Inilah Kandungan dan Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil

Berfaedah.com - Taukah Anda manfaat jagung untuk ibu hamil terbilang cukup banyak. Maka tak heran, jika kalangan ibu hamil atau wanita lebih suka mengkonsumsi jagung. Seperti yang Anda ketahui bahwa jagung merupakan jenis makanan pokok selain nasi atau singkong. Mengingat kandungan karbohidrat yang tinggi, maka jagung dijadikan sebagai makanan sehari-hari orang Amerika. Berikut penjelasan selengkapnya tentang kandungan jagung dan manfaatnya.

manfaat jagung untuk ibu hamil

Kandungan Gizi pada Jagung

Perlu Anda ketahui jika jagung termasuk sumber vitamin, mineral dan serat makanan. Pastinya kandungan dan manfaat jagung untuk ibu hamil sangat berguna. Bahkan satu jagung berukuran besar memiliki kandungan hampir 4 gram protein, 3,5 gram serat dan 30 gram karbohidrat. Beberapa kandungan nutrisi lain di dalam jagung yakni seperti berikut.

Kandungan Viramin per 100 gram

Adapun vitamin yang terkandung, yakni vitamin A, B1, B2, B6, C, E, K dan E. Tidak hanya itu, terdapat kandungan lain seperti folat, niacin dan asam pantotenat. Kandungan tersebut per 100 gram yang tentunya dapat bermanfaat bagi bagi tubuh ibu hamil dan janin bayinya.

Kandungan Mineral per 100 gram

Kandungan mineral per 100 gram memang ada di dalam jagung. Beberapa diantaranya, seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, seng, besi dan selenium. Masing-masing kandungan tersebut memiliki manfaat sendiri bagi tubuh manusia.

Manfaat Jagung Secara Umum

Sebelum membahas manfaat jagung untuk ibu hamil, hampir semua orang tahu bahwa jagung memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Pasalnya banyak mengandung berbagai mineral dan vitamin, bahkan terdapat senyawa lain seperti Anthocyanins, Lutein, Phytic acid Zeaxanthin dan Ferulic acid. Jika Anda ingin lebih tahu apa saja manfaat dari jagung secara keseluruhan. Silahkan simak terus ulasan di bawah ini dengan seksama.

Menyehatkan Penglihatan Mata

Pernahkah Anda melihat tekstur biji jagung yang berwarna kuning? Rupanya memiliki kandungan zat Karotenoid sehingga bisa mengurangi risiko degenerasi makula. Karena itulah, dapat memicu penurunan pada indera penglihatan seseorang di pusat garis mata. Tentu saja, adanya beta karoten dapat menyehatkan mata berkat kandungan vitamin A dalam jagung sehingga mata bisa melihat secara baik.

Menjaga Kesehatan Kulit

Jagung berwarna kuning memang merupakan sumber dari beta-karoten, sehingga mampu membentuk vitamin A. Terdapat pula vitamin C dan likopen untuk antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat radiasi UV. Tidak sampai disitu, kuning jagung juga bermanfaat sebagai reproduksi kalogen untuk memelihara kulit tetap halus.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan kelainan yang memiliki gejala dengan menurunnya daya ingat serta semakin mengalami penurunan kemampuan berpikir. Makanan pokok jagung ini mengandung vitamin B1 atau Thiamine, sehingga mampu berperan untuk menjaga kinerja otak agar tetap normal.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Jagung adalah jenis makanan yang kaya akan kandungan serat, baik serat larut dalam lemak dan serat tidak larut. Jika serat larut dalam lemak maka akan dapat memblokir penyerapan kolesterol. Sedangkan serat tidak larut dalam lemak berguna untuk mencegah masalah sembelit dan penyakit usus lainnya. Paling tidak Anda dapat konsumsi jagung apabila sedang memiliki gangguan pencernaan.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Bagi sebagian orang kolesterol sangatlah berbahaya bagi tubuh. Hal ini karena kolesterol termasuk senyawa lemak berlilin untuk diproduksi oleh hati. Namun ingat bahwa kolesterol ada dua jenis, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat yang mengendap pada tubuh. Perlu diketahui saat kolesterol jahat mulai meningkat, maka asupan makanan lemak dapat menimbulkan terganggunya fungsi hati atau penyakit kardiovaskular.

Mencegah Penyakit Kanker

Penelitian menunjukkan apabila jagung mampu mencegah penyakit kanker. Pasalnya memiliki kandungan berupa antioksidan, sehingga dapat menangkal radikal bebas. Bukan hanya itu, biji-bijian tersebut termasuk sumber senyawa tumbuhan seperti senyawa fenolek dan asam ferulik guna menghalau tumor payudara maupun hati.

Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil

Jagung memang seringkali dikenal sebagai sayuran pelengkap. Hebatnya, jagung memiliki kandungan serat dan nutrisi sangat baik untuk membantu pencernaan. Maka tak heran, jika jagung dimanfaatkan juga sebagai makanan pengganti nasi. Bahkan Anda akan cepat kenyang saat konsumsi jagung tanpa harus makan makanan lain. Berikut adalah manfaat jagung bagi ibu hamil yang harus Anda ketahui. Baca: Inilah Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Manfaat Jagung Sebagai Sumber Energi untuk Ibu Hamil

Jagung sangat diyakini dapat meningkatkan tenaga atau energi pada ibu hamil. Biasanya ibu hamil merasa lemah, seperti mual dan mutah saat memasuki usia kandungan 3 bulan pertama. Berkat kandungan 5 mg protein pada jagung, memungkinkan dapat membantu ibu hamil untuk asupan makanan janinnya.

Jagung untuk Ibu Hamil Dapat Mencukupi Kebutuhan Asam Folat

Manfaat jagung untuk ibu hamil selanjutnya yaitu untuk mencakupi kebutuhan asam folat. Asam folat adalah salah satu nutrisi sangat penting untuk kebutuhan ibu hamil, terutama pada trimester pertama. Apalagi asam folat memang dibutuhkan sang janin sebagai pembentukan sel saraf. Pasalnya bayi yang kekurangan asam folat, kemungkinan akan mengalami masalah cacat tabung saraf. Baca: Inilah 10 Manfaat Kelapa Ijo untuk Ibu Hamil

Manfaat Jagung Dapat Memacu Kinerja Otak Janin

Taukah Anda jagung merupakan sumber Thiamin cukup tinggi. Dimana sumber ini sangat dibutuhkan oleh janin dalam membentuk perkembangan sel otaknya. Bahkan mampu mendukung fungsi kognitif pada janin dalam kandungan ibu hamil. Tentu saja, konsumsi jagung dapat Anda terapkan demi menjaga kehamilan.  Siapa tahu kelak bayi Anda dapat memiliki kecerdasan.

Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil Dapat Mengatasi Masalah Anemia

Manfaat jagung selanjutnya untuk mencegah masalah anemia bagi ibu hamil. Mengingat seorang ibu yang mengandung janinnya memang membutuhkan sel darah merah lebih banyak. Jagung ini memiliki kandungan berupa vitamin B, zat besi dan folat yang cukup tinggi. Jenis kandungan tersebut dapat berperan untuk mengatasi masalah anemia.

Manfaat Jagung Dapat Menjaga Perkembangan Tulang dan Otot

Janin di dalam kandungan ibu hamil sangat membutuhkan asupan mineral, seperti tembaga, zat besi, fosfor dan magnesium. Kandungan semacam ini akan mampu membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Pastinya manfaat sangat baik jika jagung dikonsumsi terus menerus, karena dapat juga mencegah cacat tulang.

Menu Sehat Sup Jagung untuk Ibu Hamil

Jagung memang bisa dikonsumsi dengan banyak cara dan aneka topping lainnya. Mulai dari direbus, dipanggang, maupun diolah menjadi tepung jagung, sereal jagung, hingga sirup jagung. Tentu saja, sebagai ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi jagung yang mudah dicerna. Misalnya makanan sup jagung yang dapat diolah sangat mudah dan praktis. Adapun cara membuat menu sehat sup jagung adalah sebagai berikut.
  1. Siapkan bahan seperti, jagung manis, telur ayam, wortel, bumbu, tepung maizena, bawang Bombay, garam, merica, bawang putih dan gula pasir.
  2. Anda bisa melarutkan tepung maizena dan sedikit air. Aduk sampai rata dan sisihkan sejenak. Kemudian tumis bumbu sampai harum dan layu.
  3. Kini Anda bisa masukkan jagung manis dan wortel. Lalu aduk dan tunggu hingga matang. Jangan lupa berikan garam dan gula pasir. Masukkan larutan tepung maizena dengan telur kocok.
  4. Masak sampai meletup-letup dan sajikan di dalam mangkuk saji. Hidangkan dengan roti tawar dan segelas wedang teh.

Setelah Anda mengetahui penjelasan di atas, maka tidak ragu lagi mengolah jagung untuk menu makanan sehari-hari. Jangan lupa asupi jagung ketika Anda sedang hamil, setelah melahirkan dan memberikannya juga pada anak-anak. Semoga informasi tentang manfaat jagung untuk ibu hamil ini menjadi referensi Anda. Tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "Inilah Kandungan dan Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel