Wajib Coba! 9 Cara Mengatasi Bayi Kagetan Paling Jitu

Berfaedah.com - Bayi yang sering kaget pada dasarnya adalah suatu hal yang wajar. Pun demikian, masih banyak pula orang tua yang merasa khawatir sehingga kemudian mencari cara untuk mengatasinya. Cara mengatasi bayi kagetan itu sendiri cukup beragam mulai dari membedongnya dengan erat hingga membuat posisi tidurnya jadi tengkurap.

Berdasarkan informasi, bayi yang kagetan itu adalah pertanda bahwa kondisinya sedang normal. Pun demikian, apabila hal ini terjadi saat bayi sedang tertidur, maka bayi bisa terbangun sehingga kualitas tidurnya berkurang. Jika ini yang terjadi, jelas akan membawa dampak buruk bagi bayi tersebut. Dan untuk menghindarinya, Anda bisa melakukan cara mengatasi bayi kagetan yang disebutkan di bawah ini.

cara mengatasi bayi kagetan

9 Cara Mengatasi Bayi Kagetan Paling Jitu

1. Membedong Bayi

Cara pertama yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi bayi kagetan ialah dengan membedongnya. Membedong ini adalah suatu teknik yang meniru tempat layaknya rahim, yang bisa membuat bayi merasa nyaman. Rasa nyaman ini nantinya bisa mengurangi rasa takut sekaligus kaget bayi dari sentuhan yang sifatnya mendadak. Baca: 5 Cara Mengatasi Bayi Mencret dengan Benar

Gunakan kain yang lembut untuk membedong bayi. Upayakan pula supaya kain tersebut cukup lebar dan tidak terlalu tebal juga. Gunakan teknik membedong yang baik ya supaya tida justru berbahaya bagi bayi.

Nah, saat bayi berada dalam kondisi dibedong seperti ini, Anda harus rajin-rajin memeriksa kondisinya. Pastikan bahwa bayi tidak merasa kepanasan karena dibedong sehingga tidak muncul keringat. Kemudian, jangan membedongnya terlalu kuat apalagi sampai melilitnya supaya bayi tidak sampai merasa sesak nafas.

2. Menempelkan Tubuh Anda dengan Bayi saat Tertidur

Supaya bayi tetap merasa nyaman saat hendak tidur, ada baiknya jika Anda menidurkannya dengan cara menggendongnya atau memangku, terserah Anda, yang penting tubuh Anda tetap dekat dengan tubuh bayi.

Nantinya, saat bayi mulai tertidur, Anda bisa meletakkan bayi ke tempat tidur, tetapi dengan posisi dimana tubuh Anda tetap membungkuk serta menempel dengan tubuh bayi. Letakkan bayi secara perlahan dan kalau punggung bayi sudah menyentuh kasur, silahkan Anda lepaskan tangan lalu jauhkan diri Anda darinya.

Ingat, pada saat meletakkan atau melepaskan diri, Anda perlu melakukannya dengan perlahan. Jangan sampai Anda melakukannya dengan kasar dan cepat sehingga bayi merasakan gerakan yang kencang atau tiba-tiba, karena ini juga bisa menjadi pemicu bayi menjadi kagetan. Baca: 9 Cara Mengatasi Bayi Susah BAB Umur 1 Bulan dengan Benar

3. Menggendong dan Memperdengarkan Suara Nyanyian

Salah satu hal yang menyebabkan bayi jadi kagetan ialah karena dia mendengar suara yang cukup keras. Nah, supaya bayi Anda jadi terbiasa dengan suara-suara yang ada di sekitarnya, Anda bisa menggendongnya sekaligus menepuk-nepuknya. Kemudian, senandungkan nyanyian atau buatlah suara-suara halus untuk membantunya mengurangi rasa tidak nyaman atau takut.

4. Melakukan Peregangan

Anda juga bisa menerapkan peregangan pada bayi untuk mengatasi kagetannya. Selain bisa mengatasi kaget pada bayi, peregangan ini juga sangat bermanfaat dalam membantu perkembangan geraknya. Di samping itu, peregangan juga akan membantu pernafasan serta meningkatkan kekuatan ototnya.

Adapun peregangan yang bisa Anda terapkan pada buah hati ialah pada bagian tangan dan kakinya. Lakukan dengan hati-hati, perlahan dan lembut mengingat tubuh bayi ini sangat rentan mengalami cedera.

5. Jauhkan Bayi dari Penyebab Bayi Kagetan

Salah satu cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bayi yang kagetan ialah dengan mengenali pemicunya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan sifat kagetan itu sendiri ada karena beberapa sebab, contohnya suara yang keras, perbahan posisi tidur yang ternyata kurang nyaman, terjadi gerakan yang tiba-tiba di dekat bayi, popoknya kotor dan lain sebagainya. Baca: Inilah 10 Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Nah, apabila Anda sudah tahu apa saja yang menjadi penyebab bayi menjadi kaget, Anda juga perlu menjauhkan bayi dari semua penyebab tersebut.

Misalnya, saat bayi tidur pastikan bahwa tidak tidak ada orang yang berpotensi mengganggu tidur bayi, kecilkan suara televisi atau radio jika Anda menyalakannya dan sebaiknya jauhkan telepon genggam Anda dari bayi, khawatir kalau tiba-tiba alarm berbunyi atau ada yang menelepon.

6. Memberi Pijatan pada Bayi

Cara yang selanjutnya ialah bisa dengan memijatnya. Tentunya cara yang satu ini bisa Anda lakukan dalam kondisi bayi yang masih terjaga. Anda bisa melakukannya kapan saja, baik sesaat setelah memandikannya, mengganti bajunya atau mengganti popoknya.

Anda bisa memberikan pijatan ini dengan menggunakan bantuan minyak telon. Lakukan dengan lembut selama beberapa menit saja. Ada baiknya pula jika Anda mengajak bayi berkomunikasi saat memijitnya supaya bayi menjadi lebih rileks dan kalau dia tertidur nanti, dia tidak akan mudah terkejut.

7. Memberi Belaian pada Bayi

Cara mengatasi bayi kagetan yang lainnya ialah dengan membelainya. Cara ini cukup efektif dilakukan baik saat bayi tertidur ataupun tidak. Adapun bagian tubuh yang bisa Anda belai ialah dada atau kepalanya. Belaian atau usapan seperti ini cenderung akan memberikan kenyamanan terhadap bayi. Baca: Inilah 8 Cara Mengatasi Bayi yang Rewel dengan Benar

Sehingga apabila bayi kaget saat dia tertidur, ada kemungkinan dia kembali tenang dan melanjutkan tidurnya.

8. Bersikap Tenang dan Bangunkan Bayi dengan Lembut

Anda khawatir dengan kondisi bayi yang kagetan itu adalah hal yang wajar, apalagi jika Anda baru pertama kali ini merawat bayi. Akan tetapi, perlu ditekankan sekali lagi bahwa kondisi kagetan pada bayi ini bukanlah sesuatu yang berbahaya. Ini adalah hal yang normal dimana kagetan tersebut akan berangsur-angsur berkurang seiring dengan bertambahnya usia bayi.

Karena itu, apabila bayi tiba-tiba kaget, Anda wajib tenang terlebih dahulu. Bayi yang kaget saat tidur memang tampak lebih mengkhawatirkan karena secara tiba-tiba bayi mungkin akan mengangkat tangannya ataupun melakukan gerakan yang lainnya. Apapun itu, Anda wajib tenang.

Kemudian, silahkan Anda bangunkan bayi. Bangunkan bayi ini dengan lembut supaya Anda tidak menambah kekagetannya. Kalaupun Anda tidak ingin bayi bangun, Anda bisa membelainya supaya dia merasa nyaman dan tertidur kembali seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

9. Berbaring Bersama Bayi saat Menyusui

Langkah lain yang juga bisa Anda tempuh untuk mengatasi bayi yang kagetan ialah dengan berbaring bersamanya, terutama saat menyusui. Tindakan ini akan membuat bayi menjadi lebih tenang. Selain itu, ini juga menjadi kesempatan yang bagus untuk Anda ikut beristirahat bukan?

Kemudian, upayakan supaya bayi berada di posisi yang nyaman untuk tidur, karena posisi ini juga turut menentukan kualitas tidur si bayi.

Cara mengatasi bayi kagetan di atas memang cukup ampuh, akan tetapi Anda disarankan untuk segera meminta bantuan medis apabila kagetannya si bayi cenderung mengganggu dan tampak tidak normal. Tanyakan saja pada dokter apakah gejala kagetan yang ditunjukkan oleh buah hati Anda tersebut memang benar-benar normal atau sebaliknya.

Semoga berfaedah, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "Wajib Coba! 9 Cara Mengatasi Bayi Kagetan Paling Jitu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel