Inilah Manfaat Tanaman Obat Keluarga (Toga) untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Toga - Di zaman serba modern seperti sekarang ini, kebanyakan orang memang lebih memilih jenis obat-obatan kimia untuk menyembuhkan penyakit. Alasan utama mereka mengkonsumsi jenis obat ini adalah karena proses penyembuhannya yang relatif cepat. Padahal, tahukah Anda bahwa di dalam obat kimia tersebut terdapat berbagai zat yang berbahaya bagi tubuh?

Ya, obat kimia memang berbahaya bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara terus menerus. Oleh karena itu, untuk menjaga kondisi tubuh agar senantiasa sehat maka Anda disarankan untuk mengkonsumsi Tanaman Obat Keluarga (Toga) guna mengatasi berbagai penyakit. Tanaman toga sendiri sudah dimanfaatkan untuk proses pengobatan tradisional sejak zaman dahulu dan terbukti khasiatnya. Manfaat tanaman toga untuk kesehatan tubuh umumnya bervariasi sesuai dengan jenis tanamannya. Simak berikut ini berbagai macam tanaman toga dan manfaatnya.

Manfaat Tanaman Toga Beserta Gambarnya

Asam Jawa (Tamarindus Indica L.)


manfaat tanaman toga

Jenis tanaman toga berasa manis ini juga banyak digunakan sebagai bahan obat tradisional. Hampir seluruh bagian tanaman asam jawa dapat dimanfaatkan untuk pengobatan. Mulai dari bagian daging buahnya, kulit biji hingga daunnya. Daging buah asam jawa mengandung berbagai macam senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Seperti vitamin B3, peptin, proline, serine, gula invert, beta alanin, leusin, phenylalanine serta citric dan pipecolic acid.

Sementara itu, kulit biji asam jawa juga memiliki kandungan senyawa yang tidak kalah bermanfaat dibandingkan dengan daging buahnya. Ya, kandungan utama dari kulit biji asam jawa adalah berupa zat tamin. Kemudian, untuk daun asam jawa sendiri juga memiliki kandungan iovitexin, stexin serta isoorientin. Adanya berbagai macam zat yang bermanfaat ini membuat asam jawa dianggap ampuh menyembuhkan berbagai penyakit. Diantaranya adalah batuk, bisul, sariawan, masalah pencernaan, luka lebam, berat badan turun, rambut rontok, karang gigi hingga radang payudara. Baca: 11 Manfaat Tanaman Krokot untuk Kesehatan

Kunyit (Curcuma Domestica)


tanaman toga dan manfaatnya

Hampir sebagai besar masakan yang Anda santap pasti menggunakan bumbu berupa kunyit. Ternyata selain digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit juga dapat dimanfaatkan untuk proses pengobatan. Penggunaan kunyit untuk keperluan pengobatan tidak terlepas dari kandungan berbagai zat bermanfaat yang ada di dalam tanaman ini. Seperti minyak atsiri, kurkuminoid, protein, vitamin C, sari pati dan mineral. Adapun berbagai penyakit yang bisa diobati dengan memanfaatkan kunyit adalah rematik, maag, limpa, masalah kulit hingga sakit kuning.

Daun Kelor (Moringa Oleifera)


manfaat tanaman toga beserta gambarnya

Manfaat tanaman toga bagi kesehatan juga bisa Anda temukan pada daun kelor. Daun kelor memang merupakan jenis tanaman yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Popularitasnya ini tidak terlepas dari manfaat yang dihadirkannya untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Adapun beberapa masalah kesehatan yang dapat disembuhkan oleh daun kelor, yaitu mengobati luka luar, kekurangan vitamin A, B1, B2 dan menurunkan demam.

Tidak hanya itu, daun kelor juga dipercaya berkhasiat menurunkan tekanan darah dan kolesterol, menjaga ginjal tetap sehat dan metabolisme tubuh. Cara penggunaan daun kelor untuk pengobatan juga relatif mudah untuk Anda terapkan. Seperti tanaman obat lainnya, pemakaian daun kelor bisa Anda lakukan dengan terlebih dulu menghaluskan dan merebusnya untuk kemudian diminum airnya. Baca: Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Temulawak (Curcuma Zanthorrhiza)


manfaat tanaman toga bagi kesehatan

Temulawak merupakan jenis tanaman obat yang tumbuh subur di wilayah tropis termasuk Indonesia. Bagian tanaman ini yang sering digunakan untuk pengobatan tradisional adalah rimpangnya. Alasan penggunaan rimpang temulawak untuk pengobatan dikarenakan bagian ini kaya akan kandungan zat tepung, kurkumin dan minyak atsiri. Dengan kandungan ketiga zat tersebut, temulawak dipercaya berkhasiat untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Seperti jerawat, anemia, penambah nafsu makan, mencegah kanker serta sebagai antioksidan dan antimikroba.

Seledri (Apium Graveolens)


manfaat tanaman toga

Disamping digunakan sebagai penyedap rasa, seledri ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk proses pengobatan berbagai gangguan kesehatan. Manfaat tanaman toga yang satu ini untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungan vitamin beserta mineral di dalamnya. Jenis vitamin dan mineral yang terkandung di dalam daun seledri adalah berupa vitamin A, B, C, kalium, mineral serta zat besi. Adanya beragam senyawa bermanfaat tersebut membuat seledri dipercaya dapat menyembuhkan darah tinggi, reumatik, pencegah kanker hingga penambah nafsu makan.

Bengkuang (Pachyrrhizus Erosus URB.)


tanaman toga dan manfaatnya

Selama ini, bengkuang memang dikenal berkhasiat untuk menjaga kondisi kulit. Berkat khasiatnya tersebut, tidaklah mengherankan apabila bengkuang banyak digunakan sebagai bahan berbagai produk kosmetik kecantikan. Selain bermanfaatkan untuk menyehatkan kulit, bengkuang juga bisa digunakan sebagai obat guna menyembuhkan beberapa penyakit.

Umumnya, bagian bengkoang yang banyak digunakan untuk pengobatan adalah daun serta umbinya. Kedua bagian ini kaya akan kandungan berbagai senyawa seperti fosfor, vitamin A, B1, C, protein, rotenon, saponin, flavonoid, pachyrhizon dan zat besi. Keberadaan berbagai senyawa ini membuat bengkuang berkhasiat menyembuhkan penyakit. Meliputi penyakit diabetes mellitus, eksim, wasir, sariawan, beri-beri dan obat sakit perut.

Alpukat (Persea Americana Mill.)


manfaat tanaman toga beserta gambarnya

Alpukat merupakan salah satu jenis tanaman buah-buahan yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Meskipun mempunyai rasa asli yang pahit, alpukat banyak dimanfaatkan sebagai obat terutama bagian buah dan bijinya. Dalam satu buah alpukat sendiri terkandung berbagai jenis senyawa baik yang berguna untuk mengatasi masalah kesehatan.

Senyawa baik tersebut meliputi vitamin A, B2, protein, sesqueterpenes dan lemak jenuh. Keberadaan berbagai senyawa di dalamnya membuat manfaat tanaman toga ini untuk kesehatan sangat beragam. Diantaranya adalah mengatasi diabetes, darah tinggi, kencing batu, kencing manis, sariawan, nyeri lambung dan juga syaraf.

Jambu biji (Psidium Guajava)


manfaat tanaman toga bagi kesehatan

Anda tentu sudah sangat familiar dengan buah jambu biji. Ya, buah yang memiliki rasa manis ini memang kerap dijadikan sebagai bahan baku pembuatan jus. Selain digunakan sebagai bahan baku jus, ternyata jambu biji juga biasa digunakan sebagai antioksidan. Sebab di dalam jambu biji ini terkandung senyawa betakaroten yang cukup tinggi.

Bukan hanya betakaroten saja, jambu biji juga masih memiliki senyawa bermanfaat lainnya. Seperti zat besi, kalsium, asam amino, vitamin A, B1, C dan juga fosfor yang tidak kalah tinggi. Seluruh zat ini dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda, menurunkan kolesterol, mencegah diabetes serta mengatasi radikal bebas. Disamping manfaat ini, jambu biji juga efektif digunakan sebagai obat anti diare, peluruh haid, menghentikan pendarahan dan radang.

Mengkudu (Morinda Citrifolia)


manfaat tanaman toga untuk kesehatan

Buah mengkudu atau noni merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam keluarga kopi. Karakteristik utama dari buah ini adalah rasanya yang tidak enak atau sepet dan berbau sangat menyengat. Akan tetapi, siapa sangka dibalik kekurangannya tersebut buah ini juga mempunyai kelebihan.

Ya, kelebihan dari buah mengkudu adalah berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan oleh buah ini adalah demam dan arthritis. Selain itu, khasiat buah ini juga terbukti dapat meminimalisir risiko stroke, menurunkan kolesterol dan gula darah serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Itulah berbagai macam tanaman toga yang bisa Anda manfaatkan sebagai solusi untuk mengatasi masalah kesehatan. Setelah mengetahui manfaat tanaman toga untuk menyembuhkan beragam penyakit, harapannya adalah Anda akan meminimalisir penggunaan obat kimia. Dengan demikian, tubuh Anda akan menjadi lebih sehat karena terhindar dari berbagai macam efek samping akibat konsumsi obat kimia.

Semoga berfaedah, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "Inilah Manfaat Tanaman Obat Keluarga (Toga) untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel