4 Cara Ampuh Mengatasi Burung Kacer Takut dengan Orang

Berfaedah.com - Bagaimana cara mengatasi kacer takut orang? Mungkin saat ini Anda yang memiliki burung kacer di rumah atau memeliharanya sedang mengalami hal yang serupa. Tentu saja, Anda ingin burung kacer kesayangan Anda menjadi jinak. Perlu diketahui, untuk menjinakkan burung ini sedikit agak berbeda dengan jenis burung lainnya. Simak terus selengkapnya.

cara mengatasi kacer takut orang

Mengenal Burung Kacer

Sebelum mengetahui cara mengatasi kacer takut orang, sebagian orang mungkin masih belum tahu tentang burung kacer. Apalagi bagi mereka yang tidak suka memelihara burung. Padahal jenis burung yang satu ini dijual belikan di pasaran. Bagi Anda yang penasaran burung kacer bisa saja melakukan survey di pasar burung untuk mengenali secara jelas. Namun Anda dapat melihat ulasan berikut ini dahulu.
  • Taukah Anda jika burung kacer adalah jenis burung berkicau, sehingga terbilang memiliki banyak penggemar. 
  • Burung kacer mempunyai gaya tarung luar biasa dan memiliki suara cukup merdu. Maka tak heran, banyak orang memelihara burung ini karena pesonanya yang menawan. 
  • Jika kualitas suara burung kacer bagus, kemungkinan besar bisa dikutkan dalam kontes kicau. Karena banyak juga event nasional burung kacer yang berhadiah fantastis. 
  • Jangan heran jika burung kacer menawarkan harga lumayan mahal. Jadi Anda yang ingin membelinya, maka harus mempersiapkan uang terlebih dahulu.

4 Cara Mengatasi Kacer Takut Orang dengan Mudah

Berbicara soal burung memang tidak akan ada habisnya. Salah satunya seperti burung kacer. Tetapi Anda harus tahu jika burung kacer harus dilatih terlebih dahulu agar tidak takut orang. Hati-hati jika burung kacer masih takut saat didekati, maka itu artinya takut juga dengan manusia. Namun sebetulnya semua burung kacer itu berkicau, tetapi biasanya tertahan karena takut. Begini cara mengatasi kacer takut orang. Baca: Manfaat Mandi Malam untuk Burung Kacer Beserta Caranya

1. Mandikan Kacer sampai Basah Kuyup untuk Mengatasi Burung Kacer Takut Orang

Alangkah baiknya, setiap pagi hari Anda mandikan burung kacer sampai basah kuyup bahkan menggigil. Setelah itu, letakkan burung tersebut di daerah yang banyak lalu lalang orang sambil dijemur hingga bulu-bulu kering. Jika perlu silahkan tempatkan burung ini di tempat yang Anda sering lewati. Apabila dilakukan secara terus menerus, maka dapat dipastikan kecer tak takut lagi dengan orang.

2. Cara Mengatasi Kacer Takut Orang dengan Meletakkan Kacer di Kawasan Ramai

Jika burung kacer tidak takut lagi dengan Anda, silahkan latih burung ini untuk tidak takut dengan lingkungannya. Cobalah lakukan secara terampil di depan rumah Anda, seperti berikan kicauan atau nyanyian. Pastikan kacer mampu melakukan adaptasi dengan lingkungan ramai.

3. Berikan Makanan yang Banyak untuk Mengatasi Kacer Takut dengan Orang

Cara mengatasi kacer takut orang selanjutnya yaitu berikan makan yang banyak. Pada saat burung kacer mulai terlihat anteng atau tak takut lingkungan. Cobalah buat kacer berani berkicau di tengah keramaian. Anda dapat melakukannya dengan memberikan makanan ekstra, seperti 5 jangkrik dalam sehari, atau 10 ekor jangkrik. Jika kacer semakin banyak makan, maka diharapkan dapat mengeluarkan suara kicaunya.

4. Lakukan Kerodong Burung Kacer di Malam Hari

Kala malam hari tiba, maka Anda wajib mengistirahatkan burung kacer. Anda dapat mengkerodong sangkar burungnya. Pastikan burung kacer harus istirahat secara total semalaman. Pasalnya banyak juga pemelihara burung yang menyepelekan hal tersebut. Sebaiknya lakukan cara mengatasi kacer takut orang ini secara rutin.

Cara Melatih Mental Burung Kacer Anakan

Meskipun melatih mental burung kacer terbilang cukup sulit. Tetapi, ingat burung ini terbilang lebih sulit jika dijinakkan atau masih dalam keadaan liar. Pasalnya sebagian burung kacer memiliki mental yang sedikit agak liar. Oleh karena itu, membutuhkan perbaikan mental pada burung kacer anakan, seperti uraian berikut ini.

  • Latih dengan Burung Sejenis

Anda dapat melatih mental burung kacer anakan guna mengatasi rasa takut dengan burung lain. Lakukan cara melatihnya bersamaan dengan burung yang sejenis. Tips ini sengaja diterapkan agar bisa mengeluarkan sifat petarung aslinya. Dengan begitu, dapat berkicau secara bersama-sama dengan burung lainnya jika didekatkan. Pastikan burung kacer anakan memiliki kondisi prima.

  • Ajak ke Tempat Lomba Burung Kicauan

Inilah cara melatih mental burung kacer anakan sehingga mempunyai mental yang kuat. Anda dapat mengajak si burung ke arena atau tempat perlombaan burung kicauan. Hanya dengan menggunakan metode ini, maka secara tidak langsung Anda dapat mengenalkan dengan berbagai jenis burung kicau lainnya. Selain itu, burung kacer juga bisa mengenali macam suara yang didengarnya secara beramai-ramai.

Tenang saja, setelah burung anakan kacer mengikuti lomba burung kicauan maka dipastikan memiliki mental yang kuat dan bagus. Kini burung kacer sudah tidak takut lagi untuk mengeluarkan kicauannya tanpa rasa khawatir bertemu orang atau manusia.

Segera Atasi Stres Agar Bisa Gacor

Cara mengatasi kacer takut orang mungkin telah Anda ketahui betul. Tapi bagaimana jika burung kacer justru stres atau semakin stres. Padahal kacer selalu diunggulkan ketika kontes burung. Mengingat kacer memiliki suara merdu, dan memang mampu menunjukkan kemampuan berkicau secara memikat. Bahkan tak heran, banyak orang mengatakan jika kacer diklaim sebagai rajanya burung kicau.

Namun taukah Anda burung juga mengalami stres, sama halnya dengan manusia. Jika seandainya burung kacer yang Anda miliki stres, maka bisa jadi tidak mau berkicau. Jangan sampai hal semacam ini terjadi pada burung Anda. Sebaiknya segera atasi stres agar bisa cepat gacor, seperti ini.

Mengatasi Kacer Stres Awal

Langkah pertama, Anda dapat letakkan burung kacer di lingkungan yang kondusif atau tenang dari lingkungan hiruk pikuk. Paling tidak harus terhindar dari hal-hal yang membuatnya stres. Kemudian Anda juga bisa memberikan kerodong pada sangkar burung kacer. Cara ini berguna untuk menentramkan burung kacer secara efektif.

Mengatasi Kecer Stres Parah

Anda bisa langsung hentikan sistem pemandian secara teratur jika burung kacer mengalami stres. Namun pada saat kacer dalam keadaan stres yang semakin parah, maka perlu melakukan tindakan sebagi berikut:
  1. Berikan burung kacer yang Anda pelihara untuk konsumsi pakan alami. Misalnya EF dengan cara mengatur porsi makan dalam ukuran yang cukup. Anda dapat mendapatkan makanan EF di toko pangan burung. 
  2. Perlu dipahami jika durasi pengobatan untuk burung stres dapat berjalan hingga 5 minggu. Hal ini untuk melindungi kesehatan burung kacer itu sendiri. Setidaknya Anda juga mampu melindungi konsumsi makanan pada kacer.
  3. Sebaiknya Anda melakukan perlindungan dan pemberian pakan yang baru khusus untuk burung kacer dan anakannya. Tidak hanya itu, Anda diharuskan menjaga kebersihan pakan burung. 
  4. Jika burung kacer masih saja mengalami stres berlebih, maka perhatikan kandang burung. Pastikan Anda membersihkan setiap kali kotor dan tidak ada kotoran. Bisa jadi kotoran burung itu sendiri yang membuat stres berkepanjangan.

Bagaimana Anda sekarang sudah tahu tentang burung kacer? Tentu saja, sangat menarik perhatian, bukan? Mungkin setelah Anda mengetahuinya, kini dapat mencoba memelihara burung yang satu ini. Semoga ulasan dari cara mengatasi kacer takut orang di atas bisa bermanfaat bagi Anda semua. Tolong bantu share ya.

0 Response to "4 Cara Ampuh Mengatasi Burung Kacer Takut dengan Orang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel