Wajib Baca! Inilah 10 Manfaat Kelapa Ijo untuk Ibu Hamil

manfaat kelapa ijo untuk ibu hamil

Berfaedah.com - Masih banyak orang yang belum mengetahui tentang manfaat kelapa ijo untuk ibu hamil. Bahkan ada mitos yang menyebutkan bahwasanya ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi air kelapa ijo tersebut karena bisa mendatangkan bahaya bagi dirinya dan janin yang dikandungnya. Namun beberapa waktu kemudian mitos tersebut berhasil dimentahkan dengan banyaknya fakta yang justru menjelaskan sebaliknya.

Air kelapa ijo diketahui mempunyai banyak manfaat baik untuk ibu maupun untuk sang janin selama ibu yang bersangkutan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Beberapa diantara manfaat air kelapa ijo untuk ibu hamil ialah sebagai berikut:

10 Manfaat Kelapa Ijo untuk Ibu Hamil

1. Air Kelapa Ijo Dapat Membantu Meningkatkan Cairan Ketuban

Manfaat yang pertama ialah  air kelapa ijo bisa membantu meningkatkan cairan ketuban. Anda pasti tahu bahwa air ketuban ini sangatlah penting artinya bagi janin yang ada dalam kandungan. 

Fungsi air ketuban ini diantaranya ialah menjaga bayi supaya tetap dalam kondisi yang nyaman sekalipun ada benturan, mencegah infeksi, menjaga kondisi rahim supaya suhunya tetap sesuai untuk bayi, menyediakan nutrisi untuk bayi, mendukung perkembangan otot serta tulang bayi serta mencegah terjadinya kelainan pertumbuhan jari.

Air ketuban yang terlalu sedikit sangat berbahaya bagi si bayi. Karena itu, ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk melakukan upaya peningkatan cairan ketuban supaya tumbuh kembang bayi di dalam kandungan bisa berjalan dengan baik.

2. Air Kelapa Ijo Dapat Membantu Menjernihkan Air Ketuban

Pernahkan Anda mendengar mitos bahwa air kelapa ijo bisa membuat kulit bayi jadi lebih putih? Mitos ini masih belum bisa dipercaya, karena sebenarnya warna kulit itu tergantung pada banyak faktor termasuk nutrisi serta keturunan. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah air kelapa ijo bisa membantu membersihkan dan juga menjernihkan air ketuban.

Hal ini disebabkan air kelapa ijo mempunyai zat yang dapat menyerap lendir dan kotoran yang ada dalam air ketuban. 

3. Air Kelapa Ijo Dapat Membantu Meringankan Mulas dan Sembelit yang Dirasakan Ibu Hamil

Manfaat kelapa ijo untuk ibu hamil yang selanjutnya ialah dapat membantu meringankan mulas dan sembelit. Dua hal ini adalah sesuatu yang wajar menimpa ibu hamil sebenarnya. Pun demikian tetap saja mulas dan sembelit akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. 

Air kelapa ijo dapat membantu meringankan masalah tersebut karena di dalamnya terdapat kandungan berupa serat yang dapat berfungsi mencegah konstipasi, mengatur tingkat pH, meningkatkan pencernaan sekaligus menguatkan sistem pencernaan.

Selain itu, air kelapa ijo juga bisa dijadikan sebagai obat pencahar yang sangat baik, dimana air ini akan meningkatkan metabolisme tubuh serta mendetoksifikasi tubuh. Air kelapa ijo juga merupakan penetral asam yang alami sehingga bisa mencegah mulas.

4. Air Kelapa Ijo Membantu Ibu Hamil Agar Tidak Dehidrasi

Baca Juga: 14 Manfaat Buah Apel Hijau untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Di samping dua manfaat di atas, perlu diketahui bahwasanya air kelapa ijo juga sangat membantu ibu hamil supaya tidak mengalami dehidrasi. Sekedar informasi, air kelapa ijo ini adalah minuman isotonik yang mengandung elektrolit, magnesium, protein, klorida, natrium, elektrolit, vitamin C, mangan, kalsium, riboflavin serta serat.

Walaupun rasanya lebih cenderung manis, tetapi kandungan gulanya cukup rendah. Dan sebagai minuman isotonik alami, air kelapa ijo ini sangat berguna dalam menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi. 

Dehidrasi itu sendiri adalah sesuatu yang wajib dihindari karena dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti kram, pembengkakan, sakit kepala serta mengurangi kontraksi yang bisa mengakibatkan terjadinya persalinan prematur. 

5. Air Kelapa Ijo Dapat Menggantikan Elektrolit yang Hilang Akibat Morning Sickness

Manfaat lain dari air kelapa ijo ialah membantu melawan efek samping morning sickness. Morning sickness juga merupakan gangguan umum yang biasa dialami oleh ibu hamil yang ditandai dengan mual bahkan muntah. 

Umumnya, morning sickness ini biasa dialami oleh ibu yang tengah hamil muda dan lama-kelamaan akan silang setelah usia kandungan mencapai 3 bulan. Dan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, air kelapa ijo ini mengandung elektrolit, dimana elektrolit ini mampu menggantikan cairan yang telah hilang dari tubuh akibat muntah.

6. Air Kelapa Ijo Membantu Menjaga Tekanan Darah Ibu Hamil

Baca Juga: PARAH: Inilah Penyebab Rambut Rontok Berlebihan Terus Menerus

Manfaat yang satu ini juga tidak terlepas dari berbagai kandungan yang ada dalam air kelapa ijo. Kandungan-kandungan tersebut akan membantu ibu hamil supaya tekanan darahnya tetap normal. Di samping itu, air kelapa ijo juga akan membantu menjaga kesehatan organ jantung dan aliran darah yang menuju ke seluruh tubuh.

7. Air Kelapa Ijo Membantu Membersihkan Saluran Kemih

Air kelapa ijo juga bisa membantu membersihkan saluran kemih loh. Hal ini dikarenakan air kelapa ijo tersebut mengandung diuretik alami. Pernahkah Anda mendengar hal ini? Diuretik itu sendiri mempunyai khasiat untuk melancarkan sistem eksresi.

Karenanya, air kelapa ijo bisa membantu agar pembuangan urin menjadi lancar sekaligus membuat saluran kemih menjadi lebih bersih dari berbagai zat yang mengandung racun. Selain itu, air kelapa ijo juga diketahui dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih, dimana infeksi seperti ini memang sering sekali menghampiri ibu yang sedang hamil.

8. Manfaat Kelapa Ijo untuk Ibu Hamil Ialah Membantu Menjaga Berat Badan

Selanjutnya, air kelapa ijo juga bisa membantu menjaga berat badan ibu hamil supaya tetap sehat. Bukankah penambahan berat badan pada ibu hamil adalah suatu hal yang wajar? Memang benar, akan tetapi air kelapa ijo ini akan membantu supaya tidak terjadi penimbunan lemak dalam tubuh ibu hamil sehingga berat badannya menjadi tidak wajar.

Caranya ialah dengan menghilangkan kolesterol jahat. Selain itu, air kelapa ijo juga bisa dijadikan pengganti minuman gula supaya kondisi ibu dan anak tetap sehat serta bugar.

9. Air Kelapa Ijo Membantu Mempercepat Pertumbuhan Janin

Lebih lanjut lagi, air kelapa ijo juga akan membantu mempercepat pertumbuhan janin. Tentunya hal ini disebabkan karena karena air kelapa ijo menyediakan sejumlah nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan bayi. Bahkan bukan hanya untuk bayi saja, berbagai nutrisi tersebut juga sangat penting bagi kesehatan ibu hamil.

10. Air Kelapa Ijo Membantu Menangkal Efek Buruk Radikal Bebas

Perlu Anda ketahui bahwasanya air kelapa ijo juga berperan sebagai antioksidan yang menangkal efek buruk radikal bebas. Kita tahu bahwasanya radikal bebas ini adalah sesuatu yang tidak baik bagi tubuh dan untuk melawannya, tubuh memerlukan antioksidan.  

Sementara berdasarkan keterangan dari para ahli, diketahui bahwasanya air kelapa ini selain mengandung elektrolit juga bersifat sebagai antioksidan. Jadi, kalau ibu hamil mengkonsumsinya, maka radikal bebas dalam tubuhnya dapat dihalau. 

Sebenarnya buah-buahan juga merupakan sumber antioksidan yang bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Hanya saja ketika ibu hamil sedang bosan dengan buah-buahan tersebut, bisa meminum air kelapa ijo sebagai gantinya.

Manfaat kelapa ijo untuk ibu hamil memang sangat banyak. Hanya saja, pastikan untuk meminum air kelapa yang asli, jangan hanya air yang diberi rasa kelapa. Dan ingat jangan dikonsumsi secara berlebihan juga ya, kalau perlu konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

Baca Juga: Para Wanita Wajib Tahu! Ini Dia Manfaat Tidur Tanpa Bra

Semoga bermanfaat, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "Wajib Baca! Inilah 10 Manfaat Kelapa Ijo untuk Ibu Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel