WOW: Inilah Manfaat Tanaman Okra untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berfaedah.com - Tanaman Okra merupakan jenis sayur lunak dan berlendir yang bisa dikonsumsi yang sering disebut juga sebagai Lady Fingers. Tanaman Okra banyak tumbuh di daerah tropis, oleh karena itu tumbuhan ini juga banyak ditemukan di Indonesia, Afrika, Amerika Latin dan negara Asia Tenggara lainnya.  Selain Lady Fingers, okra juga bisa disebut okura (Jepang), kacang bendi (Melayu) dan okro atau gumbo (Jawa).

Banyak orang yang enggan mengkonsumsi sayuran okra lantaran teksturnya yang berlendir, namun siapa sangka di balik itu okra merupakan sayuran yang penuh nutrisi dan dapat dimakan hingga biji-bijinya. Salah satu manfaat okra yang pepuler adalah untuk mencegah diabates. Sebelum mengetahui manfaat tanaman okra lebih lanjut, mari kita ketahui dulu zat-zat yang terkandung dalam tanaman okra.

manfaat-tanaman-okra

Kandungan dalam Tanaman Okra

Okra sejak dulu dikenal dengan sayuran sumber gizi tinggi dan digunakan untuk obat dan kuliner. Kandungan vitamin C okra dikenal sangat tinggi serta vitamin K dan kandungan folat. Sayuran polong ini juga memiliki kandungan serat yang sangat efektif untuk membantu melancarkan pencernaan, menstabilkan gula darah dalam tubuhm dan mengontrol penyerapan gula.

Kandungan nutrisi dalam tanaman okra bisa beragam, tergantung cara mengkonsumsinya. Namun sebagian besar nutrisi yang terkandung tetaplah sama, antara lain Serat Vitamin C, Folat, Vitamin K, Vitamin A, Niacin atau Vitamin B3, Tiamin atau vitamin B1, vitamin B6, Magnesium, Zat Besi, Beta Karoten, Lutein dan Zeaxantin.

Manfaat Tanaman Okra untuk Kesehatan

1. Pencegah Diabates, Mengontrol Gula Darah

Salah satu manfaat tanaman okra paling terkenal adalah untuk mencegah diabetes. Kandungan serat yang tinggi di dslamnya membuatnya sangat ampuh mengontrol guka darah dalam tubuh. Konsumsi okra mentah dibanding yang sudah diolah lebih berkhasiat ketimbang yang sudah diolah. Caranya siapkanlah potongan sayur okra yang tidak dicuci getah lengketnya. Masukkan potongan okra ke dalam air, rendam hingga satu malam. Pada pagi harinya, minumlah air rendaman okra tersebut. Baca: Wajib Tahu! Inilah 9 Manfaat Okra untuk Pria bagi Kesehatan

2. Atasi Sembelit, Melancarkan Pencernaan

Kadar serat tinggi pada okra juga bisa digunakan untuk melancarkan pencernaan. Sembelit atau susah buang air besar menjadi salah satu hal yang bisa diatasi oleh tanaman okra. Konsumsi okra dengan cara direbus atau dikukus akan menambah khasiatnya dalam mengatasi sembelit. Hal ini dilakukan supaya kandungan nutrisi pada okra tidak larut atau hilang.

3. Mencegah Masalah pada Usus

Selain melancarkan pencernaan, tanaman okra juga bisa menyehatkan usus. Salah satu risiko besar penyakit datang dari usus besar yakni kanker usus yang bisa memengaruhi kinerja usus lainnya dalam proses pencernaan di tubuh manusia. Okra mengandung zat antioksidan tinggi yang bisa digunakan untuk mencegah kanker usus besar.

4. Untuk Mencegah Obesitas atau Kelebihan Berat Badan

Beberapa kasus obesitas atau kelebihan berat badan terjadi karena kekurangan nutrisi dan bukan karena kebanyakan makan makanan berlemak. Oleh karena itu, Anda yang mengkonsumsi okra selangkah lebih maju mengatasi obesitas. Hal ini dikarenakan tanaman okra memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kepercayaan Anda akan meningkat jika Anda berhasil menghindari obesitas dan mempertahankan berat badan ideal.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat tanaman okra lainnya bagi kesehatan yaitu untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan pada tubuh. Hal ini berkaitan dengan kandungan tanaman okra yang memiliki jumlah vitamin C tinggi. Viatmin C akan merangsang pembentukan produksi sel darah putih yang jadi komponen utama dalam sistem imun tubuh. Zat antioksidan berperan menangkal semua radikal bebas. Baca: WOW: Inilah Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Kesehatan

6. Mencegah Kanker

Tanaman okra mengandung sejumlah protein di dalamnya, salah satunya dalam bentuk lektrin. Lektrin ini adalah jenis protein yang sulit dicerna oleh tubuh. Namun ia memiliki kegunaan dan berpotensi untuk bisa membunuh sel-sel kanker dan menghentikan perkembangannya. Mengkonsumis okra dipercaya bisa memperlembat sel kanker hingga 63 persen, juga membunuh sekitar 72 persen sel kanker yang sudah tumbuh.

Baca Juga:
Inilah Manfaat Tanaman Bakau yang Jarang Orang Tahu
Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan
WOW: Inilah Manfaat Tanaman Kumis Kucing yang Jarang Orang Tahu

Manfaat Tanaman Okra untuk Kecantikan

1. Menyehatkan Kulit

Setelah membahas soal manfaat tanaman okra bagi kesehatan, ternyata okra juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah untuk menyehatkan kulit. Kandungan vitamin C tinggi pada okra menjaga kesehatan kulit Anda sehingga terlihat awet muda dan juga mengganti sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan.

Nutrisi yang terkandung pada okra juga sangat baik untuk mencegah pigmentasi kulit. Pigmentasi kulit adalah suatu kelainan pada kulit yang membuat perubahan warna kulit sehingga tidak terlihat merata. Pencegahan terhadap pigmentasi kulit dapat dilakukan agar tetap menjaga penampilan kulit sehingga terlihat halus dan diremajakan. Baca: Inilah Manfaat Tanaman Obat Keluarga (Toga) untuk Kesehatan

2. Menyehatkan Rambut

Baik pria maupun wanita sering kali memiliki masalah pada rambut seperti kualitas dan tingkat ketebalannya. Jika Anda memiliki rambut dengan tekstur kasar dan kusam, maka Anda bisa memanfaatkan tanaman okra untuk mengatasi hal ini. Kandungan lendirnya membantu membuat rambutmu menjadi berkilau. Caranya oleskan saja air rebusan okra pada rambut sebelum dibilas hingga bersih.

Lendir pada  okra juga bisa berfungsi sebagai kondisioner alami. Caranya adalah saat Anda keramas seperti biasa menggunakan shampo, setelah itu Anda bisa mengoleskan lendir yang ada pada tanaman okra. Diamkan selama lima menit lalu bilas menggunakan air, cuci hingga bersih dan keringkan menggunakan handuk.

Manfaat tanaman okra lainnya untuk rambut yakni melembabkan kulit kepala dan mencegah Ketombe. Daun okra akan berguna sebagai pelembab alami sekaligus menghilangkan gatal. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan beberapa lembar daun okra dengan campuran air. Oleskan campuran ini pada kulit kepala sambil melakukan pijatan ringan. Diamkan dengan cara membungkus kepala dengan daun selama setengah jam, lalu bilas hingga bersih dengan air.

Cara Mengkonsumsi Tanaman Okra Menjadi Sajian Lezat

Telah kita ketahui manfaat okra dan cara konsumsinya di atas sebagian besar adalah dengan memanfaatkan air rebusan, dihaluskan maupun dioleskan. Akan tetapi siapa sangka jika tanaman okra ternyata bisa dibuat sebagai makanan yang lezat. Namun, memasak okra menjadi sajian yang sehat namun tetap lezat adalah sebuah tantangan tersendiri. Baca: 11 Manfaat Tanaman Krokot untuk Kesehatan

Okra akan menjadi semakin lengket (karena mengandung lendir yang tinggi) jika terlalu lama dipanaskan atau terkena panas. Potongan okra akan mengental karena gelatin yang ada di dalamnya bereaksi saat dipanaskan. Cara terbaik dalam mengolah okra adalah dengen menumisnya sebentar saja. Anda bisa membuat tumis okra dengan cara dipotong-potong atau secara utuh.

Untuk memasak okra dengan lezat, pilihlah okra yang muda yang berukuran kecil (biasanya tidak lebih dari 7 cm). Bersihkan okra menggunakan lap bersih dan air untuk menghilangkan rambut halusnya. Lalu keringkanlah okra sebelum dipotong-potong. Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah membuat tumis okra seperti di bawah ini.
  • Panaskan minyak di atas penggorengan, gunakan minyak zaitun (agar lebih sehat) dengan takaran dua sendok makan.
  • Masukkan okra yang sudah dipotong-potong tadi dalam ketebalan masing-masing 1 cm. Total okra yang dimasukkan kurang lebih 0.5 kg.
  • Masak dengan api sedang selama 5 menit dengan metode tumis hingga okra berubah warna menjadi lebih kecoklatan.
  • Tambahkan cuka (2 sendok makan), dan potongan bawang putih dab bawang bombai.
  • Tumis lagi selama tiga menit, lalu tambahkan garam, lada dan dua iris potongan tomat.
  • Aduk sebentar, diamkan selama 10 menit sambil matikan api pada kompor.
  • Tumis okra pun siap dihidangkan.

Demikianlah di atas adalah berbagai manfaat tanaman okra dan cara mengolahnya agar menjadi sajiaan rumah yang lezat. Kini Anda dapat mengenal lebih jauh lagi soal sayuran yang berbentuk runcing ini. Langkah baiknya lagi, jika Anda mulai memanfaatkan okra untuk konsumsi sehari-hari. Kandungan nutrisi pada okra bisa menambah kebutuhan nutrisi harian Anda.

Semoga berfaedah. Tolong bantu share ya. Terima kasih!

0 Response to "WOW: Inilah Manfaat Tanaman Okra untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel