Wajib Baca! Bolehkah Ibu Hamil Tambal Gigi?

Berfaedah.com - Terkadang ibu hamil juga memiliki permasalahan sakit gigi, tetapi bolehkah ibu hamil tambal gigi? Pada dasarnya tambal gigi tentunya bisa menimbulkan rasa nyeri sesuadahnya sehingga dapat memberikan efek ketidaknyamanan pada si ibu hamil sehingga terkadang dilarang melakukan tambal gigi, terutama jika usia kehamilannya sudah tua.

Apabila seorang ibu hamil merasa nyeri ternyata dapat merangsang pengeluaran Prostaglandin atau molekul dalam tubuh yang perannya mengatur detak jantung, kerusakan sel, daya tahan,dan pembuluh darah dalam tubuh ibu hamil yang bisa menimbulkan kontraksi.

Oleh karena itu, untuk lebih amannya maka gunakanlah antiseptik dan analgetik lokal yang aman untuk digunakan saat penambalan gigi sehingga tidak mengakibatkan bayi lahir prematur.

bolehkah-ibu-hamil-tambal-gigi

Efek Tambal Gigi pada Ibu Hamil

Apakah efek ibu hamil yang melakukan tambal gigi? Sebelum melakukan maka ketahui beberapa informasi dari efek yang bisa dirasakan oleh ibu hamil yang melakukan tambal gigi. Ini Dia seputar informasinya untuk Anda. Baca: 14 Manfaat Buah Apel Hijau untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

1. Memicu Pendarahan

Salah satu efek yang dapat terjadi apabila melakukan tambal gigi pada ibu hamil yaitu bisa memicu terjadinya pendarahan ataupun bahkan keguguran apabila Anda melakukannya pada saat trimester kehamilan pertama. Hal tersebut terjadi karena melakukan tambal gigi ternyata dapat memicu stres dan rasa sakit yang berkepanjangan.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan melakukan tambal gigi saat masih hamil trimester pertama karena memang sangat rentan terjadinya pendarahan ataupun keguguran. Dengan demikian saat melakukannya di usia kehamilan yang sudah tua juga dapat memicu terjadinya pendarahan.

2. Kehilangan Kesadaran

Ternyata efek dari melakukan tambal gigi oleh ibu hamil memang bisa membuat sebagian besar orang menjadi kehilangan kesadaran. Dengan demikian maka sebaiknya Anda memang harus berpikir dua kali ketika akan melakukan tambal gigi saat sedang hamil. Nah, ketahuilah bahwa kehilangan kesadaran tersebut terjadi karena stres.

Stres ternyata dapat membuat pembuluh darah menjadi sempit yang disebabkan karena ibu hamil tiduran terlalu lama apabila sedang melakukan tambal gigi. Tentunya, apabila pembuluh darah menyempit maka bisa membuat ibu hamil menjadi merasa kehilangan rasa sadar. Baca: Inilah Efek Samping dan Manfaat Jengkol untuk Ibu Hamil

3. Kekurangan Cairan Tubuh

Ketika ada pertanyaan bolehkah ibu hamil tambal gigi? maka ketahuilah bahwa tambal gigi dapat membuat kondisi tubuhnya kekurangan cairan. Hal tersebut pastinya dikarenakan setelah melakukan tambal gigi ternyata harus mengurangi minum sehingga bisa membuat ibu hamil dan janin menjadi dehidrasi.

Oleh karena itu, memang akan sangatlah berpengaruh pada kesehatan ibu hamil dan janinnya. Jadi, sebaiknya Anda menjaga pola makan sehat agar kesehatan tubuh menjadi lebih terjaga terutama bagi Anda yang memiliki gigi berlubang maka sebaiknya hidari makanan yang dapat membuat gigi menjadi sakit agar tidak harus melakukan tambal gigi.

4. Memicu Kontraksi Kandungan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ibu hamil yang melakukan tambal gigi maka bisa merasakan stres yang bisa meningkatkan jumlah prostaglandin pada tubuh ibu hamil dapat memicu terjadinya konraksi. Nah, ketahuilah apabila terjadi kontraksi sebelum waktunya maka akan membuat kesehatan janin menjadi kurang sehat.

Dengan begitu maka memang cukup beresiko apabila Anda melakukan tambal gigi saat hamil. Oleh karena itu hindarilah makanan yang dapat memicu sakit gagi agar tidak mengharuskan Anda untuk tambal gigi yang memiliki efek pada ibu hamil muda maupun sudah hamil tua. Baca: Wajib Baca! Inilah 10 Manfaat Kelapa Ijo untuk Ibu Hamil

5. Janin Mengalami Gangguan

Ternyata pemberian obat untuk tambal gigi juga bisa berdampak negatif kepada kesehatan janin. Dengan begitu maka sebaiknya Anda memang mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tidak mengalami efek samping buruk apabila melakukan tambal gigi dengan berbagai obat yang diberikan.

Dengan adanya pertanyaan bolehkah ibu hamil tambal gigi, pastinya dokter sudah mengetahui obat yang tepat dikonsumsi oleh ibu hamil disertai pula dengan dosis yang tepat. Dengan demikian maka tidak akan berakibat buruk kepada kondisi kesehatan kehamilan ataupun kesehatan dan perkembangan janinnya juga tetap sehat.

Hal yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil saat Tambal Gigi

Terkadang sakit gigi memang sangatlah menyakitkan oleh karena itu memang mengharuskan untuk melakukan tambal gigi. Tetapi ketahui terlebih dahulu hal-hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil saat melakukan tambal gigi, ini dia seputar informasinya untuk Anda.

1. Memperhatikan Usia Kehamilan

Perlu diketahui waktu yang paling tepat untuk melakukan tambal gigi saat sedang hamil yaitu bisa dilakukan pada trimester kedua mendekati ketiga. Ternyata apabila Anda melakukan tambal gigi pada saat trimester pertama ataupun trimester ketiga maka bisa mengakibat efek samping seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Baca: Kaya Nutrisi! Inilah Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Hal tersebut dikarenakan kondisi janin memang belum dapat menerima zat ataupun obat yang digunakan saat Anda melakukan tambal gigi sehingga dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh ibu hamil dan juga janin yang masih pada trimester pertama dan ketiga. Tentunya hal tersebut juga dikarenakan kondisi kehamilan trimester pertama dan ketiga lemah.

Oleh karena itu, tak heran apabila kini sebagian besar dokter enggan melakukan tambal gigi pada ibu hamil yang masih pada trimester pertama dan mendekati kedua. Walaupun begitu, dokter juga terkadang masih melarang ibu hamil muda maupun tua untuk melakukan tambal gigi karena efeknya memang dapat dikatakan cukup berbahaya.

2. Memperhatikan Jenis Tambalan Gigi

Nah, selanjutnya sebagai ibu hamil yang menjaga kesehatan janin dan dirinya juga harus menentukan ataupun memperhatikan jenis tambal gigi penambal gigi putih (white fillings). Mengapa demikian? hal tersebut tentunya dikarenakan gigi putih ternyata memang sangatlah aman tanpa memberikan efek samping yang berbahaya untuk kesehatan ibu dan janin.

Namun, walaupun sudah ada alternatif tambal gigi dari gigi putih ternyata sebagai ibu hamil tetaplah harus waspada dengan efek yang bisa dirasakan saat melakuka tambal gigi di usia hamil muda ataupun pun hamil tua.

Dengan demikian maka sebaiknya sebagai ibu hamil memang seharusnya lebih menjaga kesehatan gigi sehingga gigi tidak mudah sakit ataupun tambah berlubang sehingga Anda tidak perlu melakukan tambal gigi yang memang efeknya cukup berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya pada usia trimester pertama hingga terakhir. Baca: Inilah Kandungan dan Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil

3. Tidak Menggunakan Sinar X

Ternyata dalam melakukan tambal gigi juga terdapat cara yang harus diperhatikan yaitu penggunaan sinar X. Ternyata seorang ibu hamil memang sangatlah dilarang untuk melakukan tambal gigi dengan menggunakan sinar X. Mengapa demikian? hal tersebut tentunya dikarenakan dapat memberikan efek samping pada kesehatan janin, terutama jantung.

Dengan demikian maka sebaiknya Anda memang harus benar-benar mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar dapat melakukan tambal gigi secara aman tanpa merasakan efek samping yang berbahaya.

Tentunya sebagian besar orang masih menanyakan bolehkah ibu hamil tambal gigi? sebenarnya memang sudah mengetahui bahwa seorang ibu hamil memang dilarang jika melakukan tambal gigi. Tetapi, dengan pengawasan dari dokter ternyata tetap mampu dalam melakukan tambal gigi yang aman sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh dokter sehingga aman dilakukan.

Semoga berfaedah, tolong bantu share ya. Terima kasih!

0 Response to "Wajib Baca! Bolehkah Ibu Hamil Tambal Gigi?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel