Inilah Penyebab dan Cara Mengtasi HP Bootloop dengan Mudah

Berfaedah.com - Cara mengatasi HP Bootloop memang tidak bisa dilakukan sendiri. Seperti yang kita tahu Bootloop merupakan masalah yang menjadi momok menakutkan bagi pengguna ponsel. Sebab ketika masalah ini terjadi, ponsel milik Anda tidak akan dapat menyala dengan sempurna. Jadi, Anda pun tidak bisa menggunakan ponsel ini untuk melakukan berbagai aktivitas seperti chatting, telepon maupun browsing.

Sebagian dari Anda biasanya akan langsung panik dan membawa ponsel ke service center ketika terjadi gejala Bootloop. Padahal, Anda sebenarnya bisa menerapkan cara mengatasi HP Bootloop secara mandiri tanpa perlu mengeluarkan biaya servis yang mahal. Oleh sebab itu, agar Anda tidak mudah panik dan mengambil langkah keliru, maka perlu mengetahui berbagai informasi yang berhubungan dengan masalah Bootloop.

cara mengatasi hp bootloop

Pengertian Bootloop pada HP

Setiap ponsel Android pasti berpotensi untuk mengalami masalah Bootloop. Istilah Bootloop sendiri berasal dari dua suku kata yaitu Boot dan Loop. Dalam konteks sistem operasi, Boot diartikan sebagai sebuah proses awal dimana ponsel mempersiapkan seluruh peripheral input dan output. Pada tahap ini, ponsel juga meloading berbagai script yang diperlukan agar dapat menyala secara sempurna.

Sementara itu, arti kata Loop dari segi bahasa adalah berulang-ulang. Dengan demikian, apabila kedua kata ini dipadukan, maka Bootloop berarti gangguan yang terjadi pada sistem operasi dimana proses booting mengalami kegagalan berulang kali. Akibatnya, ponsel Anda pun tidak bisa masuk ke dalam mode pemakaian normal. Baca: Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi HP Lemot dengan Mudah

Macam-macam Bootloop pada HP

Bootloop merupakan permasalahan yang mungkin saja bisa terjadi pada perangkat ponsel milik Anda. Berdasarkan tingkat kerusakannya, Bootloop sendiri dapat dikategorikan menjadi dua macam. Kedua kategori yang dimaksud adalah Light Bootloop serta Hard Bootloop. Dampak yang ditimbulkan oleh Light Bootloop pada umumnya hanya bersifat sementara saja.

Tetapi, walau demikian sewaktu-waktu gejala ini bisa muncul kembali pada HP Anda. Sementara itu, berbeda halnya dengan Hard Bootloop dimana dampaknya bersifat permanen. Jadi, meskipun Anda sudah berkali-kali untuk mencoba masuk ke sistem ponsel tetap saja mengalami kegagalan. Baik Bootloop ringan maupun parah tentu sangat mempengaruhi kinerja sistem ponsel Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan dan menerapkan cara mengatasi HP Bootloop yang paling efektif.

Penyebab Masalah HP Bootloop

Ibarat analogi tidak ada asap jika tidak ada api, maka masalah Bootloop pasti disebabkan oleh beberapa faktor. Secara spesifik, gejala Bootloop ini bisa terjadi pada ponsel karena Anda melakukan aktivitas yang bersinggungan dengan sistem Android. Lantas, apa sajakah aktivitas yang bisa menyebabkan ponsel Anda mengalami masalah Bootloop? Berikut ini adalah pembahasannya.

  • Flashing custom ROM
Biasanya masalah Bootloop ini akan terjadi setelah Anda melakukan flashing custom ROM dari lama ke yang baru. Masalah ini bisa saja menimpa ponsel Anda karena masih ada data lama yang belum terhapus tetapi malah digunakan pada sistem baru. Selain itu, Bootloop juga bisa diakibatkan oleh rusaknya paket custom ROM setelah Anda melakukan proses install.

  • Restore system backup
Tidak hanya disebabkan oleh aktivitas flashing custom ROM, Bootloop juga bisa diakibatkan proses restore file yang Anda lakukan. Sama halnya seperti penyebab pertama, masalah Bootloop akibat proses restore file ini juga dikarenakan adanya dalvik-cache. Dalvik-cache ini merupakan data lama yang belum terhapus secara sempurna dan dapat menghambat kinerja sistem baru pada ponsel.

  • Menginstall Mod
Gejala Bootloop pada HP Anda juga bisa disebabkan karena proses install Mod yang dilakukan. Umumnya, terjadinya masalah ini dikarenakan Mod yang Anda install tidak kompatibel atau sesuai dengan spesifikasi ROM ponsel. Disamping itu, penyusunan Mod yang tidak dilakukan dengan baik juga bisa menjadi pemicu masalah Bootloop.

Cara Mengatasi Light Bootloop pada HP

Berdasarkan pembahasan sebelumnya, dampak yang ditimbulkan dari gejala Light Bootloop ini hanya bersifat sementara. Dengan demikian, Anda tidak memerlukan langkah-langkah teknis untuk memperbaikinya. Lalu, tahapan apa saja yang harus Anda terapkan untuk mengatasi masalah Bootloop ringan pada ponsel? Berikut ini adalah urutan cara mengatasi HP Bootloop ringan yang bisa Anda ikuti.
  1. Langkah pertama, matikan terlebih dahulu ponsel Anda bila sebelumnya dalam keadaan menyala.
  2. Kemudian, lepas tiga komponen penting perangkat ini yaitu memori, kartu SIM dan baterai.
  3. Setelah ketiga komponen ini dilepas, diamkan selama 30 menit hingga 24 jam.
  4. Apabila Anda sudah menerapkan langkah ketiga, maka pasang komponen tersebut dan hidupkan ponsel kembali.
  5. Kini, masalah Bootloop ringan yang terjadi pada HP Anda telah teratasi.

Cara Mengatasi HP Bootloop Parah

Masalah Hard Bootloop berpotensi untuk mengganggu kinerja sistem pada perangkat ponsel Anda. Apalagi dampak yang dihadirkan oleh gejala Bootloop parah bersifat permanen sehingga penerapan cara pertama tentu tidak akan berhasil. Supaya masalah Hard Bootloop pada ponsel Anda bisa teratasi maka perlu diterapkan beberapa langkah teknis. Berikut ini adalah beberapa langkah teknis yang bisa Anda terapkan.

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah Hard Bootloop adalah dengan kembali ke pengaturan pabrik atau factory reset. Tetapi, bagaimanakah proses factory reset ini bisa berhasil sedangkan HP Anda mengalami gagal booting? Jawabannya adalah Anda perlu masuk ke dalam menu Recovery Mode.
Proses masuk ke dalam menu Recovery Mode ini sebetulnya cukup mudah untuk Anda lakukan.

Ya, Anda hanya perlu menekan kombinasi tombol Home + Volume + Power secara bersamaan. Namun, penerapan cara ini pada berbagai merk HP tentu tidaklah sama sehingga Anda perlu menyesuaikannya dengan merk ponsel yang dimiliki. Di bawah ini adalah daftar cara masuk ke dalam menu Recovery Mode untuk berbagai merk HP.

1. Samsung
  • Galaxy Gio/Fit/Mini/ACE: tekan tombol Home + Power.
  • Galaxy Young/Young Duos/Pocket: tekan tombol Home + Volume Up + Power.

2. Cross: tekan tombol Power + Volume Down.

3. Advan Vandroid: tekan tombol Power + Volume Down hingga muncul gambar Android. Setelah muncul gambar segitiga Anda bisa menekan tombol Home.

4. Andromax: tekan tombol Home + Volume Up + Power.

5. Huwaei: tekan tombol Power + Volume Up + Power.

6. HTC: tekan tombol Power + Volume Down + Power On. Anda diharuskan untuk menekan ketiga tombol ini secara bersamaan sampai muncul Recovery Mode.

7. LG: tekan tombol Home + Volume Up + Power.

Setelah Anda menerapkan cara mengatasi HP Bootloop sesuai merk ponsel di atas. Selanjutnya, akan muncul tampilan menu Recovery Mode untuk melakukan factory reset. Anda bisa menggunakan tombol Volume untuk menggerakkan kursor dan tombol Power guna mengeksekusi pilihan. Pada tahap ini, untuk mengembalikan ponsel ke versi pabrik Anda harus memilih opsi wipe data atau factory reset.

Demikianlah berbagai informasi yang berkaitan dengan masalah Bootloop pada ponsel Anda. Harapannya adalah setelah mengetahui berbagai informasi tentang Bootloop di atas Anda tidak akan mudah panik. Jadi, Anda tidak perlu terburu-buru membawa ponsel ke counter dan mengeluarkan biaya yang mahal. Sebab cara mengatasi Bootloop pada HP ini sebenarnya mudah untuk Anda terapkan secara mandiri.

Semoga berfaedah, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "Inilah Penyebab dan Cara Mengtasi HP Bootloop dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel