TENANG: Inilah Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dengan Benar

Berfaedah.com - Sehebat-hebatnya Anda dalam menjaga HP, bukan berarti menutup kemungkinan untuk hal buruk terjadi. Salah satu hal terburuk yang bisa terjadi adalah HP Anda kemasukan air. Air memang sangat berbahaya bagi HP karena bisa menyebabkan kerusakan, apalagi jika HP Anda tidak memiliki sertifikasi ketahanan air. Lalu, bagaimana cara mengatasi HP kemasukan air dengan benar dan ampuh?

Jangan langsung panik ketika HP Anda terjatuh ke kolam atau terkena air hujan. Tenangkan diri Anda terlebih dahulu karena dalam keadaan tenang Anda bisa berpikir lebih jernih. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi HP yang terkena air. Silahkan coba cara-cara berikut ini jika HP Anda terkena air.

cara-mengatasi-hp-kemasukan-air

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Dengan Mematikannya

Langkah wajib yang perlu Anda lakukan ketika HP terkena air adalah mematikannya. Kalau HP Anda masih menggunakan baterai yang bisa dilepas-pasang, segera lepas baterai tersebut. Air yang masuk ke HP Anda dapat memicu terjadinya konslet dan menyebabkan komponen-komponen yang ada dalam HP Anda terbakar.

Setelah HP mati, bukan berarti Anda bisa menyalakannya kembali. Anda harus memastikkan HP Anda sudah benar-benar kering sebelum menghidupkannya kembali. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeringkan HP Anda. Misalnya dengan menggunakan beras, silica gel, atau bahkan vacuum cleaner. Baca: Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi HP Lemot dengan Mudah

Buka Casing HP untuk Memberi Jalan Udara

Beruntung bagi Anda yang memiliki HP dengan desain tidak unibody karena Anda bisa melepas casingnya. Dengan dilepasnya casing, Anda akan membuka jalur udara bagi HP Anda. Namun, jika Anda tidak mempunyai keahlian, jangan sekali-kali mencoba untuk membongkar HP dengan melepas sekrup-sekrup yang ada. Hal tersebut justru bisa memperparah kondisi HP Anda.

Setelah casing dilepas, Anda bisa mencoba untuk menggoyang-goyangkan HP Anda supaya air yang ada di dalam keluar. Lakukanlah secara perlahan karena jika Anda melakukannya dengan asal-asalan dapat memperburuk kondisinya. Jangan juga mencoba mengeringkannya dengan pemanas seperti pengering rambut karena hal tersebut akan merusak komponen yang ada.

Mengeringkan Menggunakan Lap yang Menyerap Air

Setelah Anda membuka casing sebagai jalan udara, HP Anda tentu tidak akan cepat kering dengan sendirinya. Anda bisa mencoba mengurangi air yang ada dalam HP Anda menggunakan bantuan kain lap yang cepat menyerap air. Anda juga bisa menggunakan kertas yang cepat menyerap air, contohnya tisu. Tempelkan kain atau kertas tersebut ke bagian yang basah supaya bisa menyerap.
Namun, jangan Ana menggosok-gosokkan kain atau kertas tersebut ke HP karena hal itu hanya akan memperparah kondisi basah.

Sedot Air Menggunakan Vacuum Cleaner

Cara yang satu ini sangat bisa Anda coba jika Anda takut mengeluarkan airnya secara manual. Sebelum Anda menggunakan vacuum cleaner, pastikan semua benda-benda kecil (sim card, sd card, dan baterai) sudah dilepas. Setelah itu, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk mengeluarkan air yang ada di dalam HP Anda. Baca: Inilah Penyebab dan Cara Mengtasi HP Bootloop dengan Mudah

Mengeringkan HP Dengan Beras

Cara ini adalah cara paling ampuh yang bisa Anda coba jika HP Anda terkena air. Siapkan ziplock yang bisa memuat HP Anda dan beras secukupnya. Matkan HP Anda dan masukkan ke dalam ziplock, lalu isi dengan beras. Beras sudah terkenal ampuh untuk mengeringkan HP karena beras dapat menyerap kelembapan dari HP Anda yang basah.

Namun, pastikan ziplock dan beras yang Anda siapkan dalam keadaan kering. Diamkan HP Anda dalam ziplock berisi beras selama kurang lebih dua hari. Selama dua hari itu, jangan sekali-kali Anda mengeluarkan HP Anda. Biarkan terus berada dalam ziplock supaya HP Anda benar-benar kering.

Mengeringkan HP Dengan Silica Gel

Cara yang satu ini bisa dibilang mirip-mirip dengan cara mengeringkan HP menggunakan beras. Anda perlu menyiapkan ziplock dan silica gel. Setelah itu, masukkan HP Anda keadalam ziplock lalu isi dengan silica gel. Sama seperti beras, silica gel juga dikenal dapat menyerap kelembapan dari HP Anda yang basah terkena air.

Diamkan HP Anda berada dalam ziplock selama dua hari dan jangan sekali-kali mengeluarkannya. Selama dua hari itu, Biarkan silica gel menyerap kelembapan HP Anda.Tanda aman yang bisa Anda lihat jika silica gel benar0benar menyerap kelembapan adalah dengan melihat embu atau uap air yang semakin menghilang.

Lakukan Pengecekkan Setelah 2 Hari

Saat Anda sudah melakukan cara mengatasi HP kemasukan air dengan menggunakan beras atau silica gel selama dua hari, jangan lupa untuk mengamati kondisi HP Anda. Pastikan setelah dua hari didiamkan sudah tidak ada embun di layar HP. Jika masih ada embun atau uap air yang terlihat, kembalikan ke dalam ziplock.

Kalau sudah tidak ada embun atau uap air yang terlihat, Anda bisa memasang baterai HP Anda dan coba hidupkan. Jika HP Anda tidak menyala, coba lakukan pengecasan. Bila HP Anda tidak terisi dayanya saat dicas, kemungkinan terdapat kerusakan pada baterai. Coba gunakan baterai lain untuk memastikannya. Bagaimana jika sudah mencoba baterai lain tapi HP tetap tidak menyala? Bawa ke tempat servis.

Perhatikan Kondisi HP Selama Beberapa Hari

Mungkin saja terjadi keanehan pada HP Anda karena dampak dari air yang masuk. Misalnya speaker yang tidak berfungsi dengan normal. Anda bisa mencoba memastikannya dengan mengoperasikan HP Anda sebagai mana mestinya. Dari situ mungkin Anda bisa menydari jika saja terjadi keanehan dan HP Anda tidak berfungsi seperti sebelum terkena air.

Meskipun HP Anda sudah menyala seperti sebelumnya, bukan berarti tidak ada dampak yang bisa ditimbulkan. Air bisa saja merusak komponen-komponen yang ada dalam HP Anda. Contohnya speaker, microphone, port usb dan jack audio, atau bahkan kamera. Maka dari itu Anda harus benar-benar memperhatikan kondisi HP Anda. Jika hal tersebut terjadi, bawalah ke tempat servis.

Bawa ke Tempat Servis

Membawa HP Anda ke tempat servis adalah langkah terakhir yang mau tidak mau harus Anda lakukan jika Anda masih menginginkan HP Anda. Jangan sekali-kali Anda mencoba untuk memperbaiki HP Anda sendiri dengan cara membongkarnya. Tanpa pengalaman membetulkan HP, mungkin saja kerusakan HP Anda justru akan semakin parah.

Bawalah HP Anda ke tempat servis resmi sesuai dengan merek HP Anda atau juga bisa ke tempat servis langganan Anda. Beruntung jika HP Anda memiliki garansi yang menakup tidak sengaja tercelup air, Anda bisa mencoba menggunakan garansi tersebut untuk menghemat biaya. Pastikan Anda menyerahkan HP Anda ke tempat yang servis yang memang benar-benar percaya dan bukan abal-abal.

Jangan panik ketika HP Anda tercelup ke air atau terkena air dalam jumlah banyak. Cobalah cara-cara di atas sebagai langkah cepat mencegah kerusakan yang dapat ditimbulkan air terhadap HP Anda. Namun, jika cara-cara tersebut belum menunjukkan hasil, jangan ragu untuk menyerahkan HP Anda ke tempat servis.

Demikian informasi tentang Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, semoga bermanfaat. Tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "TENANG: Inilah Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dengan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel