Wajib Tahu! Inilah 9 Cara Mengatasi Anak Rewel dan Cengeng

Berfaedah.com - Anak yang tengah rewel memang cukup merepotkan. Saking merepotkannya, tak jarang orang tua justru ikut emosi dalam menghadapinya sehingga kemudian balik memarahi anaknya. Sering pula emosi ini malah jadi tak terkendali dan berujung pada kekerasan fisik. Nah supaya hal ini tidak terjadi, jelas orang tua harus tau bagaimana cara mengatasi anak rewel dan cengeng dengan baik.

Pada dasarnya rewel memang adalah salah satu kata yang sangat erat hubungannya dengan perkembangan anak. Ini adalah kondisi yang sangat umum terjadi. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi anak yang demikian? Berikut beberapa cara yang bisa coba Anda tempuh untuk menenangkan anak, antara lain.

cara mengatasi anak rewel

9 Cara Mengatasi Anak Rewel dan Cengeng

1. Jangan Meminta Maaf

Terutama jika anak rewel saat berada di tempat umum, Anda sebaiknya tidak meminta maaf pada ‘penonton’. Sebagai orang tua, adalah suatu hal yang wajar jika Anda meminta maaf pada orang-orang di sekeliling yang mungkin saja merasa terganggu dengan kerewelan anak.

Tetapi perlu diketahui bahwasanya jika Anda mewakili anak untuk meminta maaf pada mereka ini adalah suatu kesalahan. Ingatlah bahwa rewel itu merupakan perilaku pilihan anak dan anak perlu diajarkan tanggung jawab atas kelakuannya itu. Baca: Inilah 8 Cara Mengatasi Anak GTM atau Susah Makan

2. Cara Mengatasi Anak yang Rewel  dengan Cara Mengalihkan Perhatiannya

Hal lain yang juga bisa Anda lakukan untuk menghadapi anak rewel ialah dengan mengalihkan perhatiannya. Hal ini dapat Anda terapkan terutama jika yang menjadi penyebab anak rewel adalah karena dia menginginkan sesuatu seperti es krim atau hal-hal lain yang menurut Anda tidak bagus untuk kesehatannya. 

Kemudian, dilain waktu, saat anak sudah berada dalam suasana hati yang bagus, Anda dapat memberikannya pengertian kenapa kok dia harus menghindari es krim atau apapun itu. Latihlah anak agar dia mengerti sehingga tidak jadi rewel lagi saat melihat hal-hal yang sebelumnya diinginkannya.

3. Minta Bantuan Suami atau Orang Lain yang Bisa Dipercaya

Saat Anda merasa kewalahan menghadapi anak rewel, tak ada salahnya jika Anda meminta bantuan orang lain untuk menenangkan anak, seperti suami, bapak dan ibu atau siapapun yang sekiranya bisa membuat anak jadi lebih tenang. Dengan begini, Anda tidak akan kelelahan karena kelelahan seperti ini terkadang memicu Anda untuk emosi dan balik memarahi anak. 

4. Cara Mengatasi Anak Rewel dan Cengeng dengan Memeluknya

Salah satu cara yang ampuh untuk menenangkan anak rewel ialah dengan memeluknya. Hal ini dikarenakan pelukan itu bisa membuat anak jadi merasa nyaman dan merasa bahwa Anda peduli terhadap mereka sekalipun Anda tidak suka dengan tingkahnya yang rewel. Baca: Inilah 10 Cara Mengatasi Anak yang Bandel

Pun demikian, pelukan yang Anda berikan itu hendaknya bukanlah pelukan yang justru seolah ingin meninabobokkan mereka, melainkan pelukan yang tegas. Kemudian, disarankan agar Anda tidak mengatakan apapun selama Anda memeluknya sampai rengekannya tersebut mereda.

5. Diamkan Saja

Selama rewel, pastinya anak tidak akan bisa berpikir jernih. Dirinya akan dikuasai oleh emosinya dan cenderung tidak tahu bagaimana cara mengatasi emosi tersebut. Karenanya, terkadang aksi membujuk tidak akan mempan pada anak yang tengah rewel. Apalagi jika Anda memaksanya atau memarahinya, jelas ini adalah hal yang sia-sia.

Maka dari itu, tak ada salahnya jika Anda mendiamkan anak yang tengah rewel. Tinggalkan saja dulu dia. Anda bisa membaca buku, bermain smartphone ataupun hal-hal lainnya. Nanti, setelah anak sudah menunjukkan tanda-tanda lelah karena merengek, Anda bisa mengajaknya berbicara atau membujuknya. 

Ingatlah, mendiamkan anak saat rewel itu tidak berarti bahwa Anda adalah orang tua yang buruk. Justru sebaliknya, menangis dan merengek itu sangat membantu supaya emosi yang dirasakan anak bisa keluar sehingga dia nanti juga bisa lebih mudah dalam mengontrol dirinya. 

6. Berbicara dengan Lebih Intensif pada Anak

Apabila Anda menyadari bahwa anak rewel karena merasa frustasi, cobalah untuk membantunya belajar dalam mengatur emosinya. Seorang ahli anak yang bernama William Sears menuturkan bahwasanya rengekan yang dilontarkan oleh anak itu sebenarnya merupakan bagian dari proses belajar mereka untuk mempelajari kata-kata yang bisa membuat kebutuhannya terpenuhi. Baca: 7 Cara Mengatasi Anak Mimisan yang Terbukti Mujarab

William Sears juga menyampaikan bahwasanya, beritahu pada si kecil agar mengatakan yang sejujurnya tentang hal yang mengganggu dirinya. Penuturan yang tanpa basa-basi dan jelas seperti ini akan membuat perasaan mereka yang sulit untuk diungkapkan jadi terwakili.

7. Jangan Ikut-Ikutan Mengamuk

Cara mengatasi anak rewel dan cengeng yang selanjutnya ialah Anda jangan ikut-ikutan ngamuk juga. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa tetap bersikap tenang dalam menghadapi anak rewel itu tidak mudah. Akan tetapi, jika Anda justru memarahinya, anak akan jadi semakin emosi. 

Apalagi kalau Anda menambahkannya dengan memberikan hukuman, anak akan jadi menyimpan amarah serta rasa frustasinya seorang diri. Dan Anda pasti sudah tahu bahwa menyimpan hal-hal tak menyenangkan seperti ini seorang diri merupakan tindakan yang tidak sehat. Begitupun dengan anak.

Karena itu, sangat disarankan agar Anda tidak ikut-ikutan mengamuk saat anak sedang dalam kondisi rewel. Coba amati dulu apa yang menyebabkan anak bersikap demikian. Jika sudah ketemu penyebabnya, pasti Anda akan lebih mudah mengatasinya. 

8. Beri Sedikit Ancaman pada Anak

Sepertinya cara yang satu ini sangat kontras dengan cara sebelumnya. Namun, tak ada salahnya jika Anda memberikan sedikit ancaman pada anak. Contoh, jika nanti dia masih rewel, Anda akan melarangnya bermain atau bahkan melaporkannya pada ayah. Memberi sedikit ancaman di sini tidak sama dengan mengamuk loh ya. Baca: Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Anak yang Hiperaktif

Karena disini, Anda perlu mempertimbangkan baik-baik mengenai ancaman yang hendak diberikan pada mereka. Jadi, Anda jangan asal dalam menyebutkan ancaman apalagi mengancam akan memukul mereka jika masih rewel saja. Kalau Anda melakukan hal ini, itu sama saja dengan Anda mengamuk pada anak serta menanamkan kekerasan. 

Alih-alih menenangkan, hal ini justru akan membuat keadaan anak menjadi lebih keruh. Kemudian, Anda juga harus konsisten dengan ancaman yang Anda lontarkan. Contohnya, kalau Anda mengancamnya untuk tidak menonton televisi karena rewel, maka Anda benar-benar harus menjalankannya.

9. Mengatasi Anak Rewel dengan Cara Mengetahui Keinginan Anak

Cara mengatasi anak yang rewel selanjutnya ialah dengan mencari tahu apa yang diinginkan oleh si kecil. Pada suatu kondisi, ada saat dimana anak belum bisa berbicara dengan lancar. Anak yang demikian biasanya akan menangis apabila ada sesuatu yang diinginkannya atau merasa tidak nyaman seperti lapar, haus atau yang lainnya.

Bahkan mereka juga terkadang menangis demi mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Tangisan anak yang sulit untuk dikendalikan ini bisa membuat orang tua jadi frustasi karena tidak mampu memahami keinginan anak. Karena itu, sangat disarankan agar Anda menciptakan kedekatan dengan si kecil.

Sehingga sekalipun mereka belum begitu fasih dalam berbicara, tetapi Anda pasti akan memahami bahasa mereka. Coba minta mereka untuk tenang lalu gunakan suara yang lembut untuk menanyakan keinginannya.

Coba Anda lakukan berbagai cara mengatasi anak rewel dan cengeng yang telah disebutkan di atas agar situasi Anda dan anak menjadi terkendali. Atau Anda mempunyai metode lain untuk menenangkan anak yang sedang rewel? Boleh kok, tetapi intinya tetap jangan biarkan Anda dikuasai oleh emosi sehingga anak tidak terluka baik fisik maupun perasaannya.

Semoga bermanfaat, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "Wajib Tahu! Inilah 9 Cara Mengatasi Anak Rewel dan Cengeng"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel