Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu

Berfaedah.com - Untuk anda yang mencari cara mengatasi lovebird cabut bulu, memang masalah ini menjadi salah satu masalah yang sering ditemui terutama di dunia peternakan. Masalah ini ternyata bukan hanya terjadi pada Anda yang memelihara burung ini saja, melainkan hampir semua yang memeliharanya. Masalah yang sangat memprihatinkan adalah lovebird mencabut bulunya sendiri. Meski bukan masalah serius, tetapi hal ini dapat menyebabkan kematian pada sang burung.

Ada banyak sekali dari mereka yang memelihara burung tidak memperhatikan masalah ini yang bahkan sering terjadi pada lovebird. Bagi yang melihat, pasti akan merasa risih saat melihat burung lovebird ini sebagian tubuhnya menjadi gundul akibat bulu yang habis dicabat. Yang mencabut bulu itu ialah si burung itu sendiri, bukan dari pihak yang memeliharanya. Namun, untuk kasus lovebird ini memang masih banyak yang belum mengetahui apa sebenarnya penyebab pasti burung tersebut mencabut bulunya.

Namun, ada teori yang dikatakan oleh penghobi burung paruh bengkok ukuran kecil, bahwa ada beberapa hal yang menurut perkiraan mereka menjadi penyebabnya. Dengan begitu, Anda sendiri bisa was-was dengan memperhatikan tingkah laku si burung dengan faktor yang mungkin terjadi.

cara mengatasi lovebird cabut bulu

Penyebab Lovebird Cabut Bulu Sendiri

Sebelum mencari jawaban bagaimana cara mengatasi lovebird cabut bulu, ada baiknya Anda mencari tau apa saja penyebab yang terjadi. Beberapa penyebab dari lovebird yang mungkin mencabut bulu mereka sendiri ialah:
  1. Merasa kepanasan saat berada di suhu panas, atau bisa karena pakannya yang over dosis maka ia mencabut bulunya dengan tidak sadar. Baca: Inilah Manfaat Garam untuk Burung Lovebird
  2. Sering over dosis dengan pakan raciaknnya yang Anda tambahkan terlalu banyak kadar tinggi
  3. Kelebihan protein dalam pakan atau sebaliknya yaitu kekurangan gizi.
  4. Saat sedang merasa stres, ternyata lovebird suka mencabut bulunya dan juga karena faktor perawatan yang salah. Sebagai contoh, lovebird mandi terlalu basah kuyup yang membuatnya merasa tidak nyaman sehingga mencabut bulu. 
  5. Lovebird merasa gatal seperti adanya kuman dan kutu yang menyerang tubuhnya, maka ia akan menggaruk dan tidak segan mencabut bulunya.
  6. Ketika sang lovebird  mengalami gangguan hormonal atau mental seperti stres, ada baiknya Anda tau keadaan ini agar bisa mencegah lovebird mencabut sendiri bulu yang ada di tubuhnya.

Selain daripada penyebab yang sudah disebutkan di atas mengenai apa saja penyebab lovebird mencabut bulu, masih ada penyebab lainnya. Maka, jangan merasa segan untuk mencari informasi lainnya agar Anda bisa lebih waspada agar lovebird kesayangan tidak mencabut bulu mereka sendiri.

9 Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu dengan Benar

Sebagai pemilik dari hewan kesayangan, Anda mungkin tidak akan berada disampingnya selama 24 jam. Maka, kejadian seperti banyak lovebird yang mencabut bulunya sendiri tidak murni karena kesalahan Anda. Untuk itu, Anda sebaiknya harus lebih memahami beberapa hal agar kejadian yang serupa tidak terjadi pada Anda. Berikut ini ada penjelasan cara mengatasi lovebird cabut bulu yang bisa Anda terapkan sehingga lovebird Anda tidak akan mengalaminya:
  1. Ketahui makanan terbaik untuk lovebird Anda, apakah ia lebih cocok mengkonsumsi pakan racikan atau yang jenis lainnya. Jika sebelumnya ia konsumsi pakan racikan dan kemudian Anda berikan lagi namun ternyata tidak cocok, bisa saja ia merasa tubuhnya akan kepanasan Akhirnya, karena ketidaknyamanan ini tanpa sadar ia mencabut bulunya sendiri.
  2. Setelah memandikan, jangan langsung paparkan ia ke tempat panas untuk berjemur sebelum bulu jarumnya keluar. Tetap biarkan di tempat yang sejuk hingga terlihat sedikit mengering baru kemudian dijemur.
  3. Cara mengatasi lovebird cabut bulu setelah dimandikan, maka sebaiknya jangan mandikan terlebih dahulu. Namun, jika Anda tetap ingin mandikan lovebird coba untuk berikan saja cepuk. Maka, Anda akan mengerti bahwa lovebird Anda bukan tipe yang suka mandi dengan dipaksa. Langsung kemudian haru biarkan ia mandi sesuka hatinya sendiri. 
  4. Apabila sang burung sudah memasuki usia dewasa, sudah lazim dan biasa ia akan mengalami birahi yang kuat. Maka, untuk mengatasi hal ini Anda bisa mencarikan lovebird pasangan yang lebih baik. 
  5. Jika memang diperlukan untuk mengatasi lovebird cabut bulu seperti umbar lovebird di kandang umbaran, maka langsung lakukan saja sampai bulunya tumbuh kembali.
  6. Menggunakan lidah buaya pada tubuhnya, dengan cara dioleskan di badan yang bulunya sudah tercabut, jangan lupa dicampur ke air yang akan ia gunakan untuk mandi.
  7. Apabila sang lovebird sudah mencabut habis bulunya, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir dan panik. Karena bisa diatasi dengan menggunakan bawang putih yang dipercaya bisa menumbuhkan rambut dengan cepat. Bawang putih ini dipercaya bisa menumbuhkan rambut karena memiliki kandungan alicin yang tinggi sehingga mampu merangsang pertumbuhan rambut.
  8. Cara mengatasi cabut bulu pada lovebird selanjutnya ialah dengan cara memandikan dengan menggunakan obat pembasmi kutu. Obat ini tidak khusus untuk lovebird melainkan bisa menggunakan pembasmi kutu yang digunakan oleh individu pada umumnya. 
  9. Menggunakan cone collar sederhana yang biasanya bisa dipasang di leher burung, sehingga lovebird tidak akan mencapai area badan yang ingin dicabut bulunya.

Itulah beberapa cara mengatasi lovebird cabut bulu yang biasa dilakukan oleh pemelihara lovebird terdahulu. Jika Anda sudah mencoba berulang kali cara di atas untuk loverbird peliharaan namun tidak berhasil, maka tidak ada salahnya berkonsultasi pada ahli yang lebih ahli mengenai masalah ini. Karena, masalah pencabutan bulu pada lovebird ini bukan hanya mengganggu penampilan tetapi juga kualitas kesehatan.

Cara Merawat Bulu Lovebird Agar Tetap Lebat dan Indah

Setelah membahas penyebab dan cara yang bisa dilakukan untuk masalah bulu lovebird, pada bahasan ini Anda akan dimanjakan dengan cara perawatannya. Jika ingin melihat bulu lovebird yang tetap lebat dan indah, ikuti cara berikut untuk membuktikannya:
  1. Pada saat memandikan lovebird, coba untuk dipegang sambil diusap-usap secara perlahan menggunakan air. Waktu memandikan lovebird, jangan disiram secara perlahan dan putus-putus menggunakan gayung, namun coba dengan air langsung seperti keran atau shower.
  2. Saat menjelang sore dan malam hari setelah magrib, coba untuk rutin menyemprot dada lovebird pada bagian dada sedikit basah. Kemudian, setelah selesai langsung dikerodong, lakukan secara rutin hingga lovebird merasa tenang dan nyaman.
  3. Ganti tangkringan dengan menggunakan ukuran yang sama seperti standar tangkringan plastik bawaan sangkar bulat.
  4. Menggunakan kekerasan tangkringan yang disukai oleh lovebird Anda. Untuk pemilihan kekerasan coba untuk memilih kekasaran yang membuat lovebird tidak gelisah saat berada di atas tangkringan. 

Anda bisa mencoba beberapa langkah diatas mengenai cara mengatasi lovebird cabut bulu dan anda bisa merawat bulu lovebird agar bulu lovebird peliharaan anda tetap bagus, lebat dan indah. Semoga bermanfaat, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel