11 Manfaat Tanaman Krokot untuk Kesehatan

Berfaedah.com - Tanaman krokot adalah salah satu tanaman yang sangat mudah untuk dijumpai. Tanaman ini biasa dianggap sebagai gulma yang mampu hidup mulai dari wilayah tropis sampai dengan wilayah sub-tropis. Namun dibalik keberadaannya yang cenderung mengganggu, tanaman krokot ini sangat bermanfaat. Dan diantara manfaat tanaman krokot tersebut sangat terasa untuk kesehatan.

Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui hal ini karena rata-rata orang hanya akan mencabut lalu langsung membuangnya begitu saja. Kalaupun dimanfaatkan, biasanya juga hanya akan diberikan pada jangkrik sebagai pakan mereka. Tetapi sebenarnya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tanaman krokot mempunyai sejumlah manfaat seperti yang dijelaskan di bawah ini.

manfaat tanaman krokot

11 Manfaat Tanaman Krokot untuk Kesehatan

1. Tanaman Krokot Bisa Membantu Menguatkan Tulang dan Gigi

Tulang dan gigi adalah dua bagian tubuh yang keberadaannya sangat penting. Karena itu, baik tulang dan gigi harus selalu dijaga kesehatannya. Nah, salah satu cara untuk mengukur kesehatan tulang dan gigi ialah dengan melihat kekuatannya. Anda dapat mengkonsumsi tanaman krokot untuk lebih memperkuat dua bagian tubuh tersebut.

2. Tanaman Krokot Bermanfaat untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu nama untuk menyebutkan kondisi dimana tekanan darah sudah mencapai lebih dari 140/90 mmHG. Hampir semua orang bisa mengalami kondisi ini. Bahkan, Badan Kesehatan Dunia sudah menyebutkan tentang angka yang terus saja meningkat secara global. Baca: 11 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih untuk Tubuh

Tekanan darah tinggi juga biasa disebut sebagai pembunuh dalam diam. Hal ini dikarenakan tekanan darah tinggi sangat mungkin untuk menimbulkan komplikasi yang mengancam nyawa penderitanya seperti penyakit jantung. Umumnya penyakit ini memunculkan gejala seperti pusing, mual, sakit kepala, penglihatan yang parah, nyeri pada dada, kelelahan dan lain-lain.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan tanaman krokot. Bagian yang dimanfaatkan untuk tujuan ini adalah daunnya. Jadi, konsumsi saja daun tanaman krokot dengan demikian tekanan darah akan turun secara alami.

3. Tanaman Krokot Mampu Melancarkan Siklus Haid

Siklus haid yang teratur adalah hal yang sangat penting bagi wanita. Hal ini dikarenakan siklus haid yang tidak teratur juga termasuk dalam masalah kesehatan bahkan seringkali hal ini mempengaruhi pikiran seseorang. Nah, mengkonsumsi daun tanaman krokot ternyata bisa membantu Anda yang sebelumnya mempunyai siklus haid tak teratur jadi lebih teratur.

4. Manfaat Tanaman Krokot Dapat Membantu Mengatasi Penyakit Kencing Berdarah

Kencing yang berdarah bisa menjadi pertanda bahwasanya terdapat masalah yang terjadi pada prostat, ginjal atau saluran kencing Anda. Penyakit ini biasa disebut sebagai hematuria yang bisa membuat urin jadi berwarna merah gelap, merah atau pink. Sementara pada kondisi normal, urin tidak akan mengandung darah sama sekali.

Jika diamati mungkin penderita tidak akan merasakan sakit namun ada juga kasus dimana seseorang justru menjadi sangat kesakitan saat dia kencing. Selain bisa menimbulkan sejumlah ketidaknyamanan, penyakit kencing berdarah juga akan menjadi sangat berbahaya apabila tidak segera diatasi. Baca: 12 Manfaat Daun Tanaman Binahong yang Menakjubkan

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi penyakit tersebut ialah dengan mengkonsumsi daun krokot. Disarankan untuk Anda mengkonsumsi air rebusan daun tanaman krokot secara rutin supaya kesehatan saluran kencingAnda bisa lekas pulih.

5. Tanaman Krokot Dapat Menurunkan Demam

Walaupun demam adalah sakit yang biasa terjadi, namun ini tetap saja harus diwaspadai. Terutama apabila kenaikan suhu tubuh terlalu tinggi, ini bisa menimbulkan penyakit yang serius. Biasanya, yang lebih sering mengalami demam adalah perempuan. Pun demikian, setiap orang bisa saja merasakannya.

Demam memunculkan gejala seperti berkeringat, mengantuk, sulit untuk berkonsentrasi, depresi, dehidrasi, kehilangan selera makan, sakit kepala, menggigil dan kedinginan. Apabila Anda merasakan hal seperti itu, cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan daun krokot, karena salah satu manfaat tanaman krokot ialah membantu menurunkan demam.

6. Tanaman Krokot Bermanfaat untuk Mengatasi Cacingan

Manfaat lain dari tanaman krokot ialah bisa membantu mengatasi cacingan. Cacingan itu sendiri adalah suatu masalah pencernaan yang sangat umum sekali dialami oleh anak-anak. Apabila anak-anak mengalami hal ini dan dibiarkan, maka nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi oleh anak tidak akan bisa diserap tubuh dnegan maksimal.

Karena itu, jika Anda mendapati anak mengalami cacingan Anda harus segera melakukan langkah penanganan. Salah satunya ialah dengan memberikannya air rebusan daun tanaman krokot.

7. Tanaman Krokot Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Ada banyak tanaman yang sebenarnya mempunyai manfaat serupa, dan tanaman krokot adalah salah satunya. Kesehatan jantung adalah sesuatu yang tidak boleh Anda abaikan mengingat jantung ini mempunyai peran yang sangat vital bagi tubuh Anda. 

Salah satu upaya yang bisa Anda tempuh untuk menjaga kesehatan jantung ialah dengan mengkonsumsi tanaman krokot.

8. Tanaman Krokot Mampu Mengatasi Radang Lambung

Radang lambung atau yang biasa disebut juga dengan gastritis adalah kondisi dimana lapisan kulit di dalam organ lambung membengkak atau meradang. Radang lambung ini bisa muncul secara mendadak dan bahkan dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. 

Penyakit ini sebenarnya tidak berbahaya namun pada beberapa kasus, radang lambung bisa menyebabkan seseorang mengalami gejala sakit asam lambung, bahkan juga dapat meningkatkan resiko kanker perut. 

Karena itu, jika Anda merasakan gejala radang lambung sebaiknya Anda segera melakukan pengobatan. Salah satu pengobatan alami yang bisa Anda lakukan ialah dengan memanfaatkan tdaun tanaman krokot.

9. Tanaman Krokot Bisa Membantu Mengatasi Bisul

Manfaat tanaman krokot juga bisa diandalkan untuk mengatasi bisul. Seperti yang Anda tahu, bisul ini akan menimbulkan sensasi rasa sakit yang akan membuat penderitanya menjadi tidak nyaman. Selain itu, apabila bisul ini muncul di bagian-bagian yang mudah terlihat maka ini akan membuat penampilan seseorang jadi rusak karena bisul tampak seperti luka bernanah.

Untuk mengatasi bisul tersebut, Anda dapat menjadikan daun tanaman krokot sebagai bahan utamanya. Cukup rebus daun tanaman krokot tersebut dengan air secukupnya, lalu ambil air rebusan dan konsumsi secara rutin sampai bisul sembuh.

10. Tanaman Krokot Bermanfaat untuk Mengatasi Radang Kulit dan Luka Koreng

Lebih lanjut lagi, tanaman krokot juga disebut-sebut mampu mengatasi radang kulit dan luka koreng. Baik radang kulit maupun luka koreng akan membuat penampilan jadi terganggu dan untuk mengatasinya Anda dapat memanfaatkan daun tanaman krokot.

Ambil daun tersebut secukupnya saja kemudian tumbuh sampai halus. Jika sudah, campurkan dengan garam secukupnya lalu oleskan pada bagian kulit yang meradang atau terdapat luka korengnya.

11. Manfaat dari Tanaman Krokot untuk Mengatasi Penyakit Hepatitis

Hepatitis atau yang biasa disebut dengan istilah penyakit kuning juga bisa diatasi oleh tanaman krokot. Penyakit ini adalah penyakit yang cukup berbahaya dan mematikan. Dan apabila Anda ingin mengatasinya, Anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun tanaman krokot secara rutin.

Manfaat tanaman krokot memang sangat banyak seperti yang telah disebutkan di atas. Hal ini dikarenakan tanaman krokot mempunyai kandungan senyawa alami yang sangat berguna bagi tubuh. Tanaman krokot juga mengandung mangan, magnesium, vitamin C, vitamin A, vitamin B, zat besi, fosfor serta beberapa unsur yang lainnya.

0 Response to "11 Manfaat Tanaman Krokot untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel