Inilah Manfaat Makan Kuaci yang Tak Banyak Diketahui Orang

Manfaat makan kuaci Sudah sejak lama kuaci menjadi salah satu camilan favorit orang-orang Indonesia. Makan kuaci sembari menonton serial drama atau kegiatan santai lannya memang mengasikkan.

Tetapi tahukah Anda kalau kuaci sebenarnya menyimpan banyak manfaat bagi tubuh? Ya, walaupun bentuknya kecil, tetapi kandungan nutrisi didalamnya sangat berlimpah. Dan bagi Anda yang gemar mengkonsumsi camilan ini, sebaiknya Anda ketahui manfaat dari makan kuaci melalui informasi yang kami bagikan pada ulasan di bawah ini.

manfaat makan kuaci

Manfaat Makan Kuaci

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi adalah salah satu jenis penyakit yang bisa menghampiri siapa saja, khususnya mereka yang sering terpapar makanan tak sehat. Mulai dari makanan bersantan, goreng-gorengan, hingga makanan yang terlalu banyak mengandung lemak.

Oleh karena itu kita perlu menjaga kolesterol dengan cara memperhatikan makanan yang baik dan juga bisa dengan rutin mengkonsumsi kuaci. Karena pada dasarnya kuaci ini memiliki kandungan pitosterol yang berfungsi untuk menghancurkan lemak tubuh. Setidaknya dalam 100 gram kuaci terdapat 400 – 410 mg pitosterol yang bisa melawan lemak jahat dalam tubuh Anda dan menurunkan kadar kolesterol. Baca: Inilah Manfaat Makan Pete yang Belum Banyak Orang Tahu

Menyehatkan Organ Dalam Tubuh

Kuaci adalah salah satu makanan yang kaya akan vitamin E. Walaupun bentuknya kecil, tetapi kandungan vitamin E di dalamnya cukup tinggi. Dan vitamin E pada kuaci ini juga mengandung zat anti-infalamasi yang bisa berperan dalam menyehatkan organ dalam tubuh.

Jika Anda memiliki keluhan kesehatan seperti asma, gangguan pada usus, atau bahkan gangguan pada siklus haid, Anda bisa rutin mengkonsumsi kuaci. Karena pada dasarnya kandungan kuaci ini efektif untuk segala penyakit organ dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Manfaat makan kuaci selanjutnya adalah untuk mencegah kanker. Kanker adalah salah satu jenis penyakit dengan proses penyembuhan tersulit. Oleh karenanya kita perlu menjaga pola kesehatan agar terhindar dari berbagai faktor penyebab kanker. Dan mengkonsumsi kuaci rupanya juga bisa menjadi tindakan kecil untuk mencegah kanker.

Ya, walaupun camilan yang satu ini terlihat remeh, namun dengan mengkonsumsinya maka tubuh Anda akan memproduksi zat selenium. Zat inilah yang nantinya berperan untuk memperbaiki sel DNA dalam tubuh. Dan dengan mengkonsumsi kuaci secara rutin, zat selenium ini akan menghambat pertumubuhan kanker.

Melepas Stres

Dengan tingginya intensitas pekerjaan sehari-hari, tak heran jika ada semakin banyak orang yang membutuhkan relaksasi untuk melepas stres. Cara yang bisa ditempuh juga macam-macam, mulai dari mengerjakan hobi, jalan-jalan, pijat refleksi, dan lain sebagainya. Namun tahukah Anda jika ada cara melepas stres yang murah-meriah? Baca: Inilah Manfaat Makan Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan

Cara itu adalah dengan rutin mengkonsumsi kuaci. Karena camilan kuaci ini sudah terbukti efektif mengurangi tingkat stres seseorang. Kandungan magnesium di dalamnya berperan aktif untuk melepas hormon anti stres. Bahkan jika Anda mau, cobalah untuk menyiapkan kuaci di sela-sela perkejaan. Setidaknya camilan mungil ini akan meringankan beban pekerjaan Anda.

Menurunkan Risiko Diabetes

Bagi orang-orang yang memiliki riwayat turunan penyakit diabetes, maka penggunaan gula dan zat pemanis lainnya harus benar-benar diawasi. Karena pada dasarnya risiko terserang diabetes jauh lebih besar bagi mereka yang memiliki riwayat turunan penyakit ini. Selain membatasi asupan gula, Anda juga bisa menurunkan risiko diabetes dengan cara mengkonsumsi kuaci.

Hal ini karena kuaci adalah makanan yang mengandung zat polifenol. Zat ini merupakan kombinasi dari asam caffeic dan asam chlorogenic yang terdapat di dalam kuaci. Dan zat ini terbukti ampuh untuk menurunkan kadar gula penyebab diabetes. Dengan kondisi kadar gula yang normal, maka risiko terkena diabetes pun semakin menurun.

Mengatasi Sakit Jantung

Manfaat makan kuaci hukan hanya berguna bagi penderita diabetes, kuaci juga menjadi makanan yang ampuh untuk mengatasi penyakit jantung. Dengan tingginya kandungan vitamin E dan antioksidan di dalamnya, maka lemak jahat yang menempel pada tubuh akan lebih mudah terbuang. Selain itu, kuaci juga berperan aktif dalam menjaga fungsi kesehatan jantung agar tetap mampu memompa darah ke seluruh tubuh secara maksimal.

Sehingga tak heran jika kuaci menjadi salah satu makanan yang sangat direkomendasikan bagi orang-orang yang mengidap penyakit jantung. Dan Anda pun bisa rutin mengkonsumsi kuaci untuk melakukan pencegahan agar kondisi jantung tetap sehat.

Menyehatkan dan Memperkuat Tulang

Bagi anak-anak ataupun orang tua, kesehatan tulang adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Beberapa kasus menunjukkan adanya kondisi terlambatnya pertumbuhan tulang bagi anak atau rapuhnya kekuatan tulang bagi orang lanjut usia. Dan untuk itulah Anda disarankan mengkonsumsi kuaci karena makanan ini mampu menyehatkan serta memperkuat tulang tubuh.

Setidaknya ada tiga senyawa dalam kuaci yang berperan aktif menyehatkan tulang, yaitu kalsium, magnesium, dan tembaga. Ketiga senyawa ini memang dikenal sangat efektif untuk menjaga kesehatan tulang. Ekstrak ketiga senyawa ini akan disebar ke seluruh tulang dan sendi sehingga menjadi lebih sehat dan kuat.

Baik bagi Pertumbuhan Sel Otak Anak

Selain bermanfaat bagi kesehatan tulang anak, rupanya kuaci juga memiliki manfaat lain, yaitu untuk memaksimalkan pertumbuhan sel otak. Tingginya kadar asam amino dan berbagai vitamin lainnya sangat baik bagi pertumbuhan sel otak anak.

Dengan pertumbuhan sel otak yang baik, maka kreativitas anak juga akan semakin mudah terpancing sehingga anak-anak menjadi lebih aktif dan sehat. 

Manfaat Makan Kuaci untuk Diet

Hampir semua orang ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal. Tetapi rasa malas untuk olahraga dan hobi mengkonsumsi makanan tak sehat membuat keinginan tersebut hanya menjadi angan-angan. Tetapi sekarang ini Anda bisa rutin mengkonsumsi kuaci untuk mempermudah proses diet. Karena pada ¼ cangkir kuaci, terdapat setidaknya 14 gram lemak tak jenuh tunggal dan ganda.

Dengan kandungan itulah kuaci menjadi salah satu makanan yang aman untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak dan bisa menekan lemak jenuh, penyebab obesitas. Jadi, tidak perlu ragu lagi jika Anda ingin mengkonsumsi kuaci saat sedang diet. Karena makanan ini bukan hanya menyehatkan, tetapi juga mampu mengatasi masalah obesitas. Manfaat makan kuaci untuk diet tentu dapat Anda rasakan, jika dibarengi dengan olahraga dan pola makan yang sehat pula. 

Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Seperti yang sudah kita ketahui, kuaci memang memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Selain itu, kuaci juga kaya akan zat antioksidan. Kedua kombinasi zat ini juga sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Sehingga mengkonsumsi kuaci bisa berperan sebagai anti peradangan dan juga mengurangi inflamasi yang terjadi pada tubuh. Beberapa penyakit yang umum terjadi seperti flu dan batuk juga tidak akan mudah menyerang tubuh Anda. Dengan demikian tubuh akan terus sehat sepanjang hari dan daya tahan tubuh tidak akan mudah menurun.

Demikianlah beberapa ulasan seputar manfaat makan kuaci yang selama ini sering diremehkan oleh orang-orang. Setidaknya mengkonsumsi kuaci tidak hanya membuat Anda lebih rileks saat bersantai, namun juga menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Oleh karena itu tidak perlu ragu lagi jika ingin mengkonsumsi kuaci dalam jumlah banyak, karena makanan ini tidak akan membuat Anda obesitas dan sudah terbukti baik bagi kesehatan tubuh.

Demikian informasi Berfaedah.com, semoga bermanfaat. Tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "Inilah Manfaat Makan Kuaci yang Tak Banyak Diketahui Orang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel