Inilah Cara Mengatasi Laptop No Bootable Device dengan Mudah

Berfaedah.com - No bootable device merupakan salah satu masalah yang cukup sering menjangkiti semua pemilik laptop. Jika sudah begini maka mengetahui cara mengatasi laptop no bootable device menjadi satu hal yang sangat penting sebagai unsure jaga-jaga atau bagi Anda yang tengah mengalami masalah ini. Anda pun bisa melakukan hal yang sama. Dengan demikian, pada saat laptop Anda mengalami masalah no bootable device, maka bias segera diatasi.

cara mengatasi laptop no bootable device

Cara Mengatasi Laptop No Bootable Device

Cara mengatasi no bootable device pada laptop bisa dipelajari oleh siapa pun. Ini adalah sebuah masalah dimana kondisi dimana laptop mendadak tidak dapat dihidupkan dan kemudian muncul peringatan “no bootable device”. Jelas ini akan membuat pekerjaan siapa pun merasa terhambat. Sayangnya, tak semua orang bisa mengetahui cara mengatasinya.

No bootable device sendiri merupakan pesan kesusakan. Hal ini juga merupakan salah satu dari sejumlah kerusakan yang sering terjadi pada laptop. Pesan masalah ini akan muncul pada saat laptop akan melakukan booting, persis sesudah melewati BIOS. Kerusakan ini sendiri sifatnya bisa ringan maupun berat, sebab berhubungan dengan sistem atau komponen.

Jika Anda juga mengalami kondisi serupa, tak perlu merasa khawatir. Ada beberapa cara mengatasi laptop no bootable device yang bisa Anda lakukan. Ini dia beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menjadi jalan keluarnya. Baca: Inilah Cara Mengatasi Laptop Error saat Dihidupkan

1. Cara Pertama

Anda bisa masuk ke BIOS pada saat laptop menyala. Ketika laptop menyala, tekanlah tombol F4. Jika sudah, lihatlah di menu information, apakah status HDD yang ada di sana none atau tidak.
Bila HDD laptop none, maka Anda bisa lanjut ke tahap berikutnya bila tak terbaca. Anda bisa masuk ke menu boot. Di sana, Anda bisa meletakkan HD0 pada bagian teratas. Setelah itu, masuklah ke menu exit, kemudian pilih exit and save changes. Anda bisa juga menekan tombol F10 yang ada di keyboard.

2. Cara Kedua

Bukalah BIOS terlebih dulu, lalu ubah status dari UEFI menjadi LEGACY. Pada umumnya ini ada di menu boot. Jika sudah, Anda bisa memilih menu exit. Kemudian, pilih opsi exit and save changes. Anda juga bisa menekan tombol F10 seperti yang ada pada cara pertama. Pastikan juga status HDD Anda terbaca.

3. Cara Ketiga

Pada cara ini Anda harus memakai peralatan seperti obeng agar case belakang laptop bisa terbuka. Hal ini dilakukan untuk bisa memeriksa HDD. Bukalah cangkang laptop terlebih dulu, lalu periksa komponennya, terlebih di sekitar HDD. Jika sudah, lepas HDD dari tempatnya dan bersihkan, terutama yang berwarna kuning.

Jika beberapa langkah di atas sudah Anda lakukan, pasang lagi HDD. Bila masih merasa ragu, Anda bisa melihat laptop lain untuk mengecek apakah HDD Anda terbaca atau tidak. Bila sudah, pasanglah HDD dengan benar, kemudian nyalakan laptop Anda. Baca: 10 Cara Mengatasi Laptop Ngehang Berdasarkan Penyebabnya

4. Cara Keempat

cara mengatasi laptop no bootable device berikutnya yaitu dengan cara melakukan install ulang laptop. Hal ini bisa Anda lakukan dengan catatan bila HDD terbaca, namun statusnya tetap no bootable device.

5. Cara Kelima

Cara ini dianggap paling ampuh dan dijamin akan berhasil. Caranya adalah langsung pergi ke toko peralatan komputer. Anda bisa membeli HDD dan langsung memasangnya. Pastikan juga Anda langsung menginstall-nya.

Cara Mengatasi Insert Boot Disk and Press Any Key

Di samping cara mengatasi laptop no bootable device yang dijelaskan diatas, biasanya kita juga melihat adanya instruksi tambahan. Biasanya akan ada perintah dalam bentuk insert boot disk and press any key. Hal seperti ini juga sering kali kita temukan. Oleh karena itu, jika Anda mengalami hal yang sama, maka ada cara yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah ini.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa di BIOS apakah HDD terbaca atau tidak. Anda bisa melakukan langkah ini terlebih dulu. Baca: Inilah Cara Membuka Laptop yang Terkunci Karena Lupa Password
  1. Pertama, masuklah ke BIOS. Pada saat laptop menyala, segera tekan F2, Esc, atau Del. Anda bisa mencoba salah satu di antara ketiganya. Pada umumnya, F2 yang sering dipilih. Hal ini tergantung pada merk laptop Anda.
  2. Jika sudah, lihat pada bagian utama BIOS, apakah HDD Anda terbaca atau tidak. Bila HDD terbaca, maka Anda bisa langsung lanjut pada tahap berikutnya. Kemudian, masuklah pada bagian boot menu yang ada di atas, di sebelah menu exit. Setelah itu, letakkan yang memiliki nama HDD0 pada bagian atas, di nomor 1.
  3. Langkah terakhir jika hal ini sudah Anda lakukan adalah dengan masuk ke menu exit. Jika sudah, pilih exit and save changes atau Anda bisa langsung menekan tombol F9 di keyboard.

Cara Mengatasi Hardisk yang Tidak Terbaca

Salah satu cara mengatasi laptop no bootable device yang bisa Anda coba adalah dengan memastikan hardisk terbaca atau tidak. Jika hardisk tidak terbaca, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya:

1. Cabut Kabel Kemudian Pasang Lagi

Kondisi kabel hardisk yang longgar bisa membuatnya tak terbaca. Anda bisa mencabut kabel hardisk. Pastikan Anda membersihkan bagian kuningan atau konektor hardisk. Anda bisa menggunakan penghapus untuk membersihkan kabel hardisk. Jika sudah, Anda bisa memasangnya lagi.

2. Ganti Kabel

Jika hardisk yang Anda miliki masih belum terbaca, maka pertimbangan lain bisa dilakukan. Caranya adalah dengan membeli kabel SATA hardisk menggunakan kabel yang lain. Anda bisa mencolokkan lagi hardisk dengan kabel baru. Baca: 9 Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam Paling Jitu

Di samping itu Anda juga bisa mencoba mengganti posisi kabel pada post SATA lain pada motherboard. Gunanya adalah untuk mengecek apakah kabel ini kendor atau tidak. Jika sudah, Anda bisa menyalakan laptop dan mengeceknya lewat BIOS.

Anda tak perlu membeli kabel baru. Anda bisa mencabut kabel SATA di kardus motheropard atau kabel dari DVD RW. Pada umumnya paket kabel SATA pada motherboard ada lebih dari 1.

3. Coba Hardisk di Laptop Lain

Bila cara ini belum berhasil, Anda bisa mencoba hardisk di laptop lain. Anda bisa mencabut hardisk laptop. Kemudian, colokkan ke laptop untuk melakukan pengecekan.

4. Ganti Hardisk

Cara terakhir yang bisa dilakukan bila semua opsi di atas tak bisa dilakukan, maka ada baiknya Anda mengganti hardisk. Hal ini dilakukan karena ada kemungkinan hardisk yang Anda gunakan memang sudah rusak. Akan tetapi, sebelum benar-benar mengganti hardisk dengan yang baru, pastikan kondisinya terlebih dulu.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop no bootable device yang bisa Anda coba lakukan. Beberapa cara di atas bisa Anda terapkan untuk membantu mengatasi masalah yang terjadi di laptop ketika no bootable device terjadi. Anda bisa memilih cara terbaik yang sesuai dengan keinginan. Dengan begitu hasil yang Anda dapat pun bisa lebih optimal dan sesuai harapan.

Semoga bermanfaat, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "Inilah Cara Mengatasi Laptop No Bootable Device dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel