14+ Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berfaedah.com - Manfaat beras kencur sudah banyak dirasakan oleh orang-orang yang mengkonsumsinya. Tidak mengherankan, minuman herbal yang satu ini memang sangat sehat dan tidak menimbulkan efek samping apapun. Cara pembuatannya juga sangat mudah, asalkan berbagai bahan dan alat yang diperlukan tersedia, Anda pasti sudah bisa membuatnya sendiri di rumah.

Tak hanya memberikan manfaat dalam hal kesehatan saja, beras kencur juga memberikan manfaat dari sisi kecantikan juga. Dan jika hendak dijabarkan lebih lanjut, berbagai manfaat dari beras kencur baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan wajah adalah sebagai berikut:

manfaat beras kencur

Manfaat Beras Kencur

1. Beras Kencur Bisa Membantu Menyembuhkan Diare

Manfaat yang pertama ialah beras kencur bisa membantu menyembuhkan diare. Hal ini dikarenakan di dalam jamu tersebut terdapat kandungan anti inflamasi dan antioksidan yang bisa memperbaiki kondisi saluran pencernaan yang sedang terganggu. 

2. Beras Kencur Bisa Dijadikan Sebagai Tonikum

Manfaat yang lainnya ialah beras kencur bisa dijadikan sebagai tonikum, baik itu untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa. Pernahkah Anda mendengar tentang tonikum ini? Tonikum ialah minuman yang kaya akan mineral serta vitamin dan mempunyai efek positif bagi tubuh. Nah, beras kencur termasuk dalam golongan ini karena mempunyai efek tersebut. Baca: 11 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih untuk Tubuh

Efek tonikum yang ada di dalam beras kencur diantaranya ialah meningkatkan konsentrasi. Selain itu, efek yang dimaksud juga bisa membantu menghilangkan rasa lelah.

3. Beras Kencur Membantu Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat beras kencur yang selanjutnya ialah membantu meningkatkan nafsu makan. Manfaat yang satu ini akan sangat membantu sekali bagi para ibu yang galau karena anaknya susah makan atau pilih-pilih makanan. 

Berikan saja beras kencur secara rutin pada anak, dengan demikian nafsu makan anak akan meningkat dan berat badannya pun akan bertambah.

4. Beras Kencur Membantu Mengobati Infeksi

Manfaat yang lainnya ialah beras kencur juga bisa membantu mengobati infeksi. Ini adalah kabar gembira bagi orang-orang yang sedang tidak enak badan akibat infeksi bakteri.

Beras kencur mempunyai kemampuan tersebut karena minuman ini mempunyai kandungan yang bersifat sebagai antibakteri sehingga sangat ampuh dalam melawan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri.

5. Beras Kencur Membantu Meredakan Peradangan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, beras kencur tidak hanya bersifat sebagai antibakteri, tetapi juga bersifat sebagai anti inflamasi. Oleh karena itu, beras kencur juga bisa sekalian meredakan peradangan. Baca: 12 Manfaat Daun Tanaman Binahong yang Menakjubkan

6. Beras Kencur Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Perlu diketahui bahwasanya beras kencur ini mempunyai kandungan antioksidan di dalamnya. Oleh karena itu, mengkonsumsi beras kencur secara rutin bisa membuat Anda mempunyai daya tahan tubuh yang baik karena kandungan antioksidan tersebut akan membuat radikal bebas dihalau dengan baik pula dari dalam tubuh.

7. Beras Kencur Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Hal lain yang juga membuat beras kencur ini begitu istimewa adalah karena beras kencur bisa membantu mencegah penyakit kanker. Memang ada banyak sekali bahan-bahan alami yang mempunyai manfaat serupa. Namun, dalam beras kencur ini diketahui terdapat kandungan etil p-metoksisinamat yang berperan sebagai anti kanker.

Etil p-metoksisinamat dalam beras kencur tersebut akan menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler. Karena itulah kanker dapat dicegah.

8. Manfaat Beras Kencur Bisa Memberikan Sensasi Rasa Tenang

Manfaat lain yang juga ditawarkan oleh beras kencur ialah sensasi rasa tenang. Manfaat satu ini tentunya sangat berguna untuk Anda yang sering sekali merasa khawatir atau gelisah terhadap sesuatu. Jika Anda merasa demikian, cobalah untuk mengkonsumsi beras kencur karena beras kencur bisa menghalau perasaan semacam itu. 

Beras kencur bisa melakukan hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan etil cinnamate dan etil p-metoksisinamat seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

9. Beras Kencur Bisa Membantu Mengatasi Kencing Batu

Kencing batu atau yang biasa disebut dengan batu ginjal merupakan endapan keras yang terbentuk apabila urin atau air kencing mengandung bahan kimia terlalu banyak. Adapun bahan kimia yang dimaksud adalah seperti asam urat, sistin, kalsium atau struvite (seperti ammonium, magnesium dan campuran fosfat. 

Penyakit ini sangatlah tidak menyenangkan karena bisa menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Bahkan bisa keluar darah juga bersamaan dengan urin serta mual dan muntah-muntah. Apabila hal tersebut terjadi pada Anda, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan beras kencur. 

Beras kencur bisa mengatasi kencing batu karena di dalamnya ada senyawa, dimana senyawa tersebut dapat menghancurkan endapan zat yang terdapat dalam saluran kemih. 

10. Beras Kencur Membantu Mengatasi Flu dan Masuk Angin

Bukan hanya kencing batu saja yang dapat disembuhkan oleh beras kencur. Tetapi penyakit-penyakit yang sifatnya ringan seperti flu dan masuk angin juga bisa ditangani. Ini adalah salah satu alternatif terbaik yang bisa Anda pilih apabila Anda ingin mengeluarkan udara yang ada dalam tubuh.

11. Beras Kencur Membantu Mengobati Batuk

Batuk adalah sakit yang cukup menyiksa. Biasanya batuk ini adalah gejala awal flu dan sering membuat penderita merasa tenggorokannya terbakar. Tetapi ada juga kondisi dimana batuk tersebut diikuti dengan dahak. 

Nah, beras kencur di sini mempunyai peran untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan serta mengencerkan dahak sehingga tenggorokan pun akan terasa lebih lega. 

12. Beras Kencur Membantu Menebalkan Dinding Lambung

Biasanya penderita maag yang cukup parah akan mempunyai lambung yang dindingnya cukup tipis. Biasanya pula orang yang menderita sakit maag seperti ini akan diberikan obat untuk meredakannya. Sekilas obat tersebut memang ampuh, namun berdasarkan beberapa referensi, disebutkan bahwa obat maag justru membuat dinding lambung jadi lebih tipis.

Sementara itu, beras kencur mempunyai banyak manfaat dimana salah satunya ialah menebalkan dinding lambung. Dengan manfaat yang satu ini, sudah jelas bahwa beras kencur dapat dikonsumsi oleh penderita maag dengan lambung tipis sekalipun.

13. Membantu Mencegah Munculnya Jerawat

Biasanya wanita sering meributkan masalah jerawat yang muncul pada bagian wajahnya. Hal ini adalah sesuatu yang wajar sebenarnya mengingat jerawat memang membuat penampilan wajah jadi kurang sempurna. Belum lagi jerawat berpotensi meninggalkan bekas berupa noda hitam. Jadilah banyak orang mencari berbagai cara untuk mencegah keluarnya jerawat. Alih-alih menggunakan produk berbahan kimia, sangat disarankan agar Anda menggunakan produk alami saja. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi beras kencur ini.

Hal ini dikarenakan beras kencur mempunyai kemampuan untuk mencegah hormon penyebab munculnya jerawat aktif. Dengan demikian, jerawat tidak akan muncul ke permukaan kulit. 

14. Membantu Menurunkan Kolesterol dan Meredakan Sakit Maag

Manfaat beras kencur yang lainnya ialah membantu menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan berbagai kandungan dalam beras kencur bisa meningkatkan aliran empedu. Nah, kalau aliran empedu ini lancar, otomatis penyerapan makanan dalam tubuh juga akan lancar yang akhirnya bisa berdampak pada penurunan kadar kolesterol.

Selain itu, beras kencur juga bisa mengatasi sakit maag yang kambuh. Hal ini dikarenakan beras kencur mampu mengurangi kadar asam lambung sehingga lambung bisa normal kembali dan penyakit maag bisa lebih reda.

Beras kencur ini adalah minuman herbal alami yang dalam proses pembuatannya tidak dicampur dengan bahan apapun. Karena itu, minuman ini sangat aman untuk dikonsumsi. Tetapi kalau Anda ingin memastikan sendiri kualitasnya, sebaiknya Anda buat sendiri beras kencur di rumah lalu konsumsi saja secara rutin setiap hari.

Demikian informasi tentang manfaat beras kencur, semoga bermanfaat ya. Tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "14+ Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel