Inilah Manfaat Mandi Malam untuk Kacer Beserta Caranya

manfaat mandi malam untuk kacer

Berfaedah.com - Manfaat mandi malam untuk kacer ternyata sangat banyak, meskipun para pemelihara burung kacer belum banyak yang tahu akan hal itu. Memandikan burung kacer pada malam hari tidak bisa sembarangan dilakukan. Ada beberapa metode dan cara yang perlu diperhatikan agar tidak memberikan dampak buruk pada burung kacer kesayangan Anda. Langsung simak saja ulasan berikut ini:

Manfaat Mandi Malam untuk Kacer

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk keberlangsungan hidup kacer, salah satu di antaranya yaitu kebersihannya. Kebersihan bisa meliputi kebersihan lingkungan tempat hidup kacer, seperti kandang, tempat makanan dan minuman burung kacer serta lingkungan disekitarnya. Selain itu kebersihan tubuh burung kacer itu sendiri juga haruslah dijaga, salah satunya dengan memandikannya. Memandikan burung kacer juga bisa dilakukan pada malam hari yang ternyata justru memberi banyak manfaat. Setelah ini akan dibahas mengenai manfaat mandi malam untuk kacer:

1. Mengontrol birahi burung kacer

Semua hewan, termasuk burung kacer juga memiliki birahi layaknya manusia. Burung kacer bisa mengalami kekurangan birahi yang dapat mengakibatkan kacer terlihat lesu dan kicauannya tidak lantang. Selain itu kacer juga bisa mengalami kelebihan birahi yang dapat berakibat pada perilaku kacer yang menjadi lebih agresif dan berkicau secara tidak terkontrol.

Berlebihnya birahi pada burung kacer dapat diakibatkan oleh beberapa hal seperti: porsi pakannya terlalu banyak, konsumsi pakannya mengandung protein yang terlalu tinggi, usia kacer yang belum matang, dan kondisi kacer yang kurang sehat. Berlebihnya birahai pada burung kacer dapat diatasi dengan memandikannya di malam hari. Suhu udara dan air di malam hari dapat membantu menstabilkan tingkat birahi burung kacer.

2. Menjinakkan burung kacer

Manfaat mandi malam untuk kacer yang selanjutnya adalah dapat membantu burung kacer agar lebih jinak, terlebih jika kacer Anda memiliki bawaan giras. Jika burung kacer Anda jinak, otomatis kacer akan menjadi lebih mudah dilatih dan dikendalikan.

Meski begitu Anda tidak boleh lengah. Kondisi burung kacer haruslah selalu diawasi karena kacer yang telah jinak pun dapat sekali-kali menjadi giras kembali, sehingga memandikan kacer di malam hari ini dapat membantu Anda agar sifat jinak kacer dapat bertahan.

3. Membuat burung kacer semakin gacor

Kacer yang merupakan salah satu jenis burung kicau ini banyak diminati oleh masyarakat karena tampilannya yang cantik dan kicauannya yang merdu. Sifat burung kacer yang dapat dilatih dengan mudah juga menjadi poin tambahan burung ini banyak digemari. Manfaat mandi malam untuk kacer dapat membuat suara kacer semakin gacor dan memiliki mental juara. Suara kacer yang bagus akan berkaibat pada naiknya harga jual burung tersebut. Baca: Inilah Manfaat Garam untuk Lovebird

4. Menjaga burung kacer agar tidak stres

Kondisi kacer harus selalu dijaga agar tidak menimbulkan stres. Apabila kacer mengalami stres maka akan sulit dikendalikan dan dapat menyebabkan sakit bahkan berakibat mati. Memandikan kacer pada malam hari dapat membantu kacer terhindar dari perasaan stres.

5. Merelaksasikan burung kacer

Memandikan kacer pada malam  hari dapat membantu kacer menjadi lebih rileks, sehingga keadaannya menjadi tenang.

6. Burung kacer menjadi lebih lincah

Memandikan burung kacer setidaknya tiga kali dalam seminggu dapat membantu kacer agar menjadi lincah. Kacer yang lincah akan mudah diikutkan lomba dan menang.

7. Burung kacer terlihat lebih fresh

Memandikan kacer pada malam hari juga dapat membuat burung kacer menjadi lebih segar dan tidak kucel. Hal tersebut membuat kacer memiliki penampilan yang semakin cantik.

8. Menguatkan jantung burung kacer

Jantung kacer perlu dilatih agar tidak mudah kaget. Latihan tersebut bisa dilakukan dengan memandikan kacer pada malam hari. Pasalnya air yang menimbulkan sensasi dingin yang disiramkam ke tubuh kacer pada malam hari dapat menimbulkan efek kaget pada kacer, sehingga sedikit demi sedikit kacer dapat terlatih dengan kondisi yang mengagetkan.

Metode Mandi Semprot dan Karamba

Setelah Anda mengetahui Manfaat mandi malam untuk kacer, selanjutnya ada dua metode yang bisa digunakan untuk memandikan kacer pada malam hari, yaitu metode mandi semprot dan metode mandi karamba, berikut ini penjelasannya:

1. Metode mandi semprot

Memandikan burung kacer dengan metode semprot dapat digunakan pada kacer yang sifatnya sulit untuk diajak mandi. Caranya mudah saja, yaitu tinggal menyemprotkan air ke tubuh kacer dari atas ke bawah hingga keseluruhan tubuhnya basah. Sebaiknya menggunakan alat semprot yang dapat mengeluarkan semprotan yang lembut, tidak terlalu besar dan tajam.

2. Metode mandi karamba

Memandikan burung kacer menggunakan metode karamba merupakan metode yang paling mudah dilakukan dan tidak banyak menyita banyak waktu. Anda tinggal memindahkan burung ke sangkar karamba atau sangkar yang pada bagian bawahnya telah diberi bak air, lalu biarkan kacer mandi sendiri. Setelah beberapa saat barulah kacer diangkat.

Cara Memandikan Kacer pada Malam Hari

Tata cara untuk memandikan kacer pada malam hari ternyata sangat mudah. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda persiapkan dan anda perhatikan ketika memandikan kacer pada malam hari:
  1. Bahan-bahan yang harus dipersiapkan adalah karamba atau sangkar. Selain itu Anda juga bisa memakai semprotan yang khusus digunakan untuk memandikan burung kacer.
  2. Pastikan bahwa burung kacer Anda sedang dalam keadaan sehat. Apabila burung kacer sedang sakit lebih baik tidak dimandikan terlebih dahulu.
  3. Hindari memandikan burung kacer ketika hari sedang hujan, karena akan membuat kacer semakin kedinginan.
  4. Biarkan burung kacer mandi sendiri di dalam karamba. Hal tersebut juga berguna untuk melatih kemandirian burung kacer tersebut. Namun apabila burung kacer tidak mau mandi, barulah Anda bisa membantunya dengan menyemprotkan air sedikit demi sedikit secara merata ke tubuh kacer. Hal tersebut dilakukan untuk melatih kacer agar bersedia mandi sendiri.
  5. Jika burung kacer masih bersikeras tidak mau dimandikan, Anda jangan memaksanya terlalu keras. Hal tersebut malah akan membuat burung kacer merasa tertekan dan stres. Anda harus sabar untuk melatihnya.
  6. Jika burung kacer sudah selesai dimandikan kemudian kacer dikeringkan dengan cara diangin-anginkan kurang lebih selama 10 menit. 
  7. Tempatkan sangkar burung kacer diposisi yang aman dan nyaman, yaitu jauh dari jangkauan hewan predator dan terhindar dari hujan. 
  8. Jangan lupa untuk menjemur burung kacer Anda keesokan harinya selama kurang lebih 2 jam. Waktu terbaik untuk menjemur burung kacer adalah sekitar pukul 7 pagi sampai 10 pagi. Pastikan sinar matahari yang mengenai kacer tidak terlalu terik namun juga tidak terlalu minim.

Disamping itu, cara memandikannya pun cukup mudah dan cepat. Perawatan yang baik terhadap burung kacer Anda dapat membuatnya tumbuh secara optimal dan dapat meningkatkan harga jualnya. Banyaknya manfaat mandi malam untuk kacer yang bisa Anda peroleh, maka tidak ada salahnya untuk rutin melakukan hal tersebut. Semoga bermanfaat, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "Inilah Manfaat Mandi Malam untuk Kacer Beserta Caranya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel