
  • Jika sudah, coba lihat di bagian bawahnya, di situ Anda akan menemukan adanya pilihan yang berisi Excel Options. Silahkan Anda klik tulisan tersebut
  • Setelahnya Anda bisa pilih menu Advanced untuk kemudian hapuslah tanda centang yang terdapat pada kalimat Ask to update automatic links
  • Sekarang  coba Anda tutup kembali Microsoft Excel tersebut kemudian buka kembali

b. Jika Microsoft Excel Anda 2007, 2010, 2013 atau 2016
Apabila Anda menggunakan Microsoft Excel 2007 tetapi langkah di atas tidak berhasil, maka Anda bisa mencoba alternatif yang kedua ini. Alternatif ini juga bisa Anda terapkan pada Microsoft Excel yang lain kok baik itu 2010, 2013 maupun 2016. Akan tetapi cara ini menggunakan software tertentu dengan langkah-langkah seperti berikut.
  • Silahkan Anda cari kemudian install dulu sebuah aplikasi yang bernama Microsoft Excel Recovery Tools
  • Setelahnya diinstal, coba Anda masukkan file Microsoft Excel Anda yang rusak ke dalam software tersebut
  • Tunggulah selama beberapa saat kemudian lihat hasilnya. Jika ternyata dengan cara ini masih tidak bisa juga, mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan install ulang Microsoft Excel


Itulah beberapa cara membuka Microsoft Excel berikut dengan cara mengatasi file Microsoft Excel yang tidak bisa Anda buka karena error. Yang manapun cara yang Anda pilih itu terserah Anda, yang pasti semua cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan sehingga pemula seperti Anda tidak akan kesulitan. Semoga bermanfaat. Tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "Ternyata Semudah Ini Cara Membuka Microsoft Excel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel