WOW: Inilah Segudang Manfaat Susu Prenagen Esensis untuk Promil

Berfaedah.com - Prenagen adalah salah satu produk yang memiliki komitmen untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik dengan terus melakukan inovasi dan kampanye-kampanye untuk mengedukasi ibu dan calon ibu di Indonesia untuk tetap sehat serta memenuhi nutrisi penting demi mendapatkan buah hati yang sehat dan sempurna yang nantinya akan berguna untuk dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, negara, dan paling utama untuk agamanya. Salah satu usaha untuk mewujudkan cita-cita diatas maka diluncurkanlah produk yang menjadi unggulan yaitu prenagen esensis.

Prenagen Esensis adalah produk susu dari prenagen yang dikhususkan untuk ibu yang ingin melakukan program hamil dengan tagline susu rendah lemak yang mengandung zink untuk menjaga sistem reproduksi agar berfungsi dengan baik. Karena dikhususkan untuk persiapan hamil ini maka di dalamnya mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh ibu khususnya organ reproduksi untuk mempersiapkan kehamilan. Zat-zat yang terkandung di dalamnya antara lain seperti asam folat, mineral, kalsium, dan vitamin lainnya.

Mengapa sih penting untuk mengkonsumsi susu atau nutrisi bahkan sebelum hamil? Karena kebanyakan calon ibu tidak mengertahui kapan dia hamil, dan ibu-ibu kebanyakan tidak sadar kalau sedang hamil pada minggu-minggu awal, padahal minggu-minggu awal inilah waktu yang sangat krusial dalam pembentukan organ vital janin atau fetus. Jika pada usia kehamilan awal ini tubuh ibu kekurangan zat-zat yang berguna untuk perkembangan janin maka pertumbuhan janin akan terhambat.

Contohnya asam folat yang sangat berguna untuk perkembangan otak janin, maka jika pada awal kehamilan asam folat di tubuh ibu ini sedikit pasti akan mengganggu perkembangan otak janin yang nantinya akan memiliki dampak yang sangat fatal untuk janin itu sendiri, salah satu yang paling ditakutkan jika otak tidak berkembang sebagaimana mestinya adalah adanya penyakit cerebral palsy. Yaitu otak yang tidak terbentuk sempurna yang mengakibatkan organ di tubuh anak banyak yang tidak dapat berjalan sebagaimana fungsinya.

manfaat-prenagen-esensis

Nutrisi yang Terkandung pada Prenagen Esensi

Prenagen Esensis memiliki kandungan nutrisi antara lain:

1. Asam folat

Asam folat adalah hasil sinstesis folat atau vitamin B6 yang sangat berguna untuk ibu hamil. Dalam sehari ibu hamil membutuhkan sekitar 600 mikrogram (mcg). Tetapi untuk ibu dengan riwayat melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf atau sumsum tulang belakang dibutuhkan asam folat hingga 4000 mikrogram (mcg).

Asam folat sangat penting untuk perkembangan banyak organ terutama tabung saraf. Jika ibu kekurangan asam folat akan mempunyai risiko gangguan perkembangan tabung saraf pada bayi. Contoh penyakit akibat gagalnya perkembangan tabung saraf adalah unensephali. Unensephali adalah keadaan dimana bayi lahir tanpa otak atau tanpa tulang tengkorak, karena otak dan tulang tengkorak hal yang paling penting dalam kehidupan seseorang maka hampir seluruh bayi yang lahir dengan unensephali akan mengalami kematian setelah lahir. Selain unensephali, penyakit lain yang timbul akibat gagalnya perkembangan tabung saraf adalah spina bifida. Berbeda dengan unensephali yang penyakitnya mengenai otak, spina bifida akan mengenai sumsum tulang belakang yaitu gagalnya penutupan sebagian segmen dari tulang belakang sehingga ada beberapa saraf yang muncul keluar dari tulang belakang yang akan berakibat fatal. Kekurangan asam folat ini memang akan menimbulkan kecacatan yang kongenital atau bawaan. Selain unensephali dan spina bifida, dapat pula terjadi labioscisis atau sering kita dengar dengan istilah bibir sumbing. Bibir sumbing juga terjadi akibat gagalnya penutupan segmen kanan dan kiri tubuh saat proses pembentukan janin dalam kandungan ibu, banyak penyebabnya dari salah satunya karena ibu kekurangan asam folat di dalam tubuhnya.

Selain untuk perkembangan talung saraf, asam folat juga berfungsi untuk mencegah terjadinya keguguran. Keguguruan adalah keluarnya bakal janin dari rahim ibu pada usia kehamilan kurang dari 20 minggu. Dengan mengkonsumsi asam folat yang cukup dapat mengurangi risiko keguguran pada awal-awal usia kehamilan. Lagi-lagi risiko ini muncul di awal kehamilan yang mana kebanyakan para ibu tidak mengetahui jika dirinya hamil. Maka dari itulah pemenuhan asupan asam folat yang cukup sangat diperlukan sejak sebelum hamil salah satunya dengan minum susu prenagen esensis.
Asam folat juga berfungsi untuk mencegah kelahiran prematur, mencegah gagalnya perkembangan bayi dalam rahim. Selain itu asam folat juga dapat mencegah terjadinya preeklamsia yaitu penyakit yang sering terjadi pada ibu hamil yang ditandai denhan tekanan darah melebihi 140/90 ditambah dengan adanya protein dalam urin ibu serta kaki ibu yang bengkak. Preeklamsia ini akan menyebabkan banyak komplikasi pada ibu dan janin yaitu bisa terjadi persalinan prematur, dan juga dapat berjalan menuju penyakit yang lebih serius yaitu eklamsia yang ditandai dengan munculnya kejang pada ibu yang mana dapat menyebabkan kematian pada ibu dan juga janin. Banyak penelitian menunjukkan risiko ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi asam folat dengan dosis yang sesuai.
Selain itu asam folat juga dapat mencegah terjadinya anemia. Anemia adalah penyakit yang paling sering dialami oleh ibu hamil di selurih dunia tak terkecuali di Indonesia. Dengan mengkonsumsi asam folat ditambah dengan zat besi yang cukup selama sebelum dan terutama saat hamil akan sangat mengurangi risiko terjadinya anemia defisiensi asam folat dan anemia defisiensi besi pada ibu hamil.

Asam folat ini dapat Anda dapatkan dari susu seperti susu prenagen esensis, dari suplemen asam folat tapi untuk suplemen ini pastikan Anda dapat dari dokter sp.OG Anda ya, karena tidak bisa kita mengkonsumsi suplemen secara sembarangan terkhusus saat hamil. Selain itu Anda juga dapat memperolehnya dari makanan seperti pada sayur bayam, brokoli, selada, kentang, buah alpukat, pepaya, jeruk, hati ayam, telur, kacang polong, kacang tanah dan lainnya. Tapi ingat ya bu saat hamil jangan sampai mengkonsumsi makanan mentah atau sayur mentah ya. Semua harus direbus atau dikukus karena banyak bakteri atau cacing pada sayuran atau makanan mentah yang dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan Anda salah satunya adalah infeksi toxoplasmosis yang dapat menyebabkan kecacatan pada janin Anda.

2. Kalsium

Kalsium adalah satu zat yang dibutuhkan saat hamil untuk membantu pembentukan tulang dan gigi, selain itu juga untuk membantu peredaran darah, detak jantung, membantu pembentukan otot dan saraf, mengurangi risiko dalam kehamilan, dan juga dapat untuk mengurangi risiko osteoporosis pada ibu. Kebutuhan kalsium ibu hamil menurut Angka Kebutuhan Gizi (AKG) di Indonesia, dalam sehari adalah 1300 mg yang dapat Anda peroleh dari susu, produk olahan susu, susu kedelai, tahu, dan lain sebagainya.

3. Vitamin D

Vitamin D sangat diperlukan untuk ibu hamil terutama untuk perkembangan bayi di dalam kandungan ibu, banyak penelitian mengatakan bahwa ibu yang mengkonsumsi vitamin D dalam jumlah yang cukup selama masa kehamilan akan mendapatkan anak dengan IQ yang tinggi. Vitamin D ini juga sangat penting bagi pertumbuhan tulang. Vitamin D juga yang akan memastiman jantung, otot, paru-paru, dan otak Anda apakah dapat bekerja dengan baik dalam tubuh Anda dan apakah tubuh Anda dapat melawan infeksi dengan baik.

Vitamin D ini berbeda dengan vitamin lainnya karena vitamin D ini dapat memproduksi dirinya sendiri dalam tubuh Anda apabila Anda mengekspos kulit Anda di bawah sinar matahari. Namun tidak cukup dengan itu Anda tetap perlu mengadakan vitamin D ini dari sumber yang lain misalnya susu atau suplemen lainnya.

Vitamin D akan membantu tubuh Anda mengatur kadar kalsium dan fosfat pada tubuh Anda demi menjaga gigi dan tulang Anda untuk tetap sehat dan kuat. Jika Anda kekurangan asupan vitamin D terutama saat hamil dan menyusui akan menyebabkan bayi Anda kekurangan kalsium dan fosfat yang mana nantinya akan berakibat melemahnya perkembngan tulang dan gigi bahkan pada sebagian kasus dapat muncul rinitis atau alergi hidung pada bayi Anda.

Selain itu kadar vitamin D yang rendah pun berhubungan dengan risiko kelahiran bayi dengan berat badan rendah atau istilah medisnya BBLR. Dan yang paling penting dari vitamin D adalah menjaga kesehatan tulang. Karena menjaga agar tulang anak Anda tetap sehat dan kuat adalah hal yang sangat penting maka dari itu untuk membuat tulang yang sehat dan kuat pada anak Anda harus dimulai dari dalam rahim bahkan lebih baik lagi dipersiapkan sejak sebelum kehamilan yaitu dengan mengkonsumsi vitamin D yang cukup salah satunya dengan mengkonsumsi susu seperti prenagen esensis.

Kebutuhan vitamin D pada ibu hamil dan menyusui adalah sebanyak 10 mikrogram (mcg) dalam satu hari. Anda dapat memperoleh vitamin D dari multivitamin khusus untuk ibu hamil ataupun minum dengan kemasan khusus vitamin D. Pastikan Anda minum vitamin D yang khusus ibu hamil yang sudah tertera di labelnya karena jika tidak akan berakibat fatal. Hal itu bisa terjadi mungkin karena dosis yang diberikan terlalu tinggi dan sebagainya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut Anda dapat meminta vitamin D langsung dari dokter kandungan Anda, ikuti aturan dan resep dari dokter Anda sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir terjadi kesalahan dosis dan sebagainya.

Vitamin D yang Anda konsumsi ini akan berguna bagi awal kehidupan anak Anda, dengan Anda mengkonsumsi vitamin D yang cukup anak Anda akan mempunyai kadar kalsium dan fosfat yang cukup pula tapi sebaliknya jika dalam kehamilan Anda kekurangan vitamin D maka akan menyebabkan anak Anda mengalami kekurangan kalsium dan fosfat pada bulan-bulan awal kehidupannya dan sebagai gantinya dokter anak akan memberikan kalsium dan fosfat pada anak Anda.

Vitamin D terbaik adalah diperoleh dari sinar matahari. Karena vitamin D akan dibentuk dibawah kulit yang sedang terpapar sinar matahari. Karena hal ini Anda dapat juga menerapkan langsung pada anak Anda yaitu dengan menjemur anak Anda di pagi hari selama beberapa menit untuk memberikan vitamin D secara alami untuk mencegah mungkin vitamin D yang ada di tubuh Anda selama hamil masih kurang. Selain matahari Anda juga dapat memperoleh vitamin D dari berbagai sumber makanan. Contohnya minyak ikan, telur, dan juga makanan yang sudah diperkaya dengan vitamin D seperi susu ataupun sereal.

4. Omega 3

Omega 3 merupakan asam lemak yang berguna bagi ibu dan juga janin di dalam kandungan. Asam omega 3 ini terdiri dari eikosapentanoar (EPA) dan dokosaheksanoat (DHA). Jenis asam lemak ini dibutuhkan oleh janin untuk pembentukan sistem saraf, otak, dan juga penglihatan bayi Anda.

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa bayi dengan kadar DHA yang tinggi akan memiliki tingkat perhatian yang lebih baik pada enam bulan pertama kehidupannya. Tingkat perhatian ini dapat mendukung tingkat kecerdasan pada bayi di awal masa-masa hidupnya. Sebaliknya jika asupan asam lemak atau omega 3 ini rendah selama hamil maka akan meningkatkan risiko kelahiran prematur pada kehamilan Anda.

Banyak ahli yang menyarankan ibu hamil dan menyusui mengkonsumsi 8 ons ikan dan seafood dalam satu minggu (2-3 porsi). Karena ikan dan seafood ini adalah sumber makanan yang kaya akan DHA dan EPA, namun pilihkan ikan atau seafood yang rendah akan kandungan merkuri karena kadar merkuri yang tinggi pada ibu hamil kurang baik.

Contoh ikan dan seafood yang tinggi DHA dan EPA namun rendah merkuri yaitu ikan salmon, tuna, sarden, ikan kod, catfish, dan ikan tilapia. Sedangkan ikan dan seafood yag mengandung kadar merkuri yang tinggi antara lain ikan kinh makerel, ikan todak, ikan marlin, ikan hiu, dan ikan tilefish. Selain ikan yang masih fresh ibu hamil juga dapat memperoleh asam lemak omega 3 dari minyak ikan yang banyak dijual di pasaran. Namun tetap disarankan pada ibu hamil dan menyusui untuk mengkonsumsi ikan dan seafood dalam keadaan fresh. Karena ada beberapa minyak ikan yang tinggi akan kadar tertentu yang justru akan membahayakan bagi ibu dan khususnya janin.

Selain ikan dan seafood, telur juga merupan sumber omega 3 yang tinggi. Telur yang dimaksud disini adalah telur ayam betina yang telah diberi makan mikroglia yang diperkaya akan DHA atau ayam betina yang telah diberi suplemen mikroglia turunan DHA. Selain itu sumber omega 3 yang lain adalah margarin, susu, jus, oatmeal, yogurt, dan juga sereal.

Ada minyak-minyak tertentu yang mengandung kadar DHA yang tinggi yaitu minyak kanola, minyak kedelai, minyak flaxsees, minyak walnut, dan lainnya. Selain itu sayur dan buah juga memiliki kadar omega 3 yang tinggi yaitu alpukat, daun kale, bayam, dan kol brussel.

5. Fosfor

Fosfor adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Fosfor dapat membantu kepadatan gigi dan tulang janin selama dalam kandungan. Fosfor juga memiliki manfaar untuk kontraksi otot, perbaikan sel dan jaringan, menjaga detak jantung normal, dan juga menjaga kesehatan ginjal.
Forfor dianjurkan dikosnumsi sebanyak 700 mg dalam sehari untuk wanita mulai usia 19 tahun ke atas. Fosfor selain didapatkan dari multivitamin yang didapat dari dokter kandungan Anda atau yang dijual bebas di pasaran, Anda juga dapat memperolehnya dari berbagai makanan seperi kacang tanah, almond, telur, susu, seafood, dan juga daging merah.

6. Magnesium

Magnesium adalah nutrisi yang juga sangat dibutuhkan ibu dan juga janin yang dikandungnya untuk melakukan berbagai perkembangan. Magnesium diperlukan oleh tulang dan otot pada tubuh ibu dan janin. Magnesium ini bersama dengan kalsium akan menghasilkan sinyal kontraksi otot dan sistem pembekuan darah. Selain itu magnesium juga akan mengatur sistem tekanan darah dan juga fungsi dari paru-paru.

Dalam kehamilan dibutuhkan magnesium untuk proses pembentukan energi dan sintesis protein. Selain itu magnesium juga sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin serta dengan mengkonsumsi magnesium yang cukup akan mengurangi terjadinya cacat bawaan pada janin. Selain cacat bawaan magnesium juga akan mengurangi risiko lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan juga mencegah munculnya penyakit neurologis pada bayi.

Ibu dapat mendapatkan magnesium dari berbagai sumber makanan seperti pisang, alpukat, sayur-sayuran, susu sepeti prenagen esensis atau produk olah susu, dan ikan salmon. Untuk jumlahnya dalam sehari ibu membutuhkan asupan magnesium sebanyak 300 mg. Tapi ini adalah jumlah minimal yang harus dipenuhi. Jika lebih akan lebih bagus tapi ingat tidak boleh berlebihan ya nanti bisa-bisa malah overdosis. Jika ibu hamil kekurangan magnesium akan menyebabkan ibu akan mudah lelah dan lemah. Selain itu dapat muncul pula gejala morning sickeness jika keadaan ini berlangsung lebih lama lagi.

Kemasan Prenagen Esensis

Prenagen esensis tersedia dalam kemasan box dengan berat 180 gram dan 360 gram. Susu telah mengalami pasteurisasi sehingga tersedia dalam bentuk bubuk. Terdapat tiga varian rasa yang akan membuat calon bumil ketagihan karena dengan rasa-rasa ini membuat bumil tidak cepat bosan. Tiga rasa prenagen esensis yaitu vanila, mocca, dan coklat.

Cara Penyajian

Calon bumil dapat mengkonsumsi susu ini dua kali dalam sehari untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sebaiknya prenagen esensis ini dikonsumsi sekitar empat bulan sebelum kehamilan, dapat juga dikonsumsi langsung setelah nikah atau saat-saat menjelang pernikahan. Calon bumil dapat menyeduh susu dengan air hangat atau air biasa tapi ingat jangan sampai menyeduh susu dengan menggunakan air panas atau air mendidih yang baru turun dari kompor karena hal tersebut akan membuat kandungan yang ada di dalam susu menjadi rusak. Dosis dalam setiap penyajiannya adalah dua sendok. Anda dapat memasukkan dua sendok susu bubuk tersebut ke dalam gelas kemudian seduh dengan air kira-kira sebanyak 180 ml.

Oh iya, jika Anda telah membuka kemasan lebih dari satu bulan sebaiknya tidak Anda gunakan lagi karena kandungannya kemungkinan besar sudah rusak. Tambahan lagi, karena susu ini layaknya sebuah obat yaitu memiliki kandungan zat-zat khusus untuk ibu dengan program hamil maka aturan pakainya nya pun harus disesuaikan dengan dosisnya. Berapa takarannya harus sesuai dengan aturan pakainya dan juga kapan waktu minumnya pun harus di sesuaikan yaitu dua kali dalam sehari. Untuk waktunya usahakan Anda meminum susunya di waktu-waktu yang sama. Misal pagi jam 7 berarti esok juga minum susu nya lagi juga pukul 7. Hal ini dianjurkan untuk meminimalisir kejadian overdosis dan juga untuk mengdapatkan hasil yang sesuai.

Efek Samping

Efek samping tersering dari produk susu sapi adalah alergi. Tapi alergi ini bersifat sangat individual. Artinya satu orang dapat mengalami alergi tidak pasti akan terjadi pada orang yang lain juga dan sebaliknya. Alergi dari susu ini bisa berupa munculnya gatal-gatal, bentol-bentol merah di seluruh badan, mata bengkak, sakit tenggorokan, bahkan yang paling parah dapat menyebabkan syok yang sering disebut syok anafilaktik, tapi itu jarang sekali terjadi. Biasanya yang sering muncul hanya gatal-gatal atau diare. Jadi jika saat Anda mengkonsumsi susu ini dan timbul gejala-gejala seperti disebutkan di atas, segera hentikan konsumsi susu nya dan segera pergi ke dokter untuk memperoleh pertolongan pertama.

Efek samping kedua yang dapat muncul yaitu overdosis. Karena susu ini berbeda dengan susu pada umumnya yaitu memiliki kandungan zat-zat tertentu dan zat-zat itu di tubuh manusia ada aturannya dan ada batasan pemberiannya maka prenagen esensis ini pun harus disesuaikan dengan kebutuhan. Anda dapat membacanya di aturan pakai yang tertera di karton kemasan susu ini. Jadi Anda tidak diperbolehkan dengan sembaranganya menambah-nambah dosis yang telah dijelaskan di box kemasan karena jika ada kandungan dari susu yang berlebihan di dalam tubuh menyebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan.

Prenagen Esensis untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Pertama untuk ibu hamil. Kandungan susu untuk ibu hamil dan ibu dengan program hamil sebenarnya isinya sama. Hanya saja pada ibu hamil dosis yang diberikan lebih besar karena kebutuhan nya pun lebih besar yaitu untuk ibu dan juga janin yang dikandungnya. Jadi jika ibu hamil mengkonsumsi prenagen esensis sah-sah saja boleh-boleh saja tapi memang kebutuhan nutrisinya tidak tercukupi. Bagaimana jika sebaliknya ibu yang program hamil tapi malah mengkonsumsi susu untuk ibu hamil? Kalau ini jangan ya karena seperti dijelaskan di atas susu untuk ibu hamil dosis nya lebih tinggi jadi jika dikonsumsi ibu dengan program hamil dapat terjadi overdosis atau kelebihan zat yang nantinya akan merusak tubuh.

Kedua, bagaimana jika prenagen esensis dikonsumsi oleh ibu menyusui? Kalau ini jawabannya tidak boleh ya teman-teman karena apa, ibu menyusui sudah tidak lagi membutuhkan zat-zat yang terkandung dalam susu ibu program hamil maupun ibu hamil.

Ibu menyusui membutuhkan susu dengan kandungan yang sudah jauh berbeda. Ibu menyusui membutuhkan susu yang memiliki khasiat memperlancar produksi ASI dan juga memperlancar pengeluaran ASI. Jika zat-zat yang ada di dalam prenagen esensis dikonsumsumsi oleh ibu menyusui jelas akan sia-sia karena tidak dibutuhkan oleh tubuh si ibu bahkan malah dapat merusak tubuh si ibu.

Prenagen Esensis untuk Wanita yang Mengkonsumsi Obat Tertentu

Pada dasarnya semua susu tidak disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan mengkonsumsi obat. Karena susu memiliki sifat penawar. Jadi banyak kemungkinan akan menawarkan obat atau menurunkan khasiat dari obat yang sedang dikonsumsi. Memang tidak semua obat akan menurun fungsinya jika dikonsumsi bersamaan dengan susu tapi kebanyakan obat mengalami penurunan fungsi jika penggunaannya berbarengan dengan konsumsi susu.

Contoh obat yang malah meningkat efektivitasnya jika dikonsumsi berbarengan dengan susu yaitu obat anti jamur griseovulfin, obat ini bersifat lipofilik atau bahasa awamnya suka lemak artinya penyerapan obat ini malah akan meningkat atau lebih bagus jika dikonsumsi bersamaan dengan lemak atau susu. Selain itu banyak pula obat yang benar-benar tidak dapat dikonsumsi bersamaan dengan susu contohnya antibiotik tetrasiklin, tetrasiklin ini fungsinya akan menurun jika dikonsumsi bersamaan dengan konsumsi susu. Selain itu ada lagi antiobiotik ciprofloxasin yang akan terhambat penyerapannya di usus jika kita mengkonsumsinya bersamaan dengan susu. Jadi jawabannya tidak semua obat dapat dikonsumsi bersamaan dengan susu, maka saat Anda menerima obat dari dokter atau dari apotek, Anda harus menanyakan terlebih dahulu apakah dapat dikonsumsi bersamaan dengan susu atau tidak.

Demikian informasi tentang manfaat prenagen esensis. Semoga berfaedah, tolong bantu share. Terima kasih.

0 Response to "WOW: Inilah Segudang Manfaat Susu Prenagen Esensis untuk Promil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel