Bolehkah Ibu Hamil Makan Manggis? Inilah Jawaban Lengkapnya

Ibu Hamil Makan Buah Manggis - Sebagai ibu hamil tentunya ingin selalu yang terbaik untuk perkembangan janinnya, oleh karena itu memang harus mengetahui mana yang bagus untuk janin mana yang tidak. Salah satunya dalam hal makanan dan minuman yang harus dipilih secara selektif. Kini sudah bermunculan adanya pertanyaan bolehkan ibu hamil makan manggis yang banyak vitaminnya?

Buah manggis tentunya sudah sangat dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin lengkap, serat tinggi, rendah kalori, dan asam folat sehingga mampu untuk membantu perkembangan janin. Lalu baguskah jika dikonsumsi saat hamil tua? Tentunya tetap bagus tanpa memberikan efek negatif apabila Anda mengkonsumsi tidak berlebihan.

Jadi, ternyata mengkonsumsi buah manggis saat hamil tua juga akan sangat membantu mengontrol tekanan darah dan denyut nadi sehingga akan membuat kesehatan menjadi lebih terjaga tentunya.

bolehkah-ibu-hamil-makan-manggis

11 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil

Sudahkah Anda mengetahui manfaat buah manggis yang memiliki banyak vitamin untuk ibu hamil? bagi Anda yang belum mengetahuinya maka ketahui informasi lebih detailnya dalam uraian list yang terdapat di bawah ini.

Baca Juga: Wajib Baca! Bolehkah Ibu Hamil Tambal Gigi?

1. Mengatasi sembelit

Perlu diketahui bahwa buah manggis kaya serat sehingga sangat berperan dalam mengatasi permasalah sembelit. Ternya ibu hamil memang seringkali mengalami permasalahan sembelit sehingga Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi buah manggis yang aman untuk dikonsumsi tanpa harus mnegkonsumsi obat-obatan.

Nah, ketahuilah bahwa untuk setiap 50 gram manggis ternyata mengandung 3,7 gram serat.  Untuk kebutuhan serat pada ibu hamil yaitu 26 gram serat per hari. Oleh karena itu, sebagai ibu hamil memang sangat disarankan mengkonsumsi buah manggis tetapi juga jangan terlalu banyak karena yang dibutuhkan hanya 26 gram per hari.

Dengan demikian maka Anda sebagai seorang ibu hamil memang harus meminimalkan sendiri jumlah pengkonsumsian manggis sesuai dengan yang dibutuhkan tentunya.

2. Membentuk sistem kekebalan tubuh

Sebagai ibu hamil pastinya memang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh agar janin dalam tubuh juga dapat berkembang dengan baik. Selain itu, ketahui pula apabila ibu hamil memiliki daya tahan tubuh yang kuat maka janin dalam tubuh akan terhindar dari infeksi ataupun beberapa permasalahan penyakit yang lainnya.

Baca Juga: Kaya Nutrisi! Inilah Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Nah, ibu hamil dapat mengkonsumsi buah manggis yang memiliki kandungan vitaman C yang dapat berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Untuk diketahui bahwa ternyata di dalam setiap 50 gram manggis terdapat 5,8 miligram sehingga sangat berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan ataupun sistem imun ibu hamil dan janin.

Perlu diketahui bahwa ternyata ibu hamil membutuhkan 8,6 miligram vitamin C per harinya sehingga Anda dapat mengkonsumsi manggis secara rutin sesuai dengan yang dibutuhkan agar kesehatan janin juga lebih terjaga.

3. Mengatasi lelah untuk ibu hamil

Selanjutnya, jawaban dari pertanyaan bolehkan ibu hamil makan manggis ternyata memiliki jawaban boleh saja asalkan tidak berlebihan sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut dikarenakan manfaat dari kandungan buah manggis ini memang sangatlah bermanfaat, salah satunya yaitu dapat mengatasi rasa lelah yang biasanya di rasakan oleh ibu hamil.

Jadi, apabila Anda mengkonsumsi buah manggis sesuai dengan kebutuhan atau dalam arti tidak berlebihan maka akan sangatlah membantu dalam menghilangkan rasa lelah ataupun cape pada ibu hamil.

Baca Juga: 14 Manfaat Buah Apel Hijau untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Selain dapat membentuk metabolisme tubuh, ternyata buah manggis juga sangatlah berperan dalam meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Dengan demikian tentunya akan sangatlah membantu dalam mencegah terjadinya penyakit yang cukup berbahaya untuk kesehatan.

Mengapa demikian? hal tersebut tentunya dikarenakan buah manggis memiliki kandungan vitamin b kompleks kemudian dilengkapi pula dengan protein dan karbohidrat yang sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

5. Upaya mencegah cacat bayi

Ibu hamil ternyata membutuhan folat sekitar 600 mikrogram sepanjang kehamilan.Hal tersebut sangatlah berperan dalam pembentukan otak janin dan menghindari cacat. Oleh karena itu sebagai ibu hamil memang sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah manggis.

Hal tersebut dikarenakan buah manggis memiliki kandungan asam folat sebesar 65 mikro gram untuk 50 gram buah manggis. Oleh karena itu, Anda memang seharusnya dapat memperkirakan mengkonsumsinya sesuai dengan yang dibutuhkan per harinya.

Baca Juga: Wajib Baca! Inilah 10 Manfaat Kelapa Ijo untuk Ibu Hamil

6. Membentuk jaringan tulang rawan

Ketahui pula bahwa ternyata ibu hamil sangat membutuhkan zat mangan untuk pembentukan jaringan tulang rawan pada janinnya sehingga akan menghindarkannya dari permasalahan kanker. Nah, ketahuilah bahwa buah manggis memiliki 0,3 miligram mangan untuk 50 gram buahnya.

Oleh karena itu, tentunya buah manggis sangat bagus apabila dikonsumsi ibu hamil pada trimester pertama. Dengan adanya zat mangan tersebut ternyata memang buah manggis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil.

7. Mencegah Pre-eklampsia

Ibu hamil terkadang memang mengalami tekanan dalam darah yang bisa membuatnya mengalami pre-eklampsia, tentunya hal tersebut kurang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan demikian maka sebaiknya Anda mencegahnya dengan mengkonsumsi manggis minimal dua dalam sehari.

Mengkonsumsi manggis maka dapat mengatasi permasalahan tekanan darah yang bisa juga menimbulkan berbagai permasalahan yang lainnya.

8. Mendukung kesehatan kulit ibu hamil

Selama hamil ternyata lebih banyak sel kulit mati dibandingkan sel kulit hidup dalam tubuh ibu hamil sehingga kondisi kulit tentunya lebih bermasalah. Oleh karena itu, sebagai ibu  hamil maka sebaiknya memang mendukug kesehatannya dengan mengkonsumsi buah manggis.

Baca Juga: Inilah Kandungan dan Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil

Seperti yang diketahui bahwa buah manggis memang manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan kulit terutama dalam memperbaiki berbagai zat yang mempengaruhi sel kulit menjadi mati. Dengan demikian maka sebaiknya Anda mengkonsumsi manggis saat hamil.

9. Mencegah stretch mark saat hamil

Strech mark merupakan permasalahan yang seringkali dialami oleh ibu hamil, bagi Anda yang juga mengalami permasalahan tersebut maka bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi buah manggis.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manggis memang mengandung banyak ekstrak alami yang bisa membuat kesehatan kulit tubuh memang menjadi lebih terjaga kesehatannya.

10. Mengontrol detak jantung

Nah, berikutnya ketahuilah bahwa buah manggis ternyata mengandung kalium yang cukup tinggi. Sudah tahukah Anda bahwa kalium juga berperan penting pada kesehatan ibu hamil? jadi kalium ini yang dapat menstabilkan kondisi tekanan darah. Selain itu, juga mengontrol detak jantung sehingga kesehatan ibu hamil memang akan lebih terjaga.

Dengan demikian maka jawaban dari pertanyaan bolehkan ibu hamil makan manggis tentunya memang sangatlah bermanfaat bagus terutama dalam mengontrol detak jantung dan juga tekanan darah yang berpengaruh pada kesehatan janin.

Baca Juga: Inilah Efek Samping dan Manfaat Jengkol untuk Ibu Hamil

11. Membuat ibu hamil merasa senang

Ternyata dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin juga akan membuat ibu hamil menjadi merasa lebih senang setiap harinya. Dengan begitu, bagi ibu hamil yang seringkali merasa stres sebaiknya mengkonsumsi buah manggis supaya hati menjadi senang.

Itulah manfaat buah manggis untuk ibu hamil. Semoga berfaedah. Silakan share. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel