12 Manfaat Daun Tanaman Binahong yang Menakjubkan

manfaat tanaman binahong

Manfaat Tanaman Binahong - Tanpa disadari banyak sekali tanaman di lingkungan sekitar yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami. Ketidaktahuan masyarakat akan tanaman inilah yang membuat mereka jarang memanfaatkannya dan memilih menggunakan obat kimia. Padahal yang namanya kimia tersebut tidak bagus dikonsumsi terus menerus karena efeknya bisa ke ginjal, hati, empedu, dan lain sebagainya dimana semua organ tersebut sangat vital dalam kehidupan manusia. Jika organ tersebut terganggu dipastikan kualitas hidup manusia menjadi menurun. Oleh sebab itulah mulai saat ini beralih ke cara alami. Memang cara alami ini memiliki kekurangan yaitu hasilnya tidak bisa instan seperti obat kimia, namun aman digunakan dalam jangka panjang.

Salah satu tanaman obat yang bisa dimanfaatkan adalah Binahong. Sebagian masyarakat pasti sedikit asing dengan tanaman obat ini padahal mudah ditemui. Meski berasal dari Korea namun sebenarnya daun ini sudah cukup lama ada di Indonesia dan biasa disebut dengan gendola atau Basella rubra Linn. Untuk habitatnya sendiri ada di tempat yang dingin dan juga lembap. Untuk kesehatan binahong ini memiliki manfaat yang luar biasa. Simak beberapa manfaat daun binahong yang menarik untuk disimak berikut ini:

Manfaat Tanaman Binahong

Mengatasi Masalah Kulit
Berbagai macam masalah kulit bisa diatasi dengan daun binahong ini seperti jerawat, komedo, bisul, dan berbagai macam masalah kulit lainnya. Alasannya adalah di dalam daun binahong ada zat antiseptik yang bisa membunuh bakteri penyebab bisul, jerawat, dan komedo tersebut.  Caranya pun sangat mudah yaitu dengan mengambil 5 lembar daun binahong segar, cuci bersih agar tidak ada getah yang tersisa, kemudian tumbuk sampai sarinya keluar. Tumbukan daun binahong yang sudah halus bisa ditempelkan ke kulit yang bermasalah.


Menurunkan Kadar Asam Urat
Jangan tunggu kadar asam urat tinggi karena akan menyebabkan berbagai macam komplikasi. Asam urat sendiri adalah penyakit yang sering disebabkan oleh makanan yang mengandung zat purin tinggi. Ciri asam urat tinggi adalah sendi terasa kaku pada malam hari dan pagi hari. Kabar baiknya tanaman binahong ini bisa menurunkan kadar asam urat yang tinggi, caranya dengan merebus 10 lembar daun binahong dengan tiga gelas air, tunggu sampai mendidih, kemudian sisakan air setengahnya, minum selagi hangat secara rutin.

Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi
Kolesterol tinggi ini tidak boleh disepelekan karena menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah bisa menggunakan binahong, caranya sama seperti mengatasi asam urat yaitu dengan merebus kemudian meminumnya. Orang yang menderita kolesterol yang tidak diobati berpotensi terkena stroke dan penyakit jantung.

Menurunkan Gula Darah
Manfaat binahong selanjutnya adalah mampu digunakan sebagai penurun gula darah pada penderita diabetes karena senyawa alkaloid yang dimilikinya. Diabetes ini merupakan penyakit kronis yang tidak bisa diobati, sehingga hanya bisa dikendalikan dengan cara menjaga kadar gula di dalam darah tetap normal. Untuk membuat normal bisa dengan merebus 5 lembar daun binahong menggunakan empat gelas air dimana saat mendidih daun binahong tersebut dimasukkan, kemudian sisakan air menjadi setengahnya. Minum dua kali sehari pada pagi dan malam hari saat menjelang tidur.

Menurunkan Asam Lambung
Refluks asam pada penderita asam lambung bisa terjadi kapan saja terutama jika terlambat makan dan memiliki pola makan yang buruk. Refluks asam ini merupakan asam lambung yang mengalir di sepanjang esofagus atau di kerongkongan yang mana menghubungkan mulut dan lambung. Orang yang mengalami refluks asam akan merasakan dada terasa terbakar. Dengan mengonsumsi rebusan daun binahong bisa membuat kadar asam lambung tersebut menjadi normal kembali sehingga keluhan saat refluks asam bisa menghilang.


Mencegah Kanker
Manfaat tanaman binahong yang menakjubkan adalah bisa digunakan untuk mencegah kanker. Bagi yang setiap harinya bekerja di luar ruangan meminum rebusan daun binahong ini akan sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Alasannya adalah di dalam daun binahong ini kaya akan antioksidan sehingga bisa mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dan bersifat anti kanker.

Pembersih Paru-Paru
Paru-paru yang bersih ini menjadi dambaan setiap orang sayangnya polusi udara dan juga asap rokok membuat paru-paru menjadi kotor. Paru-paru ini merupakan organ vital yang digunakan sebagai alat pernapasan sehingga jika terkena racun setiap hari fungsinya akan menjadi bermasalah. Dengan daun binahong ini paru-paru yang kotor bisa dibersihkan kembali. Cara membersihkan paru-paru dengan daun binahong ini pun mudah yaitu dengan memetik 10 lembar daun binahong yang masih hijau segar, kemudian rebus dengan 3 gelas air berukuran 200 ml, tunggu sampai mendidih, dan sisakan air rebusan menjadi setengahnya. Minum saat pagi hari secara rutin.

Obat Luka Luar
Binahong juga bisa digunakan sebagai obat luka luar. Alasannya adalah pada daun binahong ini memiliki asam akrobat dan juga minyak yang berfungsi sebagai antiseptik alami sehingga bakteri yang ada di luka bisa mudah hilang. Caranya sangat mudah sekali yaitu bersihkan luka tersebut, kemudian tumbuk daun binahong sampai halus dan keluar sarinya, oleskan pada bagian tubuh yang terdapat luka, tutup dengan menggunakan kain kasa, dan ganti selama 4 jam sekali.


Memulihkan Stamina
Manfaat daun binahong yang jarang diketahui adalah bisa digunakan sebagai pemulih stamina. Di dalam daun binahong ini mengandung cathecin yaitu sejenis antioksidan yang tidak hanya bermanfaat untuk penangkal radikal bebas dan anti kanker saja namun juga bermanfaat untuk mengembalikan stamina setelah beraktivitas berat. Caranya adalah dengan meminum satu gelas rebusan binahong setelah beraktivitas secara rutin dijamin tubuh akan bugar dan segar kembali. Hal ini juga bisa dilakukan bagi yang memiliki pekerjaan berat seperti kuli panggul, kuli bangunan, dan lain-lain.

Menambah Vitalitas
Binahong juga dipercaya bisa digunakan untuk menambah vitalitas pria yang mengalami lemah syahwat. Caranya adalah dengan merebus 3 sampai dengan 10 lembar daun binahong dengan air sebanyak 2 gelas, rebus sampai air rebusannya tersisa setengahnya kemudian minum setiap pagi.

Meningkatkan Tekanan Darah
Manfaat selanjutnya bisa digunakan untuk meningkatkan tekanan darah namun sebelum mengonsumsinya disarankan untuk melakukan tensi terlebih dahulu apakah tekanannya masih rendah atau sudah normal. Jika masih rendah boleh mengonsumsi rebusan daun ini dengan catatan tiga hari sekali melakukan tensi untuk mengecek tekanan darah. Akan sangat bahaya jika tekanan darah menjadi terlalu tinggi namun masih mengonsumsi rebusan daun binahong ini.

Mengobati Penyakit Disentri


Disentri berupa kelainan dalam buang air besar sehingga mendorong seseorang ingin selalu buang air besar. Ciri BAB orang yang menderita penyakit disentri ini adalah cair dan juga terdapat lendir di dalamnya. Untuk mengatasi penyakit disentri menggunakan daun binahong adalah dengan merebus 10 lembar daun yang dicuci bersih dengan 2 gelas air sampai mendidih, sisakan setengahnya, kemudian minum setiap hari secara konsisten.

Mengobati penyakit dengan menggunakan bahan alami memang dibutuhkan konsistensi dan kesabaran namun keuntungannya adalah tidak akan pernah menimbulkan efek samping. Begitu pula saat mencoba pengobatan dengan binahong ini. Agar bisa mendapatkan manfaat tanaman binahong penting untuk melakukan cara yang telah disebutkan di atas secara konsisten dan rutin setiap hari sampai pengobatan berhasil, ditandai tubuh merasa lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Demikian informasi Berfaedah.com, semoga bermanfaat. Tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "12 Manfaat Daun Tanaman Binahong yang Menakjubkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel