TERBUKTI: Inilah Cara Memilih Buah Alpukat yang Bagus & Matang

Berfaedah.com - Buah alpukat atau avokad memiliki banyak manfaat serta rasanya yang begitu lezat menjadi buah favorit banyak orang. Buah ini tumbuh subur di Indonesia, stock yang selalu tersedia setiap saat. Meskipun ketersediaan buah ini melimpah dan dapat ditemukan di penjual buah dimana saja, memilih alpukat yang bagus ternyata gampang-gampang susah.

Bagi yang tidak terbiasa memilih buah alpukat, pasti tidak mengerti bagaimana cara membedakan alpukat yang matang dan yang belum matang. Buah alpukat yang belum matang dagingnya terasa lebih keras dan rasanya pun pahit. Jika ingin membuat avocado toast, guacamole, atau jus alpukat yang lezat, simak cara memilih alpukat yang matang. Baca terus ya!

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

cara-memilih-alpukat-yang-bagus
Sumber: doktersehat.com
Sebelum mengetahui cara memilih buah alpukat yang bagus dan matang, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan. Laura Flores adalah seorang ahli gizi dari San Diego, California. Ia menjabarkan beberapa manfaat secara medis dari mengkonsumsi buah alpukat, sebagai berikut:
  • Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh yang tinggi, hal ini dapat mengurangi kolesterol darah dalam tubuh. Sehingga menjauhkan dari penyakit atau gangguan jantung.
  • Mengkonsumsi alpukat dapat terhindar dari penyakit stroke, arteri, serta diabetes.
  • Kadar lemak tak jenuh pada alpukat dapat menghentikan resistensi insulin dan mengontrol kadar gula darah.
  • Manfaat alpukat untuk ibu hamil yaitu untuk mencegah bayi dari cacat lahir.
  • Alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan supaya buang air besar menjadi lancar dan teratur.
  • Kandungan vitamin E dan C pada buah alpukat, dapat melembapkan dan menjaga kesehatan kulit.

6 Cara Memilih Buah Alpukat yang Bagus dan Matang

Penting untuk Anda ketahui, bahwa buah alpukat akan menjadi matang justru setelah dipetik dari pohon. Hal ini dikarenakan buah alpukat menjalani berbagai proses untuk mencapai kematangan yang sempurna. Maka dari itu, tak heran ketika belanja buah di supermarket Anda menemukan beberapa alpukat terlalu matang atau malah belum matang sama sekali.

Supaya Anda tidak salah membeli alpukat, berikut ini beberapa cara memilih alpukat yang bagus dan matang sempurna:

1. Tekstur Buah Alpukat

cara-memilih-buah-alpukat
Sumber: californiaavocado.com
Salah satu tanda buah alpukat sudah matang yaitu teksturnya terasa empuk ketika ditekan. Cobalah menggenggam buah alpukat menggunakan telapak tangan. Apabila sudah empuk itu artinya sudah matang. Tapi ada beberapa alpukat yang empuknya bukan karena matang, melainkan busuk. Oleh sebab itu tekanlah di semua sisinya.

2. Tangkai Buah Alpukat

cara-memilih-alpukat-yang-matang
Sumber: kidsfooduniverse.com
Ketika memilih alpukat, lihatlah bagian tangkainya. Jika masih tersisa sedikit tangkai buah alpukat, maka petiklah tangkai tersebut dan perhatikan lubang yang ditinggalkan batang tangkai. Apabila lubang berwarna hijau, maka buah alpukat sudah matang. Tapi kalau warnanya coklat, itu tandanya belum matang.

3. Kupas Buah Alpukat

cara-memilih-alpukat
Sumber: wikihow.com
Salah satu tanda alpukat sudah matang yaitu mudah dikupas kulitnya. Coba kupas kulit alpukat, apabila keras saat dikupas itu artinya alpukat belum matang.

4. Warna Kulit Alpukat

cara-memilih-alpukat-yang-bagus
Sumber: bacaterus.com
Ciri alpukat yang bagus yaitu dapat dilihat dari warna kulitnya. Apabila warna kulit alpukat hijau terang dibanding yang lainnya. Artinya alpukat tersebut belum mencapai kematangan yang sempurna.

Alpukat yang sudah matang biasanya kulitnya berwarna hijau gelap, hampir menyerupai warna hitam. Maka dari itu, salah satu cara memilih alpukat yang bagus dan matang yaitu dengan melihat warna kulitnya.

5. Biji Buah Alpukat

cara-memilih-buah-alpukat
Sumber: doktersehat.com
Melihat dari biji alpukat adalah cara tradisional untuk mengetahui alpukat yang sudah matang. Biji buah alpukat yang telah terlepas dari dagingnya atau tidak menempel, itu tandanya sudah matang.

Bagaimana cara mengetahuinya tanpa harus mengupas? Gampang, goyangkan saja buah alpukat. Apabila biji sudah tidak menempel dari dagingnya maka akan terdengar bunyi biji di dalamnya. Selain itu biasanya alpukat yang bagus terasa lebih ringan daripada yang mentah.

6. Daging Buah Alpukat

cara-memilih-alpukat-yang-matang
Sumber: kurier.at
Cara memilih alpukat yang matang dengan melihat daging buahnya. Apabila daging alpukat lembut dan bersih itulah ciri kematangan yang sempurna. Namun, jika terdapat serat berwarna hitam tandanya sudah terlalu tua atau kematangan.

Hindari membeli alpukat yang terlalu lembek, khawatirnya ketika dikupas di rumah bukannya matang tapi malah busuk yang didapat. Oleh karena itu, sebaiknya memilih alpukat yang sedikit keras dan mendiamkannya hingga matang dengan sempurna. Berikut ini cara mempercepat proses kematangan buah alpukat:

Cara Mematangkan Alpukat dengan Cepat

cara-memilih-alpukat
Sumber: foodandwine.com
Bagi Anda yang belum lihai memilih alpukat yang bagus, meskipun sudah mengetahui ciri-cirinya. Bukan alpukat matang yang didapat melainkan yang belum matang. Sedangkan Anda sudah membelinya dan ingin segera mengkonsumsinya. Tenang, berikut ini cara mematangkan alpukat yang masih mentah.

Pertama-tama masukkan alpukat ke dalam kaos kaki seperti gambar di atas, atau bisa juga menggunakan kantong kertas yang biasa Anda dapatkan dari fast food atau kedai kopi. Kemudian diamkan selama 1-2 hari di ruangan biasa supaya buah alpukat cepat matang.

Alpukat dan beberapa buah lainnya seperti apel dapat mengeluarkan gas etilen sesaat setelah dipetik dari pohon. Gas etilen mampu mempercepat proses kematangan buah, terutama saat buahnya disimpan di tempat tertutup. Sehingga Anda dapat lebih cepat mengkonsumsi buah alpukat dengan kondisi kematangan sempurna.

Demikian informasi tentang cara memilih alpukat yang bagus dan matang. Semoga berfaedah. Silakan share. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel