Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Mbagong

Cara Mengatasi Kacer Mbagong - Bagi Anda pecinta burung hias khususnya Kacer tentu sudah cukup familiar dengan istilah nguda laut atau mbagong. Ya, mbagong merupakan perilaku yang menggambarkan bahwa burung Kacer sedang mengalami over birahi. Terdapat tiga gejala paling menonjol yang menjadi pertanda burung Kacer Anda sedang mbagong. Ketiga gejala tersebut adalah burung Kacer akan memekarkan bulu, menekuk kepala menyerupai kuda laut dan bersuara “cir..cir..cir”.

Mbagong merupakan masalah yang sering dialami oleh burung hias terutama jenis Kacer. Meski terkesan umum, apabila terus menerus dibiarkan mbagong yang dialami burung Kacer bisa menjadi masalah serius saat perlombaan. Oleh sebab itu, sebagai pecinta burung hias Anda tentu perlu tahu apa saja penyebab masalah mbagong. Dengan demikian, Anda bisa menerapkan cara mengetasi kacer mbagong yang benar-benar tepat.

cara mengatasi kacer mbagong

Penyebab Masalah Burung Kacer Mbagong

Gejala mbagong pada burung Kacer tidak terjadi begitu saja tanpa alasan. Sebab terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab Kacer mengalami mbagong. Pada umumnya ada delapan faktor utama yang menyebabkan burung kecer Anda mbagong. Kedelapan faktor penyebab tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Perilaku mbagong bisa terjadi ketika burung kacer Anda memperoleh lawan yang sangat tangguh serta mapan.
  2. Gejala mbagong kemungkinan juga bisa dialami oleh burung kacer karena tubuhnya tidak sehat atau fit. Baca: 4 Cara Ampuh Mengatasi Burung Kacer Takut dengan Orang
  3. Perawatan yang tidak Anda lakukan secara rutin juga bisa menyebabkan kecer mbagong. 
  4. Burung kacer juga bisa menjadi mbagong ketika Anda terlalu memaksanya untuk naik birahi. 
  5. Proses pemberian EF yang salah terhadap burung Kacer. 
  6. Burung Kacer tidak cocok dengan kandang serta tangkringan baru. 
  7. Kesalahan dalam proses memandikan burung Kacer. 
  8. Terakhir, mental burung kecer yang kurang bagus juga bisa mengakibatkan mbagong. 

Berdasarkan deskripsi di atas, Anda bisa mengetahui bahwa terdapat beberapa penyebab burung Kacer mengalami mbagong. Setelah mengetahui faktor penyebabnya, kini waktunya Anda untuk memikirkan solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

6 Cara Mengatasi Kacer Mbagong dengan Benar

Pada dasarnya, proses perawatan burung Kacer sendiri relatif sederhana dan mudah dilakukan asalkan telaten. Termasuk ketika kacer peliharaan Anda mengalami masalah mbagong. Umumnya, terdapat beragam cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi perilaku mbagong pada burung kacer.

Mulai dari memulihkan kondisi kesehatannya, memberi pakan ekstra, memandikannya secara intensif hingga mengatur pola sangkar. Supaya keenam cara mengatasi kacer mbagong ini Anda pahami, silakan simak pembahasannya di bawah ini.

1. Melatih mentalnya

Ketika perlombaan, Kacer Anda tentu akan dihadapkan dengan burung Kacer petarung lainnya.
Apabila salah satu diantara kedua burung ini, maka mentalnya pasti akan menurun sehingga mengakibatkan gejala mbagong. Dalam konteks ini, cara terbaik untuk mengatasi Kacer mbagong adalah dengan memberinya pakan 3-5 ekor jangkrik. Idealnya, proses pemberian pakan ini Anda lakukan sesudah memandikan Kacer di pagi hari.

Lakukan cara ini secepat mungkin jangan menunggu bulunya mengering. Kemudian, tips agar Kacer Anda tidak kalah lagi saat perlombaan adalah dengan rutin melatih mentalnya. Cara yang paling efektif untuk menguatkan mental Kacer adalah dengan sering memandikannya terutama di malam hari. Selain itu, usahakan agar Anda tidak terlalu memanjakan Kacer peliharaan. Biarkan burung Kacer makan secara mandiri dan untuk mandinya lebih baik menggunakan kandang Keramba supaya lebih disiplin.

2. Menurunkan tingkat stres

Faktor lain penyebab mbagong pada Kacer adalah terlalu tingginya tingkat stres yang dialami oleh burung ini. Jadi, cara mengatasi Kacer mbagong yang sudah semestinya Anda lakukan adalah menurunkan tingkat stresnya agar tidak semakin parah. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan diantaranya adalah dengan memberinya angin-anginan dan pengembunan. Lakukan kedua proses ini secara rutin dan teratur guna memulihkan stres yang dialami oleh burung Kacer.

3. Mengganti sangkar atau tangkringan

Disamping faktor kesehatan, tidak nyamannya sangkar atau tangkringan ternyata juga bisa membuat Kacer menjadi mbagong. Kondisi ini biasanya terjadi ketika Anda mengganti  sangkar maupun tangkringan burung Kacer dari yang lama ke baru. Meskipun, sangkar dan tangkringannya baru kadang Kacer peliharaan Anda tetap saja merasa kurang nyaman.

Agar masalah mbagong teratasi, ada dua opsi yang bisa Anda terapkan. Pertama, tetap membiarkan Kacer berada di kandang dan tangkringan baru dengan membantunya untuk beradaptasi. Kedua, mengganti sangkar serta tangkringan yang baru ke lama. Penerapan kedua cara ini, sama-sama efektif bergantung pada keahlian Anda merawat Kacer.

4. Membersihkan kandang secara rutin

Cara mengatasi kacer mbagong  berikutnya adalah dengan rutin membersihkan kandangnya. Normalnya, Anda bisa melakukan proses pembersihan kandang minimal 1 kali dalam sehari. Ketika kandangnya bersih maka Kacer akan terhindar dari berbagai bakteri yang menyebabkannya mbagong.

Selain itu, terjaganya kebersihan kandang juga membuatnya lebih nyaman. Agar hasilnya optimal, Anda bisa membersihkan kandang menggunakan air rebusan tembaku roko yang disemprot menggunakan sprayer. Ya, cairan ini memang dianggap bermanfaat untuk membunuh beragam bakteri.

5. Melakukan proses penjemuran

Kacer merupakan burung hias yang sering dipelihara kebanyakan orang untuk diikut sertakan dalam ajang perlombaan. Oleh karena itu, masalah mbagong yang sering dialami oleh burung Kacer tentu berpotensi membuatnya kalah dalam perlombaan. Sebagai pecinta burung hias khususnya kacer, Anda mesti memikirkan dan menerapkan cara mengatasi Kacer mbagong.

Dari sekian banyak cara untuk mengatasi masalah mbagong pada kacer, melakukan penjemuran merupakan cara yang cukup solutif. Proses penjemuran ini bisa Anda lakukan pada pukul 07.00-09.00 pagi. Selain di waktu ini, Anda bisa melakukan penjemuran di atas pukul 11.00 siang ketika matahari sudah terik. Jika sedang mbagong, Anda sebaiknya menjemur Kacer dengan durasi 30-60 menit untuk menurunkan birahinya.

6. Memandikannya

Pada dasarnya, kacer adalah jenis spesies burung hias yang tergolong mandiri. Jadi, untuk memandikannya cukup dibilas atau disemprot dengan menggunakan air. Akan tetapi, jika Anda hendak membentuk karakter Kacer menjadi kuat sehingga tak mudah mbagong, maka perlu membiarkannya mandi keramba sendiri. Baca: Manfaat Mandi Malam untuk Burung Kacer Beserta Caranya

Saat Kacer dalam kondisi normal, Anda bisa menggunakan air bersuhu normal untuk mandinya. Namun, ketika burung Kacer peliharaan sedang mengidap masalah tertentu seperti mbagong maka Anda bisa menyediakan air bersuhu dingin untuk memandikannya. Lakukan proses mandi di pagi hari, jangan lupa juga untuk mengangin-anginkan dan melakukan pengembunan terhadap burung Kacer. Setelah selesai mandi, berikan 2 buah ekor jangkrik sebagai penambah stamina.

Kacer merupakan spesies burung hias yang digemari oleh banyak orang. Dengan demikian, tidak heran jika burung Kacer sering dipelihara orang untuk diperlombakan. Akan tetapi, beberapa orang sering mengeluhkan penampilan burung Kacer yang buruk karena mengalami mbagong pada waktu perlombaan. Agar masalah tersebut tidak menimpa Anda, maka cara mengatasi Kacer mbagong di atas wajib untuk diterapkan secara konsisten.

Semoga berfaedah, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Mbagong"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel