TERLENGKAP: Inilah Cara Merawat Murai Batu Agar Cepat Gacor

Berfaedah.com - Burung murai batu adalah burung yang memiliki penampilan fisik yang cantik. Salah satu ciri khas dari murai batu ini yaitu mempunyai ekor yang panjang. Tidak hanya itu saja, suara kicauan yang merdu membuat orang yang hobi memelihara burung menjadikan murai batu sebagai burung primadona.

Wajar apabila murai batu dibandrol harga yang cukup mahal. Apalagi burung murai batu yang sudah gacor, pasti harganya melambung tinggi. Akan tetapi membuat murai batu menjadi gacor bukan sesuatu pekerjaan yang mudah. Tidak sedikit dari para pemula yang merasa kesulitan dalam memelihara dan merawat murai batu. Sehingga yang terjadi burung murai batu tidak gacor dan mudah sakit.

Maka dari itu kami akan memberikan panduan lengkap bagaimana perawatan murai batu yang benar sehingga cepat gacor dan yang paling penting tidak mudah sakit.

10 Cara Merawat Murai Batu Agar Cepat Gacor dan Tidak Mudah Sakit

1. Pengembunan Murai Batu

cara-merawat-murai-batu
Sumber: berbagitips.web.id
Pengembunan burung atau bisa juga disebut mengangin-anginkan burung dipagi hari adalah suatu hal yang wajib dilakukan untuk merawat murai batu.

Setiap pagi hari sebelum memandikan murai batu, lakukan pengembunan di halaman rumah. Hal ini memiliki tujuan agar burung murai batu dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Proses pengembunan murai batu dapat dilakukan sekitar 30 menit.

Baca Juga :
1. TERLENGKAP: Inilah Cara Ternak Murai Batu Sistem Poligami
2. AWAS: Kenali Ciri-Ciri Murai Batu Medan Asli dan Berkualitas

2. Memandikan Murai Batu

cara-merawat-murai-batu-agar-cepat-gacor
Sumber: tomwasinger.com
Setelah burung diangin-anginkan, selanjutnya yaitu memandikan murai batu. Caranya yaitu dengan menyemprot atau dimandikan di dalam sangkar. Burung murai batu yang rutin mandi akan terhindar dari kumat penyakit. Sehingga murai batu menjadi sehat, segar, dan lincah.

3. Menjaga kebersihan Kandang

perawatan-murai-batu
Sumber: jaxstumpes.blogspot.com
Murai batu agar tetap sehat tidaklah cukup hanya memandikannya saja. Kotoran murai batu di dalam kandang menjadi penyebab timbulnya penyakit. Oleh karena itu, menjaga kebersihan kandang adalah hal yang wajib dilakukan. Bersihkan kotoran murai batu secara rutin ya.

4. Pemberian Pakan Tepat Waktu

cara-perawatan-murai-batu
Sumber: plupetstore.com
Setelah memandikan murai batu kini saatnya memberinya pakan. Pemberian pakan murai batu dapat dilakukan setiap pagi dan sore hari. Khusus untuk kroto berikan setiap seminggu sekali. Tak lupa pemberian multivitamin sebanyak dua kali dalam seminggu agar murai batu tetap sehat dan lincah. Lakukan variasi dalam pemberian pakan murai batu, misalnya jangkrik, kroto, ulat hongkong UH, cacing, atau voer.

Baca Juga :
1. 5 Cara Mengatasi Murai Batu Galak dengan Mudah
2. AWAS: Kenali Ciri-Ciri Murai Batu Stres dan Cara Mengatasinya

Pemberian pakan harus sesuai porsinya, misalnya memberikan jangkrik sebanyak lima ekor. Ada tips khusus dalam pemberian jangkrik. Jangan memberikan jangkrik secara langsung kepada murai batu, sebaiknya patahkan kaki bagian belakang jangkrik agar tidak lompat dan taruh jangkrik di tempat pakan burung. Hal ini dilakukan supaya murai batu bergerak dan tidak manja.

5. Menjemur Murai Batu

merawat-murai-batu
Sumber: redbubble.com
Langkah selanjutnya dalam merawat murai batu adalah proses menjemur burung murai batu. Jemurlah murai batu dipagi hari antara pukul 07:00 hingga 10:00 WIB, karena saat itulah sinar matahari sangat baik untuk murai batu. Jangan terlalu siang dan terlalu lama saat menjemur murai batu. Durasi menjemur yang ideal sekitar 60 menit.

Apabila memiliki lebih dari satu ekor murai batu, jangan menjemur murai batu saling berdekatan. Lakukan penjemuran di lokasi yang berbeda agar tidak saling melihat.

6. Murai Batu Diangin-anginkan Ulang

cara-merawat-murai-batu
Sumber: arenahewan.com
Setelah proses menjemur murai batu, lakukan pengembunan (diangin-anginkan) ulang sekitar 10 menit saja. Hal ini dilakukan bertujuan agar murai batu tidak kaget setelah melalui proses penjemuran. Anda dapat melakukan pengembunan di teras rumah.

Baca Juga: Inilah Cara Membuat Kandang Ternak Murai Batu yang Benar

7. Pemasteran Murai Batu

cara-merawat-murai-batu-agar-cepat-gacor
Sumber: burungnya.com
Burung murai batu agar memiliki suara kicau yang indah nan gacor maka harus dilakukan proses pemasteran. Waktu terbaik melakukan pemasteran murai batu yaitu antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Karena saat itu burung murai batu sedang aktif dan mampu menangkap suara pemasteran dengan maksimal.

Gunakan suara burung asli saat pemasteran. Anda dapat menggunakan rekaman MP3. Durasi pemasteran yang ideal sekitar 15 menit. Jangan terlalu lama, agar murai batu tidak stres.

8. Perhatikan Karakter Murai Batu

perawatan-murai-batu-agar-cepat-gacor
Sumber: kicaumania.net
Murai batu memiliki karakter yang berbeda-beda. Meskipun jenisnya sama burung murai batu, tetapi memiliki selera serta porsi makan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus perhatikan karakter murai batu tersebut. Jadi saat pemberian pakan, Anda paham porsi yang pas untuk murai batu tersebut.

9. Menciptakan Suasana Bagaikan di Habitat Aslinya

cara-perawatan-murai-batu
Sumber: burungnya.com
Salah satu tips agar murai batu cepat gacor yaitu menciptakan suana bagaikan di habitat aslinya. Anda dapat meletakkan ranting pohon di dalam kandang murai batu. Kemudian menggantungkan kandang murai batu di pepohonan. Hal ini bertujuan supaya burung murai batu merasa nyaman, kerasan, dan cepat gacor. Suasana seperti di habitat aslinya yang membuat burung murai batu menjadi tidak stres.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Murai Batu Ngelowo dengan Mudah

10. Perbarui Pakan dan Air Minum

cara-merawat-murai-batu
Sumber: sipendik.com
Langkah terakhir ini sering kali dihiraukan oleh pemula. Padahal hal ini sangat penting dalam merawat murai batu.

Perbarui pakan dan air minum setiap hari. Buanglah sisa pakan dan air minum kemudian ganti dengan yang baru. Karena air yang terlalu lama mengendap akan menjadi sumber bakteri, hal ini berbahaya bagi murai batu Anda.

Demikian artikel tentang cara merawat murai batu agar cepat gacor dan tidak mudah sakit. Semoga berfaedah. Silakan share. Terima kasih.