WAOW: Inilah Manfaat Garam untuk Burung Lovebird

Berfaedah.com - Bagi Anda pecinta burung, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya burung dengan nama lovebird. Jenis burung yang memiliki tampilan fisik sangat indah dan menyerupai burung beo ini menjadi salah satu primadona dari pecinta burung karena harganya yang juga bisa dibilang sangatlah mahal. Namun, tahukah Anda bahwa banyak pecinta burung yang kemudian memberikan garam untuk lovebird mengingat manfaat garam untuk lovebird sangatlah besar.

Akan tetapi, bagi sebagian orang, cara ini dianggap aneh karena seekor burung akan diberikan garam sebagai makanannya. Namun berbeda dari pihak pecinta burung lovebird yang ternyata menyadari sangat besar akan kaitannya dengan khasiat garam bagi lovebird. Jadi, untuk Anda yang masih bingung dengan tindakan pemberian garam untuk lovebird, berikut ini ulasan singkat yang bisa membuka wawasan Anda seputar burung lovebird.

manfaat garam untuk lovebird

Apa itu Burung Lovebird?

Sebelum melangkah lebih jauh tentang manfaat garam untuk lovebird, akan lebih baik jika kita mencoba untuk mengenal lebih dulu tentang burung lovebird itu sendiri. Disebutkan bahwa lovebird merupakan salah satu spesies burung yang berasal dari wilayah Afrika yang mencangkup wilayah Zambia, Ethiophia, Zimbabwe, Kongo, Malwi dan Tanzania. Jenis burung yang dikenal dengan burung cinta ini ternyata memiliki sembilan spesies yang berbeda di daratan tersebut di atas.

Bisa dibilang bahwa burung lovebird ini merupakan jenis burung sosial yang akan hidup secara berkelompok dengan satu kelompoknya yang terdiri dari 5 hingga 20 ekor. Terkait dengan manfaat garam untuk burung lovebird, dikatakan bahwa burung ini memiliki kicauan yang khas dan akan bertambah menarik jika pemiliknya memberikan garam dalam jumlah yang sesuai kepada lovebird itu sendiri.

Burung lovebird ini merupakan genus dari Agapornis yang dalam hal ini termasuk dalam jenis burung yang berparuh bengkok. Secara fisik, burung ini memiliki panjang yang mencapai 13 hingga 17cm dengan berat yang mencapai 30 sampai 60 gram. Dalam sekali bertelur, burung ini mampu menghasilkan telur dalam jumlah 3 hingga 6 butir.

Untuk Anda yang saat ini sedang memelihara burung lovebird, disebutkan bahwa Anda harus merawatnya dengan sungguh-sungguh sehingga usia harapan hidup burung akan terjamin. Selain itu, untuk menjaga kesehatan burung itu juga, maka Anda berkewajiban dalam menjaga kesehatan burung dengan menyediakan kondisi lingkungan hidup burung yang baik. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan jenis pakan dan perlengkapan dalam sangkar yang sangat perlu diperhatikan secara mendetail.

Apa Manfaat Garam untuk Lovebird?

Sekarang permasalahannya terletak pada khasiat garam untuk lovebird yang sering kali dipraktikkan oleh para pecinta burung. Dikatakan bahwa garam memiliki kandungan mineral yang sangat baik untuk mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh. Jenis mineral yang terdapat dalam garam berupa natrium dan juga clorida. Manfaat dari garam itu sendiri adalah untuk mengatur keseimbangan cairan yang terdapat dalam tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah cukup.

Menakjubkannya lagi, ternyata garam untuk lovebird sangatlah besar manfaatnya ketika diberikan dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Sepintas, pemberian garam ini bisa dilakukan setidaknya 1 hingga 2 kali dalam satu minggu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat dari garam yang diberikan kepada jenis hewan lovebird itu sendiri.
  1. Membantu dalam mengatasi permasalahan kebotakan pada burung lovebird
  2. Menstabilkan birahi dari burung lovebird tersebut
  3. Membantu mengatasi permasalahan lovebird yang enggan untuk berkicau ataupun lemas
  4. Menjadikan lovebird lebih aktif dalam memamerkan suaranya yang unik dank has
  5. Meningkatkan sistem pertahanan tubuh lovebird atas cuaca yang tidak menentu, sehingga burung tidak akan mudah sakit
  6. Membantu dalam memenuhi kebutuhan mineral burung tersebut.

Itulah beberapa manfaat garam untuk lovebird yang bisa didapatkan dengan pemberian sesuai dengan dosis. Dengan cara demikian, maka lovebird Anda akan jauh lebih siap untuk bertanding dengan jenis lovebird lainnya dalam suatu arena pertandingan. Jadi, kini Anda tidak perlu lagi heran jika ada pemiliki lovebird yang kemudian memberikan asupan garam dalam menu harian burung cinta tersebut.

Bagaimana Cara Pemberian Garam untuk Lovebird?

Selanjutnya, setelah mengetahui manfaat garam untuk lovebird yang sangat menakjubkan, kini saatnya Anda harus tahu bagaimana cara yang tepat untuk memberikan garam tersebut. Yang perlu diketahui bahwa jangan terlalu berlebihan dalam memberikan garam dan jangan terlalu sedikit karena hal ini sangat berpengaruh juga bagi kesehatan lovebird itu sendiri. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam memberikan garam kepada lovebird.
  1. Cara mudah yang bisa Anda lakukan dalam memberikan garam kepada lovebird adalah dengan mencampurkannya sedikit garam pada pakan biji-bijian yang ada di dalam sangkar. Dengan cara ini, maka Anda tidak akan lagi ribet dalam membuat si burung lovebird makan garam sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan mineral.
  2. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa pemberian garam ini dilakukan setidaknya 1 sampai 2 kali dalam waktu seminggu dengan takaran yang sedikit saja.
  3. Jika pemberian garam dilakukan melalui sayuran yang diberikan kepada burung lovebird, maka Anda bisa mencoba mencuci sayuran tersebut setidaknya selama 10 menit dengan menggunakan air garam. Dengan cara ini, maka secara tidak langsung burung lovebird Anda akan mengkonsumsi garam dengan sendirinya. 
  4. Cara lain yang bisa dilakukan dalam pemberian garam untuk burung lovebird adalah dengan mencoba untuk memberikannya di saat Anda akan memperlombakan burung tersebut. H-1 burung tersebut akan lomba, maka Anda bisa memberikan asupan garam secukupnya. Hal ini sangat besar pengaruhnya dengan suara yang dihasilkan oleh burung tersebut ketika berkicau.
  5. Untuk yang terakhir terkait dengan manfaat garam untuk lovebird ini bisa didapatkan dengan mencoba mencampurkan garam sebanyak 1 sendok teh pada pakan burung lovebird yang berupa fillet sebanyak 1kg. Dengan perbandingan yang semacam ini, maka burung Anda akan bisa memberikan performa yang prima pada saat sedang bertanding.

Kesimpulan

Pemberian garam kepada lovebird memang disarankan dalam porsi yang sangat kecil mengingat hal ini akan memberikan dampak negatif jika Anda memberikannya dalam jumlah yang sangat besar. Berbagai dampak negatif akan bisa mengancam kesehatan dari lovebird seperti halnya gangguan syaraf dan juga ginjal mengingat sistem metabolisme burung lovebird yang tidak bisa mencerna garam dengan baik.

Dikatakan bahwa banyak sekali manfaat garam untuk lovebird yang bisa didapatkan ketika pemberian garam dilakukan secukupnya dan dalam waktu 1-2 kali dalam seminggu. Untuk manfaat itu sendiri diantaranya akan membuat burung memiliki kicauan yang bagus sekaligus juga menjaga kesehatan dari burung itu sendiri. Dengan mengutamakan kesehatan burung melalui perawatan yang intensif, maka Anda akan mendapatkan performa burung yang sangat maksimal di saat menjalani proses perlombaan.

Semoga bermanfaat, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "WAOW: Inilah Manfaat Garam untuk Burung Lovebird"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel