5 Cara Mengatasi Murai Batu Galak dengan Mudah

Berfaedah.com - Cara mengatasi murai galak adalah sesuatu yang perlu Anda ketahui. Pengetahuan semacam ini tentunya akan sangat berguna apabila nanti burung murai Anda mulai menunjukkan gejala yang tidak ramah. Diantara tanda-tandanya ialah bulunya jadi mengkorok, ngelowo, burung jadi lebih suka berkelahi dibandingkan dengan berkicau, terkadang diam begitu saja serta tampak terlalu agresif.

Sebenarnya kondisi ini juga umum terjadi, dan sebagai pemilik, Anda harus ekstra bersabar dalam menghadapinya. Dan lagi, jangan keliru ambil langkah saat merawatnya, karena salah-salah burung akan menjadi-jadi nantinya. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memperhatikan cara mengatasi murai batu galak di bawah ini.

cara mengatasi murai galak

5 Cara Mengatasi Murai Galak

1. Mengatasi Burung Murai Galak dengan Mengurangi atau Menghentikan Pemberian Ekstra Fooding (EF) Sementara Waktu

Ekstra fooding atau yang biasa disebut dengan EF ini sejatinya merupakan makanan ekstra atau makanan tambahan. EF ini diberikan dengan tujuan untuk mendukung kesehatan burung murai sekaligus mendongkrak birahinya. Diantara EF yang biasa diberikan pada burung ialah jangkrik dan kroto.

Jangkrik dan kroto ini memang sering sekali dijadikan objek oleh para pemilik burung murai untuk meningkatkan birahi hewan kesayangannya. Untuk jangkrik bisa diberikan dengan dua cara yaitu diberikan secara utuh atau bisa juga dengan melepaskan kaki belakangnya terlebih dahulu. Baca: 7 Cara Mengatasi Murai Batu Ngelowo dengan Mudah

Sementara untuk kroto sendiri, ini adalah EF yang sangat bermanfaat dalam menjaga stamina burung murai batu. Jika Anda memberikan kroto ini secara rutin, maka kadar suhu panas tubuh burung bisa terjaga dan bisa berdampak pada peningkatan birahinya. Pada kondisi normal, Anda bisa memberikan EF ini sebanyak yang diinginkan oleh si burung.

Tapi, harus dilihat dulu kondisinya. Dalam kondisi burung murai menjadi galak seperti ini, sebaiknya Anda kurangi porsi ekstra fooding tersebut. Atau hentikan sama sekali. Dengan begini, burung murai yang galak akibat over birahi bisa Anda atasi. Penghentian pemberian ekstra fooding ini juga bersifat sementara saja, jika kondisi burung murai sudah stabil, Anda bisa memberikannya seperti semula.

2. Cara Mengatasi Murai Batu Galak dengan Memasukkannya ke Dalam Kandang Umbaran

Memasukkan burung murai ke dalam kandang umbaran juga merupakan salah satu solusi supaya burung tersebut tidak menjadi galak lagi. Kandang ini ukurannya lumayan besar, biasanya sekitar 2 meter. Selain bisa didapat dengan cara membeli, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Tentunya bila alat dan bahan yang diperlukan ada.

Disarankan agar Anda menempatkan kandang umbaran ini di tempat yang terbuka supaya terkena sinar matahari. Jangan lupa, di dalam kandang tersebut sertakan juga air minum sekaligus bak air buat mandi. Lebih bagus lagi jika Anda melengkapinya dengan bak yang berisi pasir supaya burung dapat bermain dengan pasir atau yang biasa disebut dengan mandi pasir.

Berikan juga tempat tenggeran di masing-masing sudut supaya burung dapat terbang sesuka hatinya. Memasukkan burung murai ke dalam kandang umbaran bisa membuatnya menjadi lebih sehat karena pergerakannya tidak lagi terbatas seperti saat berada di dalam kandang yang kecil.

Karena burung murai juga bisa terbang ke sana ke mari, secara otomatis sistem pernafasannya menjadi lebih kuat dan otot-otonya juga demikian. Selain itu, burung murai juga akan terhindar dari obesitas karena lemak yang ada di dalam tubuhnya bisa terbakar.

Kaitannya dengan burung murai yang galak, kandang umbaran ini bisa membuat birahinya menjadi stabil kembali. Hal ini dikarenakan hormon dan energi berlebih yang dimiliki oleh burung menjadi tersalurkan dengan kegiatan yang lain, tidak seperti saat dia berada di dalam kandang harian. Untuk lama pengumbaran, ini tergantung pada kondisi si burung itu sendiri.

3. Cara Mengatasi Murai Galak dengan Mengurangi Intensitas Penjemurannya

Sebagai makhluk hidup, burung juga memerlukan cahaya matahari. Karena itu, disarankan agar setiap pemilik burung, termasuk burung murai menjemurnya secara rutin. Penjemuran ini sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan si burung terutama karena bisa membantu menghangatkan tubuh burung setelah dingin semalaman.

Selain itu, menjemur burung juga bisa membantu menghindarkan hewan satu ini dari kegemukan karena lemak yang terdapat pada tubuhnya bisa terbakar. Aktifitas ini juga sekalian membantu membunuh bakteri dan jamur yang ada pada bagian bulu. Selain itu, menjemur burung juga bisa membuat nafasnya menjadi lebih panjang dan volumenya juga bertambah.

Walaupun kegiatan satu ini sangat bermanfaat, tetap Anda tidak diperbolehkan melakukannya secara berlebihan. Kaitannya dengan burung murai galak ini, ada resep penjemuran yang bisa diperhatikan yaitu jemur burung murai tersebut kira-kira hanya selama 30 menit saja. Upayakan jangan lebih supaya burung murai segera kembali pada kondisi normalnya.

Lakukan penjemuran tersebut saat pagi hari. Jangan saat siang hari apalagi melebihi jam 9, karena pada jam ini sinar matahari sudah mengandung cukup banyak UV yang juga berbahaya bagi si burung. Di samping itu, Anda juga disarankan untuk meningkatkan pengembunannya.

4. Mengatasi Burung Murai Galak dengan Memandikannya saat Malam Hari

Untuk mengatasi burung murai yang galak, sebaiknya Anda juga memberinya terapi yang berupa mandi di malam hari. Terapi mandi malam ini diketahui bisa menurunkan birahi burung murai supaya kembali menjadi stabil lagi.

Akan tetapi, sebelum Anda melakukan hal yang satu ini, sebaiknya perhatikan kondisi cuaca terlebih dahulu ya. Kasihan kan jika burung dimandikan malam-malam sementara cuacanya sangat dingin. Setelah dimandikan, jangan lupa anginkan dulu burung tersebut lalu kerodong.

5. Mengatasi Burung Murai Galak dengan Menambahkan Seekor Cacing pada Makanannya

Cara mengatasi murai galak yang lainnya ialah dengan menjadikan cacing sebagai terapi. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwasanya cacing ini termasuk dalam ekstra fooding yang bagus buat burung murai. Cacing mempunyai protein yang lumayan tinggi di dalam tubuhnya, dimana protein ini termasuk dalam kategori protein murni. Selain itu, dalam cacing juga ada asam aminonya.

Baik protein maupun asam amino sangat bagus buat burung murai. Dan jika hendak dijabarkan lebih jauh, cacing ini mempunyai manfaat dalam hal mengoptimalkan metabolisme tubuh burung murai, membuat bulu burung murai jadi lebih mengkilap, membantu proses pertumbuhan burung murai, mencegah kemandulan dan melancarkan produksi telur.

Selain itu, cacing juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh burung murai dan sekaligus menstabilkan birahinya. Maka dari itu, cacing ini cocok sekali bila dipakai untuk mengatasi murai batu galak akibat over birahi.

Akan tetapi, harap diperhatikan bahwasanya pemberian cacing sebagai terapi untuk burung murai yang galak sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu. Anda dapat memberikannya baik pada pagi hari maupun sore hari.

Untuk burung murai galak ini, bisa diibaratkan dia mempunyai banyak tenaga, tetapi tenaganya tersebut tidak terlalu banyak yang dipakai. Akibatnya, dia menjadi agresif, bahkan terkadang tidak terkendali. Adapun berbagai cara mengatasi murai galak di atas tetap bisa Anda terapkan guna mengembalikan burung murai yang manis seperti sedia kala.

Semoga bermanfaat, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "5 Cara Mengatasi Murai Batu Galak dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel