8 Cara Mengatasi Bayi Sungsang Paling Efektif

Berfaedah.com - Setiap wanita yang sedang hamil hendaknya mengetahui cara mengatasi bayi sungsang. Hal ini dikarenakan walaupun saat ini kondisi bayi dalam kandungan sudah berada dalam posisi yang normal, selalu ada kemungkinan nanti saat menjelang kelahiran bayi justru berada dalam posisi yang sungsang. Adapun posisi sungsang itu sendiri adalah posisi dimana bagian bawah tubuh bayi ada di jalan lahir.

Sementara, kondisi yang seharusnya adalah justru bagian kepala yang ada di dekat jalan lahir. Apabila posisi sungsang ini dibiarkan saja, maka proses melahirkan bisa jadi sulit. Bahkan mungkin ibu harus melahirkan dengan jalan operasi. Karena itu, untuk menghindari agar hal ini tidak terjadi, maka silahkan Anda simak berbagai cara mengatasi bayi sungsang yang ada di bawah ini.

cara mengatasi bayi sungsang
senyumbunda.com

8 Cara Mengatasi Bayi Sungsang Paling Efektif

1. Posisi Telentang

Cara yang pertama ialah dengan posisi telentang. Untuk cara ini, silahkan Anda berbaring di atas lantai yang sebelumnya sudah dilapisi oleh matras yoga atau karpet. Kemudian letakkan sebuah bantal dan posisikan supaya bantal tersebut ada di bawah pinggul. Dengan begini, posisi perut akan menjadi lebih tinggi dibandingkan kepala. Baca: 5 Cara Mengatasi Bayi Mencret dengan Benar

Kalau nanti ternyata kepala jadi terasa tidak nyaman, Anda bisa menambahkan bantal juga di bawah kepala. Akan tetapi, tetap Anda harus mengupayakan supaya posisi pinggul lebih tinggi dari kepala, entah dengan menambahkan bantal lagi atau yang lainnya. Jika Anda sudah merasa nyaman, selanjutnya Anda bisa menarik nafas dalam-dalam dan perlahan.

Kondisikan supaya tubuh Anda menjadi rileks, serileks mungkin. Tetaplah bertahan dalam posisi ini kira-kira selama 15 menit. Silahkan Anda lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam sehari. Mengenai hasilnya, sebenarnya akan lebih efektif apabila Anda melakukannya saat perut tengah kosong dan bayi sedang aktif.

2. Posisi Bersujud

Untuk cara yang kedua ini, Anda perlu melakukannya dengan meletakkan kedua lutut serta kedua telapak tangan di atas lantai. Setelah itu, Anda bisa mendorong bagian panggul ke arah atas sehingga posisi rahim menjadi lebih tinggi dibandingkan kepala. Atau bisa juga dengan merendahkan bagian kepala. Jika hendak diibaratkan, posisi ini seperti ketika Anda bersujud.

Dalam posisi ini pula, silahkan Anda goyangkan tubuh secara perlahan ke arah depan dan ke arah belakang. Anda dapat melakukannya kira-kira selama 5 menit sampai 15 menit. Nah, supaya telapak tangan dan kaki tetap nyaman serta tidak bersentuhan langsung dengan lantai, Anda dapat memakai alas.

Atau jika Anda ingin memakai penyangga juga bisa. Silahkan Anda lakukan hal ini secara rutin setiap hari sebanyak dua kali. Baca: 9 Cara Mengatasi Bayi Susah BAB Umur 1 Bulan dengan Benar

3. Posisi Push-up

Dibandingkan dengan dua posisi sebelumnya, bisa dikatakan bahwa posisi ini lebih sulit. Makanya, jika Anda berminat untuk melakukannya, Anda perlu meminta bantuan orang lain, baik suami, asisten rumah tangga atau siapapun yang bisa dipercaya.

Untuk melakukannya, silahkan Anda luruskan badan terlebih dahulu dengan menghadap ke lantai. Posisikan agar kaki berada lebih tinggi dari kepala, baik dengan menggunakan kursi ataupun bantal yang sudah disusun menjadi lebih tinggi.

Kemudian, letakkan bantal di bawah perut supaya ketika Anda merasa lelah dengan posisi ini, perut Anda tida langsung mengenai lantai. Dan agar Anda tidak terjatuh, minta tolong orang lain untuk memegangi Anda. Tahan posisi ini kira-kira selama 30 detik kemudian ulangi hingga 3 kali.

4. Menggunakan Benda Dingin

Ada juga ahli yang menganggap bahwasanya janin akan merasa tidak nyaman saat merasakan sensasi dingin. Jika janin merasakan sensasi dingin ini, dia akan cenderung menjauhi lokasi dimana rasa dingin tersebut terasa. Makanya, cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi bayi sungsang ialah dengan menggunakan benda dingin.

Untuk tujuan yang satu ini, Anda dapat menggunakan es batu atau sayuran beku. Akan tetapi, Anda harus membungkusnya dulu dengan kain supaya tidak terlalu dingin. Jika sudah, langsung tempatkan es atau sayuran beku tersebut di atas rahim Anda. Cara mengatasi bayi sungsang ini dipercaya bisa membuat bayi jadi berputar menuju ke arah yang sebaliknya. Baca: Inilah 10 Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

5. Menggunakan Suara Ayah atau Suara Musik

Alternatif lain yang juga bisa Anda lakukan supaya posisi bayi tidak sungsang lagi ialah dengan menggunakan suara, baik suara ayah ataupun suara musik. Hal ini dikarenakan pada saat janin sudah berada dalam kondisi yang siap lahir, maka dia akan cenderung merespon suara-suara yang didengarnya dari dalam rahim.

Jadi, cobalah Anda perdengarkan musik klasik agar bayi jadi terangsang menuju ke arah suara. Atau jika tidak ada musik, Anda bisa meminta pada suami agar berbicara pada janin. Namun, pastikan supaya suami Anda berbicara dengan posisi yang dekat dengan bagian bawah rahim sehingga kepala janin jadi bergerak mendekati jalan lahir.

6. Menekuk Lutut ke Arah Dada

Cara mengatasi bayi sungsang bahkan bisa juga Anda lakukan sambil duduk. Disarankan agar Anda duduk di permukaan yang datar. Dalam posisi ini, silahkan Anda tekuk lutut supaya menempel pada dada dan paha juga menempel pada perut. Jika Anda kesulitan, ingatlah untuk tidak memaksakan diri. Cukup lakukan semampunya saja.

7. Memperbanyak Berjalan

Selanjutnya, Anda juga dapat mengatasi bayi sungsang dengan cara memperbanyak berjalan. Berjalan ini adalah salah satu olahraga paling ringan yang sangat disarankan untuk dilakukan oleh para ibu hamil. Baca: Inilah 8 Cara Mengatasi Bayi yang Rewel dengan Benar

Silahkan Anda lakukan olahraga ini setiap hari sekitar 30 menit. Konon katanya cara mengatasi bayi sungsang ini juga ampuh dalam membujuk janin supaya kembali pada posisi yang benar.

8. Melakukan Pijatan Ringan

Pijatan yang dimaksud kali ini bisa Anda praktekkan sendiri dan bisa Anda lakukan di rumah. Adapun urutan pijatan yang dimaksud ialah silahkan Anda posisikan tangan kiri agar berada di bawah perut sementara tangan kanan diposisikan agar berada di bagian atas. Setelah itu, mulailah menggerakkan tangan searah dengan dengan jarum jam di sekitar sisi kanan perut.

Ketika tangan kanan sudah mencapai bagian atas perut, Anda dapat menggeser tangan yang kiri agar berpindah ke sisi kiri perut, kemudian buat agar tangan kiri berputar secara penuh dan searah dengan jarum jam. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan bantuan lotion dalam hal ini supaya lebih mudah dalam menggerakkan tangan.

Untuk durasinya, Anda dapat melakukannya sekitar 10 menit saja. Lakukan hal ini selama beberapa kali dalam sehari.

Delapan cara mengatasi bayi sungsang di atas terbukti efektif dalam mengembalikan posisi bayi. Akan tetapi, ada pula ibu hamil yang tidak sukses melakukannya. Apabila dalam pelaksanaan cara-cara di atas Anda justru merasa tidak nyaman, nyeri, sakit atau sebagainya, silahkan Anda hentikan saja dan jangan dilanjutkan lagi. Lebih aman lagi jika Anda segera memeriksakannya pada dokter ahli.

Semoga berfaedah, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "8 Cara Mengatasi Bayi Sungsang Paling Efektif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel