Tak Banyak Orang Tahu, Inilah 10 Manfaat Olahraga Skipping

manfaat olahraga skipping

Berfaedah.com - Olahraga skipping adalah olahraga lompat tali yang biasa disebut juga dengan plyometric. Banyak orang yang melakukan olahraga ini karena menginginkan manfaat tertentu. Diantara manfaat olahraga skipping ialah melatih serta mengembangkan kekuatan otot secara maksimal hanya dalam waktu yang relatif pendek.

Selain manfaat, orang juga banyak melakukan olahraga skipping karena gerakannya sangat sederhana dan fleksibel dapat dilakukan di mana saja, baik di luar ruangan maupun di luar ruangan. Meski demikian, olahraga ini bisa mendatangkan sejumlah manfaat lain seperti berikut ini.

10 Manfaat Olahraga Skipping

1. Olahraga Skipping Bisa Membuat Kinerja Otak Meningkat

Manfaat yang pertama, olahraga skipping bisa membantu meningkatkan kinerja otak. Hal ini dikarenakan gerakan dalam olahraga skipping adalah kombinasi antara lompatan dengan ketepatan wakrtu untuk melompat. 

Dengan demikian, otak juga akan bekerja lebih cepat dalam mengkalkulasi gerakan melompat dengan waktu yang tepat untuk melakukannya. Jika Anda melakukan olahraga ini secara rutin, lama-lama otak juga akan terlatih dan terbiasa bekerja dengan cepat pula. 

2. Olahraga Skipping Bisa Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Saat Anda melakukan olahraga skipping, Anda pasti akan merasa bahwa denyut jantung jadi meningkat bukan? Ini adalah kondisi yang tidak perlu Anda khawatirkan sama sekali, karena pada saat itu sistem kardiovaskular akan menjadi lebih sehat. Bukan hanya itu saja, olahraga skipping ini juga akan membuat pernafasan Anda jadi lebih efisien.

3. Olahraga Skipping Bisa Membuat Keseimbangan dan Stamina Tubuh Meningkat

Manfaat lain dari olahraga skipping ialah bisa membuat keseimbangan tubuh jadi meningkat. Makanya tidak heran jika banyak atlet, petinju, martial artist dan pemain tennis yang memasukkan olahraga satu ini ke dalam porsi latihannya. 

Olahraga skipping mempunyai manfaat ini karena Anda akan dipaksa untuk meloncat ke atas lalu ke bawah sehingga otomatis  tubuh yang bagian tengah akan berusaha menjaga keseimbangan badan. Selain itu, olahraga yang satu ini juga akan membantu meningkatkan stamina tubuh sehingga Anda jadi tidak mudah lelah.

Manfaat ini mungkin tidak akan Anda rasakan saat baru melakukan olahraga skipping. Akan tetapi jika Anda sudah melakukannya secara rutin, maka Anda dapat menikmatinya.

4. Olahraga Skipping Bisa Membantu Mengoptimalkan Energi

Lanjut ke manfaat olahraga skipping yang lainnya, yaitu membantu mengoptimalkan energi. Hal ini dikarenakan olahraga skipping yang dilakukan secara rutin oleh seseorang akan membuat tubuh orang tersebut terbiasa memanfaatkan energi yang tersimpan di dalamnya. 

Nah, pada saat usianya sudah tua, maka energi tubuhnya akan tetap dalam kondisi yang baik, sehingga dia dapat beraktifitas seperti saat masih muda.

5. Manfaat Olahraga Skipping Bisa Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah salah satu kondisi yang sangat tidak menyenangkan. Pasalnya, osteoporosis ini merujuk pada kondisi dimana tulang mengalami pengeroposan sehingga bisa membuat seseorang mempunyai potensi yang  besar untuk mengalami patah tulang bahkan cacat fisik.
Jika sudah demikian, jelas aktifitas serta mobilitas orang yang terkena osteoporosis akan terganggu. Nah, kalau Anda ingin terhindar dari kondisi tersebut, Anda sebaiknya memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium dan vitamin D. Selain itu, sebaiknya Anda juga rajin berolahraga untuk menguatkan tulang.

Dan salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menghindari osteoporosis ialah olahraga skipping. Olahraga skipping ini diketahui dapat membuat kepadatan tulang seseorang jadi meningkat sehingga potensi untuk terjadi osteoporosis dapat dihindari. 

Bahkan dalam hasil sebuah penelitian disebutkan bahwa orang yang rutin melakukan olahraga skipping mempunyai resiko yang kecil untuk mengalami pengeroposan tulang. 

Tentunya hal ini tidak berlaku bagi orang yang sudah terlanjur mengalami osteoporosis. Bahkan orang yang telah terlanjur menderita osteoporosis disarankan untuk menghindari olahraga ini supaya penyakitnya tidak bertambah parah. 

6. Olahraga Skipping Bisa Membantu Meninggikan Badan

Tahukah Anda bahwa olahraga skipping juga bisa membantu meninggikan badan? Tentunya hal ini berlaku untuk anak-anak dan remaja yang masih berada dalam masa pertumbuhan. 

Dengan melakukan olahraga skipping, tinggi badan yang ideal tentu bukan hanya sekedar impian lagi, karena jika dilakukan secara rutin, olahraga ini bisa membantu siapa saja meraih tinggi badan yang diinginkannya.

7. Olahraga Skipping Bisa Membuat Otot Tubuh jadi Lebih Kencang

Manfaat lain yang juga bisa Anda rasakan dari olahraga skipping ialah otot tubuh jadi lebih kencang, terutama otot yang ada pada kaki, bahu serta lengan. Mengapa demikian? Karena dalam olahraga skipping, bagian tubuh yang bekerja adalah tangan. Tangan ini menjadi poros bagi tali untuk berputar, sehingga secara tidak langsung juga akan berpengaruh pada bahu.

Selain tangan, kaki juga akan ikut bergerak dengan cara melompat untuk menghindari tali tersebut. Lompatan-lompatan yang dilakukan secara teratur ini juga bisa membuat otot bagian kaki jadi lebih kencang. Alhasil, lemak pada kaki Anda akan dipangkas sehingga kaki tampak lebih ramping. 

Selain kaki, bahu dan lengan, otot perut juga bisa dibuat lebih kencang oleh olahraga skipping ini. Hanya saja bila Anda baru memulai olahraga skipping, kemungkinan Anda akan merasakan nyeri pada bagian-bagian tubuh yang telah disebutkan di atas. 

Tetapi tenang saja, rasa nyeri ini lama kelamaan akan menghilang apabila Anda sudah terbiasa melakukannya. Jadi, cukup lanjutkan saja sesi olahraga skipping tersebut. 

8. Olahraga Skipping Bisa Membakar Kalori Lebih Banyak

Manfaat olahraga skipping yang satu ini juga layak diperhatikan oleh Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. 

Memang ada banyak olahraga yang mempunyai manfaat serupa, akan tetapi berdasarkan keterangan dari British Rope Skipping Association, dikatakan bahwa melakukan olahraga skipping selama 10 menit mempunyai manfaat kesehatan yang bahkan setara dengan olahraga lari selama 45 menit. 

Selain itu, olahraga skipping ini merupakan olahraga yang membuat semua anggota tubuh bergerak. Dengan bergeraknya semua anggota tubuh, olahraga skipping bahkan bisa membakar kalori sampai dengan 1.300 hanya dalam waktu satu jam saja. Jadi, tak ada salahnya kan dicoba?

9. Olahraga Skipping Bisa Membantu Menghilangkan Racun di Dalam Tubuh

Kalau Anda selama ini khawatir dengan berbagai toksin atau racun yang mengendap di dalam tubuh, maka cobalah untuk melakukan olahraga skipping. Saran ini diberikan karena olahraga skipping dapat membuat Anda jadi berkeringat. Nah, racun yang ada di dalam tubuh Anda tersebut akan langsung dibuang bersamaan dengan keluarnya keringat tersebut.

Secara alami proses detoksifikasi atau pembuangan racun dari dalam tubuh memang akan berlangsung dengan sendirinya. Akan tetapi Anda juga perlu mengupayakannya supaya potensi penyakit akibat racun dapat dicegah. 

10. Olahraga Skipping Bisa Meningkatkan Sistem Koordinasi

Menurut penjelasan para pakar, dapat diketahui bahwa semakin banyak teknik skipping yang dilakukan oleh seseorang, maka tingkat koordinasi orang tersebut akan semakin meningkat. Olahraga ini juga akan membuat pelakunya jadi lebih fokus terutama dalam hal menggerakkan kaki.

Meskipun manfaat olahraga skipping sangat banyak seperti yang telah disebutkan di atas, tetap Anda disarankan untuk tidak melakukannya secara berlebihan. Karena jika Anda melakukannya secara berlebihan, bukan manfaat yang akan Anda dapatkan, tetapi sebaliknya, ini memperbesar resiko Anda untuk mengalami cedera. Jadi, lakukan sesuai kemampuan tubuh Anda saja. Semoga bermanfaat, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "Tak Banyak Orang Tahu, Inilah 10 Manfaat Olahraga Skipping"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel