AWAS: Kenali Ciri-Ciri Murai Batu Medan Asli dan Berkualitas

Berfaedah.com - Bagi penghobi burung kicau yang telah senior pasti paham betul bagaimana ciri-ciri murai batu Medan. Akan tetapi bagi pemula yang baru terjun di dunia perkicauan pasti kesulitan untuk mengetahuinya. Murai batu Medan adalah salah satu jenis burung yang memiliki suara merdu, bentuknya eksotis, dan memiliki ekor yang panjang. Tak heran jika burung murai batu Medan ini dihargai cukup mahal serta menjadi primadona dikalangan pecinta burung kicau.

Bagi Anda yang masih kesulitan mengenali murai batu Medan. Pada artikel ini akan dibahas secara mendetail dan lengkap ciri-cirinya. Oleh karena itu baca artikel ini sampai selesai ya.

9 Ciri-Ciri Murai Batu Medan Asli dan Berkualitas

Terdapat 9 ciri-ciri murai batu Medan yang berkualitas. Apabila seluruh ciri-ciri terpenuhi maka dapat dipastikan murai batu Medan tersebut memiliki kualitas yang istimewa. Namun, jika yang terpenuhi hanya 5 ciri-ciri atau kurang, dapat dikatakan kualitasnya kurang bagus.

1. Bentuk dan Gerakan Ekor

ciri-ciri-murai-batu-medan
Sumber: kicaumania373.files.wordpress.com
Murai batu Medan yang berkualitas dapat dilihat dari bentuk dan gerakan ekornya. Murai batu Medan memiliki bentuk ekor yang melengkung dan panjang.

Sebelum membeli murai batu Medan, Anda harus jeli melihat ekornya. Murai batu Medan yang asli dan berkualitas memiliki ekor yang lebih panjang dari pada murai batu lainnya. Untuk ukuran ekornya sekitar 26-35 cm.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Murai Batu Galak dengan Mudah

Selain itu, ciri khas murai batu Medan dapat menggerakkan ekornya hingga ke ujung kepala. Inilah keunikan yang tidak dimiliki oleh murai batu lainnya sehingga dapat mudah untuk membedakannya.

2. Suara Kicauan Murai Batu Medan

ciri-ciri-murai-batu-medan-asli
Sumber: i2.wp.com
Ciri khas murai batu Medan terletak pada suara kicauannya yang merdu dan berkharakter. Semakin nyaring, jernih, dan pajang kicauannya, maka semakin mahal pula harganya. Tak hanya itu saja, murai batu Medan memiliki berbagai macam variasi kicauan yang unik. Burung ini dapat berkicau secara berulang dan terus menerus, sangat merdu sekali. Murai batu Medan seperti ini dapat dijadikan masteran serta cocok untuk mengikuti lomba.

Sebenarnya suara kicauan murai batu Medan yang gacor, jernih, dan ngekeknya panjang itu bisa dilatih. Tapi, pakan yang bergizi juga dapat mempengaruhi kualitas kicauan. Anda dapat memberikan pakan secara bervariasi, contoh pakannya yaitu jangkrik, ulat hongkong UH, cacing, kroto, serta voer.

3. Bentuk Kaki

ciri-murai-batu-medan
Sumber: i0.wp.com
Murai batu Medan yang telah berusia cukup tua bentuk kakinya akan mengalami perubahan, melekuk seperti bentuk belimbing. Ciri-ciri kaki murai batu Medan seperti ini dapat menjadi patokan usia yang telah matang. Sehingga dapat Anda jadikan indukan atau ternak murai batu Medan. Pastikan Anda membeli murai batu Medan dengan ciri-ciri ini, agar tidak terlalu lama untuk dikawinkan.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Murai Batu Ngelowo dengan Mudah

4. Warna Kaki

ciri-ciri-murai-batu-medan-yang-bagus
Sumber: muraisuper.com
Pada bagian kaki murai batu Medan memiliki warna yang khas dan sangat indah. Biasanya berwarna merah kecoklatan, namun ada juga yang berwarna hitam. Pastikan Anda membeli murai batu Medan yang berkualitas yang memiliki warna seperti ini.

Anda dapat memilih warna kaki murai batu Medan sesui selera. Untuk kaki yang berwarna merah kecoklatan menandakan burung ini unik. Sedangkan murai batu Medan yang berwarna hitam pada kakinya melambangkan keganasan dan kegarangan.

5. Bulu yang Berkilau

ciri-ciri-murai-batu-medan
Sumber: burungnya.com
Ciri-ciri murai batu Medan yang asli dan berkualitas memiliki bulu yang berkilau. Saat murai batu Medan berada di bawah sinar matahari maka bulu yang berkilau tersebut akan memunculkan efek warna sekilas bulunya berwarna kebiru-biruan. Pastikan Anda membeli murai batu Medan yang bagus seperti ini. Ciri-ciri seperti ini yang disukai oleh penghobi burung berkicau, karena warna bulunya yang indah mampu memanjakan mata yang melihatnya.

6. Ciri Fisik Murai Batu Medan

ciri-ciri-murai-batu-medan-asli
Sumber: liputan6.com
Sebelum membeli murai batu Medan kenali terlebih dulu ciri-ciri fisiknya. Ciri fisik murai batu Medan yang bagus dapat dilihat dari ukuran tubuhnya. Murai batu Medan yang Asli memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibanding murai batu lainnya. Meskipun murai batu Medan memiliki ukuran tubuh yang besar, tapi ekornya yang panjang akan menciptakan postur tubuh yang terlihat ideal.

Baca Juga: Inilah Cara Membuat Kandang Ternak Murai Batu yang Benar

7. Bentuk Kepala

ciri-murai-batu-medan
Sumber: kacer.co.id
Ciri selanjutnya yaitu murai batu Medan memiliki bentuk kepala yang sangat indah. Saat murai batu Medan berdiri, bentuk kepalanya akan mempertunjukkan kematangan beda dengan murai batu yang lainnya. Pastikan Anda memiliki murai batu Medan seperti ini agar bagus untuk dipajang atau diperlombakan.

8. Kombinasi Warna Bulu

ciri-ciri-murai-batu-medan-asli-berkualitas
Sumber: kicaumania.net
Burung murai batu Medan berkualitas memiliki kombinasi warna pada bulunya. Umumnya warna bulu pada bagian dada murai batu Medan ialah coklat tua atau hitam abu. Sedangkan untuk bagian kepala, leher, dan sayap, bulunya berwarna hitam pekat. Kombinasi warna murai batu Medan dapat Anda lihat dengan mudah, sehingga hal ini akan memudahkan Anda mengetahui keaslian murai batu Medan.

Murai batu Medan yang berkualitas memiliki bulu yang rapi, tidak rontok, serta berkilau. Belilah murai batu Medan seperti ini agar pantas diperlombakan atau dijadikan indukan sebagai ternak murai batu Medan.

Baca Juga: AWAS: Kenali Ciri-Ciri Murai Batu Stres dan Cara Mengatasinya

9. Motif Ekor Murai Batu Medan

ciri-ciri-murai-batu-medan-yang-bagus
Sumber: kacer.co.id
Lihatlah motif ekornya untuk mengetahui murai batu Medan asli dan bagus. Biasanya terdapat empat pasang bulu ekor murai batu Medan yang berwarna putih letaknya di bagian kanan dan kiri ekor.

Warna putih pada ekor murai batu Medan umumnya berbentuk huruf “U” dan bagian tengahnya terpotong. Tidak hanya itu, ciri-ciri yang lain adalah terdapat strip berwarna hitam yang membentang secara horizontal pada pangkal ekor murai batu Medan.

Selain itu, pilihlah motif ekor murai batu Medan yang presisi, identik atau sejajar antara kanan dan kiri. Pastikan motif ekor berwarna putih terlihat jelas, bersih, dan berkilau.

Ciri-ciri tersebut sangat memudahkan kita mengetahui keaslian murai batu Medan dengan hanya melihatnya saja. Meskipun begitu kita butuh kejelian saat melihatnya agar mendapatkan yang berkualitas.

Penutup
Itulah 9 ciri-cirinya, sekarang Anda dapat mengetaui murai batu Medan yang asli dan bagus. Apabila masih ragu, sebaiknya saat membeli murai batu Medan mengajak teman atau saudara yang telah fasih dalam membedakan jenis burung murai batu.

Setelah memiliki murai batu Medan, selanjutnya Anda harus mengetahui cara merawat murai batu agar cepat gacor dan tidak mudah sakit.

Demikian artikel tentang ciri-ciri murai batu Medan asli dan berkualitas. Semoga berfaedah. Silakan share. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel