BERHASIL: Inilah 8 Cara Mengatasi Anak GTM atau Susah Makan

Berfaedah.com - Cara mengatasi anak GTM adalah sesuatu yang harus Anda ketahui terutama jika anak sedang melakukan aksi males makan. Anak yang sedang GTM atau Gerakan Tutup Mulut, alias susah makan memang cukup meresahkan. Pasalnya, jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka tubuh anak tidak akan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Penyebab anak melakukan GTM ini pastilah bervariasi. Namun, apapun penyebabnya jangan sampai Anda memaksa anak untuk makan karena hal ini bisa membuat anak jadi lebih malas lagi untuk menyantap makanan yang disediakan untuknya. Kalaupun Anda khawatir dengan kondisi kesehatan anak, sebaiknya Anda lakukan cara-cara yang disebutkan di bawah ini saja, antara lain.

cara mengatasi anak gtm

Cara Mengatasi Anak GTM

1. Berikan Anak Makan dalam Porsi yang Kecil Tapi Sering

Seperti orang dewasa yang ingin menurunkan berat badannya, biasanya mereka akan disarankan untuk menyantap makanan dalam porsi yang kecil saja tapi frekuensinya sering. Nah, untuk mengatasi anak yang GTM, Anda juga bisa melakukan hal ini.

Kebanyakan orang tua akan merasa gemas dan tertarik untuk memasukkan makanan dalam jumlah yang cukup besar dalam tubuh anak. Sebaiknya Anda tidak meniru tindakan seperti ini. Berikan saja makanan dalam porsi yang lebih kecil tapi frekuensinya sering. Kalau dalam sesi makan ini anak terlihat ogah untuk menelan makanannya lagi, sebaiknya jangan dilanjutkan. Baca: Inilah 10 Cara Mengatasi Anak yang Bandel

Tunggu saja sampai tiba waktu makan yang selanjutnya. Akan tetapi, buat supaya nutrisi dalam makanan lebih padat dan upayakan juga agar anak mendapatkan asupan lemak tambahan. Dengan begini, meski anak menunjukkan gejala tidak lahap saat makan, tapi nutrisinya tetap terpenuhi.

2. Ajak Anak untuk Makan dalam Suasana yang Menyenangkan

Banyak orang tua yang mengajak anaknya jalan-jalan agar dia mau makan. Tidak sedikit juga orang tua yang mencoba mengalihkan perhatian anak dengan cara memberikan mainan atau gadget supaya makannya lebih banyak. Memang, upaya-upaya seperti ini tidak salah untuk dilakukan.

Akan tetapi khawatirnya ini akan berdampak tidak baik pada kebiasaan makan si anak nantinya. Daripada Anda mengajaknya makan sambil jalan-jalan atau main gadget, sebaiknya Anda menciptakan suasana makan yang menyenangkan untuk mereka. Jika memungkinkan, ajak anak untuk makan bersama-sama dengan keluarga di meja makan.

Kalaupun tidak memungkinkan, sangat disarankan agar Anda melatih anak untuk makan di tempat yang seharusnya, yakni di meja makan.

3. Cara Mengatasi Anak GTM dengan Memberikannya Makanan yang Dapat Dipegang dan Dimakan Sendiri

Kalau Anda merasa bahwa anak masih kecil dan belum mampu memegang makanannya sendiri, memang adalah suatu hal yang wajar jika kemudian Anda menyuapinya. Akan tetapi, hal ini terkadang membuat anak malas makan karena dia hanya menerima suapan dan tidak melakukan sesuatu. Baca: 7 Cara Mengatasi Anak Mimisan yang Terbukti Mujarab

Untuk anak yang suka bosan jika berdiam diri seperti ini, sebaiknya Anda jangan terburu-buru untuk menunjukkan video lucu dalam smartphone sebagai tontonan. Anda bisa mengakalinya dengan cara memberikannya makanan yang dapat dipegang atau digenggam biar dia menyuapkannya sendiri ke dalam mulutnya.

4. Tetap Ajarkan Anak Agar Makan dengan Teratur

Tidak sedikit yang menanggap bahwa anak yang GTM itu tidak masalah selama dia masih mau minum susu. Sebenarnya tak ada yang salah dengan anggapan tersebut karena baik ASI maupun susu formula mengandung sejumlah nutrisi yang diperlukan oleh anak. Akan tetapi Anda harus ingat, bahwasanya acara makan ini tidak hanya memberikan anak nutrisi begitu saja.

Tetapi Anda juga perlu mengajarkan anak tentang kebiasaan makan yang baik. Tapi, dalam mengajarkan kebiasaan makan yang baik, Anda tetap tidak diperkenankan untuk melakukan pemaksaan dan Anda juga tidak diperbolehkan untuk skip waktu makan mereka. 

Cobalah untuk mengajarkan anak makan pada jam yang teratur. Entah itu mereka menghabiskan makanannya atau tidak, itu bukan masalah. Yang penting jam makannya teratur, ini yang harus diprioritaskan.

5. Sesuaikan Antara Waktu Makan dengan Kondisi si Anak

Ketika jam makan sudah tiba, Anda memang sebaiknya segera memberikan anak makan agar dia terbiasa makan dengan teratur. Pun demikian, ini harus Anda sesuaikan lagi dengan kondisi si anak tersebut. Contohnya, kalau anak terlihat mengantuk, ya jangan dipaksa untuk makan pada saat itu juga. Baca: Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Anak yang Hiperaktif

Atau anak menunjukkan tanda-tanda ingin buang air besar, sebaiknya jangan dipaksa pula dan berbagai kondisi lain yang tidak memungkinkan anak untuk menyantap makanan pada saat itu. Jadi, sebelum Anda memberikan makanan pada anak, perhatikan dulu bagaimana kondisinya dan moodnya.

6. Mengatasi Anak GTM dengan Cara Mencari Tahu Penyebabnya

Jangan hanya meminta anak untuk makan saja, tetapi Anda juga sebaiknya mencari tahu kira-kira apa yang menyebabkan anak melakukan gerakan tutup mulut seperti itu. Apakah rasa makanannya kurang sesuai, mengalami sariawan ataupun kondisi-kondisi lain yang sekiranya membuat anak malas untuk makan.

Ini juga merupakan cara mengatasi anak GTM yang efektif, karena jika Anda sudah mengetahui apa penyebabnya, tentu Anda akan lebih mudah dalam mengatasinya. Contoh, jika anak tidak menyukai makanan tertentu, maka Anda dapat menawarkannya makanan yang lain. 

Atau anak pernah mengalami trauma akibat makanan yang pedas, Anda dapat mengajak anak untuk membuat makanan bersama supaya dia tahu bahwa Anda tidak menggunakan cabe dalam mengolah makanan yang dimaksud. 

7. Atasi Anak yang GTM dengan Cara Membuatnya Mengenali Rasa Lapar dan Hindari Pemberian Makanan Junkfood

Daripada membuat anak mempunyai pengalaman buruk soal makan karena Anda memaksanya, sebaiknya Anda buat dia belajar mengenali rasa kenyang dan laparnya. Kalau memang anak tidak mau makan, sebaiknya Anda diamkan dulu sejenak. Sekitar 10 menit atau 15 menit kemudian, Anda bisa menawarinya untuk makan kembali. Baca: Inilah 9 Cara Mengatasi Anak Rewel dan Cengeng

Lakukan hal ini sampai anak mau makan. Dan usahakan agar anak melakukan kegiatan fisik supaya dia merasa lapar pada waktu jam makan. Tapi, hindari memberikan anak susu atau camilan saat dia akan makan.

Kemudian hindari pula memberikan anak makanan junkfood atau makanan instan terlalu sering supaya tidak merusak citarasa anak terhadap makanan. Karena kalau mereka sudah terbiasa dengan junkfood atau makanan instan yang cenderung mempunyai rasa kuat, kemungkinan besar dia tidak akan menyukai makanan yang dimasak tanpa menggunakan penyedap rasa.

8. Variasikan Makanan yang Diberikan pada Anak

Layaknya orang dewasa, anak juga bisa merasa bosan dengan makanan yang sering disantapnya. Karena itu, sebaiknya Anda variasikan makanan untuk anak. Dan untuk ini, Anda memang dituntut kreatif. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kandungan gizi makanan tersebut supaya kebutuhan gizi anak tetap terpenuhi sekalipun dia makannya hanya sedikit. 

Atau bisa juga dengan meminta tolong orang lain seperti neneknya atau tantenya agar membuatkan anak makanan. Biasanya citarasa makanan yang dihasilkan orang yang satu dengan yang lain akan berbeda. Siapa tahu selera anak jadi tergugah jika yang memasakkan makanan untuknya adalah orang lain.

Ada banyak cara mengatasi anak GTM. Dengan adanya cara-cara tersebut, sudah pasti Anda tidak perlu melakukan pemaksaan pada anak agar menyantap makanannya.

Semoga bermanfaat, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "BERHASIL: Inilah 8 Cara Mengatasi Anak GTM atau Susah Makan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel