Inilah 7 Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Game Online

Berfaedah.com - Kemajuan teknologi masa kini telah memunculkan sejumlah game yang bisa dimanfaatkan sebagai hiburan. Apabila game ini dimainkan secara wajar, tentu ini bukanlah masalah. Yang berbahaya adalah apabila anak sudah kecanduan sampai-sampai dia mengabaikan kebutuhan pokoknya sendiri seperti makan dan minum. Karenanya Anda perlu mengetahui cara mengatasi anak kecanduan game.

Ini perlu sebagai langkah antisipasi supaya dampak negatif lain dari kecanduan game tidak mendatangi anak Anda, diantaranya ialah anak jadi lupa bersosialisasi dengan teman sebayanya dan kemampuan penglihatannya menurun karena terlalu lama menatap layar. Adapun cara mengatasi anak yang kecanduan game seperti yang dimaksud ialah sebagai berikut.

cara mengatasi anak kecanduan game

7 Cara Mengatasi Anak Kecanduan Game

1. Mengatasi Anak yang Kecanduan Game dengan Cara Mengalihkan Perhatiannya

Cara yang pertama ialah dengan mengalihkan perhatiannya. Anak memainkan game salah satunya adalah karena tidak ada sesuatu yang menarik menurutnya. Karena itu, apabila Anda ingin anak mengurangi waktunya memainkan game, silahkan Anda tawarkan sesuatu yang bisa menarik perhatiannya.

Ini sebagai alternatif apabila anak sedang bosan karena tidak ada kegiatan dan tidak bisa memainkan game kesukaannya. Contoh kegiatan yang dimaksud ialah dengan mengikutkannya dalam kegiatan olahraga, menari, melukis atau kegiatan lain yang pernah disukainya sebelumnya. Baca: Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Anak yang Tantrum

Apabila anak merasa tidak tertarik dengan penawaran Anda ini, silahkan Anda beri sedikit ancaman bahwa dia tidak boleh memainkan game lagi kecuali jika dia mengikuti saran Anda. Selain itu, ada baiknya jika cara ini juga Anda imbangi dengan meluangkan waktu lebih banyak untuk anak.

Apabila Anda mempunyai lebih banyak waktu untuk anak, Anda dapat mengerjakan sesuatu bersama-sama, sekalipun sesuatu itu sangat sederhana seperti minum teh saat sore hari sambil mengobrol dan lain-lain.

Pada intinya, semakin sering Anda mengajaknya melakukan aneka ragam aktiifitas dan bersosialisasi, ini secara tidak langsung akan memberikan pengajaran pada anak bahwa ada banyak sekali hal menarik yang juga bisa dia lakukan selain memainkan game.

2. Cara Mengatasi Anak Kecanduan Game dengan Menetapkan Jadwal Bermain Untuknya

Cara yang lainnya ialah dengan menetapkan jadwal bermain game untuk anak. Dalam hal ini, Anda sebaiknya mengajak anak untuk berdiskusi tentang berapa lama waktu bermain game yang diperbolehkan, misalnya 6 jam dalam sehari, 4 jam dalam sehari, 2 jam dalam sehari atau yang lainnya.

Upayakan agar anak tidak memainkan game lebih dari 2 jam. Tetapi, lakukan secara bertahap. Jadi misalnya anak Anda suka bermain game selama 7 jam dalam sehari, silahkan Anda kurangi waktunya menjadi 6 jam atau 5 jam terserah Anda. Apabila anak sudah berhasil mengikuti peraturan tersebut, silahkan Anda kurangi lagi waktunya. Demikian seterusnya. Baca: Inilah 9 Cara Mengatasi Anak Rewel dan Cengeng

Hindari melarang anak bermain game secara sekaligus, misalnya dari yang awalnya anak memainkan game selama 10 jam langsung dipotong menjadi 1 jam saja. Cara ini kurang bijak sekalipun keputusan tetap ada di tangan Anda. Selain menentukan batas waktu, silahkan Anda tentukan pula hukuman yang akan diterima anak apabila dia melanggar batas waktu tersebut.

Nah, apabila peraturan ini sudah jadi, silahkan Anda kondisikan supaya anak mengikuti peraturan tersebut. Kalau perlu, tempatkan alarm di dekat komputer atau anak secara langsung supaya anak bisa tahu sudah berapa lama dia memainkan game dan berapa lama waktu yang tersisa untuknya.

3. Mengatasi Anak Kecanduan Game Online dengan Cara Kunci serta Amankan Game dari Anak

Apabila anak masih tidak bisa mengekang keinginannya bermain game dan cara-cara di atas tidak cukup ampuh dilakukan, maka Anda dapat melakukan cara yang ketiga ini, yaitu mengamankan game tersebut dari anak, Silahkan Anda sembunyikan sementara perangkat-perangkat yang bisa membuat anak bermain game supaya tidak bisa dijangkaunya.

Sembunyikan semua perangkat tersebut sampai Anda merasa bahwa anak sudah bisa dikendalikan. Dalam hal ini Anda memang harus sedikit tega pada anak demi kebaikannya. Jangan karena anak menangis Anda jadi membiarkan dia bermain sehingga pada akhirnya kecanduannya jadi tidak terobati.

4. Mengatasi Anak yang Sudah Kecanduan Game Online dengan Menjadi Contoh yang Baik untuk Anak

Cara mengatasi anak kecanduan game lainnya ialah dengan memberikan contoh yang baik untuk mereka. Jadi, Anda jangan hanya menyuruh anak mengurangi waktunya bermain game saja, Anda pun sebaiknya juga jangan terlalu dekat dan menempel dengan telepon, smartphone atau sebagainya. Baca: Inilah 8 Cara Mengatasi Anak GTM atau Susah Makan

Selain itu, saat Anda mempunyai waktu luang dan sedang tidak merasa lelah, coba isi waktu luang tersebut dengan mengajak anak berjalan-jalan ke perpustakaan, membersihkan rumah, olahraga dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Ini juga secara tidak langsung akan memberikan efek pada anak bahwa waktu luang bisa diisi dengan berbagai kegiatan menyenangkan yang lebih bermanfaat.

5. Mengatasi Anak yang Kecanduan Game Online dengan Memberikan Perhatian Secara Penuh pada Anak

Ada juga kasus dimana anak kecanduan game karena dia kurang mendapat perhatian yang cukup dari orang tuanya. Kekurangan perhatian seperti ini cenderung akan membuat anak menjadi kesepian sehingga dia kemudian melampiaskan kesepiannya tersebut dengan cara memainkan game.

Jika Anda merasa bahwa ini yang terjadi pada anak, cobalah untuk menambahkan porsi perhatian yang biasa Anda berikan pada anak. Disarankan agar Anda tidak terlalu sibuk dengan pekerjaan saja. Dan terutama saat hari libur tiba, Anda bisa mengajak anak untuk jalan-jalan atau piknik ke suatu tempat yang menyenangkan bersama-sama.

Anda dapat membawanya ke kebun buah, pantai, kebun binatang ataupun tempat lain yang sekiranya dapat menarik minat si anak.

6. Jika Anak Masih Kecil Usia 1 – 5 Tahun, Jangan Biasakan Memberi Hiburan Melalui Gadget

Sebenarnya agar anak tidak kecanduan game ini perlu dilakukan sejak usianya masih sangat muda. Contoh, pada anak usia 1 tahun sampai 5 tahun biasanya akan cenderung sulit makan bukan? Nah, supaya mau makan, banyak orang tua yang memberikan gadget dan kawan-kawannya kepada anak. Ini jelas merupakan hal yang keliru. Baca: Inilah 10 Cara Mengatasi Anak yang Bandel

Jika Anda sudah memberikan hiburan seperti itu pada mereka, maka sebenarnya Anda sendiri yang membuka pintu bagi anak agar kecanduan game. Selain itu, anak-anak usia tersebut akan cenderung rewel dan terkadang mereka rewel saat kita sedang bekerja. Dalam kondisi ini pula, Anda juga sangat disarankan untuk tidak memberikan gadget pada anak supaya diam.

Apabila pekerjaan Anda memang tidak mendesak, sebaiknya tinggalkan saja dulu pekerjaan tersebut dan diamkan anak. Atau kalau tidak, minta tolong pada orang lain untuk mendiamkan anak sementara terlebih dahulu.

7. Mengatasi Anak Kecanduan Game dengan Menghidupkan Kehidupan Sosial Anak

Anak yang sudah kecanduan game rata-rata kehidupan sosialnya akan terganggu. Nah, supaya anak bisa mengurangi kecanduannya pada game, Anda bisa melakukannya dengan cara menghidupkan kehidupan sosialnya. Cobalah untuk mengajak anak bermain di luar rumah bersama teman-temannya yang lain.

Atau bisa juga dengan mengajak anak berkunjung ke rumah tetangga yang juga mempunyai anak seumuran. Alternatif lain berupa mengundang teman-teman sekolahnya ke rumah juga bisa, tergantung Anda.

Menghentikan kecanduan anak terhadap game ini sangat penting dan Anda bisa mengusahakan hal tersebut dengan menerapkan berbagai cara mengatasi anak kecanduan game di atas. Sekali waktu, jika Anda dan pasangan sedang punya waktu luang, tak ada salahnya jika Anda mengajak anak memilih game yang dapat dimainkan bersama-sama supaya hubungan Anda dengan anak lebih erat.

0 Response to "Inilah 7 Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Game Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel