Mesin Mobil Anda Cepat Panas? Mungkin Ini Penyebabnya!

Cara Mengatasi Mesin Mobil Cepat Panas - Salah satu masalah yang kerap terjadi pada mobil adalah mesin mobil cepat panas. Masalah ini disebut juga dengan overheat. Bila mobil Anda sedang mengalami masalah tersebut, sebaiknya Anda harus lebih berhati-hati. Karena hal ini dapat berakibat fatal. Mengingat mesin mobil adalah jantungnya dari mobil. Maka dari itulah, penting sekali untuk memahami penyebab mesin mobil cepat panas.

Mesin mobil mulai panas bisa terjadi karena malfungsi dibagian sistem pendinginnya. Sehingga, hal ini membuat suhu mesin menjadi mudah panas. Akibatnya, bila hal ini dilakukan secara terus-menerus, ini bisa membuat mesin mobil menjadi cepat rusak. Bila sudah begitu, mesin mobil bisa langsung mati, atau bahkan katup mobilnya menjadi bengkok karena telah memuai.

Masalah mesin mobil yang overheat ini kerap sekali terjadi karena kelalaian oleh sang pemilik mobil. Karena mereka tidak rutin dalam melakukan perawatan secara berkala. Maka dari itulah, sebaiknya jangan pernah menyepelekan beberapa hal yang bisa membuat mesinnya cepat panas. Karena, bila Anda mengalaminya, ini bisa membuat Anda harus siap untuk mengeluarkan uang yang cukup besar. Simak informasi berikut ini.

penyebab dan cara mengatasi mesin mobil cepat panas

Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Cepat Panas

Radiator Kering Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Bila mesin mobil mulai terlalu panas, sebaiknya segera periksa bagian radiator mobil Anda. Karena bisa jadi radiatornya kering dan kehabisan air radiator atau kehabisan air coolant. Sehingga, hal ini menyebabkan mesin mobil menjadi panas. Umumnya, 2 hal yang bisa menyebabkan radiator kering adalah karena suhu mesin yang mulai menguap dan juga sistem sirkulasi radiator yang sedang bocor. Baca: Perbandingan Suzuki Baleno Hatchback Vs Honda Jazz

Bila cairan di dalam tangki radiator juga menyusun, atau bahkan telah habis, hal ini membuat proses pendinginan menjadi sulit untuk dilakukan. Akibatnya, ini bisa membuat mesin mobil menjadi cepat panas. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya rutinlah dalam mengganti air radiator ini setiap 20 ribu km. Ada baiknya isilah menggunakan cairan khusus yang berasal dari bahan anti karat supaya awet.

Radiator Bocor Bikin Mesin Mobil Cepat Panas

Seperti yang telah diketahui, bahwa fungsi radiator itu begitu penting sekali untuk pendingin udara mobil. Bila radiator mulai rusak dan bocor dikarenakan usianya sudah cukup tua, atau bahkan hingga kekurangan air, dan tersenggol benda keras ketika sedang berkendara, ini bisa membuat mesin mobil menjadi panas. Masalah mobil yang cepat panas ini kerap terjadi pada sebagian besar mobil saat ini.

Umumnya, permasalahan radiator yang rusak atau bocor itu juga bisa disebabkan oleh pemakaian air biasa dan pemakaian air kotor pada radiator. Bila Anda sering melakukannya, ini bisa membuat komponen radiatornya menjadi cepat keropos. Maka dari itulah, sebaiknya segera ganti radiato, dan bersihkan air radiatornya secara rutin memakai air khusus di setiap 2 bulan hingga 3 bulan sekali.

Jangan Abaikan Karet Tutup Radiator Jika Tidak Ingin Mesin Mobil Panas

Ada baiknya jika Anda harus memperhatikan karet tutup radiator. Karena ini bisa mempengaruhi mesin mobil. Dimana tutup radiator yang berasal dari karet ini berguna sekali untuk menjaga tekanan air panas pada sebuah sistem pendingin mobil. Jika tutup radiator mobil rusak karena adanya air radiator yang telah keluar dalam suhu yang panas, ini bisa membuat tutup radiator tidak bisa menjalankan fungsinya.

Akibatnya mesin mobil menjadi cepat panas. Masalah yang lain bisa terjadi karena tutup radiatornya tidak sesuai dengan spesifikasi dari mobil. Sehingga, ini bisa mengganggu kinerja dari sistem pendingin. Maka dari itulah, untuk mengatasinya, sebaiknya selalu gantilah tutup radiatornya setiap 5 tahun sekali. Bila perlu, kenali tanda-tanda terjadinya kerusakan pada tutup radiator untuk menghindari mesin mobil cepat panas.

Demikian informasi Berfaedah.com tentang Cara Mengatasi Mesin Mobil Cepat Panas. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke teman-teman Anda. Terima kasih.

0 Response to "Mesin Mobil Anda Cepat Panas? Mungkin Ini Penyebabnya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel