Inilah Cara Mengatasi Laptop Error saat Dihidupkan

Berfaedah.com - Hal yang paling menjengkelkan adalah ketika laptop kita tiba-tiba error saat dihidupkan. Apalagi untuk pekerjaan yang harus segera terselesaikan. Masalah laptop error ini sering terjadi pada setiap orang. Untuk mengantisipasi masalah tersebut Anda perlu mengetahui cara mengatasi laptop error saat dihidupkan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan laptop error saat dihidupkan. Permasalahan error ini biasanya ditimbulkan oleh perangkat hardware maupun software dari dalam laptop. Banyak kemungkinan yang menyebabkan laptop error.

Pada mulanya Anda tidak mengalami masalah tertentu saat menyalakan tombol power hingga laptop mulai menyala. Masalah akan mulai muncul ketika Anda memasuki halaman start up. Laptop tidak bekerja seperti biasanya. Akses program yang ada di laptop terjadi kemacetan dan hanya menunjukan proses loading yang berkepanjangan.

Saat masalah tersebut muncul sebagian orang berpikir untuk mengakhirinya saja dengan  menekan tombol power secara paksa. Padahal cara penanganan ini tidaklah dibenarkan karena akan membuat sistem komputer cepat rusak dengan perintah yang tiba-tiba.

Agar dapat mengambil langkah tepat saat terjadi masalah pada laptop Anda, ketahui terlebih dahulu penyebabnya sebelum Anda mengetahui cara mengatasi laptop error saat dihidupkan. Karena setiap masalah yang timbul memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Baca: Inilah Cara Mengatasi Laptop No Bootable Device dengan Mudah

cara mengatasi laptop error saat dihidupkan

Faktor Penyebab Laptop Error saat Dihidupkan

Sebelum berlanjut ke cara mengatasi laptop error saat dihidupkan, maka satu hal yang harus diperhatikan adalah penyebabnya. Karena apa? Karena jika kita mengabaikannya begitu saja, bisa jadi urusannya dengan hilangnya data, atau menambah kerusakan. Karena itu, demi kepentingan keselamatan laptop Anda, Anda harus tahu dulu penyebabnya, lantas cara mengatasinya.

Beberapa faktor penyebab laptop error saat dihidupkan antara lain sebagai berikut:

1. Terjadi masalah pada sistem operasi laptop

Masalah yang biasanya terjadi pada sistem operasi adalah teridentifikasi adanya virus. Jika laptop terlalu banyak terinfeksi virus maka sistem operasi akan bekerja lebih keras dari biasanya. Bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada sistem penyimpanan laptop.

Selain terinfeksi virus, permasalahan lain yang terjadi pada sistem operasi yang membuat laptop error adalah masalah penginstalan aplikasi dan juga terjadinya kesalahan dalam mengatur sistem operasi yang ada di laptop. Hal-hal tersebut bisa menyebabkan laptop error saat dinyalakan.

2. Terjadi masalah pada hard disk

Hard disk sebagai  perangkat keras yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan memiliki peran penting dalam pengoperasian data dalam laptop. Seiring dengan bertambahnya data yang tersimpan dalam hard disk dapat menyebabkan laptop menjadi lambat dalam mengoperasikan data sebagaimana semestinya yang akhirnya membuat laptop error. Baca: Inilah Cara Membuka Laptop yang Terkunci Karena Lupa Password

3. RAM tidak mencukupi dan bermasalah

RAM (Random Acces Memory) memiliki peran penting dalam sistem pengoperasian dalam laptop. Jika RAM mengakses terlalu banyak data maka akan berpengaruh pada kelancaran kerja laptop. Keadaan ini dapat membuat RAM menjadi rusah.

4. Komponen pada laptop yang banyak berdebu

Kebersihan laptop sangat penting untuk dijaga. Komponen laptop yang berdebu bisa menyebabkan laptop error. Mengapa demikian? Karena debu yang menempel pada laptop membuat sistem laptop bekerja labih keras dari biasanya. Jika laptop serig terforsir untuk bekerja keras dapat jeda dan istirahatmaka lama-kelamaan laptop menjadi error.

5. Terlalu banyak aplikasi yang terinstal

Pemasangan aplikasi yang terlalu banyak pada laptop sangat berpotensi pada terjadinya kerusakan laptop. Aplikasi-aplikasi ini akan memakan banyak ruang memory pada laptop. Penyimpanan memory yang melebihi kapasitasnya bisa membuat kerja laptop menjadi berat dan akhirnya macet pada saat dinyalakan maupun saat dijalankan.

6. Terjadi error pada DCMOS

Error DCMOS adalah suatu kerusakan pada laptop maupun komputer yang disebabkan oleh telah habisnya daya pada batre jam pada laptop/komputer (CMOS) dan harus diganti dengan batre yang baru. Baca: 9 Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam Paling Jitu

7. Terlalu banyak start up program saat laptop dinyalakan

Start up program adalah beberapa program dalam komputer yang secara otomatis berjalan saat laptop pertama kali dinyalakan. Program-program tersebut berjalan dari balik layar utama laptop.
Jika terlalu banyak start up program yang dilakukan saat laptop dinyalakan  maka membuat laptop lebih ekstra untuk memproses program-program tersebut secara bersamaan yang pada akhirnya membuat performa laptop menjadi lemot dan loading lama bahkan sampai error.

Cara Mengatasi Laptop Error saat Dihidupkan

Setelah mengetahui apa saja faktor penyebab laptop error saat dihidupkan saatnya berlanjut pada cara mangatasi laptop error saat dihidupkan. Saat laptop Anda teridentifikasi error maka lakukan segera penanganan, jangan dibiarkan berlarut-larut. Karena saat laptop Anda terur-menerus error dan masih saja digunakan maka yang nantinya terkena adalah motrehbordnya.

Sedangkan motherbord adalah diibaratkan seperti inti dari laptop. Jika sudah rusak maka akan hilang semua data yang ada di dalam laptop dan tidak akan bisa kembali lagi. Apalagi jika berisi data-data penting menyangkut karir Anda. Maka dari itu segera selesaikan masalah yang terjadi pada laptop Anda, apapun itu masalahnya.

Berikut ini beberapa cara mengatasi laptop error saat dihidupkan yang bisa Anda lakukan karena tergolong cara yang simpel, antara lain sebagai berikut:
  • Untuk mengatasi sistem operasi laptop yang terinfeksi virus, Anda harus melakukan perlindungan secara secara konsisten. Anda juga perlu memperhatikan database antivirus agar selalu ter update dengan yang terbaru. Khusus untuk windows Anda dapat menggunakan fitur system restore untuk menjaga sistem operasi tetap baik seperti semula.
  • Mengaktifkan fitur defragmentasi harddisk yang telah disediakan oleh sistem operasi windows saat terjadi permasalahan pada harddisk.
  • Menambah ataupun mengganti kapasitas RAM yang bermasalah pada slot motherbord yang telah terpasang. Baca: 10 Cara Mengatasi Laptop Ngehang Berdasarkan Penyebabnya
  • Sering melakukan pembersihan dan perawatan pada komponen laptop secara rutin. 
  • Memfilter aplikasi-aplikasi yang akan diinstal yang sekiranya penting dan bermanfaat dan menguninstal aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai lagi.
  • Untuk mengatasi masalah startup program yang terlalu banyak Anda dapat mematikan atau meminimalkan startup program-progam pada laptop Anda. 
  • Untuk mengatasi masalah error pada batre CMOS maka Anda menggantinya dengan yang baru. Biasanya batere CMOS tersedia di toko jam tangan yang sangat mudah ditemukan di pinggiran jalan.
  • Melakukan pengecekan pada kelayakan harddisk yang digunakan apakah masih normal atau sudah rusak. Anda dapat menggunakan aplikasi khusus seperti HD Tune atau harddisk sentinel untuk mengeceknya.
  • Mengupgrade harddisk ke SSD yang merupakan perangkat penyimpanan yang memiliki kecepatan baca jauh lebih cepat dari pada harddisk.

Demikian beberapa cara mengatasi laptop error saat dihidupkan yang bisa Anda lakukan secara manual tanpa harus menggantinya dengan laptop yang baru.  Karena tentunya butuh budget yang besar untuk bisa mendapatkan laptop yang baru. Cara di atas bisa diaplikasikan pada semua jenis laptop dan juga pada semua versi windows. Dan yang terpenting adalah selalu perhatikan kinerja laptop jangan sampai terlalu terforsir.

Semoga bermanfaat, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "Inilah Cara Mengatasi Laptop Error saat Dihidupkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel