Ternyata Ini Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga - Pemanasan adalah sesi yang dilakukan sebelum seseorang melakukan aktifitas fisik termasuk olahraga. Biasanya, pemanasan ini berupa latihan kardiovaskular ringan yang dikombinasikan dengan peregangan. Durasinya sendiri bisa sekitar 20 menit hingga setengah jam tergantung orang yang melakukannya.

Pemanasan itu sendiri memang tidak dapat membakar kalori dalam jumlah yang cukup besar. Akan tetapi, jika melihat beberapa manfaat pemanasan sebelum olahraga, tidak heran jika sesi ini sangat disarankan untuk dilakukan. Memangnya apa saja manfaat dari pemanasan sebelum olahraga itu? Simak ulasan berikut untuk mendapatkan jawabannya.

manfaat pemanasan sebelum olahraga

9 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

1. Pemanasan Membuat Mental Lebih Siap Melakukan Aktifitas yang Berat

Manfaat yang pertama ialah bisa membuat mental jadi lebih siap diajak melakukan aktifitas yang berat. Hal ini dikarenakan pemanasan mempunyai kemampuan untuk memperlancar aliran darah baik ke persendian, otot maupun otak sehingga fokus dan kewaspadaan bisa lebih meningkat. 

Kondisi ini juga memberikan dampak pada penurunan stres yang mungkin sebelumnya Anda rasakan. Dapat diketahui pula bahwasanya pemanasan bisa membuat atlet mengatasi rasa tidak nyaman saat menghadapi situasi atau perlombaan yang cukup sulit. 

Logikanya, apabila mental dan pikiran atlet tersebut berada dalam kondisi yang bagus, maka tubuh juga akan menghasilkan kinerja yang tinggi. Sebaliknya, jika mental dan pikiran sedang tidak baik, maka kemungkinan besar kinerja tubuh akan terbatas. Baca: Inilah Manfaat Olahraga Lompat Tali dan Cara Melakukannya

2. Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga ialah Membantu Mencegah Cedera

Manfaat pemanasan yang lainnya ialah membantu mencegah cedera. Hal ini dikarenakan otot yang telah mengalami pemanasan terlebih dahulu kondisinya akan menjadi lebih halus dan lentur. Sehingga apabila nanti terjadi gerakan yang sifatnya keras dan tiba-tiba, potensi untuk terkilir, otot kram atau otot sobek bisa dihindari.

Selain itu, ada juga sebuah penelitian yang melibatkan 44 orang untuk berolahraga lari di treadmill dengan intensitas yang tinggi dalam waktu 10 detik hingga 15 detik. Olahraga tersebut dilakukan tanpa pemanasan.

Hasilnya, data EKG (Elektrokardiogram) menunjukkan bahwa sekitar 70% dari orang-orang tersebut mengalami perubahan pada fungsi jantung yang membuat suplai darah menuju otot jantung menjadi lebih sedikit. Ini juga menjadi salah satu bukti penting bahwa sebaiknya kita tidak mengabaikan pemanasan sebelum berolahraga.

3. Pemanasan Membuat Kesehatan Sendi dan Tulang jadi Lebih Terjaga

Sendi dan tulang adalah dua bagian tubuh yang sangat rentan mengalami cedera pada saat latihan. Dan ternyata, pemanasan sebelum olahraga bisa membantu mengatasi hal tersebut karena pemanasan akan membuat sendi dilumasi oleh banyak cairan.

Dengan begini, sendi akan menjadi lebih licin dan lebih fleksibel sehingga potensi sendi untuk mengalami korosi dan terkunci bisa dicegah. Selain itu, pemanasan dengan cara meregangkan bagian tulang belakang serta memanjangkan piringan tulang belakang juga akan membantu mencegah terjadinya cedera yang serius pada punggung. Baca: 12 Manfaat Olahraga Bersepeda yang Perlu Anda Tahu

4. Pemanasan Akan Membantu Meningkatkan Performa Anda dalam Berolahraga

Bukan hanya membuat otot menjadi lebih fleksibel saja, pemanasan juga akan membuat sirkulasi darah menuju berbagai otot yang hendak dipakai berolahraga juga jadi meningkat. Dan inilah manfaat pemanasan sebelum olahraga yang keempat. 

Nah, setelah aliran darah tersebut meningkat, otomatis persediaan oksigen yang dibawa menuju ke seluruh tubuh juga akan lebih banyak. Hal ini membawa dampak positif dimana energi otot akan menjadi lebih refleks dan jangkauan geraknya juga akan lebih luas. 

Dengan kata lain, semakin banyak darah yang masuk ke dalam otot, maka semakin banyak pula oksigen yang menunjang kinerja otot tersebut sehingga bisa meningkatkan performa Anda dalam berolahraga. Jika sudah seperti ini, maka Anda dimungkinkan untuk melakukan olahraga lebih lama atau lebih keras dibandingkan dengan sebelum melakukan pemanasan.

5. Pemanasan akan Membuat Oksigen Bisa Masuk dengan Lebih Mudah ke Dalam Tubuh

Seperti yang Anda tahu, pada saat tubuh berada dalam keadaan yang tenang, otomatis berbagai organ akan bekerja sesuai dengan kebutuhannya. Akan tetapi, apabila Anda melakukan olahraga secara tiba-tiba, ini akan membuat tubuh Anda jadi kaget sehingga besar kemungkinan Anda mengalami banyak hal yang tak menyenangkan.

Salah satunya adalah kekurangan oksigen. Nah, pemanasan mempunyai peran untuk menghindarkan Anda dari hal tersebut sehingga setelah Anda melakukan olahraga sekalipun, oksigen bisa masuk ke dalam tubuh dengan mudah. Baca: Tak Banyak Orang Tahu, Inilah 10 Manfaat Olahraga Skipping

6. Pemanasan akan membantu Mengurangi Kelelahan

Pemanasan juga mempunyai peran yang cukup penting dalam mengurangi rasa lelah baik saat olahraga maupun setelah olahraga. Maka dari itu, apapun jenis olahraga yang akan Anda lakukan, baik itu olahraga ringan ataupun olahraga berat, tetap Anda harus melakukan pemanasan ini. 

Sebaliknya, jika Anda tidak melakukannya, maka Anda mempunyai kecenderungan untuk kehabisan nafas yang akan membuat tubuh terasa lebih lelah. 

7. Pemanasan akan membuat Energi dan Motivasi jadi Lebih Meningkat

Masih menyambung dari manfaat yang sebelumnya, sebelum Anda memulai gerak pemanasan, mungkin Anda akan merasa malas untuk melakukan olahraga. Tetapi, begitu Anda melakukan pemanasan, tubuh Anda akan menjadi lebih hangat. 

Jika tubuh sudah lebih hangat, Anda mungkin akan menjadi lebih termotivasi lagi untuk bergerak atau berolahraga lebih banyak. Nah, jika Anda sudah merasa termotivasi dan tubuh sudah cukup panas untuk melakukan olahraga, maka Anda dapat menggerakkan tubuh dengan lebih ringan sehingga Anda pun merasa lebih siap dengan aktifitas yang selanjutnya.

8. Pemanasan Akan Membuat Pembuluh Darah Menjadi Lebih Lebar

Saat Anda berolahraga, mungkin Anda merasa bahwa denyut nadi akan menjadi lebih cepat dan jantung juga berdegup dengan lebih kencang. Hal ini adalah suatu hal yang wajar sebenarnya, mengingat aktifitas tersebut akan membuat jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah sehingga aliran darah dalam tubuh juga akan menjadi lebih cepat. 

Apabila Anda mengabaikan pemanasan, maka pembuluh darah Anda akan berada dalam kondisi yang belum siap untuk menerima aliran darah tersebut sehingga bisa saja sesuatu yang berbahaya akan mendatangi Anda karenanya.

Sementara jika Anda sudah melakukan pemanasan sebelumnya, maka pembuluh darah Anda akan menjadi lebih siap sehingga ketika pompaan jantung dan aliran darah meniingkat, aliran darah tersebut tidak akan menerima hambatan yang berarti.

9. Pemanasan Akan Membantu Melancarkan Pernafasan

Selain berhubungan dengan sendi dan otot, gerakan pemanasan juga biasanya berkaitan erat dengan pola pernafasan. Mengingat hal tersebut, penting untuk Anda melakukan pemanasan terutama jika Anda adalah seorang yang jarang atau tidak terbiasa berolahraga.

Jangan melakukan olahraga secara langsung karena ada kemungkinan Anda akan mengalami sesak nafas apabila tenaga langsung diforsir. Tetapi jangan melakukan pemanasan dengan sembarangan juga. Lakukan pemanasan tersebut dengan baik supaya sirkulasi udara jadi lebih stabil saat Anda melakukan olahraga inti.

Beragamnya manfaat pemanasan sebelum olahraga di atas jelas tidak boleh Anda abaikan. Apalagi manfaat pemanasan ini berhubungan langsung dengan kenyamanan dan kesehatan Anda. Jadi, mulai sekarang, biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga ya.

Demikian informasi Berfaedah.com, semoga bermanfaat. Tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "Ternyata Ini Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel