WOW: Inilah Manfaat Tanaman Kumis Kucing yang Jarang Orang Tahu

Berfaedah.com - Kumis Kuncing atau remujung dari suku Labiatea merupakan tanaman berupa semak, tingginya biasanya mencapai 1,5 meter. Batangnya berbentuk segi empat, berbulu pendek atau tanpa bulu. Daunnya berbentuk lonjong, namun memiliki tepi yang bergerigi. Begitu banyak manfaat tanaman kumis kucing yang membuatnya sangat dikenal baik di Indonesia maupun dunia.

Tanaman kumis kucing banyak tumbuh di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura dan Thailand. Asal muasal namanya terlihat dari penampakannya yang mirip seperti kumis pada hewan kucing. Dalam bahasa Inggris, kumis kucing juga biasa disebut cat whiskers/ java plant. Kumis kucing juga memiliki nama latin Orthosiphon Aristatus.

manfaat-tanaman-kumis-kucing

Kandungan pada Tanaman Kumis Kucing

Kumis kucing biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias, namun ia juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan pada manusia. Sebelum  kita bahas lebih lanjut soal manfaat tanaman kumis kucing, ada baiknya kita mengetahui lebih dulu kandungan pada kumis kucing. Di bawah ini adalah beberapa kandungan dalam tanaman kumis kucing.
  • Orthosiponin Glycosides, yang berkhasiat melarutkan asam urat, fosfat dan asam oksalat pada tubuh yakni pada kandung kemih, ginjal dan empedu.
  • Flavonoid, berfungsi menjadi anti-inflamasi dan antioksidan bagi tubuh.
  • Garam Kalium, memiliki fungsi diuretik atau sebagai peluruh air seni dan pelarut batu pada saluran kencing.
  • Sinensetin, Orthosiphol, Orthosipon dan rosmarinic acid sebagai zat antioksidan dan ati radang.

Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Kesehatan

Kumis kucing sering dikenal sebagai tanaman yang menjadi obat untuk berbagai masalah kesehatan. Biasanya pengolahan daun kumis kucing sebagai obat dilakukan dengan cara tradisional, yaitu dengan cara direbus dan air rebusannya diminum sebagai ramuan menyehatkan atau obat herbal alami. Keuntungan menggunakan obat herbal alami adalah harga yang lebih murah dan tidak memiliki efek samping. Baca: Inilah Manfaat Tanaman Obat Keluarga (Toga) untuk Kesehatan

1. Mengobati Ginjal

Manfaat tanaman kumis kucing yang pertama yakni untuk mengobati ginjal. Kumis kucing telah lama dikenal sebagai obat berbagai masalah pada ginjal seperti batu ginjal atau infeksi ginjal. Rebuslah 3 genggam daun kumis kucing yang masih segar ke dalam 2 gelas air untuk mengatasi batu ginjal. Tambahkan juga daun  keji beling sebanyak 5 lembar ke dalam rebusan, Minum air rebusan secara rutin 2 kali sehari.

2. Mengatasi Masalah Diabetes atau Gula Darah

Daun kumis kucing juga berguna untuk mengatur kadar gula dalam tubuh sehingga penyakit diabetes atau gula darah bisa tetap terkontrol. Caranya hampir sama seperti ramuan untuk batu ginjal yakni dengan cara merebus 2 genggam daun kumis kucing dengan 2 gelas air. Tungu hingga air mendidih dan tersisa satu gelas saja. Minumlah air tersebut satu kali sehari secara rutin.

3. Menyembuhkan Asam Urat

Daun Kumis kucing mengandung enzim flavonoid dan juga berbagai kandungan asam alami yang berkkhasiat mengurangi rasa sakit saat anda mengalami asam urat atau encok. Selain itu, kumis kucing juga bisa menjadi solusi untuk penyakit astritis. Siapkan 5 lembar daun untuk direbus dengan tanaman meniran  dan dua gelas air. Minum air hasil rebusan selama 3 kali dalam sehari.

4. Mengobati Sesak Nafas atau Asma

Masih banyak di antara manfaat tanaman kumis kucing untuk kesehatan, termasuk mengobati sesak nafas, asma atau penyakit pernapasan lainnya seperti batuk. Kandungan nutrisi yang terkandung pada daun kumis kucing bisa menjadi obat saat asma yang anda derita kambuh. Lagi-lagi dengan mengkonsumsi air rebusan kumis kucing sebanyak 3 kali sehari untuk mengobati batuk. Baca: WOW: Inilah Manfaat Tanaman Okra untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Sebagai Obat Masuk Angin

Air rebusan daun kumis kucing sekali lagi bermanfaat untuk mengobati penyakit yang sering dialami manusia, yakni masuk angin. Minumlah ramuan air rebusan daun kumis kucing satu kali setiap hari dengan takaran satu gelas untuk menyembuhkan masuk angin. Masuk angin jangan dianggap remeh sebab bisa berbahaya jika tidak segera ditangani.

6. Menghilangkan Gatal karena Alergi

Jika anda merasa gatal-gatal yang disebabkan karena alergi, maka air rebusan daun kumis kucing juga bisa dipakai sebagai obat penyembuhnya. Alergi bisa terjadi karena tubuh merasa sensitif pada laergen seperti bulu hewan, makanan, serbuk bunga, wangi-wangian, debu atau pun sebagainya. Campurlah air rebusan daun kumis kucing dengan daun sambiloto, daun meniran dan 2 ruas jari temulawak.

Baca Juga:
Inilah Manfaat Tanaman Bakau yang Jarang Orang Tahu
Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

7. Mengobati Gusi Bengkak

Bagi anda yang mengalami pembengkakan pada area gusi, anda bisa memanfaatkan daun kumis kucing. Air hasil rebusan daun kumis kucing ditunggu sebentar sampai dingin, kemudian digunakan untuk berkumur-kumur dengan rutin hingga bengkak berkurang dan sembuh dengan total. Cara lain adalah dengan mengunyah langsung beberapa daun kumis kucing pada area gusi yang bengkak.

8. Mengatasi Sembelit

Sembelit terjadi karena adanya gangguan pencernaan yang mengakibatkan pengerasan pada tinja sehingga susah buang air besar (BAB). Kondisi ini disebabkan karena seseorang kurang menjaga pola makan setiap hari sehingga kurang adanya serat dalam tubuh. Air rebusan daun kumis kucing bisa menjadi serat yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga bisa melancarkan kembali BAB. Baca: 11 Manfaat Tanaman Krokot untuk Kesehatan

9. Anti-Jamur dan Bakteri

Di dalam daun kumis kucing, terdapat kandungan senyawa anti jamur dan bakteri yang membantu mencegah perkembangan parasit dan zat asing lain masuk ke tubuh. Senyawa anti jamur pada kumis kucing tersebut memotong suplai nutrisi jamur sehingga mereka tak mampu berkembang biak dengan sempurna.

Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Kecantikan

Tidak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan, daun kumis kucing juga bermanfaat untuk kecantikan. Masalah-masalah yang biasa ditemui oleh wanita mengenai kecantikan dan kebersihan dapat diatasi dengan daun kumis kucing, Berikut ini adalah beberapa masalah kecantikan pada wanita yang bisa dicegah atau diatasi oleh daun kumis kucing.

1. Baik untuk Kulit

Salah satu manfaat tanaman kumis kucing bagi kecantikan adalah sangat baik untuk mengatasi masalah soal kulit. Daun kumis kucing bisa diolah menjadi minyak yang bisa menjadi solusi bagi infeksi pada kulit seperti kulit kering, kasar dan juga berbagai infeksi lainnya. Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan minyak daun kumis kucing ke kulit yang bermasalah dan lakukan sedikit pemijatan agar ia meresap.

2. Menjadi Obat Keputihan pada Wanita

Masalah keputihan yang terjadi pada wanita bisa disembuhkan dengan daun kumis kucing. Khasiat utama kumis kucing sebagai pembersih bakteri dalam tubuh juga bisa diterapkan dalam masalah keputihan. Campurkan rebusan daun kumis kucing, daun beluntas, 10 butir biji kemukus dan 1 sendok the jinten hitam. Konsumsi air rebusan tersebut 1 kali setiap hari. Baca: WOW: Inilah Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Kesehatan

3. Mengatasi Nyeri Saat Haid/Menstruasi

Daun kumis kucing juga bisa mengatasi rasa nyeri yang datang saat wanita datang bulan atau haid. Rasa nyeri yang timbul bisa dihilangkan dengan bantuan air rebusan daun kumis kucing. Campurkan dua genggam daun kumis kucing dan dua genggam daun urat beserta 3 gelas air. Minumlah air ini dua kali sehari dan harus langsung dihabiskan.

4. Untuk Penurun Berat Badan

Menurut penelitian terbaru, daun kumis kucing juga bisa digunakan dalam program diet yang sedang anda jalankan untuk menurunkan berat badan. Kandungan pada kumis kucing terbukti bisa menurunkan badan lebih cepat. Kini banyak muncul produk-produk yang bisa anda konsumsi sebagai penurun berat badan seperti the daun kumis kucing, pil, atau tablet yang terbuat dari ekstrak daun kumis kucing.

Berbagai ulasan di atas menunjukkan bahwa sangat banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari tanaman kumis kucing. Oleh karena itu, jangan hanya dipakai sebagai tanaman hias saja, budidayakan juga tanaman kumis kucing, yang juga termasuk sebagai TOGA (tanaman obat keluarga), di rumah anda.

Demikian informasi tentang manfaat tanaman kumis kucing, semoga berfaedah. Tolong bantu share ya. Terima kasih!

0 Response to "WOW: Inilah Manfaat Tanaman Kumis Kucing yang Jarang Orang Tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel