Inilah Manfaat Tanaman Bakau yang Jarang Orang Tahu

Berfaedah.com - Bakau adalah sejenis tanaman dari marga Rhizopora yang memiliki ciri-ciri yang mencolok berupa akar tunjang besar dan berkayu, pucuk tertutup daun yang runcing, serta buah yang berkecambah serta berakar ketika masih di pohon. Habitat tanaman bakau kebanyakan berada di hutan bakau. Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove dikenal memiliki banyak manfaat, terutama manfaat lingkungan.

Hutan bakau juga dikenal sebagai penjaga pantai. Karena dengan letaknya yang biasanya di tepi laut, hutan bakau adalah hal pertama yang menjaga pantai atau daratan dari air laut. Sebelum melanjutkan untuk mengetahui manfaat tanaman bakau lebih lanjut, ada baiknya anda mengetahui macam-macam hutan bakau dan tanaman yang memiliki fungsi masing-masing di dalamnya.

manfaat tanaman bakau

Hutan Bakau dan Fungsinya Berdasarkan Tanaman yang Ada di Dalamnya

1. Avicenna

Daftar tanaman pertama yang sering menghiasi hutan bakau adalah Avicenna. Tanaman ini selalu tumbuh di tepi laut dan di tepi sungai sehingga mudah diidentifikasi. Avicenna atau juga dikenal dengan sebutan api-api cenderung berukuran sedang hingga besar, memiliki buah atau biji yang kecil-kecil. Tanaman ini dipercaya bisa berkhasiat bagi kesehatan yakni mengobati sakit gigi dan untuk salep obat luka.

2. Acrostichum Aureum

Manfaat tanaman bakau selanjutnya ada dalam tanaman berjenis Acrostichum Aureum atau sering disebut sebagai tanaman paku laut. Tanaman ini persis dengan tanaman paku yang ada di darat, namun ia hidup di daerah hutan bakau yang terbuka dan sering terkena sinar matahari. Daun tanaman paku laut ini bisa dimanfaatkan dengan cara dimasak untuk dijadikan sayur. Baca: Inilah Manfaat Tanaman Obat Keluarga (Toga) untuk Kesehatan

3. Bruguiera

Tanaman Bruguiera atau sering disebut sebagai tanaman tanjang memiliki ciri-ciri bentuk pohon bear dengan ketinggian mencapai 30 meter. Tanaman tanjang ini sering kita temui di daerah hutan bakau yang memiliki area lumpur tebal. Pohon ini juga bisa dimanfaatkan oleh manusai sebagai konsumsi atau untuk pengobatan.

4. Acanthus

Tanaman Jeruju atau Acanthus juga merupakan tanaman yang sering dijumpai di hutan bakau. TTanaman ini memiliki fungsi utama sebagai tanaman obat. Beberapa khasiatnya antara lain menghentikan pendarahan akibat luka, menghentikan pendarahan akibat gigtan ular, membantu menghilangkan rasa nyeri dan dapat mengobati perut kembung (dengan menggunakan rebusan daunnya).

5. Excoecaria Agallocha

Jenis lainnya yang ada pada hutan bakau adalah tanaman Excoecaria Agallocha. Pohon ini memiliki ciri-ciri batang yang kecil dan lurus, seperti pohon jati namun tidak tinggi danb berukuran sedang. Tanaman ini juga disebut sebagai tanaman buta-buta, merujuk kepada bahaya racun yang ia miliki jika mengenai mata maka akan mengalami kebutaan. Baca: Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Rhizopora

Inilah tanaman yang paling sering ada di hutan bakau. Tanaman Rhizopora adalah yang disebut sebagai tanaman bakau. Pohon tanaman bakau termasuk dalam ukuran besar, karena tingginya bisa  mencapai 40 meter dengan daun yang sangat hijau. Beberapa manfaat tanaman bakau yang bisa ditemui adalah untuk mencuci luka dan juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk.

7. Ceriops

Di dalam hutan bakau terdapat juga tanaman Ceriops atau tengar. Pohonnya memiliki rupa seperti pohon beringindengan mahkota besar dan cenderung berbentuk bulat. Ukurannya termasuk sedang, tidak terlalu besar juga tidak terlalu keciL. Tanaman tengar juga memiliki manfaat untuk mengobati bisul atau juga sering digunakan sebagai pewarna dari kain batik.

8. Sonneratia

Pohon pedada atau tanaman dengan nama latih sonneratia juga termasuk tanaman yang paing banyak ditemui di hutan bakau. Tanaman ini memiliki ciri-ciri mirip dengan tanaman rambat dengan daun lebar dan hijau. Jenis tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai jamu untuk pengobatan tradisional, juga bisa menghaluskan kulit.

Baca Juga:
WOW: Inilah Manfaat Tanaman Kumis Kucing yang Jarang Orang Tahu

9. Xylocarpos

Manfaat tanaman bakau di dalam hutan bakau juga bisa ditemui pada tanaman Xylocarpos. Tanaman Xylocarpos merupakan jenis tanaman di dalam hutan bakau yang terletak pada bagian perbatasan antara bagian yang memiliki banyak koral dengan habitat yang memiliki lumpur tebal. Menurut ukuran, tanaman xylocarpos termasuk dalam ukuran sedang. Baca: 11 Manfaat Tanaman Krokot untuk Kesehatan

Manfaaat Tanaman Bakau untuk Manusia

1. Sumber Makanan

Setelah mengetahui berbagai jenis tanaman di hutan bakau, kini kita masuk pada pembahasan manfaat tanaman bakau untuk manusia. Beberapa buah, biji dan daun dari tanaman bakau yang ada di hutan bakau bisa dimanfaatkan sebagai sumber makanan. Contohnya adalah daun-daunan jenis pakis laut yang dijadikan sayur ataupun lalapan.

2. Sebagai Tanaman Obat/Apotek Hidup

Manfaat tanaman bakau sebagai tanaman obat juga bisa diterapkan dalam hutan bakau, Hampir semua jenis tanaman yang menghuni hutan bakau punya manfaat sebagai tanaman obat alias apotek hidup. Maka, hutan bakau juga bisa berperan sebagai tanaman obat atau apotek hidup yang dapat mengatasi permasalahan kesehatan yang dialami orang-orang yang tinggal di sekitar hutan bakau.

3. Menjaga Kestabilan Garis Pantai

Fungsi penting lain dari hutan bakau yakni menjaga kestabilan garis pantai. Garis pantai lama-lama akan terkikis jika tidak dijaga. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada daratan dan juga pantai, dimana akan terjadi abrasi oleh air laut, Hutan bakau dapat bemanfaat sebagai penghalang air laut dan dapat mengikat tanah sehingga tidak mudah terkena abrasi. Baca: WOW: Inilah Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Kesehatan

4. Mencegah Gelombang Besar/Tsunami

Selaln mencegah abrasi yang disebabkan oleh air laut, hutan bakau juga bisa memiliki fungsi sebagai mencegah gelombang besar. Gelombang besar air laut tidak akan mengenai pantai secara langsung jika pantai tersbeut ditanami tanaman bakau. Atau dalam bencana gelombang besar tsunami, dampak yang akan ditimbulkannya dapat direduksi atau dikurangi jika di pantai terdapat hutan bakau.

5. Pencegah Banjir Rob dan Penahan Lumpur

Sama prinsipnya sepetti saat pencegahan gelombang besar air laut dan tsunami, hutan bakau memiliki fungsi untuk mencegah intrusi air laut, atau proses masuk dan naiknya gelombang air pasang air laut kepermukaan atau daratan. Ini juga bisa menyebabkan bencana air rob atau endapan lumpur yang terbawa.

6. Habitat Hewan Laut

Hutan bakau uga memiliki manfaat lain sebagai temoat hidup hewan-hewan laut dalam jumlah banyak. Hal ini dikarenakan hutan bakau memikiki kadar air laut dalam jumlah banyak. Beberapa hewan yang menjadikan hutan bakau habitat tempat tinggal mereka adalah ikan, ubur-ubur, kepiting. Para hewan-hewan ini memilih hutan bakau juga untuk tempat berkembang biak dan membesarkan anak.

7. Batang Pohon Bakau untuk Bahan Bangunan atau Kayu Bakar

Seperti pada hutan-hutan pada umumnya, pohon bakau juga bisa dimanfaatkan batangnya untuk bahan bangunan hingg kayu bakar. Pemanfaatan batang pohon bakau paling banyak dibuat sebagai mebel dan furniture yang bernilai jual tinggi. Selain itu, kayu bakar juga bisa menjadi alternatif pemanfaatan batang tanaman bakau untuk menghemat penggunaan bahan bakar fosil. Baca: WOW: Inilah Manfaat Tanaman Okra untuk Kesehatan dan Kecantikan

8. Bahan Baku Kertas

Bahan baku kertas berasal dari pulp yang berasl dari kayu pada sebuah batang pohon. Tidak terkecuali pada batang pohon bakau. Kertas yang terbuat dari pohon bakau dikenal sebagai kertas yang memiliki kualitas sangat baik, tidak kalah dengan kualitas kertas yang dibuat dengan batang kayu pohon lainnya.

9. Lokasi Wisata

Menjadi lokasi wisata juga bisa menjadi alternatif manfaat tanaman bakau dari segi pariwisata. Banyak hutan bakau yang sekrang dibuat sebagai lokasi wisata sehingga orang-orang bisa menikmati keindahan hutan bakau secara langsung. Selain bisa berekreasi, para wisawatawan juga diajak secara sukarela untuk sadar akan pentingnya menjaga hutan bakau untuk kepentingan ekosistem.

Demikianlah di atas telah dijelaskan berbagai manfaat tanaman bakau terhadap manusia. Tak disangka, hutan bakau memiliki banyak manfaat serta mendukung keanekaragaman hayati, terutama hewan-hewan laut, Oleh karena itu, kita perlu menyadarkan diri pentingnya menjaga kelestarian hutan bakau untuk keseimbangan lingkungan.

Semoga berfaedah, tolong bantu share ya. Terima kasih!

0 Response to "Inilah Manfaat Tanaman Bakau yang Jarang Orang Tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel