14 Manfaat Buah Apel Hijau untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Berfaedah.com - Hamil dialami oleh setiap wanita. Kehamilan merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh seluruh pasangan menanti buah hatinya. Selama hamil, ibu harus memperhatikan kondisi kesehatan tubuh dan makanan yang dimakan. Makanan ibu hamil harus mengandung nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh janin. Nah, salah satu makanan untuk ibu hamil yaitu apel hijau. Kaya manfaat apel hijau untuk ibu hamil begitu tinggi.

manfaat buah apel hijau untuk ibu hamil

Kandungan Apel Hijau Memberikan Manfaat untuk Ibu Hamil

Apel hijau dikenal sebagai buah yang bermanfaat untuk kesehatan terutama pada ibu hamil. Permukaan kulit apel berwarna hijau mulus, rasa daging buahnya manis dan segar. Apel hijau memiliki kandungan yang banyak.

Buah apel hijau memiliki kandungan air, protein, lemak, karbohidrat, serat, gula, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, seng, vitamin C, thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B-6, vitamin A, vitamin E, vitamin K, asam lemak jenuh total, asam lemak monounsaturated, dan asam lemak polyunsaturated.

Nutrisi makro molekul merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh selama hamil. Nutrisi mikro molekul terdapat pada kandungan apel. Fungsi nutrisi makro molekul adalah menjauhkan tubuh dari berbagai serangan penyakit.

14 Manfaat Apel Hijau Untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Dokter menyarankan agar ibu hamil sering mengkonsumsi berbagai macam buah dan sayur. Buah yang direkomendasikan untuk ibu hamil yaitu apel hijau. Anda dapat menemukan jenis buah ini di pasar buah atau supermarket. Alasan kenapa ibu hamil harus rutin makan buah apel, karena terdapat banyak manfaat untuk ibu hamil. Berikut merupakan 14 manfaat buah apel hijau untuk ibu hamil. Baca: Inilah Kandungan dan Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil

1. Manfaat Apel Hijau untuk Mencegah Sembelit

Ibu hamil sering mengalami sembelit (sulit buang air besar). Gangguan sembelit ini bisa dialami sampai beberapa bulan selama masa kehamilan. Membutuhkan tenaga yang besar untuk mengejan jika sembelit menyerang. Gangguan sembeli sangat menyiksa ibu hamil, sampai membuat tenaga habis hanya untuk mengeluarkan kotoran.

Solusi mengatasi gangguan sembelit yaitu mengkonsumsi buah apel hijau. Kandungan serat pada apel hijau sangat tinggi sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan.

2. Apel Hijau Dapat Mencegah Penyakit Stroke

Terkadang ibu hamil mengalami penyakit tulang karena terlalu berat menahan beban. Salah satu penyakit tulang yang biasa dialami yaitu stroke. Agar terhindar dari penyakit stroke, ibu hamil disarankan untuk konsumsi buah apel hijau. Kandungan mineral yang tinggi membuat tulang lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Tulang yang sehat memudahkan pergerakan tulang dan siap menahan beban berat.

3. Manfaat Apel Hijau untuk Ibu Hamil Dapat Meredakan Nyeri

Perkembangan janin makin membesar membuat ibu hamil harus menahan beban berat. memasuki bulan ke 4 kehamilan, badan terasa nyeri. Semakin lama sampai memasuki kehamilan bulan ke 9, rasa nyeri terus makin parah. Tenang saja, ibu hamil jangan khawatir karena rasa nyerinya dapat diatasi dengan buah apel hijau. Cukup konsumsi apel hijau setiap hari untuk membuat badan tetap fit.

4. Manfaat Buah Apel untuk Mencegah Terjadinya Kerusakan DNA Janin

Proses perkembangan janin bisa tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Gangguan perkembangan janin yang biasa terjadi adalah kerusakan DNA diakibatkan oleh sel kanker. Kandungan apel hijau sangat tinggi antioksidan. Kandungan antioksidan mampu mencegah dan membunuh sel-sel kanker. Baca: Inilah Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

5. Buah Apel Hijau Mampu Mengurangi Rasa Mual dan Muntah

Kita dapat melihat sendiri bahwa ibu hamil sering mengalami mual dan muntah. Hal tersebut disebabkan oleh naiknya asam lambung sehingga menimbulkan efek mual yang berlebihan. Mual dan muntah bisa berlangsung selama awal kehamilan, oleh karena itu awal kehamilan ibunda tidak menyukai makan makanan asam.

Cara mengurangi rasa mual dan muntah bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi apel hijau. Manfaat apel untuk ibu hamil yaitu menurunkan asam lambung. Tingginya asam lambung di netralkan dengan kandungan basa pada apel, hasilnya rasa mual menjadi turun. Sekarang ibu hamil tidak mengalami gangguan morning sickness serta bisa melakukan kegiatan di pagi hari.

6. Manfaat Apel Hijau untuk Mencegah Hipertensi

Manfaat apel hijau untuk ibu hamil selanjutnya yaitu mencegah terjadinya hipertensi. Ibu hamil memiliki mood yang emosional, oleh sebab itu mereka mudah marah karena tekanan darahnya tinggi. Supaya tekanan darah ibu hamil dapat stabil, disarankan untuk memakan buah apel hijau. Kandungan apel hijau mampu menurunkan tekanan hipeternsi tinggi dan menjaganya tetap stabil.

7. Apel Hijau Mampu Mengurangi Bengkak pada Ibu Hamil

Selain perut, anggota tubuh ibu hamil sebagian besar mengalami pembengkakan terutama pada bagian kaki. Tentu saja pembengkakan yang tidak nyaman. Anda bisa mengatasi pembengkakan dengan memakan apel hijau. Bila apel dikonsumsi secara rutin maka pembengkakan bisa diatasi. Konsumsi apel hijau dapat meredakan pembengkakan yang terjadi pada kaki dan siku tangan.

8. Buah Apel Sebagai Sumber Protein Alami

Selama hamil, tubuh membutuhkan asupan protein yang tinggi. Bahkan setelah melahirkan ibu juga membutuhkan protein untuk memenuhi nutrisi bayi. Protein merupakan bahan penyusun dan penyedia DNA sel. Baca: Inilah 10 Manfaat Kelapa Ijo untuk Ibu Hamil

9. Manfaat Buah Apel Hijau untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh

Kadar kolesterol bisa naik tinggi saat masa kehamilan. Kenaikan kolesterol bisa mempengaruhi kesehatan tubuh ibu hamil. Kolesterol dapat diturunkan dengan cara konsumsi buah apel yang menyehatkan, dengan begitu kadar kolesterol bisa stabil.

10. Konsumsi Apel Hijau untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat apel untuk ibu hamil adalah meningkatkan nafsu makan. Pada awal kehamilan ibu hamil mengalami morning sickness yang menyebabkan turunnya nafsu makan. Ibu hamil yang nafsu makannya menurun bisa berpengaruh pada berkembangan dan kesehatan janin. Konsumsi apel hijau dapat menghilangkan morning sickness dan nafsu makan jadi meningkat.

11. Apel Hijau Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Apel hijau mengandung vitamin dan mineral yang bagus untuk kulit ibu hamil. Kandungan vitamin maupun mineral mampu mengatasi gangguan kulit jerawat, kulit kering dan stretch mark. Anda tidak takut lagi terkena permasalahan kulit selama kehamilan, bahkan kulit lebih sehat dibandingkan dari biasanya.

12. Makan Buah Apel Dapat Mencegah Diabetes Gestational

Diabetes gestational merupakan penyakit tingginya gula darah dalam tubuh. Penyakit ini bisa memberikan resiko berbahaya pada janin. Secepatnya gula darah tubuh harus distabilkan dengan cara konsumsi apel hijau. Selain mengkonsumsi apel hijau, ibu hamil juga dianjurkan tidak konsumsi gula secara berlebihan.

13. Manfaat Apel Hijau untuk Menjaga Kesehatan Liver

Selanjutnya manfaat buah apel hijau untuk ibu hamil yaitu menyehatkan liver. Proses sekresi empedu pada ibu hamil sangat berlebihan. Padahal sekresi empedu yang tinggi dapat menyebabkan gangguan liver, akhirnya dapat menyebabkan diabetes dan mengganggu perkembangan janin. Baca: Inilah Efek Samping dan Manfaat Jengkol untuk Ibu Hamil

14. Buah Apel Hijau Sebagai Sumber Antioksidan

Kandungan antioksidan dari buah apel hijau mampu membunuh racun dan radikal bebas, sehingga menjaga tubuh ibu hamil terhindar dari penyakit.

Waow Manfaat Apel Hijau untuk Ibu Hamil ternyata banyak. Ibu hamil harus rutin memakan apel hijau supaya mendapatkan manfaat yang maksimal, bila apel hijau hanya dikonsumsi jarang maka hasilnya kurang maksimal. Pastikan Anda memakannya setiap hari pada waktu pagi, siang ataupun malam. Apel hijau bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi minuman jus. Semoga bermanfaat, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "14 Manfaat Buah Apel Hijau untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel