Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi HP Lemot dengan Mudah

Berfaedah.com - Setiap orang ternyata sering mengalami masalah HP lemot yang akhirnya berujung macet, Maka cara mengatasi HP lemot menjadi salah satu pencarian yang paling banyak dicari oleh pengguna HP. Apakah Anda menjadi salah satu yang memberikan pertanyaan besar kenapa semakin hari HP semakin lemot? Hal ini memang terkadang membuat emosi, namun lebih baik mencari tau dulu apa yang menjadi penyebabnya.

Permasalahan yang dialami oleh setiap jenis HP baik hp Android maupun iOS tentu berbeda-beda. Bagi Anda yang mempunyai smartphone dengan merek tertentu, juga sama halnya akan berbeda masalah yang dihadapi. Maka, untuk mencegah hal ini mungkin terjadi Anda harus mengetahui cara untuk mencegahnya. Apa saja pencegahan yang bisa Anda lakukan? Simak terus penjelasannya.

cara mengatasi hp lemot

Ketahui Penyebab HP Lemot

Nah, poin ini menjadi poin yang paling penting untuk Anda perhatikan. Apa saja penyebab HP lemot dan tidak bisa merespon program dengan cepat? Berikut ini penjelasan yang ingin disampaikan yang mungkin berguna untuk Anda:

1. Install Aplikasi yang terlalu banyak

Penyebab ini hampir diketahui oleh semua kalangan, dimana saat Anda download terlalu banyak aplikasi pasti HP akan menjadi lemot. Hal ini dikarenakan ruang yang tersedia di HP Anda menjadi berkurang saat mendownload banyak aplikasi.

2. Sisa memori internal atau eksternal sedikit

Sama dengan masalah RAM, Anda seharusnya menyisakan ruang lebih di memori Anda agar HP tidak menjadi lemot. Untuk memastikan seberapa besar kapasitas memori internal atau eksternal di HP Anda, bisa dengan cek di menu pengaturan. Pastikan ruang tersisa tidak kurang dari 25%, bisa dengan menghapus beberapa memori yang Anda rasa tidak dibutuhkan.

3. Aplikasi yang berjalan terlalu banyak

Pengguna HP pasti sering mengalami masalah lemot. Maka, saat Anda membuka banyak aplikasi di HP Anda, pastikan untuk menutup beberapa yang tidak dibutuhkan lagi. Karena, jika terlalu banyak terbuka lama kelamaan HP Anda akan lelet sehingga akan heng.

4. Widget yang berlebihan

Untuk yang suka sekali dengan animasi, pasti Anda akan mengalami permasalahan HP lelet saat menggunakan widget yang berlebihan. Namun, hal ini harusnya Anda hindari dengan baik karena penggunaan widget berlebihan bisa menguras kapasitas RAM. Jangan heran jika HP mengalami error force close yang terus-menerus.

5. Aplikasi update

Menu ini biasa Anda lakukan di Playstore dimana sesekali melakukan update untuk semua aplikasi. Namun, taukah Anda jika hal ini bisa membuat HP menjadi error dan tertutup paksa. Alasannya karena saat Anda update, kapasitas besarnya aplikasi yang ada di HP juga akan menjadi lebih tinggi.

6. Melakukan hard reset HP

Saat mengalami lemot, banyak juga dari pengguna HP yang memilih alternatif cara mengatasi HP yang lemot untuk melakukan hard reset HP. Namun, fatalnya keputusan yang dilakukan ini malah membuat keadaan HP semakin parah leletnya hingga ada yang harus diinstal. Maka, ketika Anda mendapatkan keadaan HP yang memang terlihat sudah parah lebih baik langsung bawa saja ke service center.

7. Terlalu banyak login akun email

Apakah Anda salah satu dari pengguna yang banyak login akun email? Jika iya, maka ada baiknya Anda coba untuk log out sekarang juga. Ternyata login ke Email bisa memakan memori atau RAM HP yang tidak banyak orang ketahui. Apalagi jika Anda melakukan autosyncron yang akan membebami CPU usage karena membutuhkan koneksi paket internet.

Itulah beberapa penyebab kenapa HP yang Anda miliki sering mengalami lelet dan error. Pastikan Anda memahami dengan baik sebelum mencari tau cara mengatasi HP lemot.

Cara Mengatasi HP Lemot dengan Mudah

Selanjutnya, poin yang paling banyak Anda tunggu-tunggu yaitu cara mengatasi HP lemot yang mudah dan tidak memakan waktu lama. Cara ini berlaku untuk HP yang keadaan errornya masih level rendah dan belum mengalami error yang parah. Cek beberapa cara berikut ini agar tidak salah kaprah:

Mengatasi HP Lemot dengan Cara Hapus Aplikasi

Memang benar, jika ada beberapa menu di HP Anda yang tidak bisa dibuka namun keadaan HP masih bagus pada tampilan maka beruntunglah. Karena, cara ini bisa Anda atasi dengan cara menghapus beberapa aplikasi yang Anda rasa memakan banyak memori internal. Jika setelah melakukan cara ini kemudian berhasil, maka kedepan sebelum download aplikasi dengan kapasitas RAM yang besar, baiknya hapus aplikasi sebelumnya dahulu.

Hapus Chace Dapat Mengatasi HP Lemot

File ini akan Anda temukan saat browsing di internet yang memiliki fungsi bisa menampilkan halaman web menjadi lebih cepat. Namun, hal ini bisa Anda rasakan di waktu berikutnya saat hendak googling lagi. Ternyata, semakin lama Anda internetan, semakin menumpuk file chace yang harusnya Anda hapus.

Cara Mengatasi HP Lemot dengan Tidak Menggunakan Live Wallpaper

Meski tidak semua orang menggunakan live walpaper untuk layar HP, namun ada juga beberapa kalangan yang suka menggunakan. Ternyata hal ini dapat berakibat pada HP yang menjadi lelet dan juga error. Boleh saja Anda memasang live wallpaper ini namun coba pastikan bahwa memori atau kapasitas HP Anda mampu menampungnya. Biasanya, pemasangan live wallpaper yang tidak cocok pada HP akan ditandai dengan lelet pada saat Anda mengoperasikan aplikasi.

Mengatasi HP Lemot dengan Menghapus Widget yang Tidak Penting

Meski ada banyak widget yang memudahkan penggunaan smartphone, ternyata ada banyak dari pengguna yang salah sangka. Karena, justru widget ini bisa memberatkan kerja ponsel sehingga menjadi lemot. Maka, jika sudah seperti ini sebelum HP Anda error total, ada baiknya mencari tau cara mengatasi HP lemot. Solusinya ialah langsung hapus widget yang Anda rasa tidak penting tersebut.

Hindari Pemakaian Theme atau Launcher yang Berat

Demi membuat tampilan HP menjadi lebih keren dan menarik, memang bisa Anda buat dengan menggunakan theme dan launcher yang menarik. Namun, pastikan tidak asal-asalan dalam memilih theme karena tidak semua tema itu ringan dan cocok dengan kapasitas HP Anda. Disarankan cukup menggunakan theme default bawaan ponsel saja, karena hampir semua bawaan HP ini ringan.

Upaya Pencegahan HP Sering Lemot

Berikut ini ada beberapa pencegahan yang bisa Anda lakukan agar HP Anda tidak mengalami lelet.
  • Pilih HP dengan kapasitas memori besar.
  • Jangan terlalu sering restart HP.
  • Hindari download aplikasi yang tidak perlu.
  • Pindahkan file foto dan video jika terlalu banyak di HP.
  • HP dengan kapasitas memori kecil, jangan download game lebih dari satu.

Jika Anda melakukan beberapa hal di atas yang berkaitan dengan pencegahan HP lemot, dijamin sudah mengurangi lemot pada HP Anda. Jangan hiraukan cara mengatasi HP lemot ini jika tidak ingin HP Anda menjadi error dan aplikasi berhenti secara paksa.

0 Response to "Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi HP Lemot dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel