WOW: Inilah Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Kesehatan

Berfaedah.com - Tanaman Ciplukan merupakan jenis tanaman semak yang cukup dikenal di Indonesia. Anda yang lahir pada era 90-an tentu tidak asing dengan buah kecil yang bisa diperoleh dengan cuma-cuma ini. Ciplukan memiliki nama latin Physalius Angulata dan bisa ditemui di berbagai tempat di Indonesia, seperti kebun, sawah yang mengering, pinggiran hutan atau tanah kosong yang ditinggalkan.

Kini buah ciplukan semakin langka ditemui. Bahkan beberapa waktu lalu, buah ini dijual dengan harga fantastis di beberapa mal di Indonesia karena saking langkanya. Belum banyak yang mengetahui jika kita bisa mengambil banyak sekali manfaat tanaman ciplukan. Namun sebelum membahasnya lebih lanjut, sebaiknya Anda mengetahui apa saja kandungan di dalam buah ciplukan terlebih dahulu.

manfaat-tanaman-ciplukan

Kandungan dalam Buah Ciplukan

Ciplukan dulu dikenal hanya sebagai tanaman liar yang tidak memiliki manfaat. Sangat berbeda dengan sekarang, tanaman ini banyak diperjual belikan. Ciplukan banyak dipakai sebagai hiasan makanan (garnish) yang diperjual belikan di banyak negara. Namun di sisi lain, banyak juga manfaat bagi kesehatan yang bisa diberikan oleh buah ciplukan.

Manfaat tanaman ciplukan bagi kesehatan tidak lepas dari kandungan senyawa yang ada di dalamnya. Senyawa-senyawa tersebut antara lain saponin, flavonoid, polifenol, alkaloid, kriptoxantin, vitamin C, asam stearat, asam sitrat, asam palmitat, asam malat dan fisalin. Hampir semua bagian tanaman ciplukan bisa dimanfaatkan oleh manusia mulai dari daun, buah, batang hingga akarnya. Baca: Inilah Manfaat Tanaman Bakau yang Jarang Orang Tahu

Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Kesehatan

1. Kaya akan Antioksidan yang Bermanfaat bagi Tubuh

Tanaman ciplukan memiliki kandungan antioksidan tinggi di dalam buah dan daunnya, Maka tidak heran jika tanaman ini layak dijadikan pencegah alami untuk beberapa penyakit kronis. Zat antioksidan dapat menangkan radikal bebas yang masuk dalam tubuh, seperti karotenoid dan polifenol misalnya. Zat ini juga bisa menghentikan penyebaran berbagai jenis kanker.

2. Mengatasi Masalah Peradangan

Daun ciplukan juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah peradangan. Berbagai masalah peradangan seperti radang sendi, asam urat dan wasir dapat diobati dengan memanfaatkan daun ciplukan karena kandungan daun ciplukan yang memiliki efek anti-inflamasi dan analgesik yang menenangkan sekaligus mempercepat penyembuhan.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Di dalam buah ciplukan terkandung asam oleat dan linoleat yang berguna memerangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Oleh karena itu, orang yang memiliki kolesterol disarankan mengkonsumsi makanan sehat, salah satunya adalah buah ciplukan. Kadar kolesterol yang tinggi sering kali menjadi jembatan bagi penyakit lain seperti hipertensi dan penyakit jantung.

4. Makanan Rendah Kalori

Buah ciplukan termasuk menjadi makanan dengan kalori rendah, yang hanya memiliki 53 kalori per 100 gramnya. Hal ini menjadikannnya manfaat tanaman ciplukan sebagai makanan yang cocok bagi Anda yang sedang melakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan. Ditambah lagi, buah ciplukan juga mengandung nutrisi tinggi yang bisa menjadi supan nutrisi harian Anda. Baca: Inilah Manfaat Tanaman Obat Keluarga (Toga) untuk Kesehatan

5. Membantu Proses Regenerasi dan Perbaikan Sel-sel Tubuh

Di dalam buah ciplukan, ada sebuah senyawa yang bernama withanolides yang bersifat anti-inflamasi. Artinya, senyawa organik ini mampu merangsang terjadinya apoptosis atau kematian sel terprogram sehingga dapat menghilangkan sel yang tidak diinginkan dan meminimalisir jumlah sel yang terlalu banyak, termasuk sel-el yang berbahaya bagi tubuh seperti sel kanker.

6. Pencegah Kanker Payudara

Manfaat tanaman ciplukan yang lain ternyata daunnya bisa untuk mencegah kanker payudara. Penelitian menunjukkan jika dalam ekstrak daun ciplukan mengandung efek sitotoksik yang mampu menginduksi kematian sel kanker payudara. Oleh karena itu, ciplukan bisa menjadi alternatif obat pencegah kanker payudara yang aman, alami, dan terjangkau.

Baca Juga:
WOW: Inilah Manfaat Tanaman Okra untuk Kesehatan dan Kecantikan
WOW: Inilah Manfaat Tanaman Kumis Kucing yang Jarang Orang Tahu

7. Menurunkan Gula Darah dalam Tubuh

Manfaat daun ciplukan juga bisa untuk menurunkan gula darah dalam tubuh, Kandungan di dalam daun ciplukan disinyalir memiliki kemampuan anti hiperglikemi. Beberapa senyawa yang ditemukan pada daun ciplukan diketahui dapat memperlambat proses pemecahan dan penyerapan karbohidrat sehingga dapat meringankan kerja insulin untuk mengatur glukosa darah agar selalu dalam batas fisiologis.

8. Obat Tuberkulosis

Masih dari daun ciplukan, ternyata juga bisa untuk mengatasi penyakit tuberkulosis. Beberapa hasil uji coba penelitian mengungkapkan ekstrak daun ciplukan memiliki senyawa-senyawa yang bisa menghambat pertumbuhan mycobacterium tuberculosis, penyebab utama penyakit tuberkulosis. Oleh karena itu, daun ciplukan berpeluang besar dikembangkan sebagai obat herbal untuk tuberkulosis. Baca: Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

9. Baik untuk Kesehatan Haiti dan Ginjal

Salah satu senyawa dalam kandungan buah ciplukan dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan hati dan ginjal. Salah satu senyawa ini memiliki sifat anti-bakteri sehingga mampu mempromosikan degradasi dan penyerapan fibrosis hati. Selain itu, senyawa ini juga diduga mampu menyingkirkan lemak, garam dan racun dalri sistem limfatik.

10. Baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan di dalam buah ciplukan juga dipercaya sangat baik untuk kesehatan mata. Salah satu manfaat tanaman ciplukan untuk mata adalh mencegah timbulnya katarak. Senyawa Karotenoid di dalam buah ciplukan dapat mengurangi stres oksidatif dalam sistem okular, juga degenerasi makula terkait usia. Buah ciplukan patut dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan mata.

11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Banyak kandungan vitamin C di dalam buah dan daun semakin melengkapi manfaat tanaman ciplukan bagi kesehatan tubuh manusia. Vitamin C pada ciplukan bersifat anti oksidan dan mampu merangsang produksi sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem imunitas tubuh (sistem kekebalan tubuh). Selain itu, vitamin C juga memiliki peran penting dalam pembentukan protein kolagen yang sangat penting bagi kesehatan organ tubuh secara keseluruhan.

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Ciplukan?

Jika sudah mengetahui berbagai manfaatnya bagi kesehatan, maka pertanyaan selanjutnya yang mengganjal adalah bagaimana cara mengkonsumsi ciplukan? Konsumsi ciplukan bisa secara langsung dimakan buahnya tanpa diolah terlebih dulu. Untuk konsumsi rutin setiap hari, makanlah buah ciplukan 5 sampai 10 butir. Baca: 11 Manfaat Tanaman Krokot untuk Kesehatan

Sementara, untuk daunnya bisa dimanfaatkan sebagai olahan ramuan dengan cara merebus. Siapkan 15 hingga 20 lembar daun ciplukan ke dalam tiga gelas air. Diamkan hingga air mendidih hingga tersisa satu gelas air. Saring daun yang sudah direbus tadi, dan diamkan sebentar air yang sudah ada di gelas. Minumlah air hasil rebusan tiap satu hari sekali, atau sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda.

Membuat ramuan obat dari tanaman ciplukan juga bisa berasal dari seluruh bagian pohonnya. Caranya, ambil seluruh pohon ciplukan, potong kecil-kecil buah, daun, batang hingga akarnya, cuci bersih kemudian jemur hingga kering. Jika sudah kering, ambillah dan bungkus agar tidak lembab, lalu rebuslah potonhgan-potongan bagian tanaman ciplukan tadi. Setelah itu, air hasil rebusan ditiriskan sebentar dan bisa diminum untuk konsumsi tiga kali dalam sehari dalam takaran satu gelas.

Apakah Mengkonsumsi Ciplukan Memiliki Efek Samping?

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan, tidak ada atau belum ada efek samping yang ditimbulkan dalam konsumsi buah dan daun ciplukan. Selain itu juga, tidak ada efek samping yang ditimbulkan dari pemanfaatan batang dan akar tanaman ciplukan. Dengan kata lain, konsumsi dan pemanfaatan segala bagian tanaman ciplukan aman dan tanpa memiliki efek samping.

Tanaman ciplukan benar-benar memiliki manfaat yang sangat banyak bagi manusia, Hampir seluruh bagian dari pohonnya bisa dimanfaatkan. Untuk itu, membudidayakan tanaman ciplukan di pekarangan rumah bisa menjadi cara yang baik untuk memperoleh seluruh manfaat dari tanaman ini. Selain itu, cara ini juga efektif dalam menyiasati harga tanaman ini yang sangat mahal akhir-akhir ini.

Demikian informasi tentang manfaat tanaman ciplukan, semoga berfaedah. Tolong bantu share ya. Terima kasih!

0 Response to "WOW: Inilah Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel