Inilah 8 Cara Mengatasi Bayi yang Rewel dengan Benar

Berfaedah.com - Bayi yang rewel seringkali membuat orang tua merasa kesal dan khawatir, apalagi jika tangisannya tersebut sudah berlangsung cukup lama. Sebenarnya ada banyak cara mengatasi bayi rewel, namun ini tetap harus dikembalikan pada apa yang menyebabkan bayi tersebut bersikap demikian. Apabila Anda sudah mengetahui penyebabnya, tentu mengatasinya tidak akan susah.

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam menghadapi bayi rewel ialah tetap tenang. Idealnya, apabila Anda bersikap tenang dan tidak terbawa oleh suasana akibat tangisan bayi, maka bayi pun lebih mudah pula untuk ditenangkan. Jangan bersikap sebaliknya, karena ini bisa membuat tangisan bayi semakin menjadi-jadi. Selain itu, Anda dapat juga menenangkan bayi dengan cara berikut ini.

cara mengatasi bayi rewel

8 Cara Mengatasi Bayi Rewel

1. Mengatasi Bayi Rewel dengan Cara Menggendongnya dan Mengayunkan Tubuhnya

Saat bayi Anda sedang rewel, ada kemungkinan dia sudah bosan dengan posisinya yang tengah berbaring. Karena itu, Anda perlu mengangkat dan menggendongnya. Untuk menggendong ini, Anda dapat menggunakan kain gendongan atau digendong biasa. Tetapi supaya lebih nyaman dan aman sebaiknya Anda gunakan kain gendongan saja.

Setelah itu, coba ayunkan tubuhnya dengan lembut sehingga dia jadi lebih tenang. Namun, disarankan untuk Anda mengayunkan bayi sesuai dengan suara tangisannya. Jadi, apabila bayi Anda menangis dengan kencang, tak ada salahnya jika Anda mengayunkan bayi dengan agak sedikit kencang pula.

Sekedar informasi, tindakan Anda menggendong dan mengayunkan bayi ini bisa membuatnya jadi bernostalgia dengan kondisinya saat masih berada dalam rahim.

2. Cara Mengatasi Bayi yang Rewel dengan Mengusap Kepalanya

Cara mengatasi bayi yang rewel lainnya ialah bisa juga dengan mengusap kepalanya. Jangan salah. Walaupun tampak sederhana, tetapi mengusap kepala bayi juga bisa membuatnya menjadi lebih tenang loh. Apalagi jika yang menyentuhnya itu adalah ibunya, bayi bisa terangsang untuk merasa nyaman.

Bukan hanya bagian kepala saja, Anda juga dapat menyentuh bagian tubuh bayi yang lainnya seperti punggung, perut, kaki dan lain-lain. Cara ini bukan tidak berdasar, tetapi memang sudah ada penelitian yang hasilnya menyebutkan bahwa sentuhan lembut itu sangat efektif dalam menenangkan bayi.

Pun demikian, terkadang ada bayi yang tidak cukup ditenangkan hanya dengan sentuhan saja. Karena itu, Anda dapat mengkombinasikan cara ini dengan cara yang pertama di atas.

3. Cara Mengatasi Bayi Rewel dengan Memperdengarkan Alunan Musik yang Lembut

Masih banyak cara lain mengatasi bayi yang rewel, salah satunya ialah memperdengarkan alunan musik yang lembut. Ini termasuk salah satu cara yang efektif dalam menenangkan bayi. Hal ini dikarenakan alunan musik yang lembut diketahui dapat menenangkan detak jantung si bayi sehingga tangisannya bisa lebih reda.

Ada banyak alunan musik lembut yang bisa Anda pilih dan cocok untuk diperdengarkan pada bayi. Anda pun juga diperkenankan untuk menyanyikan lagu yang enak dan lembut di telinga bayi supaya dia merasa lebih nyaman. Dan untuk ini, sebaiknya Anda pilih yang temponya lambat saja.

Sekedar informasi, bahwasanya tubuh manusia termasuk bayi akan memberikan respon terhadap musik. Caranya ialah dengan menyamakan denyut jantung beserta dengan indera perasanya agar sesuai dengan tempo musik yang didengarnya. Karena itu, sekali lagi Anda disarankan untuk memilih musik yang temponya lambat.

4. Mengatasi Bayi yang Rewel dengan Cara Mengajaknya Berbicara

Seperti ketika Anda menyanyikannya sebuah lagu, mengajak bayi berbicara dengan lembut juga diketahui bisa menghentikan rewelnya. Apalagi jika yang mengajaknya berbicara adalah ibu. Ini seolah-olah menjadi petunjuk bagi bayi bahwa ibunya mencoba memahaminya. Selain itu, mengajak bayi berbicara seperti ini juga dapat meningkatkan hubungan antara Anda dengan bayi

5. Bayi Rewel Atasi dengan Cara Membiarkannya Menghisap Jari atau Dot

Anda juga dapat mengatasi bayi yang tengah rewel dengan cara membiarkannya menghisap jari ataupun dot. Menghisap jari atau menghisap dot seperti ini bisa membuat bayi jadi cenderung rileks. Berdasaran keterangan dari dr. Anastasia Ratnawati, pada usia 0 – 12 tahun, stimulasi bayi masih berpusat di area mulut.

Karenanya, anak akan cenderung senang menerima benda-benda yang dimasukkan ke dalam mulutnya. Jika Anda ingin menggunakan cara ini, maka sebelum melakukannya, pastikan bahwa jari atau dot yang hendak dimasukkan ke dalam mulut bayi berada dalam kondisi yang bersih. Untuk jari, sebaiknya juga gunakan jari kelingking saja supaya tidak terlalu besar.

Pun demikian, Anda disarankan untuk tidak melakukan hal ini terlalu sering. Memang dot bisa membuat bayi yang rewel jadi anteng kembali tetapi jika Anda melakukannya terlalu sering sehingga cenderung berlebihan, ini bisa membawa dampak yang tidak bagus juga.

Contohnya, bayi jadi bingung dengan puting, pertumbuhan giginya jadi terganggu, terlambat berbicara dan sederet dampak negatif yang lainnya.

6. Mengatasi Bayi yang Rewel dengan Cara Membisikkan Suara ‘Shhh’

Cara mengatasi bayi rewel yang satu ini sudah cukup sering digunakan oleh orang tua jaman dahulu, dan Anda pun bisa menerapkannya jika bayi Anda sedang rewel. Berdasarkan informasi, suara ‘sshhh’ seperti ini mirip seperti suara berdesing yang biasanya melingkupi dirinya saat masih berada dalam rahim.

Karenanya cara ini juga termasuk efektif dalam menenangkan bayi. Kalaupun Anda sedang berhalangan atau tidak bisa mengeluarkan suara yang dimaksud, Anda dapat menyalakan kipas angin atau hair dryer saja sebagai pengganti.

Biasanya pula, orang tua banyak mengkombinasikan cara ini dengan menepuk-nepuk bokongnya, mengusap kepalanya dan lain-lain. Selain itu, Anda tidak perlu ragu untuk mengajak bayi berbicara. Tentunya, hal ini harus Anda lakukan dengan nada yang lembut ya, jangan terkesan memarahinya.

7. Atasi Bayi Rewel dengan Cara Mengajaknya Mandi

Apabila kondisi bayi memungkinkan, pada saat dia rewel, Anda bisa mengajaknya mandi bersama. Ingat, jika Anda ingin memandikan bayi, sebaiknya Anda periksa dulu suhu airnya. Upayakan agar air yang dipakai adalah air hangat supaya bayi tidak kedinginan. Jangan pula menggunakan air panas karena bisa membuat kulit bayi terbakar.

Nah, pada saat mandi seperti ini, otomatis Anda akan lebih banyak menyentuh bayi, dan sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, sentuhan itu bisa membuat bayi merasa tenang.

8. Memberi ASI untuk Mengatasi Bayi Rewel

Hal pertama yang seharusnya Anda duga apabila bayi sudah mulai menangis dan rewel ialah dia merasa lapar atau haus. Sudah merupakan hal yang lumrah bila bayi menangis saat dia merasa perutnya tengah kosong. Selain menangis, tanda lain yang juga ditunjukkan oleh bayi yang merasa lapar diantaranya ialah menghisap jarinya, menggerakkan jarinya dan tampak gelisah.

Pun demikian ada kemungkinan tidak semua bayi menunjukkan tanda-tanda yang sama. Jadi, penting untuk Anda mengenali dan mempelajari tanda-tanda bayi yang lapar supaya Anda bisa tanggap memberinya ASI agar tidak rewel lagi.

Selain berbagai cara mengatasi bayi rewel di atas, coba Anda periksa popoknya. Karena apabila bayi rewel ada kemungkinan dia merasa tidak nyaman dengan popoknya tersebut. Jika memang popok adalah penyebabnya, silahkan Anda ganti popok tersebut dengan yang baru.

0 Response to "Inilah 8 Cara Mengatasi Bayi yang Rewel dengan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel