Inilah Manfaat Daun Tanaman Bidara bagi Kesehatan dan Kecantikan

Berfaedah.com - Bidara atau Widara memiliki nama latin Ziziphus Mauritiana adalah jenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering. Pohon bidara bisa tumbuh hingga 15 meter dan berakar tunggang. Kulit kayunya berwarna coklat kemerahan dan abu-abu. Daunnya berwarna hijau, berbentuk elips  dan terletak berseling. Tanaman bidara diperkiran berasal dari wilayah Asia Tengah, namun ia juga tumbuh subur di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya.

Salah satu bagian pohon bidara, yakni daunnya memiliki banyak manfaat bagi manusia. Bahkan salah satu manfaat daun bidara yakni dapat mengusir jin bagi kepercayaan orang muslim. Mari simak penjelasan di bawah ini mengenai berbagai manfaat tanaman bidara sebagai tanaman yang sering disebut dalam Al-Quran, manfaatnya untuk kecantikan, dan bagi kesehatan.

manfaat-daun-tanaman-bidara

Tanaman Bidara dalam Pandangan Islam

Tanaman Bidara memiliki kegunaan khususnya bagi umat muslim karena pohon dan daun bidara beberapa kali disebut di dalam Al-Quran dan hadits-hadiits Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah dalam Q. S Al Waqiah: 27-28 yang memiliki arti: “Dan golongan kanan, alangkah bahagianya pohon bidara yang tidak berduri.”

Sementara dalam hadits Nabi Muhammad SAW salah satunya berbunyi “Sesungguhnya beliau masuk islam, kemudian Nabi shallallahu’alaihiwasallam memerintahkannya untuk mandi dengan air dan daun bidara.” (HR. An Nasai no.188, At Tirdmidzi no. 605, Ahmad 5/61). Manfaat tanaman bidara berdasarkan hadits di atas adalah bisa digunakan untuk memandikan jenazah.

- Campuran Air untuk Memandikan Jenazah

Di dalam hadits disebutkan jika ketika memandikan jenazah dianjurkan untuk menggunakan air yang dicampur dengan daun bidara. Daun bidara mengandung senyawa alami yang berfungsi untuk membersihkan kotoran. Saat daun bidara diremas serta dicampur air, bisa menghasilkan semacam busa yang dapat digunakan untuk memandikan jenazah.

- Obat untuk Gangguan Jin dan Sihir

Salah satu manfaat daun bidara yang paling populer adalah untuk ruqyah. Dalam prakteknya, daun bidara digunakan dalam ruqyah untuk menangani masalah-masalah yang ditimbulkan oleh jin maupun sihir yang dikirimkan ahli sihir atau dukun. Air minum yang berasal dari daun bidara yang dibacakan ayat kuris, surat al kafirun, al ikhlas, al falaq dan an-nas dipercaya bisa menyembuhkan penyakit yang berasal dari jin.

Manfaat Tanaman Bidara untuk Kecantikan

Selain telah disebutkan di atas, jika tanaman bidara merupakan tanaman yang sering disebut di dalam Al Quran, ada pula manfaat lain darinya untuk kecantikan pada wanita. Berbagai olahan yang bisa dimanfaatkan dari daun bidara untuk kecantikan yakni sebagai masker wajah, sebagai campuran dalam air, mengoles hingga menjadi minuman herbal yang dikonsumsi secara rutin.

- Jerawat

Tanaman Bidara juga bermanfaat untuk kecantikan pada perempuan. Salah satunya adalah dalam mengatasi jerawat. Caranya, yaitu dengan memanfaatkan daun bidara sebagai masker wajah. Tumbuklah beberapa helai daun bidara dan oleskan secara merata pada wajah. Diamkan beberapa saat dan bilas wajah anda menggunakan air mengalir. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari untuk mempercepat proses menghilangkan jerawat.

- Menjaga Kulit Wajah

Selain menghilangkan jerawat, masker daun bidara juga memiliki khasiat alami dalam menjaga kulit wajah. Memiliki wajah yang cantik, mulus dan bersih adalah dambaan setiap wanita. Namun ketika kecantikan tidak dirawat dengan baik, sama halnya anda kurang bersyukur dengan atas nikmat yang diberikan Tuhan.

- Memperkuat Rambut

Jika masalah kecantikan adalah soal wajah, maka begitu juga dengan rambut, Masalah rambut rontok merupakan kendala yang sering dialami baik pria maupun wanita. Daun bidara bisa mengatasi masalah tersebut. Caranya adalah dengan membasuhkan rambut hingga ke akar-akarnya dengan campuran air daun bidara. Daun Bidara diporcaya dapat memperkuat rambut hingga tak mudah rontok.

- Obat Depresi

Kecantikan tidak hanya dipancarkan melalui wajah ataupun fisik yang terlihat, melainkan juga hati. Jika hati anda sedang bermasalah atau depresi otomatis tidak terpancar kecantikan dari dalam hati. Anda bisa meminum ramuan daun bidara untuk mengobati rasa depresi. Daun bidara memiliki senyawa yang membuat saraf rileks dan memperlancar aliran darah, sehingga depresi akan berangsur membaik.

- Haid Tidak Lancar

Bagi wanita, ada sebagian yang memiliki siklus tidak teratur. Siklus Haid ini merupakan persoalan yang penting bagi secara medis maupun dalam hal untuk memiliki keturunan. Jika anda mengalami hal ini, maka anda bisa mencoba memanfaatkan daun bidara sebagai obat herbal yang diminum secara rutin. Dengan kesabaran, masalah haid anda niscaya akan terselesaikan.

Manfaat Daun Bidara untuk Manusia bagi Kesehatan

Manfaat tanaman bidara juga bisa digunakan sebagai obat dari berbagai penyakit di dalam tubuh. Salah satu cara yang paling lazim digunakan adalah dengan cara merebus daun bidara. Hasil air rebusan dapat dikonsumsi sebagai obat herbal ataupun sebagai bahan oles dan kompres pada penyakit tertentu. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun bidara bagi kesehatan tubuh.

- Menyembuhkan Luka

Bagi kesehatan, manfaat tanaman bidara juga bermacam-macam. Salah satunya adalah dalam menyembuhkan luka. Daun bidara dipercaya memiliki kandungan zat yang bisa menghentikan perdarahan sehingga menyembuhkan luka. Luka yang bisa disembuhkan yakni luka bakar, luka gores dan luka lebam. Oleskan saja hasil tumbukan daun bidara ke tempat yang mengalami luka.

- Diabetes

Penyakit Diabetes juga bisa diobati dengan tanaman bidara. Saat ini, diabates dikenal sebagai penyakit momok semua usia, baik tua maupun muda dan tidak mengenal jenis kelamin. Ramuan daun bidara dapat dimanfaatkan untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga bisa mengurangi dampak diabetes. Minumlah ramuan daun bidara secara rutin setiap hari untuk dampak yang lebih signifikan.

- Baik untuk Lambung

Organ dalam paling penting dalam tubuh kita adalah lambung. Lambung memiliki fungsi utama sebagai tempat penampungan dan pengolahan makanan sebelum dikirim ke usus. Beberapa masalah yang menimpa lambung dapat mengganggu fungsinya yakni seperti maag, asam lambung hingga kanker. Lagi-lagi konsumsi air minum daun bidara sangat baik untuk menyehatkan lambung anda.

- Demam

Berbagai khasiat daun bidara bagi kesehatan manusia telah dijelaskan di atas. Selanjutnya, daun bidara juga bisa menjadi obat untuk demam pada anak. Tumbuklah beberapa helai daun bidara lalu digunakan untuk kompres, atau gunakan air rebusan daun bidara untuk obat herbal yang diminum secara rutin.

- Mencegah Kanker dan Tumor

Air rebusan daun bidara kembali menjadi zat yang baik untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh anda. Penyakit tumor dan kanker adalah dua penyakit yang saling berhubungan satu sama lain. Tumor yang tidak tertangani dapat menyebabkan ganas dan bisa disebut kanker. Kedua penyakit ini kini menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak pada manusia.

- Ejakulasi Dini

Manfaat daun bidara juga bisa dirasakan sebagai obat untuk masalah seksual anda, termasuk salah satu di antaranya adalah ejakulasi dini pada pria. Selama ini, ejakulasi dini merupakan momok menakutkan bagi pria karena berkaitan dengan kepuasan seksual pasangan. Jika anda tidak berminat menggunakan obat-obatan yang beredar di pasaran, anda bisa menggunakan air rebusan daun bidara sebagai obat herbal untuk dikonsumsi.

Demikian di atas adalah penjelasan secara singkat mengenai manfaat daun tanaman bidara. Ternyata selain ia merupakan tanaman yang sering disebut dalam Al Quran dan hadits Nabi Muhammad SAW, banyak juga manfaat yang bisa diberikan oleh tanaman bidara bagi kecantikan dan kesehatan manusia. Mengingat tanaman ini bisa mudah untuk tumbuh di manapun, maka hendaknya kita menanam tanaman bidara di pekarangan atau halaman rumah masing-masing.

Semoga berfaedah, tolong bantu share ya. Terima kasih.

0 Response to "Inilah Manfaat Daun Tanaman Bidara bagi Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel