11 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih untuk Tubuh

manfaat minum air rebusan daun sirih

Manfaat minum air rebusan daun sirih – Daun sirih sudah sejak lama dikenal sebagai herbal yang berkhasiat dalam mengatasi berbagai penyakit. Hingga akhirnya setiap kali kita mendengar kata daun sirih, maka identik dengan penyakit dan proses penyembuhan. Hal ini sebenarnya tidaklah berlebihan karena pada dasarnya daun sirih menyimpan berbagai nutrisi dan kandungan penting didalamnya. Beberapa diantaranya seperti protein, iodin, sodium, hingga asam nikotinat.

Dengan beragam kandungan tersebut, daun sirih bisa dimanfaatkan dengan berbagai cara untuk menyehatkan tubuh. Salah satunya adalah dengan cara meminum air rebusan daun sirih. Lalu sebenarnya apa saja manfaat minum air rebusan daun sirih ini? Langsung saja temukan jawabannya pada ulasan berikut:

Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih

Mengatasi Gangguan Pencernaan
Jika kita ingat, dulunya orang-orang tua banyak yang merekomendasikan air rebusan daun sirih sebagai obat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Hal ini sebenarnya bukan hanya mitos belaka, melainkan fakta bahwa daun sirih memang sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Daun sirih mampu membantu proses penyerapan nutrisi dan mineral. Dengan demikian, tubuh tidak akan kehilangan mineral dan nutrisi terlalu banyak. Selain itu, minyak daun sirih juga bisa Anda ambil untuk dioleskan ke daerah perut yang sakit. Hal ini akan meredakan rasa sakit sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga: 12 Manfaat Daun Tanaman Binahong yang Menakjubkan

Menyembuhkan Sakit Tenggorokan
Air rebusan daun sirih memang bersifat melegakan. Hal inilah yang membuatnya efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan. Terlebih dengan tingginya zat antioksidan pada daun sirih yang bisa melawan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Karena pada dasarnya sakit tenggorokan ini dikarenakan oleh bakteri dan daun sirih cukup efektif untuk melawan bakteri tersebut.

Menurunkan Berat Badan
Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirih, metabolisme tubuh akan meningkat. Dan meningkatnya metabolisme ini berdampak pada proses pencernaan makanan yang lebih lancar dan pembakaran lemak pada tubuh. Sehingga Anda bisa memanfaatkan daun sirih sebagai cara untuk memperlancar proses penurunan berat badan.

Bahkan khasiat lain dari daun sirih adalah mampu mengikat kadar air berlebih dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa kadar air berlebih ini pula yang membuat bentuk tubuh manusia terlihat lebih gemuk. Sehingga dengan dibuangnya kadar air berlebih dan racun dalam tubuh, maka proses penurunan berat badan juga bisa lebih cepat.

Antiseptik
Air rebusan daun sirih sudah sejak lama terbukti efektif sebagai antiseptik yang baik dalam melawan virus penyebab berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan daun sirih secara alami mengandung zat pelawan bakteri yang cukup ampuh. Bahkan pada salah satu penelitian pernah dilakukan pembandingan antara daun sirih dengan sabun non-antiseptik. Keduanya dibandingkan dengan cara mencuci tangan dan alhasil tangan yang dicuci dengan menggunakan daun sirih jauh lebih bebas dari bakteri dibanding sabun berbahan kimia.

Baca Juga: Inilah Manfaat Makan Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan

Menurunkan Depresi
Penelitian yang telah dilakukan mengatakan bahwa daun sirih bermanfaat untuk menurunkan tingkat stres dan depresi seseorang. Ketika Anda mengunyah daun sirih atau meminumnya, maka sel otak akan memproduksi hormon serotonin.

Hormon ini adalah hormon yang berperan dalam menekan kondisi depresi seseorang dan mengubahnya menjadi mood yang baik. Sehingga mengkonsumsi daun sirih dapat Anda jadikan alternatif murah untuk menghilangkan stres, terlebih di tengah padatnya aktifitas.

Meredakan Batuk
Khasiat lainnya dari daun sirih adalah untuk meredakan batuk. Dengan rutin meminum air rebusan daun sirih, efek peradangan pada tenggorokan akan menghilang. Ini berkat adanya kandungan vitamin C, vitamin B, dan alkaloid yang tinggi sehingga peradangan penyebab batuk bisa diatasi.

Untuk membuat ramuan ini juga sangat mudah, Anda bisa menyiapkan 5 lembar daun sirih dan merebusnya menggunakan 300ml air. Rebus selama kurang lebih 30 menit dan konsumsi air rebusan secara rutin sebanyak 1 kali sehari.

Melawan Kanker
Walaupun daun sirih terlihat remeh, tetapi khasiatnya memang tidak bisa diremehkan. Karena ada satu manfaat dari daun sirih yang belum diketahui banyak orang, yaitu untuk melawan sel kanker. Dengan mengunyah daun sirih, mampu mencegah sekaligus mengatasi sel kanker sumsum tulang. Bahkan bagi pasien leukemia, daun sirih bisa meningkatkan potensi kesembuhannya.

Baca Juga: Inilah Manfaat Makan Pete yang Belum Banyak Orang Tahu

Hal ini pun bukan hanya mitos belaka karena sudah dibuktikan dengan sebuah penelitian. Dalam penelitian yang dilakukan di Mumbai oleh Institute of Haematology & Transfusion Medicine, menyebutkan bahwa daun sirih terbukti ampuh untuk melawan kanker dan membantu penderita kanker untuk proses penyembuhan yang lebih maksimal.

Mengatasi Bau Badan
Aktifitas seharian di luar ruangan tak jarang membuat tubuh menjadi rentan bau badan. Terlebih bagi orang yang pada dasarnya memiliki tubuh dengan produksi keringat berlimpah, tentu akan sangat mengganggu dan menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Oleh karenanya Anda bisa rutin mengkonsumsi daun sirih karena daun ini memiliki minyak esensial yang bermanfaat untuk melawan bakteri. Dan dengan demikian, keringat juga tidak akan terlalu bau sehingga Anda bisa beraktifitas sepanjang hari dengan lebih percaya diri.

Menyehatkan Kulit
Karena daun sirih mengandung zat anti bakteri, maka mengkonsumsinya secara rutin juga akan berdampak pada kesehatan kulit Anda. Setidaknya jerawat tidak akan mudah muncul dan pastinya kulit wajah tidak mudah kusam.

Bahkan Anda bisa memanfaatkan air rebusan daun sirih untuk mandi atau mencuci muka. Karena efek anti bakteria akan lebih terasa dan kulit pun menjadi lebih sehat. Lakukan hal ini secara rutin minimal 1 kali sehari. Untuk hasil yang maksimal, Anda juga boleh melakukannya sebanyak 2 kali sehari.

Menyembuhkan Luka
Manfaat lainnya dari daun sirih adalah untuk membantu proses penyembuhan luka. Zat antioksidan pada daun sirih sangat efektif dalam meredakan stres oksidatif yang mana akan berdampak pada proses penyembuhan luka yang lebih cepat.

Baca Juga: Inilah Manfaat Madu Asli untuk Wajah, Wajib Coba!

Selain dengan cara meminumnya, Anda juga bisa menggunakan cara lain, yaitu menumbuk daun sirih dan kemudian membalutkannya pada area luka dengan cara dikompres. Dengan melakukannya secara rutin maka proses penyembuhan luka akan lebih cepat.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Ketika Anda mengkonsumsi air rebusan daun sirih, maka bukan hanya tubuh saja yang merasakan dampaknya, melainkan juga mulut dan gigi. Hal ini dikarenakan daun sirih sangat ampuh dalam melawan bakteri, baik itu bakteri yang terdapat pada sela-sela gigi ataupun pada dinding mulut. Bahkan bagi Anda yang sedang sakit gigi juga disarankan untuk mengkonsumsi dan berkumur dengan daun sirih.

Cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan mengunyah daun sirih. Cara ini akan meningkatkan produksi air liur yang mana sangat baik untuk menjaga kondisi gigi dan mulut karena mengandung banyak protein.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirih. Dengan ini sudah terbukti ya jika manfaat minum air rebusan daun sirih itu sangat banyak. Bahkan tidak hanya itu, masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan khasiat daun sirih, mulai dari meminum, menumbuk, hingga menjadikannya obat kumur.

Demikian informasi Berfaedah.com, semoga bermanfaat. Tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "11 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih untuk Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel