Inilah 7 Cara Mengatasi Lovebird Birahi Tinggi dengan Benar

Cara Mengatasi Lovebird Birahi Tinggi - Ketika memutuskan untuk memelihara burung Lovebird maka perawatannya harus Anda lakukan dengan telaten. Anda sebaiknya tidak sekedar memperhatikan penampilan burung saja, lebih dari itu aspek kesehatan juga harus diutamakan. Selah satu aspek kesehatan yang wajib Anda perhatikan ialah tingkat libido dari Lovebird peliharaan.

Libido yang tinggi sebenarnya baik bagi burung Lovebird karena bisa meningkatkan birahi untuk berkembang biak. Namun, kondisi ini bisa menjadi masalah ketika over birahi dialami oleh burung ini waktu mengikuti perlombaan atau kontes. Dengan demikian, penampilan dari Lovebird kesayangan Anda pun menjadi tidak maksimal. Supaya tingkat libidonya bisa Anda kendalikan, berikut adalah cara mengatasi Lovebird over birahi yang direkomendasikan.

cara mengatasi lovebird birahi tinggi

7 Cara Mengatasi Lovebird Birahi Tinggi

1. Menghentikan pemberian pakan tertentu

Gejala over birahi yang dialami oleh burung Lovebird bisa disebabkan oleh konsumsi jenis pakan tertentu. Umumnya, terdapat tiga jenis pakan yang berpotensi meningkatkan libido burung ini yaitu kuaci, jagung muda dan kangkung. Mengapa ketiga pakan ini bisa membuat Lovebird over birahi? Ini tidak terlepas dari kandungan senyawa afrodisiak yang mampu merangsang birahi.

Jadi, agar libido burung Lovebird peliharaan Anda terkontrol, maka hentikan pemberian ketiga jenis pakan tersebut sementara waktu. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan burung ini asupan multivitamin Ebod Vit sebanyak 3 tetes agar staminanya tetap prima. Selain memberinya vitamin, Anda juga harus selalu menjaga kebersihan air minumnya serta menghindarkannya dari paparan sinar matahari secara langsung. Baca: Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu

2. Memperbanyak durasi mandi

Perawatan burung Lovebird memang harus Anda lakukan secara intensif termasuk memandikannya secara rutin. Sebenarnya, memandikan burung ini tidak hanya bermanfaat untuk kebersihan bulu dan juga tubuhnya. Lebih dari itu, aktivitas ini merupakan salah satu cara mengatasi Lovebird birahi tinggi yang efektif. Waktu ideal untuk memandikan jenis ini biasanya adalah pada pagi dan sore hari.

Ketika Anda ingin memandikan burung Lovebird di pagi hari, maka lakukanlah sebelum matahari terbut. Sementara itu, bila Anda ingin memandikan Lovebird di sore hari, maka waktu terbaik untuk melakukannya adalah saat matahari mulai turun sekitar pukul 3. Selain di kedua waktu tersebut, Lovebird juga bisa dimandikan pada malam hari diantara jam 10 hingga 12. Disamping melakukannya secara rutin, Anda juga harus memperbanyak durasi mandi dari Lovebird peliharaan yang over birahi.

Misalnya, durasi normal Anda memandikan burung ini disaat tidak sedang birahi adalah 15 menit, maka di saat birahi waktu mandinya mesti diperlama menjadi 30 menit. Sementara itu, untuk proses mandinya dapat Anda lakukan dengan cara menyemprotnya dengan air. Disamping air, Anda juga bisa menambahkan shampoo jati jajar yang kaya akan vitamin. Khasiat dari shampoo ini memang sangat bermanfaat sebagai desinfektan, merawat bulu serta membasmi kuman dan juga kutu.

3. Menempatkannya di kandang poiler

Salah satu langkah terbaik yang bisa Anda terapkan sebagai cara mengatasi Lovebird birahi tinggi adalah menempatkannya di kandang poiler. Sebab ketika Anda menaruh Lovebird peliharaan di jenis kandang ini maka akan membuatnya leluasa dalam bergerak. Disamping itu, penerapan cara ini juga akan membantu meningkatkan durasi kicauan dari Lovebird peliharaan Anda. Baca: Inilah Manfaat Garam untuk Burung Lovebird

Memelihara burung Lovebird di kandang poiler memang mendatangkan banyak manfaat. Akan tetapi, Anda sebaiknya tetap melakukan pengawasan terhadap burung ini secara rutin. Sebab ketika Lovebird sedang birahi maka burung ini akan berpotensi untuk menyerang spesies sejenisnya. Jadi, usahakan agar Lovebird yang Anda pelihara di dalam kandang memiliki libido stabil sehingga tidak saling bertarung.

4. Menjemur dan mengembunkannya secara teratur

Cara mengatasi Lovebird birahi tinggi juga bisa Anda lakukan dengan menjemur dan mengembunkannya secara teratur. Proses pengembunan pada burung Lovebird birahi bisa Anda lakukan sebelum matahari terbit. Sebab udara yang segar dan terbebas dari polusi sangat bermanfaat untuk sistem pernafasan burung ini. Pagi hari juga menjadi waktu terbaik bagi Anda untuk mendengarkan kicauan Lovebird peliharaan yang lebih merdu.

Disamping itu, melalui proses pengembunan ini burung juga akan memperoleh vitamin D yang berguna untuk membuat suhu tubuhnya lebih hangat. Sebaliknya, untuk proses penjemuran Lovebird sebaiknya jangan Anda lakukan diatas jam 9. Alasannya adalah paparan sinar ultraviolet dikhawatirkan justru akan merusak bulu Lovebird milik Anda. Lakukan aktivitas pengembunan dan penjemuran ini secara teratur dalam waktu 2 bulan berturut-turut.

5. Mengurangi pemberian pakan ekstra

Sebenarnya, pemberian pakan ekstra yang Anda lakukan dapat berdampak bagus terhadap perkembangan burung Lovebird peliharaan. Akan tetapi, pemberian pakan ekstra terhadap Lovebird yang memiliki mental dasar petarung justru membuatnya over birahi. Oleh sebab itu, Anda perlu mengurangi intensitas pemberian pakan ekstra terhadap jenis burung ini.

Jadi, mulai sekarang Anda sebaiknya memberikan pakan ekstra kepada burung Lovebird sebanyak 1-2 kali saja dalam satu minggu. Namun, apabila ternyata cara ini belum membuahkan hasil maka Anda bisa mengeluarkan milet pada waktu malam hari. Kemudian, Anda bisa memberikan milet ini di waktu pagi hari sesudah mandi dan bulunya mengering.

6. Berikan daun Kemangi

Memberikan pakan daun Kemangi juga merupakan cara mengatasi Lovebird birahi tinggi lainnya yang bisa Anda terapkan. Supaya hasilnya, efektif Anda sebaiknya tidak memberi Lovebird peliharaan pakan terlebih dahulu. Kemudian, masukan daun Kemangi ke dalam sangkar dengan cara digantung. Jadi ketika Lovebird lapar, maka Ia akan dengan sendirinya memakan daun Kemangi yang Anda gantung tersebut.

Selain cara tersebut, Anda juga bisa menghaluskan daun Kemangi lalu memeras airnya. Setelah itu, Anda bisa menuangkan air perasan daun Kemangi ini ke dalam wadah minum burung Lovebird. Meskipun baunya relatif menyengat tetapi cara ini terbilang efektif untuk menurunkan birahi pada burung Lovebird. Selain itu, air perasan daun Kemangi ini pasti akan diminum oleh burung ketika merasa haus.

7. Jangan diikutkan lomba sebelum 4 bulan

Idealnya, burung Lovebird yang siap untuk mengikuti perlombaan haruslah berumur kurang lebih 4 bulan. Walau terkadang pada umur sebelum 4 bulan burung ini akan rajin naik tangkringan dan berkicau, Anda sebaiknya tidak mengikutkannya dalam perlombaan Sebab pada usia ini Lovebird akan rentan sekali mengalami over birahi.

Namun, bagaimana jika Anda sudah terlanjur mengikut sertakan burung Lovebird peliharaan dalam kontes padahal usianya belum 4 bulan? Cara terbaik untuk mengatasi Lovebird yang over birahi akibat tindakan Anda yang keliru ini adalah dengan mengkoloninya. Proses koloni yang dilakukan terhadap Lovebird kesayangan Anda memang bisa membantu menurunkan birahinya.

Lovebird memang merupakan salah satu jenis burung hias yang banyak dipelihara. Alasan utama burung ini dipelihara adalah karena memiliki suara kicauan yang merdu. Dengan demikian, burung jenis ini sangat potensial untuk diikut sertakan ke dalam berbagai perlombaan. Akan tetapi, seperti spesies burung pada umumnya Lovebird juga bisa mengalami over birahi. Ketika libido pada burung Lovebird peliharaan Anda tinggi, maka cara mengatasi Lovebird birahi tinggi di atas mungkin dapat membantu menormalkannya.

Semoga berfaedah, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "Inilah 7 Cara Mengatasi Lovebird Birahi Tinggi dengan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel