10 Cara Mengatasi Laptop Ngehang Berdasarkan Penyebabnya

Berfaedah.com - Pada saat ini banyak yang membutuhkan laptop untuk memudahkan pekerjaan atau digunakan hal lain. Biasanya laptop banyak digunakan oleh pelajar, guru, pekerja online, pengusaha dan mahasiswa. Laptop diisi dengan berbagai macam aplikasi sebagai penunjang pekerjaan namun, kebanyakan aplikasi bisa mempengaruhi laptop tiba-tiba ngehang. Cara mengatasi laptop ngehang tidak mudah, karena harus diatasi sesuai penyebab terjadinya hang.

Bila laptop ngehang dapat membuat pekerjaan jadi terhambat. Kinerja laptop juga menurun sehingga pekerjaan tidak dapat diselesaikan tepat waktu. Oleh karena itu mencari cara mengatasi laptop ngehang harus Anda pelajari supaya bisa memperbaikinya jika terjadi hang secara mendadak.

cara mengatasi laptop ngehang

10 Cara Mengatasi Laptop Ngehang Berdasarkan Penyebabnya

Mengatasi laptop ngehang sama dengan membersihkan bagian dalamnya. Proses pembersihan dimulai dari software, aplikasi, tools serta lainnya yang tidak diperlukan oleh laptop. Hang pada laptop berdasarkan penyebabnya bisa diatasi dengan melihat caranya pada berikut.

1. Laptop hang karena terlalu banyak file temporary

File temporary yang menumpuk disebabkan oleh aktifitas history install, uninstall, memindahkan dan menghapus file. Dampak yang terjadi yaitu membuat crash atau tempat sampah file laptop penuh sehingga memicu terjadinya hang. Mengatasi laptop ngehang ini bisa menggunakan cara mudah, tinggal masuk ke program disk clean up yang berada pada windows. Klik tombol windows+R à tulis cleanmgr à klik drive à tunggu sampai selesai. Baca: Inilah Cara Membuka Laptop yang Terkunci Karena Lupa Password

2. Laptop hang dipengaruhi oleh banyaknya program berjalan pada saat startup

Ketika laptop baru dinyalakan ada beberapa program berjalan yang bisa menyebabkan gang. Program tersebut melakukan startup terlalu awal sehingga berpengaruh pada windows. Contoh program berjalan yaitu IDM, adobe, smadav, avast dan tools lainnya. Satu-satu cara mengatasinya langsung menuju ke system configuration. Langkahnya klik windows + R à klik msconfig à klik service à startup à uncheck aplikasi à OK.

3. RAM laptop terlalu kecil

Tahukah Anda bahwa RAM terlalu kecil bisa menyebabkan laptop hang. Pengguna laptop yang masih awam biasanya langsung install aplikasi yang banyak. Kemudian kinerja laptop menurun karena tidak kuat menjalankan aplikasi secara multitasking. Bila dibiarkan, lama kelamaan akan hang. Mengatasi hal tersebut bisa menambah kapasitas memori, misalkan laptop Anda memorinya 2 GB upgrade menjadi 4 GB bahkan bisa lebih.

4. Hardware panas (overheat)

Laptop dapat tiba-tiba panas atau overheat. Panas disebabkan oleh perangkat CPU, hardisk, dan prosesor. Laptop yang overheat kinerjanya lambat, tidak merespon kemudian hang dan mati sendiri. Penyebab overheat yaitu terlalu banyaknya debu di sirkulasi udara dalam laptop.

Cara mengatasinya adalah menjaga laptop supaya tetap dingin. Cara yang dapat digunakan yaitu mendinginkan laptop menggunakan fan USB port. Anda bisa mendapatkan fan USB pada toko aksesoris kompoter. Kabar gembira bagi pengguna laptop ASUS, bahwa laptop tersebut dibekali teknologi canggih ice cool. Fungsi teknologi ice cool menjaga mesin laptop agar tidak overheat. Baca: 9 Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam Paling Jitu

5. Hardisk laptop sudah usang

Pengguna laptop jarang melakukan pemeriksaan terhadap hardisknya. Sampai beberapa tahun hardisk dibiarkan begitu saja. Akhirnya hardisk menjadi usang atau aus, gejala yang ditimbulkan hardiks aus adalah hang, restart sendiri hingga bisa membuat laptop tidak dapat dihidupkan.

Sebisa mungkin jaga laptop Anda supaya tidak mengalami aus lebih cepat. Perawatan yang dilakukan yaitu defragment laptop sebulan 2 kali. Cara defragment laptop klik start menu à accessories à system tool à disk fragmenter à mengikuti langkah-langkah selanjutnya yang berada disana. Laptop aus parah diperlukan proses perbaikan dalam kurun waktu lama, jadi jaga laptop Anda sebisa mungkin.

6. Laptop hang ketika internetan

Cara mengatasi laptop ngehang ketika internetan dicari oleh banyak orang. Waktu bermain internet kemudian laptop hang membuat hati kesal. Faktor penyebab laptop hang waktu internetan adalah tingginya jaringan internet dan virus.

Anda bisa mengatasinya dengan cara mencabut kabel koneksi  RJ45, restart routher wifi, serta mematikan wifi kemudian di hidupkan lagi. Cek juga addons internet, bila terdapat addons mencurigakan langsung uninstall. Gunakan browser terbaru, lalu jangan download aplikasi sembarangan karena bisa ada virus yang menyusup pada file aplikasi.

7. Hardisk bermasalah

Laptop memiliki komponen penting kedua selain RAM, komponen tersebut yaitu hardisk. Bila hardisk laptop bermasalah maka bisa membuat laptop menjadi lemot dan mudah hang. Permasalahan yang sering dialami oleh hardisk yaitu eror, terkena virus atau lainnya. perbaikan yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yaitu membuka windows explorer à klik hardisk C à properties à tools à check now à centang tulisan scan for and attempt recovery of bad sector à start. Saat permasalahan hardisk ini tidak bisa diselesaikan sendiri maka, bawalah laptop ke tukang service. Baca: Inilah Cara Mengatasi Laptop No Bootable Device dengan Mudah

8. Cara mengatasi laptop ngehang karena virus malware

Penyebab terbesar laptop hang yaitu adanya virus malware. Saat laptop Anda terkena virus malware lebih baik menggunakan windows safe mode kemudian mematikan system restore. Laptop hang akibat virus malware bisa diatasi dengan program antivirus.

Pilihlah antivirus yang benar-benar bagus supaya tidak bisa masuk ke dalam sistem aplikasi laptop. Salah satu contoh antivirus terbaik adalah norman malware cleaner. Berfungsi untuk membersihkan malware, virus, serta melakukan update otomatis di sistem operasi yang dijalankan.

9. Security program terlalu banyak

Security program yang berada di laptop yaitu aplikasi antivirus. Aplikasi tambahan ini bisa di download secara bebas pada internet. Sebenarnya memasang aplikasi antivirus sangat bagus karena berfungsi untuk mencegah virus masuk namun, jangan terlalu banyak install aplikasi antivirus. Cukup gunakan satu aplikasi yang bagus, aman, dan terpercaya.

Virus yang menyerang laptop sangat berbahaya karena bisa membuat hang bahkan kerusakan fatal. Oleh karena itu cara mengatasi laptop ngehang berikutnya bisa menggunakan security windows, rajin melakukan update aplikasi, mengaktifkan firewall, serta pasang aplikasi antivirus yang tidak berat (tidak membenani kinerja laptop).

Virus tidak hanya masuk melalui jaringan internet tetapi dapat melalui USB, memory card, dan flashdisk. Ketika menggunakan benda tersebut untuk transfer file, usahakan scan terlebih dahulu agar virus tidak masuk ke dalam laptop. Baca: Inilah Cara Mengatasi Laptop Error saat Dihidupkan

10. Menggunakan laptop dalam waktu yang lama

Penggunaan laptop yang terlalu lama dapat menyebabkan perangkat mesin cepat panas. Hal ini bisa mempengaruhi terjadinya hang. Anda bisa mengatur berapa lama menggunakan laptop. Misalkan Anda menggunakannya selama seharian maka, laptop harus istirahat setiap 3 jam sekali. Matikan laptop 20 menit saja agar perangkat mesin tidak panas, setelah itu Anda bisa menghidupkannya kembali.

Saat menggunakan laptop, jangan di atas tempat empuk seperti bantal, kasur, atau spon karena mempengaruhi laptop cepat panas. Pakai fan USB khusus laptop agar menjaga mesin tetap dingin.

Demikian cara mengatasi laptop ngehang dengan cepat. Sebagai pengguna laptop yang baik, Anda wajib melakukan perawatan laptop supaya tidak mengalami hang. Dengan adanya permasalahan laptop hang di atas, pasti Anda mengetahui hal apa saja penyebab laptop hang. Mulai sekarang rawatlah laptop Anda.

0 Response to "10 Cara Mengatasi Laptop Ngehang Berdasarkan Penyebabnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel