5 Cara Memakai Mesin Cuci Otomatis yang Baik dan Benar

Berfaedah.com - Mesin cuci menjadi salah satu barang elektronik yang keberadaannya sangat dibutuhkan. Hal ini dikarenakan mesin cuci membantu mempermudah proses mencuci baju. Keberadaan barang elektronik ini membuat kegiatan mencuci menjadi tidak melelahkan lagi. Anda tidak perlu lagi mengucek, membilas dan memeras pakaian.

Saat sedang mencuci baju menggunakan mesin cuci Anda juga bisa mengerjakan pekerjaan rumah lainnya. Keberadaan mesin cuci tidak hanya akan membantu dalam mengerjakan pekerjaan rumah, tetapi juga bisa digunakan untuk usaha. Usaha yang dimaksud disini adalah membuka jasa laundry. Membuka jasa laundry berarti harus memiliki alat elektronik yang satu ini.

Di pasaran ada jenis mesin cuci otomatis maupun manual. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahkan cara memakainya juga mengalami perbedaan. Lalu bagaimana cara memakai mesin cuci otomatis yang baik dan benar? Simak uraian di bawah ini.

cara-memakai-mesin-cuci

3 Keunggulan Menggunakan Mesin Cuci Otomatis

Sebelum mencari tahu bagaimana cara memakai mesin cuci otomatis, terlebih dahulu akan diuraikan mengenai keunggulannya. Ada banyak keunggulan yang akan diperoleh jika menggunakan mesin cuci otomatis. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

1. Lebih Hemat Air dan Listrik

Keunggulan pertama menggunakan mesin cuci otomatis adalah lebih hemat air dan listrik. Kenapa demikian? Karena proses mencuci pakaian hanya dilakukan satu kali saja. Tentu ini sangat menguntungkan karena tidak membuat biaya listrik menjadi mahal sehingga sisa uang bisa digunakan untuk membeli kebutuhan lainnya.

2. Lebih Cepat Kering

Mencuci pakaian menggunakan mesin cuci otomatis akan membuatnya menjadi lebih cepat kering. Hal ini dikarenakan proses pencucian hanya satu kali sehingga membuat pakaian terus berputar meski airnya sudah habis. Kondisi ini membuat tingkat pengeringan yang diperoleh menjadi lebih tinggi dibandingkan menggunakan mesin cuci manual atau semi otomatis.

3. Pakaian Tetap Lembut

Biasanya setelah selesai mencuci pakaian menggunakan mesin cuci, pakaian menjadi lebih kusut. Kejadian ini dikarenakan proses pengeringannya diputar dan terpisah. Akibatnya pakaian akan tertumpuk dan membuatnya sangat kusut. Namun, kejadian ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan mesin cuci otomatis karena proses pencuciannya hanya satu kali.

5 Cara Memakai Mesin Cuci Otomatis yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui apa saja keunggulan menggunakan mesin cuci otomatis, selanjutnya akan diuraikan bagaimana cara memakainya, Berikut ada 5 cara memakai mesin cuci otomatis yang baik dan benar.

cara-memakai-mesin-cuci-otomatis

1. Memisahkan Pakaian

Saat mencuci pakaian diharuskan untuk memisahkan berdasarkan warnanya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika pakaian luntur saat dicuci. Supaya lebih mudah maka pisahkan antara yang berwarna gelap dan terang Misalnya hitam, biru gelap, abu-abu dijadikan satu.

Selain membedakan pakaian berdasarkan warna, sebaiknya juga mempertimbangkan berat bahan. Misalnya pakaian dengan bahan ringan jangan dicuci bersamaan dengan yang berbahan berat. Apabila dijadikan satu, Anda bisa merusaknya.

2. Memasukkan Pakaian

Cara memakai mesin cuci otomatis selanjutnya adalah memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci. Meski menggunakan mesin bukan berarti Anda memasukkan begitu saja, padahal tidak diperbolehkan untuk menumpuk pakaian. Hal ini dikarenakan bisa membuat penggunaan air dan detergen menjadi boros.

Beberapa mesin cuci memberikan pilihan kepada penggunanya untuk memilih jumlah air yang digunakan untuk mencuci pakaian. Pengaturan air ini berdasarkan banyaknya pakaian yang akan dicuci.

3. Mengatur Putaran Mesin Cuci

Putaran mesin cuci yang dipilih untuk mencuci pakaian harus disesuaikan dengan bahannya, Apa alasannya? Untuk memaksimalkan kemampuan dalam mencuci serta menjaga pakaian supaya tetap awet.

Misalnya putaran normal untuk membersihkan pakaian kotor sekaligus mencuci baju harian. Putaran lembut untuk mencuci pakaian yang berbahan dasar lembut, seperti berenda dan sutra. Sedangkan permanen khusus untuk baju dengan bahan sintetis, seperti polister, rayon, asetat dan rajut.

4. Menambahkan Detergen dan Pengharum Pakaian

Setelah ketiga cara tersebut sudah dilakukan, selanjutnya menambahkan detergen dan pengharum pakaian. Apabila mesin cuci berjenis front loading maka gunakanlah kotak dispenser detergen supaya bisa dikeluarkan di waktu yang tepat.

Sedangkan jika mesin cuci memiliki jenis top loading maka disarankan untuk memasukkan detergen sebelum memasukkan baju. Kenapa demikian? Supaya detergen tidak menodai pakaian. Setelah itu tinggal menutup pintu mesin cuci otomatis.

5. Segera Dijemur setelah Selesai Dicuci

Cara memakai mesin cuci otomatis selanjutnya adalah setelah pakaian selesai dicuci sebaiknya langsung dijemur. Tidak disarankan untuk membiarkannya terlalu lama di dalam mesin cuci. Alasannya karena sisa air yang ada pada pakaian bisa membuatnya menjadi bau.

Maka dari itu, sebaiknya segera mengeringkannya dengan cara dijemur. Jangan malas untuk segera menjemurnya supaya pakaian tidak bau dan tetap nyaman saat digunakan.

Baca Juga :
1. Baru atau Bekas? Inilah Tips Membeli Mesin Cuci yang Tepat
2. Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar & Berputar Pelan

Nah, itulah 5 cara memakai mesin cuci otomatis yang baik dan benar. Diharapkan uraian di atas bisa membantu Anda saat menggunakan mesin cuci otomatis. Semoga informasi di atas bisa berfaedah.