BACA: Inilah Manfaat Makan Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan

manfaat makan bawang putih mentah

Berfaedah.com - Pernahkah anda makan bawang putih mentah? Rasa bawang putih mentah tidak enak sehingga Anda tidak menyukainya. Padahal bawang putih mentah dipercaya sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat makan bawang putih mentah secara umum bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat bawang putih yang luar biasa untuk kesehatan karena dipengaruhi oleh kandungannya. Salah satu kandungan bawang putih yaitu Allicin merupakan zat fitokimia yang aktif. Bawang putih mengandung senyawa quercetin, dialil sulfida, organosulfur, dan alisin. Kandungan organosulfur bawang putih sekarang masih dipelajari fungsinya sebagai zat anti kanker.

Apa Saja Manfaat Makan Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan?

Anda pasti terkejut karena manfaat bawang putih mentah justru memberikan efek positif bagi tubuh. Berikut merupakan manfaat bawang putih mentah untuk kesehatan yang perlu diketahui. 
1. Menyehatkan Tulang
Manfaat bawang putih untuk kesehatan dapat menyehatkan tulang. Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek bawang putih bisa meminimalisir terjadinya tulang keropos. Selain itu, bawang putih juga dapat meningkatkan hormon esterogen wanita.

Saat memasuki usia 60 ke atas, wanita biasanya mengalami defisiensi esterogen atau dikenal sebagai menopause. Terjadinya defisiensi ini bisa menyebabkan penyakit tulang. Mengkonsumsi bawang putih mentah secara teratur bisa menyembuhkan penyakit tulang dan juga mengurangi gangguan osteoarthritis.


2. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi
Organ mulut sebenarnya dipenuhi oleh bakteri, biasanya bakteri menempel pada gigi kemudian membuat gigi menjadi rusak. Bawang putih mentah mampu membasmi bakteri pada gigi. Tidak hanya itu, memakan bawang putih mentah juga bisa menyembuhkann infeksi mulut. Mengkonsumsi bawang putih bisa dilakukan dengan antibiotik supaya hasilnya maksimal.

3. Mencegah Kanker
Bawang putih kaya akan kandungan senyawa, salah satunya yaitu senyawa sulfur bioaktif. Senyawa tersebut bisa mencegah pembentukan sel kanker di tubuh. Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri yang bisa memblokir pertumbuhan kanker dengan cara menurunkan kinerja zat penyebab kanker, mematikan sel kanker, mengurangi proses proliferasi sel serta memperbaiki DNA.

National Cancer Instittute menyatakan bahwa beberapa studi manfaat makan bawang putih bisa mencegah berbagai macam jenis kanker, diantaranya yaitu mencegah kanker payudara, pankreas, kerongkongan, lambung dan usus besar.

4. Menyembuhkan Diabetes
Siapa sangka bahwa manfaat makan bawang putih mentah bisa menyembuhkan diabetes. Bawang putih mentah dapat menurunkan kadar gula darah, mencegah penyakit komplikasi karena diabetes dan melawan infeksi.

5. Menurunkan Hipertensi
Hipertensi merupakan tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke dan gangguan kardiovaskular lainnya. Hipertensi biasanya disembuhkan dengan perawatan dokter menggunakan obat. Namun, Anda bisa menyembuhkan hipertensi menggunakan bawang putih mentah. Pada penelitian yang dilakukan pada manusia menunjukkan konsumsi bawang putih mentah secara rutin dapat menurunkan tekanan darah.


Bila makan bawang putih mentah untuk menyembuhkan hipertensi maka pilihlah yang umurnya sudah tua. Bawang putih tua memiliki dosis setara dengan obat hipertensi. Masyarakat banyak yang mengkonsumsi bawang putih mentah karena terbukti ampuh menurunkan hipertensi sampai tekanan darah stabil.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol
Manfaat bawang putih mentah dapat menurunkan kadar kolesterol. Menurut beberapa studi yang dilakukan menunjukkan bahwa bawang putih mampu membasmi kolesterol jahat (LDL). Makan bawang putih mentah bisa menurunkan kadar kolesterol sampai 15%. Meski dapat menurunkan kolesterol jahat tetapi tidak memberikan efek pada kolesterol baik (HDL).

Didukung dengan hasil penelitian dari journal of pharmaceutical sciences bahwa orang yang memakan 10 gr selama satu bulan mampu menghilangkan kolesterol jahat.

7. Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat
Jantung bisa terserang penyakit, Anda harus menjaga kesehatan jantung agar tetap sehat. Caranya yaitu mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin. Telah terbukti kalau bawang putih bisa memberikan perlindungan agar jantung makin kuat.

8. Mencegah Flu
Bawang putih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga virus apapun yang masuk dalam tubuh bisa dilawan. Menurut hasil penelitian menunjukkan orang yang sering konsumsi bawang putih mentah tidak mudah terkena flu. Bila mereka terkena flu, sakitnya tidak bertahan lama dan cepat sembuh. Manfaat bawang putih untuk mencegah flu telah terbukti namun, cara kerja bawang putih dalam pengobatan flu masih dilakukan penelitian.


9. Mencegah Demensia dan Alzheimer
Anda pasti pernah menemui seseorang yang terkena penyakit demensia dan alzheimer. Kedua penyakit tersebut disebabkan stress oksidatif (stress yang terjadi karena radikal bebas). Bawang putih memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga bisa melawan radikal bebas. Konsumsi bawang putih rutin bisa menurunkan stress oksidatif sampai sembuh.

10. Menyehatkan Saluran Pencernaan
Tidak hanya minuman yogurt yang bisa menyehatkan saluran cerna. Bawang putih juga dapat membuat sehat saluran cerna. Kandungan allicin bawang putih bermanfaat untuk antibiotik sekaligus anti jamur. Menurut penelitian yang dilakukan dihasilkan bahwa bawang putih bisa mampu melawan bakteri H.phylori pada lambung.

Nah itulah manfaat bawang putih mentah untuk kesehatan. Meski bawang putih memberikan manfaat yang banyak tetapi Anda harus menggunakannya secara hati-hati. Pasalnya mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan dapat menyebabkan bau pada mulut, alergi, dan lainnya. Usahakan mengkonsumsi bawang putih sesuai dengan takaran. Jika sedang mengkonsumsi obat dari dokter sebaiknya tanyakan dulu apakah dapat konsumsi bawang putih juga.

Bagaimana Cara Konsumsi Agar Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Bisa Maksimal?

Bawang putih mentah memiliki tingkat antioksidan 1,5 kali lipat lebih besar dari olahan bawang putih kering, sehingga manfaat bawang putih mentah sangat dianjurkan. Saat bawang putih dikupas kemudian dipotong maka enzim allinase aktif menghasilkan alisin. Kandungan alisin diturunkan dari allin yang merupakan turunan asam amino pada bawang putih mentah. Supaya manfaat bawang putih mentah untuk kesehatan maksimal, cincang lebih halus bawang putihnya kemudian biarkan selama 15 menit.


Ada yang tidak menyukai konsumsi bawang putih mentah karena rasanya tidak enak. Mereka lebih memilih konsumsi bawang putih dengan memasaknya terlebih dahulu. Studi penelitian menunjukkan bahwa bawang putih yang dimasak bisa mengurangi kandungan senyawanya. Contoh proses memasak yang dapat menyebabkan menurunnya senyawa bawang putih yaitu pemanasan, sehingga enzim alinase hilang dan menghambat kinerja antioksidan.

Selain bawang putih mentah rasanya kurang enak, bawang putih juga menimbulkan bau mulut yang kurang sedap. Adanya bau mulut membuat orang enggan mengkonsumsi bawang putih. Sekarang Anda tidak perlu takut, karena Anda bisa mengkonsumsinya tanpa menimbulkan bau mulut. Berikut merupakan cara yang dapat dilakukan. 
  • Mencuci bawang putih yang telah dikupas dibawah aliran air selama beberapa menit.
  • Makan bawang putih mentah dengan campuran daun kemangi atau seledri supaya aromanya lebih harum.
  • Minum yogurt setelah makan bawang putih.
  • Membersihkan gigi dengan menggosoknya menggunakan sikat dan pasta gigi.

Demikian cara memakan bawang putih mentah supaya mendapatkan manfaat yang maksimal. Anda juga telah mengetahui Manfaat Makan Bawang Putih Mentah. Dibalik buahnya yang kecil ternyata menyimpan manfaat banyak bagi kesehatan, jadi jangan takut untuk mengkonsumsi bawang putih mentah lagi. Semoga bermanfaat, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "BACA: Inilah Manfaat Makan Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel