Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berfaedah.com - Apakah Anda tahu manfaat tanaman lidah buaya? Tentu saja banyak sekali manfaat dan kandungan yang terdapat pada tumbuhan aloe vera. Sebagai tanaman yang sering Anda temukan di daratan Indonesia, maka tak jarang digunakan untuk bahan baku kosmestik dan obat-obatan tertentu. Biasanya bagian yang sering dimanfaatkan yaitu gel lidah buaya. Nah, inilah kandungan, manfaat tanaman dari lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan.

manfaat tanaman lidah buaya

Kandungan Gizi Tanaman Lidah Buaya

Sebelum membahas mengenai manfaat dari tanaman lidah buaya, taukah Anda bagian gel lidah buaya memiliki kandungan air hingga 98,5 % dan sisanya mengandung senyawa, seperti vitamin, enzim, mineral dan lain sebagainya. Berkat berbagai kandungan tersebut memungkinkan tanaman lidah buaya sangat bermanfaat dalam dunia kesehatan maupun kecantikan. Agar Anda lebih jelas, silahkan simak beberapa kandungan gizi dari lidah buaya berikut ini.

Mineral Lengkap

Lidah buaya mempunyai mineral yang lumayan lengkap, misalnya kalsium, sodium, kromium, selenium, potassium mangan, zinc dan magnesium. Namun jumlah mineral tersebut tidak begitu banyak, tetapi mampu memberikan asupan untuk kebutuhan mineral yang diperlukan tubuh.

Mengandung Vitamin

Seperti yang Anda tahu bahwa tanaman aloe vera memiliki kandungan vitamin, seperti vitamin B, B12, C, E, dan asam folat. Kegunaan vitamin B sendiri adalah baik untuk saraf dan otot dalam menghilangkan nyeri pada tubuh. Sementara itu, vitamin C dan E berguna untuk kesehatan kulit, sehingga biasa digunakan untuk olahan kosmetik. Baca: Inilah Manfaat Tanaman Bakau yang Jarang Orang Tahu

Kaya Antioksidan

Antioksidan yang cukup tinggi pada tanaman ini mampu mendukung kesehatan tubuh manusia. Apalagi terdapat pula kandungan vitamin C dan E, sehingga dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Maka dari itu, kandungan antioksidan tersebut sangat direkomendasi sebagai pemutih kulit alami.

Kandungan Cairan

Betapa tidak lidah buaya mengandung air yang sangat tinggi. Cairan pada tanaman lidah buaya ini bermanfaat untuk minuman atau masker pelembab kulit wajah. Oleh karenanya, jika Anda seringkali mengalami dehidrasi berlebih sangat baik mengkonsumsi lidah buaya matang yang tentunya sudah diekstrak.

Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan

Manfaat dari tanaman lidah buaya untuk kesehatan memang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Kebanyakan orang memanfaatkan tanaman ini untuk diambil gel dan lateks yang cukup berkhasiat tinggi. Selain diekstrak menjadi obat-obatan dan suplemen lain, ternyata daging lidah buaya juga bisa dikonsumsi secara langsung setelah dibuang getahnya. Lantas, apa saja manfaat lidah buaya tersebut? Simak terus ulasannya.

Tanaman Lidah Buaya untuk Mengatasi Penyakit Jantung

Anda mungkin sudah tahu jika penyakit jantung sangat ditakuti oleh banyak orang. Mengingat gejalanya secara tiba-tiba dan tanpa Anda sadari. Namun jika Anda rajin mengkonsumsi lidah buaya, kemungkinan besar akan terhindar dari masalah penyakit ini. Pasalnya kandungan yang terdapat pada tanaman tersebut mampu menjaga kesehatan jantung. Baca: 11 Manfaat Tanaman Krokot untuk Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya untuk Mengobati Penyakit Reumatoid Arthritis

Manfaat tanaman lidah buaya untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mengobati penyakit Reumatoid Arthritis. Penyakit Rheumatoid Artritis adalah penyakit yang diserang akibat sistem kekebalan tubuh. Banyak penelitian yang menunjukkan jika obat paling ampuh untuk mengobati penyakit ini yakni lidah buaya. Paling tidak Anda mengkonsumsi lidah buaya selama 2 minggu secara rutin.

Lidah Buaya untuk Menyembuhkan Masalah Pencernaan

Apakah Anda sering buang air besar atau memiliki masalah pencernaan lainnya? Silahkan saja konsumsi tanaman lidah buaya, karena mempunyai kandungan didalamnya yang sangat efektif sebagai obat pencahar. Terdapat juga nutrisi yang dapat merangsang pertumbuhan bakteri pada bagian usus.

Baca Juga:
WOW: Inilah Manfaat Tanaman Okra untuk Kesehatan dan Kecantikan
WOW: Inilah Manfaat Tanaman Kumis Kucing yang Jarang Orang Tahu

Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Pada sebuah penelitian menunjukkan jika tanaman mengandung sifat anti bakteri, serta mengandung nutrisi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Apabila makan makanan lidah buaya dengan teratur, maka dapat mengatasi plak pada gigi tersebut, bahkan masalah gigi lainnya.

Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Kecantikan

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika lidah buaya bermanfaat untuk kecantikan kulit. Bahkan mampu merawat sekaligus mengobati berbagai masalah kulit maupun rambut. Pasalnya tanaman lidah buaya dapat menjaga kelembaban kulit tubuh dengan alami. Tidak hanya itu, aloe vera ini pun membantu menyembuhkan kulit akibat terpapar sinar matahari. Adapun manfaat dari tanaman lidah buaya untuk kecantikan adalah seperti berikut. Baca: Inilah Manfaat Tanaman Obat Keluarga (Toga) untuk Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya untuk Merawat Kulit Kepala dan Rambut

Rambut memang mudah sekali untuk kusut dan rontok. Penting bagi Anda mengoleskan masker lidah buaya pada kulit kepala. Hal ini karena kandungan enzim pada lidah buaya dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus menutrisi akar rambut. Karena itulah, rambut akan tumbuh lebih kuat, halus dan mudah diatur.

Tanaman Lidah Buaya Dapat Membersihkan Kulit

Manfaat tanaman lidah buaya untuk kecantikan yang kedua yaitu untuk membersihkan kulit. Tumbuhan lidah buaya memiliki sifat dan aneka macam vitamin yang dapat membersihkan area kulit. Pasalnya cara kerjanya yang mampu menyingkirkan jerawat dan komedo yang terselinap di kulit wajah. Dengan menggunakan lidah buaya sebagai pembersih wajah, maka pori-pori kulit akan tetap bersih sekaligus dapat membasmi pori kulit yang telah mati.

Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Menghilangkan Flek Hitam

Siapa sangka penggunaan secara rutin lidah buaya sebagai perawatan kulit wajah, memungkinkan untuk memudarkan flek hitam di kulit tersebut. Secara berkala flek hitam atau bintik-bintik hitam di area wajah akan tersamarkan dan kembali bersinar. Hal ini tentu saja tak terlepas dari kandungan berupa vitamin C dan vitamin E yang ada di lidah buaya, mampu menghilangkan flek hitam dan mencerahkan kulit wajah.

Lidah Buaya Dapat Mencegah Keriput pada Mata

Bagaimana ketika kulit mata anda menjadi lebih keriput dari sebelumnya? Tentu saja ini tanda-tanda penuaan dini. Ada baiknya, anda memanfaatkan lidah buaya untuk membantu memelihara kulit sehingga mampu meningkatkan tekstur kulit. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung banyak vitamin A, C, dan E. Pada penggunaanya cukup dilakukan setiap akan tidur malam dan tunggu beberapa saat barulah dibersihkan kembali. Baca: WOW: Inilah Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Kesehatan

Orang yang Tidak Boleh Konsumsi Lidah Buaya

Menggunakan lidah buaya untuk perawatan kesehatan dan kecantikan memang sangat mudah. Apalagi jarang memicu efek samping jika digunakan secara rutin dan teratur. Namun jangan sesekali konsumsi lidah buaya lagi jika Anda mengalami masalah, seperti alergi, gatal dan kemerahan. Nah, taukah Anda ada beberapa orang yang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi lidah buaya. Berikut ulasannya.
  • Ibu hamil dan menyusui dilarang konsumsi lidah buaya, karena dapat memicu keguguran dan cacat lahir. Sebaiknya, ketika Anda hamil tidak diperbolehkan konsumsi lidah buaya tersebut. 
  • Anak-anak di bawah umur 12 tahun memang belum cocok mengkonsumsi lidah buaya. Pasalnya dapat memicu sakit perut, diare atau kram. Karena itulah, hindari memberikan anak lidah buaya kecuali atas anjuran dan resep dokter. 
  • Para penderita wasir tidak diperkenankan memakan lidah buaya, karena hanya akan memperparah kondisi pengidap wasir. 
  • Orang yang menjalani operasi, maka tidak boleh makan lidah buaya. Hal ini akan menganggu kadar gula darah selama maupun setelah operasi. Jangan konsumsi lidah buaya menjelang operasi. 

Demikian hal yang harus Anda pahami betul tentang kandungan lidah buaya. Hati-hati jika Anda tidak cocok menggunakan bahan alami yang satu ini, segera hubungi dokter. Semoga manfaat tanaman lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan dapat Anda terapkan sehari-hari. Tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel