Inilah 9 Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus Berlebihan

Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus - Pada manusia, salah satu hal yang umum terjadi adalah kerontokan pada rambut yang terjadi secara sendirinya dan penyebab rambut rontok parah cukup beragam. Terjadinya rambut rontok merupakan hal yang biasa, namun jika terlalu sering terjadi dapat mengakibatkan penipisan rambut pada kepala atau memicu kebotakan. Rontoknya rambut biasanya dapat disadari ketika sedang mandi, sehabis bangun tidur, atau ketika sedang stress.

Ketika kulit kepala terdapat jamur atau bakteri karena kurang menjaga kebersihan kulit kepala adalah salah satu hal yang memicu rambut rontok. Selain itu, banyak juga faktor yang membuat rambut di kepala mudah rontok karena kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Bagi anda yang tidak ingin terjadi kerontokan rambut yang parah, maka anda harus mengetahui segala faktor yang ada.

penyebab rambut rontok terus menerus

Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus

1. Rambut Rontok Karena Gaya Rambut

Saat ini, menjaga penampilan adalah yang utama. Termasuk bagi anda yang suka mengganti gaya rambut atau melakukan perawatan rambut secara rutin. Perlu anda ketahui, bahwa jika terlalu sering mengganti gaya rambut dapat memicu kerontokan rambut yang cukup parah. Faktor yang membuat rontoknya rambut adalah karena bahan kimia yang digunakan untuk merawat rambut.

Model rambut yang dikepang secara ketat atau berbentuk kaku adalah salah satu alasan mengapa rambut dapat dengan mudah rontok. Kerontokan rambut karena bahan kimia merusak bagian akar rambut yang menjadi bagian agar rambut bisa tetap kokoh. Jadi jika anda suka bergonta-ganti rambut maka perhatikan dahulu kebutuhan yang ada, agar rambut tidak mudah rusak.

Biasanya cara yang digunakan adalah menggunakan kondisioner setelah melakukan keramas, ini agar nutrisi pada rambut bisa terpenuhi. Kurangi juga penggunaan bahan kimia ketika sedang melakukan perawatan rambut milik anda.

2. Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus Karena Keturunan

Faktor yang banyak menjadi alasan kenapa rambut mudah rontok adalah keturuan yang ada. Jika masalah keturunan maka tidak ada yang bisa disalahkan karena ini adalah bawaan gen dari orang tua. Biasanya pada keturunan akan mempengaruhi kapan anda mulai terjadi kehilangan rambut dengan mudah. Masalah rontoknya rambut juga lebih banyak terjadi kepada orang-orang yang memiliki rambut tipis. Baca: Inilah Manfaat Madu Asli untuk Wajah, Wajib Coba!

3. Anemia Dapat Membuat Rambut Rontok

Penyakit Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah manusia. Fungsi dari hemoglobin adalah sebagai senyawa yang memiliki kandungan protein untuk membawa oksigen ke dalam sel darah merah. Faktor lain yang dapat menyebabkan anemia adalah kekurangan zat besi yang cukup, dampaknya juga dapat merontokan rambut yang ada.

Ketika terjadi Anemia, maka hal yang harus dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang mengandung protein cukup banyak. Anemia banyak juga terjadi bagi para wanita terutama ketika setelah terjadi menstruasi, ini yang membuat banyaknya rambut rontok. 

4. Rambut Rontok Sehabis Melahirkan

Salah satu masa dimana rambut sering rontoh adalah ketika sehabis melahirkan untuk para ibu-ibu. Namun, ketika masa-masa kehamilan justru rambut akan menebal karena peningkatan hormon saat masa tersebut berjalan. Kadar hormon esterogen akan banyak turun ketika setelah melahirkan adalah pemicu mengapa rambut sering rontok saat setelah melahirkan.

Pada wanita walau banyak kerontokan, tidak akan terjadi kebotakan yang banyak terjadi pada pria. Untuk wanita biasanya rambut akan tumbuh kembali setelah 6 bulan setelah melahirkan. Namun, jika lebih dari 6 bulan masih terjadi kerontokan yang cukup parah, maka anda harus mengkonsultasikan ke dokter.

5. Stress Menjadi Penyebab Rambut Rontok

Penyebab rambut rontok terus menerus selanjutnya adalah karena stress. Kerontokan pada rambut yang sering terjadi adalah karena kondisi tubuh yang terkena stress berlebihan. Stress terjadi karena faktor kelelahan, banyak pikiran, dan masalah yang berkepanjangan. Biasanya masalah stress lebih banyak terjadi kepada wanita, karena wanita lebih rentan dan mudah terkena kerontokan rambut akibat hal ini.

Pada beberapa kasus, stress memiliki jenis tergantung dari seberapa lama hal tersebut terjadi. Biasanya orang lebih mudah terkena stress jika terjadi kecelakaan, pasca melahirkan, memiliki penyakit dalam, dan trauma karena suatu hal. Jadi, dalam masalah stress ini harus dikendalikan sekecil mungkin agar efek dari stress tidak merugikan dan menyebabkan kerontokan rambut yang parah.

6. Rambut Rontok Karena Mandi Air Hangat

Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan orang Indonesia adalah mandi menggunakan air hangat atau panas. Memang tidak ada salahnya mandi dengan menggunakan air bersuhu tinggi, namun jangan basahi rambut secara langsung dengan air tersebut. Suhu tinggi yang ada pada air dapat membuat batang rambut cepat mengering, sehingga mudah terkena rapuh. Baca: Manfaat Masker Kopi yang Tidak Diketahui Orang

Pada air hangat biasanya dapat merusak lapisan yang terdapat pada kulit kepala yang ada. Minyak alami pada rambut, biasanya dihasilkan pada lapisan tersebut. Kesehatan kulit rambut bisa terganggu jika terkena air bersuhu tinggi secara langsung, akibat lainnya membuat rambut menjadi kusam.

7. Penyebab Rambut Rontok Berlebihan Karena Hair Dryer

Bagi wanita memiliki rambut yang keriting terkadang memiliki keinginan untuk memiliki rambut lurus. Hal yang biasa digunakan adalah alat hair dryer agar mendapatkan bentuk rambut lurus yang mudah dan cepat. Penggunaan hair dryer juga dapat memicu kerontokan rambut yang dapat merusak kondisi rambut baik batang hingga ke akar rambut.

Pada hair dryer, penggunaan suhu tinggi adalah alasan yang dapat merusak bentuk rambut. Baiknya adalah dalam menggunakan alat ini harus memiliki jarak waktu yang tidak terlalu pendek. Kurangi juga penggunaan alat bersuhu panas yang berlebih agar membuat rambut tetap sehat dan baik.

8. Rambut Rontok Parah Karena Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Mengikat rambut adalah salah satu cara agar membuat rambut tetap kencang dan rapi. Cara ini juga sebagai trik untuk menata rambut yang sederhana dan mudah. Namun, beberapa orang menyukai dengan kebiasaan ikat rambut yang ketat dan kencang. Hal ini juga dapat memicu kerontokan rambut yang ada karena rambut menjadi tegang.

Tegang ini terjadi pada folikel rambut, dimana folikel adalah struktur kulit yang berfungsi dalam menumbuhkan rambut yang ada. Menurut penelitian juga jika tegangnya folikel rambut secara terus menerus akan memicu kebotakan permanen yang cukup berbahaya.

9. Terlambat Makan Dapat Membuat Rambut Rontok

Terlambat makan atau bahkan melewatkan waktu makan, ternyata dapat berdampak pada kesehatan kulit rambut. Hal ini memicu kerontokan rambut yang ada, apalagi jika ketika lapar tidak ditambal dahulu dengan makanan yang berkategori ringan. Biasanya karena lapar, orang jarang makan makanan ringan dahulu, justru lebih sering makanan yang berat. Baca: 14+ Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan dan Kecantikan

Efek dari lapar adalah membuat kemampuan tubuh dalam fokus mengeluarkan energi menjadi terhambat dan kurang maksimal. Energi yang dibutuhkan biasanya pada peredaran darah dari dan pada jantung agar dapat bekerja dalam memicu pertumbuhan rambut. Nutrisi dalam makanan tentu sangat penting agar rambut dapat tumbuh dengan maksimal dan baik.

Jenis makanan yang diperlukan memiliki kandungan zinc yang cukup untuk mencegah kerapuhan dan kerontokan pada rambut. Biasanya makana yang mengandung zinc adalah makanan laut, brokoli, jamur , dll. Bagi anda yang ingin mengatasi masalah penyebab rambut rontok, maka jangan sampai terlambat makan.

Demikian informasi Berfaedah.com tentang Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus, semoga bermanfaat. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman Anda. Terima kasih.

0 Response to "Inilah 9 Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus Berlebihan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel