Anak Anda Bandel? Inilah 10 Cara Mengatasi Anak yang Bandel

Berfaedah.com - Cara mengatasi anak bandel adalah salah satu referensi yang sering dicari oleh para orang tua. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat anak yang bandel sangat merepotkan dan membuat kesal. Ketika anak bandel ini dihadapi dengan cara yang keras, rata-rata mereka malah tidak akan mendengarkan justru ulahnya semakin menjadi lebih mengesalkan lagi.

Sementara jika hendak dihadapi dengan cara yang halus, banyak orang tua yang merasa tidak terhormat di hadapan anaknya sendiri dan khawatir anak tersebut menjadi pembangkang yang lebih parah lagi. Pun demikian, ini tidak berarti tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang bandel. Sebagai bukti, silahkan Anda simak beberapa poin yang ada di bawah ini.

cara mengatasi anak bandel

Cara Mengatasi Anak Bandel

1. Jangan Sekalipun Memberikan Label yang Buruk pada Anak

Cara yang pertama ialah, jangan pernah sekalipun memberikan label yang buruk pada anak, sekalipun label tersebut memang sesuai untuk disematkan pada mereka. Contoh label yang buruk ini diantaranya adalah ‘kamu anak yang bandel’, ‘kamu anak yang nakal’ dan lain-lainnya.

Jangan pernah mengatakan hal-hal buruk seperti itu pada anak, karena ini hanya akan membuat anak jadi makin bandel dan menganggap bahwa sifat bandel tersebut memang karakternya. Pada akhirnya, ini malah akan semakin menyusahkan Anda sebagai orang tua. 

2. Cara Mengatasi Anak yang Bandel dengan Cara Memberikan Contoh yang Baik pada Mereka

Pada dasarnya, setiap anak yang sedang ada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan mempunyai kecenderungan untuk menirukan apa yang dilakukan oleh orang-orang di sekelilingnya, terutama orang tuanya. Mereka juga cenderung mudah menyerap apa saja yang terjadi di sekitarnya. Baca: 7 Cara Mengatasi Anak Mimisan yang Terbukti Mujarab

Karena itu, jika Anda ingin agar anak tidak bandel lagi, maka sebaiknya mulailah dari diri Anda sendiri terlebih dahulu. Berikan contoh yang baik pada mereka dan jangan mengucapkan kata-kata kasar setidaknya saat berada di hadapan anak. Kemudian, upayakan agar anak menjauhi hal-hal buruk supaya mereka tidak terpengaruh dan terpancing melakukannya juga.

3. Lakukan Pendekatan pada Anak

Untuk menghadapi anak yang bandel, sebenarnya Anda bisa mengatasinya dengan cara melakukan pendekatan pada mereka. Upayakan untuk sebisa mungkin tidak emosi dalam menghadapinya, karena rasa emosi kebanyakan tidak bisa menyelesaikan masalah. Justru anak malah semakin tertantang untuk menguji kesabaran Anda. 

Maka dari itu, Anda lebih disarankan untuk melakukan pendekatan pada mereka. Berikan nasihat dengan cara yang baik dan berikan pengertian bahwa apa yang mereka lakukan itu salah. Tapi, jangan mengalah pula pada anak, karena Anda harus menunjukkan bahwa Anda mampu bersikap tegas pada mereka. Dengan begini, Anda bisa lebih mudah mengendalikan mereka.

4. Cara Mengatasi Anak Bandel dengan Membuat Peraturan Khusus untuk Mereka

Cara yang lainnya ialah silahkan Anda buat peraturan yang khusus untuk anak-anak. Peraturan ini sebaiknya Anda bicarakan dahulu dengan mereka. Pastinya, peraturan yang dimaksud ini juga memuat konsekuensi seandainya mereka melanggarnya. Jika Anda memperhatikan hal ini, pastilah anak akan berusaha untuk tidak melakukan pelanggaran. Baca: Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Anak yang Hiperaktif

Dan jangan hanya membuat saja, tapi terapkan juga peraturan tersebut. Jangan hanya karena alasan kasihan, Anda jadi melewatkan hukuman untuk anak padahal mereka pantas mendapatkannya. Makanya, saat menetapkan peraturan dan hukuman, sesuaikan hukuman tersebut dengan kemampuan si anak. 

Tambahan lagi, sebaiknya Anda juga memberikan penghargaan apabila mereka berhasil melakukan hal-hal yang baik, seperti hadiah atau bahkan sekedar pujian juga tidak masalah. Tunjukkan bahwa Anda juga bisa menghargai mereka saat mereka berbuat baik. 

5. Mengatasi Anak Bandel dengan Cara Bersikap Konsisten

Masih menyambung dari cara yang sebelumnya, Anda juga harus konsisten dalam menjalankan peraturan yang sudah dibuat. Hukumlah anak sesuai dengan pelanggarannya. Pada kondisi tertentu memang Anda diperbolehkan memberikan keringanan hukuman, tetapi jangan lakukan ini terlalu sering. Mengapa?

Karena semakin Anda memberikan keringanan hukuman, ini seolah memberikan anak kesempatan yang lebih besar untuk melanggar berbagai peraturan yang telah didiskusikan sebelumnya. Pada akhirnya, anak akan menjadi bandel lagi dan sulit diatur lagi.

Sekalipun Anda merasa kasihan atau tidak tega pada anak, tetap Anda harus menjalankan peraturan tersebut. Anda harus konsisten dengan keputusan yang telah dibuat. Dengan begini, anak akan menjadi segan untuk melanggar lagi karena ada sanksi yang harus ditanggung jika mereka melakukannya. Baca: Inilah 8 Cara Mengatasi Anak GTM atau Susah Makan

6. Upayakan Sebisa Mungkin untuk Tidak Memarahi Anak di Depan Umum

Saat anak berulah di depan umum, cobalah tahan dulu keinginan Anda untuk memarahinya apalagi membentaknya pada saat itu juga. Ingatlah bahwa memarahi anak di depan umum itu bukan hal baik dan bukan cara mendidik yang bijaksana. 

7. Ajak Anak untuk Menonton Film atau Membaca Buku yang Berisi Kebaikan

Cara mengatasi anak bandel yang lainnya ialah mengajak mereka untuk menonton film ataupun membaca buku yang isinya adalah kebaikan. Tentunya, sebelum Anda menerapkan cara yang satu ini silahkan lihat situasinya dulu ya. Kalau memang memungkinkan, silahkan dilaksakan tetapi jika belum memungkinkan, tunda dulu sampai waktunya tepat. 

8. Ingatkan Diri untuk Tidak Mengeluh pada Anak

Saat anak berulah dan tidak bisa dikasih tahu, pasti Anda akan merasa pusing bukan? Selain pusing, biasanya Anda juga akan merasa kesal. Nah, pada saat-saat inilah biasanya tanpa sadar Anda akan mengeluhkan perilaku mereka pada anak. Sebenarnya, hal ini tidak boleh Anda lakukan. Mengapa demikian?

Karena mengeluhkan perilaku anak pada anak yang bersangkutan cenderung tidak efektif dan tidak bisa membuat mereka menyadari kesalahannya. Disamping itu, daripada Anda mengeluh, lebih baik Anda mengajaknya berbicara dari hati ke hati mengenai sikap si anak tersebut. Baca: Inilah 9 Cara Mengatasi Anak Rewel dan Cengeng

Dan sebaiknya jangan hanya memberinya nasihat saja. Anda pun disarankan untuk mendengarkan apa yang mereka ucapkan. Dengan begini, anak akan merasa diperhatikan dan mungkin dia tidak akan mengulangi kesalahannya lagi.

9. Atasi Anak Bandel dengan Cara Memberinya Pelukan Setiap Hari

Bagi orang dewasa saja, pelukan bisa memberikan efek yang luar biasa terutama efek menenangkan. Hal ini juga berlaku bagi anak-anak. Pelukan cenderung membuat mereka merasa nyaman, aman dan diperhatikan oleh orang tuanya. 

Selain itu, dikatakan juga bahwa pelukan bisa membantu meningkatkan hormon dopamine dalam diri anak sehingga ini juga membawa dampak yang positif bagi kecerdasan mereka.

10. Tunjukkan Ekspresi Marah pada Anak Tapi Jangan Memukulnya

Bila anak sedang bandel, tak ada salahnya jika Anda menunjukkan ekspresi marah sesekali. Ini akan membuat anak menjadi sadar bahwa apa yang dilakukannya itu tidaklah benar. Tapi, Anda juga harus melengkapinya dengan memberikan pengertian kenapa Anda tidak suka dengan sikap mereka. 

Dan lagi, upayakan untuk tidak memukul anak karena ini hanya akan membuat anak jadi lebih keras kepala, bahkan mungkin akan lebih menjengkelkan lagi.

Secara garis besar, anak akan menjadi penurut atau bandel itu sedikit banyak tergantung pada orang tua dalam mendidiknya. Adapun cara mengatasi anak bandel di atas bisa Anda terapkan agar anak menjadi lebih terkendali. Namun jika Anda mempunyai cara lain yang dianggap lebih efektif, silahkan diterapkan, tidak masalah. Hanya saja, tetap sabar dalam menghadapi anak. Itu kuncinya.

0 Response to "Anak Anda Bandel? Inilah 10 Cara Mengatasi Anak yang Bandel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel