WAJIB TAHU! 12 Manfaat Makan Wortel Mentah untuk Kesehatan

Berfaedah.com - Anda tentu sudah sangat familiar dengan khasiat yang dihadirkan oleh wortel untuk kesehatan organ penglihatan yaitu mata. Disamping bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata, wortel juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Manfaat wortel tersebut akan terasa lebih optimal, apabila Anda mengkonsumsinya secara mentah. Berikut ini adalah beberapa manfaat makan wortel mentah yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

manfaat makan wortel mentah

12 Manfaat Makan Wortel Mentah untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Disamping bermanfaat untuk kesehatan mata, ternyata wortel juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Agar manfaat ini dapat Anda peroleh, maka cukup lakukan konsumsi wortel dengan cara mengunyahnya dalam kondisi mentah. Tindakan ini akan berdampak pada hilangnya plak, karang gigi serta bakteri penyebab gigi berlubang.

Selain menghilangkan ketiga faktor utama penyebab masalah gigi dan mulut, konsumsi wortel mentah juga akan merangsang produksi saliva. Saliva adalah senyawa yang berfungsi sebagai alkalin untuk menyeimbangkan asam di dalam mulut dengan bakteri pemicu lubang pada gigi. Bukan hanya sekedar kandungan saliva yang tinggi, wortel mentah juga kaya akan mineral. Mineral yang terdapat dalam wortel mentah juga membantu mencegah kerusakan gigi Anda. Baca: Inilah Manfaat Makan Kuaci yang Tak Banyak Diketahui Orang

2. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan masalah kesehatan yang sangat berbahaya sebab dapat berujung pada kematian. Akan tetapi, penyakit yang satu ini dapat diatasi secara bertahap melalui konsumsi rutin berbagai makanan mengandung Caretonoids. Salah satu bahan makanan yang kaya kandungan Caretonoids adalah wortel.

Manfaat wortel untuk pencegahan penyakit jantung akan lebih optimal hasilnya bila dikonsumsi secara mentah. Dikarenakan senyawa Caretonoids yang terkandung di dalamnya belum banyak hilang akibat proses pengolahan sayuran ini menjadi masakan. Bukan hanya Caretonoids, manfaat makan wortel mentah juga akan mencukupi kebutuhan tubuh Anda terhadap senyawa lainnya. Seperti Beta Carotene, Alpha Carotene dan juga Lutein.

3. Menyehatkan kulit

Kulit bersih dan sehat adalah impian semua orang terutama bagi Anda kaum wanita. Kini, kebersihan dan kesehatan kulit bisa Anda peroleh apabila menggunakan wortel mentah sebagai masker. Proses pengolahan wortel untuk bahan masker kulit sendiri juga bisa Anda lakukan dengan mudah. Ya, Anda hanya perlu mencampurkan parutan wortel dengan cairan madu secukupnya. Setelah proses ini selesai, Anda bisa mengaplikasikan masker alami dan menyehatkan ini pada wajah.

4. Berguna sebagai detoks alami

Sayuran wortel juga bisa bermanfaat sebagai detoks alami apabila dikonsumsi secara mentah. Sebab beragam zat bermanfaat yang ada di dalam wortel akan membantu kinerja hati untuk mengeluarkan racun jahat dari dalam tubuh. Selain itu, masalah tingginya kadar lemak dan kolesterol juga dapat diturunkan melalui konsumsi wortel mentah secara rutin. Jadi, bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, maka konsumsi wortel mentah sangat direkomendasikan. Baca: Inilah Manfaat Makan Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan

5. Mencegah timbulnya infeksi

Khasiat lain yang juga dapat Anda peroleh ketika mengkonsumsinya dalam kondisi mentah adalah mencegah timbulnya infeksi. Dalam konteks ini, infeksi yang dimaksud adalah disebabkan oleh luka luar pada kulit Anda. Proses pencegahan infeksi menggunakan wortel mentah dapat Anda lakukan dengan cara menghaluskannya atau diparut. Selain itu, Anda juga bisa merebusnya terlebih dulu baru kemudian ditempelkan pada bagian kulit yang luka.

6. Mencegah penuaan dini

Walaupun usia masih tergolong muda, penuaan dini bisa saja terjadi pada diri Anda. Gangguan kesehatan ini pada umumnya bisa disebabkan karena faktor psikologis maupun gaya hidup yang tidak sehat. Salah satu cara solutif untuk mengatasi masalah penuaan dini adalah dengan konsumsi wortel secara mentah.

Manfaat makan wortel mentah memang terbukti berkhasiat mengatasi masalah penuaan dini. Dikarenakan dalam sayuran berwarna oranye ini terkandung senyawa Beta Carotene yang sangat tinggi. Senyawa inilah yang akan meminimalisir gejala penuaan dini karena sifatnya dalam tubuh adalah sebagai anti oksidan. Anti oksidan sendiri bermanfaat untuk membersihkan kulit dari sel-sel mati melalui proses metabolisme tubuh. Baca: Inilah Manfaat Makan Pete yang Belum Banyak Orang Tahu

7. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat makan wortel mentah yang sudah dikenal luas olah masyarakat adalah meningkatkan kesehatan mata. Dalam sayuran wortel memang banyak sekali kandungan vitamin A yang kadarnya mencapai 557 persen dari kebutuhan jenis vitamin ini bagi tubuh manusia. Selain itu, wortel juga kaya akan kandungan Beta Carotene.

Senyawa ini nantinya juga akan diubah menjadi vitamin A setelah melalui proses pengolahan di hati. Pada tahap selanjutnya, vitamin A ini akan diubah kembali menjadi Radopsin di dalam retina. Radopsin ini adala pigmen berwarna ungu yang akan membantu Anda melihat pada malam hari. Menurut beberapa hasil penelitian, konsumsi makanan yang mengandung Beta Carotene akan menurunkan risiko terkena penyakit katarak dan rabun jauh.

8. Mempertajam daya ingat

Apakah Anda sering mengalami gejala mudah lupa? Jika iya, maka mungkin itu pertanda bahwa kualitas daya ingat Anda menurun. Penurunan daya ingat memang bisa terjadi karena faktor bertambahnya usia. Namun, bukan berarti masalah ini tidak dapat Anda atasi. Anda dapat kembali mempertajam daya ingat melalui konsumsi wortel mentah secara rutin. Kandungan vitamin B yang ada di dalamnya akan membantu mempertajam daya ingat Anda kembali.

9. Meminimalisir risiko kanker

Berbagai penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa salah satu manfaat makan wortel mentah adalah membantu meminimalisir risiko kanker. Adapun jenis kanker yang bisa diminimalisir risikonya melalui konsumsi wortel mentah, yaitu kanker usus, payudara dan paru-paru. Manfaat wortel untuk pencegahan penyakit kanker sendiri dipengaruhi oleh kandungan senyawa berupa Falcarinol dan Falcarindiol. Kedua senyawa ini dalam dunia medis memang dikenal sebagai zat anti kanker.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang prima tentu sangat bermanfaat bagi Anda. Dikarenakan kondisi ini akan membuat Anda tidak mudah terserang penyakit. Salah satu jenis sayuran yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah wortel. Penggunaannya bisa Anda lakukan dengan mencampurnya ke dalam berbagai masakan khususnya sup.

11. Menguatkan janin

Ada beragam manfaat yang dihadirkan oleh sayuran berwarna oranye ini. Salah satu manfaat yang mungkin belum Anda ketahui adalah wortel bisa menguatkan janin. Jadi, mengkonsumsi wortel saat berada pada masa kehamilan tentu sangat baik bagi kesehatan ibu dan janin. Khasiat ini tidak terlepas dari kandungan vitamin A yang tinggi pada sayuran wortel.

12. Meningkatkan kualitas sperma

Selain bermanfaat bagi Ibu hamil, konsumsi wortel juga sangat dianjurkan untuk pria dewasa. Ini dikarenakan dalam sayuran wortel terkandung banyak vitamin A. Beberapa dari Anda mungkin belum mengetahui bahwa jenis vitamin ini juga bisa meningkatkan kualitas sperma selain menyehatkan indera penglihatan. Jadi, bagi Anda yang sangat mendambakan keturunan, maka bisa terlebih dulu mengkonsumsi wortel mentah sebelum berhubungan intim.

Ternyata manfaat makan wortel mentah tidak hanya berguna untuk meningkatkan penglihatan Anda. Lebih dari itu, jenis sayuran ini bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Baik itu masalah kesehatan dengan skala risiko kecil maupun besar yang berpotensi menyebabkan kematian. Jadi, mulai saat ini selalu budayakan untuk mengkonsumsi wortel mentah untuk menjaga kesehatan ya!

Semoga berfaedah, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "WAJIB TAHU! 12 Manfaat Makan Wortel Mentah untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel