9 Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam Paling Jitu

Berfaedah.com - Pernahkah Anda mengalami permasalahan black screen pada laptop? Black screen merupakan keadaan tampilan dekstop laptop berwarna hitam. Jujur saja, Anda pasti sangat takut jika laptop kesayangan mengalami black screen. Ketakutan terjadi karena khawatir tampilan laptop tidak bisa kembali seperti sedia kala. Tenang saja, karena pada artikel kali ini akan membahas cara mengatasi laptop layar hitam. Anda bisa menerapkan caranya dengan mudah.

cara mengatasi laptop layar hitam

9 Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam Paling Jitu

Tidak perlu khawatir saat menghadapi black screen pada laptop. Black screen bisa diatasi sesuai dengan permasalahan penyebab layar hitam. Penanganan black screen di laptop bisa ditangani dengan cara berikut ini.

1. Atasi Laptop Layar Hitam dengan Menggunakan Safe Mode

Layar laptop tiba-tiba hitam membuat Anda panik. Sebaiknya jangan panik, langsung saja penanganan layar hitam yang dapat dilakukan pertama kali yaitu masuk ke dalam safe mode atau sistem aman. Pada windows 7 bisa mengaktifkan safe mode dengan cara menyalakan laptop. Kemudian tekan F8 sampai tampilan menu pada boot option windows 7 muncul. Baca: Inilah Cara Mengatasi Laptop No Bootable Device dengan Mudah

Tampilan option kemudian muncul dan pilihlah safe mode. Tunggu sekitar 10 menit, lalu laptop mulai restart secara otomatis. Laptop bisa menyala apabila tidak ada kendala apapun. Layar hitam pada laptop seperti ini biasanya karena service windows bermasalah dan adanya delay timming service.

2. Mengatasi Layar Hitam pada Laptop dengan Menggunakan Command Prompt

Cara mengatasi laptop layar hitam dapat memanfaatkan command prompt. Fitur ini berfungsi untuk repair system, caranya melalui CMD. Pertama hidupkan laptop Anda, kemudian masuk ke dalam safe mode. Tekan CTRL+ALT+Delete sampai task manajer muncul. Arahkan kursor ke jendela task manager, lalu tekan CTRL+N selanjutnya enter.

Beberapa saat muncul jendela command prompt, ketikan pada jendela tulisan slmgr.vbs-rearm kemudian enter. Berikutnya akan muncul tulisan please restart the system for the changes to take effect lalu klik ok. Restart laptop untuk memastikan bahwa tidak ada permasahan black screen. Bila sudah selesai maka tampilan desktop laptop kembali seperti sedia kala. Icon pada desktop muncul dan start menu juga dapat digunakan secara normal.

3. Cara Atasi Laptop Layar Hitam dengan Menggunakan Pengaturan Regredit

Konfigurasi atau pengaturan regredit ternyata bisa mengatasi black screen dengan cepat. Anda dapat modifikasi fungsi pada resgistry windows. Modifikasi dilakukan dengan mengubah nilai key pada windows 7 melalui utility dari sistem windows registry editor, langkanya yaitu menghidupkan laptop. Masuk pada safe mode, tekan CTRL+ALT+Delete. Task manager muncul, kemudian tekan CTRL+N di jendela task manager  dan ketik regedit lalu enter. Baca: Inilah Cara Mengatasi Laptop Error saat Dihidupkan

Lihat bagian registry editor, cari kata kunci shell serta userinit. Kedua key biasanya menampilkan value explorer.exe. Jika valuenya berubah maka, segera menggantinya dengan exeplorer.exe. Untuk memastikan value setiap laptop, Anda bisa melihatnya pada local disk (C:) à windows à system32 à userinit.exe. Setelah selesai, lakukan restart pada laptop. Bila permasalahan black screen sudah beres, windows 7 dapat menampilkan desktop seperti biasanya.

4. Cara Mengatasi Layar Hitam pada Laptop dengan Mengganti Software yang Kurang Compatible

Instal software atau aplikasi laptop sebanyak mungkin sering dilakukan oleh orang, karena aplikasi laptop bisa memudahkan pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan. Memang menggunakan software membuat pekerjaan selesai lebih cepat tetapi, kebanyakan software dapat membuat laptop mengalami black screen atau blank. Software juga bisa berbahaya karena dapat menyebabkan perangkat laptop rusak.

Cara mengembalikan layar agar bisa normal lagi yaitu menggunakan safe mode. Langsung uninstal beberapa software yang sekiranya menyebabkan black screen. Saat proses uninstal telah selesai, lanjutkan dengan restart ulang laptop Anda. Tampilan desktop bisa berhasil ke windows jika permasalaha telah selesai.

5. Mengatasi Laptop Layar Hitam dengan Memeriksa Hardware

Cara mengatasi layar hitam pada laptop berikutnya yaitu memeriksa hardware. Bila ada permasalahan pada hardware maka bisa mempengaruhi booting laptop. Hardware seperti RAM laptop harus diperiksa, jika ada kerusakan harus diperbaiki. Perbaikan dapat dilakukan dengan cara mencabut semua perangkat yang terhubung pada laptop. Cabut semua perangkat seperti printer, power adaptor, speaker, hard drive eksternal, baterai, mouse dan lainnya. Baca: 10 Cara Mengatasi Laptop Ngehang Berdasarkan Penyebabnya

Setelah itu bukalah casing bagian belakang, bersihkan RAM. Apabila sudah dibersihkan tetapi laptop masih tetap black screen, RAM pasti sudah rusak. Anda wajib mengganti RAM yang baru. Mengganti hardware RAM hanya bisa dilakukan oleh ahlihnya, sehingga bawalah laptop Anda pada tukang service profesional. Mereka dapat mengganti RAM dengan mudah dan cepat.

6. Graphic Adapter di Instal Ulang untuk Mengatasi Laptop Layar Hitam

Graphic adapter berfungsi untuk menampilkan hasil dari processing pada layar monitor, rendering, dan lainnya. Terkadang driver graphic adapter dapat menyebabkan perangkat sistem menjadi tidak stabil sehingga terjadi black screen.

Lebih baik Anda mengatasi permasalahan ini dengan cara menyalakan laptop. Masuk safe mode, tekan CTRL+ALT+Delete. Task manager kemudian muncul, tekan tombol CTRL+N di jendela task manager lalu  enter. Windows explorer lalu muncul, klik computer di bagian kiri dan klik device manager. Selanjutnya lihat panel kanan, klik kanan pada bagian expand section display adapter klik, klik propertise, update driver software sampai selesai.

Cara ini memang agak rumit karena instal driver graphic adapter harus menggunakan CD ROM bawaan untuk mengunduh filenya di internet. Pilihan lainnya, Anda bisa instal graphic adapter melalui disk. Selesai semua proses dilakukan, Anda dapat restart ulang laptop.

7. Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam dengan Mengecek Layar Laptop

Masalah black screen bukan berarti permasalahannya parah. Terkadang black screen bisa dikarenakan kerusakan kecil yaitu layar tidak berfungsi seperti biasanya. Solusi untuk mengatasi black screen karena permasalahan ini yaitu melakukan pengujian output tampilan layar. Langkahnya yaitu menghubungkan perangkat laptop ke monitor eksternal, saat layar eksternal bisa tampil normal maka permasalahannya ada di kabel display. Baca: Inilah Cara Membuka Laptop yang Terkunci Karena Lupa Password

Anda bisa mengatasi permasalahan ini secepatnya dengan bantuan jasa service laptop. Tujuannya agar proses perbaikan dapat dilakukan dengan aman.

8. Atasi Laptop Layar Hitam dengan Minimalisir Terjadinya Overheating

Overheating merupakan keadaan panas yang terlalu ektrim pada laptop. Overheating yang dibiarkan bisa menimbulkan rusaknya kartu VGA, kemungkinan besar kartu VGA bisa terbakar dengan mudah. Akibat kartu VGA yang rusak menyebabkan gangguan pada tampilan layar laptop menjadi hitam. Kerusakan seperti ini membutuhkan biaya yang cukup besar untuk proses perbaikan.

Ada beberapa cara untuk mencegah laptop agar tidak mengalami overheating. Caranya yaitu membersihkan laptop dari debu dan kotoran yang menyumbat udara panas. Selain itu, jangan menggunakan laptop terus menerus sampai suhunya panas. Kasih waktu istirahat laptop Anda selama satu jam setiap pemakaian 4 jam supaya tidak terjadi overheating.

9. Mengatasi Layar Hitam pada Laptop dengan Memanfaatkan System Restore

Cara mengatasi laptop layar hitam bisa menggunakan system restore. Tinggal masuk ke msconfig à configuration utility à tab tools à daftar tool à system restore. Setelah itu muncul tampilan system restore, klik tanggal sebelum terjadi masalah black screen. Selesaikan prosesnya lalu lakukan restart.

Demikian beberapa cara mengatasi laptop layar hitam paling ampuh. Mempelajari caranya sangat membantu pengguna laptop, karena mereka bisa menyelesaikan masalah black screen sendiri dengan cara di atas.

Semoga bermanfaat, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "9 Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam Paling Jitu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel